Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Biografi Pahlawan Slamet Riyadi (1927-1950)

Biografi-Pahlawan-Slamet-Riyadi

faktasantuy.com - Pahlawan Slamet Riyadi - Oke sahabat hari ini kami kita bakal mengulas tokoh pahlawan kami yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia yaitu Ignatius Slamet Riyadi. Ignatius Slamet Riyadi ialah salah satu tokoh pahlawan yang terbukti lumayan populer.

Pahlawan Slamet Riyadi

Ignatius Slamet Riyadi lahir pada tanggal 26 Juli 1927 di Solo, Jawa Tengah. Ayahnya seorang perwira Legiun Kasunanan Surakarta. Sesudah menyelesaikan pendidikan di HIS (1940), beliau melanjutkan ke MULO lalu Sekolah Pelayaran Tinggi & mendapat ijazah Navigasi Laut dengan peringkat pertama.

Dalam kemiliteran, Slamet Riyadi diangkat sebagai Komandan Batalion Resimen I Divisi X dengan tugas merebut kekuasaan politik & militer di kota Solo dari tangan Jepang. Pada waktu berjalan penyerangan militer Belanda, Slamet Riyadi melakukan perlawanan secara gerilya. Strategi yang diperbuat Slamet Riyadi tersebut membuat Belanda kewalahan.

Sesudah perang kemerdekaan, Slamet Riyadi terlibat dalam penumpasan beberapa pemberontakan contohnya PKI di Madiun, APRA di Jawa Barat, pemberontakan Andi Azis di Makassar, & pemberontakn RMS di Maluku. Atas jasanya, pemerintah menaikkan pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal TNI Anumerta & dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden No. 066/TK/2007.

Sobat itulah sejarah Ignatius Slamet Riyadi yang merupakan tokoh & pahlawan besar bagi bangsa Indonesia, Tidak hanya itu, sahabat juga dapat membaca tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada Masa 1948-1965. Selamat belajar

Nah itulah artikel gnatius Slamet Riyadi. Semoga PR materi sejarah tentang gnatius Slamet Riyadi dapat terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Jika ingin bertanya tentang materi sejarah kelas xii semester 1 ataupun LKS/buku biologi kelas 12 kurikulum 2013, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah tentang Ignatius Slamet Riyadi.

Baca selanjutnya:



Bagi sobat yang ingin copas isi artikel profil ignatius Slamet Riyadi ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Biografi Pahlawan Slamet Riyadi (1927-1950)"