Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemberontakan PKI Madiun 1948: Latar Belakang, Tujuan, Upaya Penumpasan

Pemberontakan-PKI-Madiun

faktasantuy.com - Pemberontakan PKI Madiun. Tahukah sahabat gimana awal terjadinya pemberontakan PKI Madiun? dan siapa yang memimpin pemberontakan? Terjadinya pemberontakan PKI Madiun berawal dari upaya yang diperbuat oleh Amir Syarifuddin untuk menjatuhkan Kabinet Hatta.

Tujuan Pemberontakan PKI Madiun

Untuk itu, Amir Syarifuddin pada tanggal 28 Februari 1948 membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) di Surakarta. FDR terdiri dari Partai Sosialis Indonesia, PKI, Pesindo, PBI, & Sarbupri. Tujuan PKI Madiun yang diterapkan FDR ialah sebagai berikut:
  1. FDR berusaha menumbuhkan ketidakpercayaan rakyat terhadap pemerintah dengan cara melakukan pemogokan umum & beberapa bentuk pengacauan.
  2. Pasukan pro-FDR dari medan tempur untuk memperkuat wilayah yang telah dibina.
  3. FDR menjadikan Madiun sebagai basis pemerintahan & Surakarta sebagai daerah kacau (untuk mengalihkan perhatian & menghadang TNI).
  4. Di dalam parlemen, FDR mengusahakan terbentuknya Front Nasional yang mempersatukan beberapa kesatuan sosial-politik untuk menggulingkan Kabinet Hatta.

 Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun

Latar belakang PKI Madiun ~ Kegiatan FDR dikendalikan oleh PKI sejak Muso kembali dari Uni Soviet. Atas anjuran dari Muso, partai yang tergabung dalam FDR meleburkan diri dalam PKI.

Selanjutnya PKI menyusun politbiro (dewan politik) dengan ketuanya Muso & sekretaris pertahanan Amir Syarifuddin.

Dalam rangka untuk menjatuhkan wibawa pemerintah, Muso & Amir Syarifuddin berkeliling ke sejumlah kota di Jawa Tengah & Jawa Timur untuk mempropagandakan PKI beserta programnya. Sambil menjelek-jelekan pemerintah, PKI mempertajam persaingan antara pasukan TNI yang pro-PKI & propemerintah.

Baca selanjutnya: Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat 1949-1960

Adanya persaingan tersebut turut memicu terjadinya pemberontakan PKI Madiun (Madiun Affair).

Di Surakarta pada tanggal 11 September 1948 terjadi bentrokan antara pasukan propemerintah RI (dari Siliwangi) & pasukan pro-PKI (divisi IV).

Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah menunjuk Kolonel Gatot Subroto sebagai gubernur militer (meliputi daerah Surakarta, Pati, Semarang, & Madiun). Akhirnya pada tanggal 17 September 1948 pasukan yang pro-PKI mundur dar Surakarta.

Nyatanya kejadian di Surakarta tersebut hanya untuk mengalihkan perhatian. Pada waktu kekuatan TNI terjun ke Surakarta, Sumarsono dari Pesindo & Letnal Kolonel Dahlan dari Brigade 29 yang pro-PKI meperbuat perebutan kekuasaan di Madiun pada tanggal 18 Semptember 1948.

Baca selanjutnya: Pemberontakan DI/TII Aceh

Perbuatan PKI tersebut disertai dengan penangkapan & pembunuhan pejabat sipil, militer, & pemuka masyarakat. Lalu mereka mendirikan pemerintahan Soviet Republik Indonesia di Madiun.

Pada waktu kudeta berjalan di Madiun, Muso & Amir Syarifuddin sedang berada di Purwodadi. Lalu mereka ke Madiun mendukung kudeta & mengambil alih ceo. Dengan cara resmi diproklamasikan berdirinya Soviet Republik Indonesia.

Apa yang diperbuat oleh Muso & Amir Syarifuddin tersebut memperjelas bahwa pemberontakan di Madiun didalangi oleh PKI.

Upaya Penumpasan PKI Madiun

Untuk menanggulangi pemberontakan tersebut maka dilakukanlah upaya penumpasan PKI Madiun. pemerintah bersikap tegas. Presiden Soerkarno memberikan opsi terhadap rakyat ikut Muso dengan PKI-nya atau ikut Soekarno-Hatta.

Tawaran Presiden tersebut disambut dengan sikap mendukung pemerintah RI. Selanjutnya pemerintah menginstruksikan terhadap Kolonel Sadikin dari Divisi Siliwangi untuk merebut kota Madiun. Kota Madiun diserang oleh pasukan Siliwangi & dari arah timur oleh pasukan yang dipimpin oleh Kolonel Sungkono.

Dengan bantuan rakyat pada tanggal 30 September 1948 kota Madiun sukses dikuasai TNI. Muso tertembak dalam pengejaran di Ponorogo & Amir Syarifuddin tertangkap di Purwodadi.

Lalu diperbuat operasi pembersihan di daerah-daerah & di bulan Desember 1948 operasi dinyatakan berakhir.

Nah itulah postingan materi latar belakang PKI Madiun. Semoga PR materi sejarah tujuan PKI Madiun bisa terlesaikan dengan melihat sejarah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi bUpaya penumpasan PKI Madiun, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan sejarah pemberontakan PKI Madiun. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pemberontakan PKI Madiun, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Pemberontakan PKI Madiun 1948: Latar Belakang, Tujuan, Upaya Penumpasan"