Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Contoh Teks Cerita Ulang dan Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri Kebahasaan

faktasantuy.com - Teks cerita ulang.
TEKS CERITA ULANG ialah ialah materi pelajaran bahasa Indonesia yang bakal saya jelaskan hari ini. Adapun materi mengenai teks cerita ulang yang bakal kami pelajari yaitu mengenai pengertian, jenis, struktur teks, ciri kebahasaan, & juga contoh teks cerita ulang yang bakal saya berikan dibawah ini. Langsung saja kamu simak materi berikut.

Baca selanjutnya:

Contoh-Teks-Cerita-Ulang

Pengertian Teks Cerita Ulang

Pengertian Teks Cerita ulang ialah suatu teks yang menceritakan terhadap pembaca mengenai suatu cerita, aksi, atau aktivitas lampau. Tujuan komunikatifnya ialah mengabarkan momen, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam suatu urutan dengan cara kronologis untuk menghibur atau memberikan info terhadap pembaca.

Jenis Teks Cerita Ulang

Ada banyak jenis teks cerita ulang, diantaranya yaitu:
  1. Teks berita.
  2. Cerita Pengalaman.
  3. Biografi.
  4. Autobiografi.

Struktur Teks Cerita Ulang

Struktur teks ialah suatu gambaran gimana suatu teks dibangun. Adapun struktur yang membagun suatu teks cerita ulang ialah sebagai berikut.
  1. Orientasi (pengenalan), berisi info mengenai siapa,dimana, & kapan momen atau kegiatan tersebut terjadi dimasa lampau.
  2. Insiden, merupakan rekaman momen yang terjadi yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
  3. Resolusi, berisi komentar pribadi penulis mengenai momen atau kejadian yang sedang diceritakan.

Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang

Ciri kebahasaan yang terdapat pada teks cerita ulang ialah pemakaian konjungsi subordinatif waktu & verba tingkah laku. Untuk jelasnya sebagai berikut.
  1. Memakai kata yang menunjukkan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana.
  2. Verba tingkah laku, ialah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak terlihat). Seperti kata mengambil pada kalimat.
  3. Keterangan waktu lampau, ialah kata keterangan waktu yang menyebutkan waktu lampau atau yang sudah terjadi . Seperti seperti pernah, sering, biasanya, pagi-pagi, malam-malam, sesudah, sebelum, kemarin, sejak, dari, & sebagainya.
  4. Memakai kata yang memperlihatkan tempat & waktu.

#1. Contoh Teks Cerita Ulang

Kejahatan Hipnotis Terjadi di Gerai ATM
Orientasi
Kemarin, seorang bunda rumah tangga nyaris menjadi korban kejahatan hipnotis yang terjadi di suatu ATM. Momen tersebut terjadi ketiak bunda tersebut bakal mengambil uang  di ATM. Beberapa hari lalu temanan perampok yang berjumlah dua orang dengan modus hipnotis tersebut juga masuk ke dalam loket ATM yang terletak di SPBU Binong, Kabupaten Tanggerang.

Insiden 1
Di dalam loket ATM tersebut, pelaku mengarahkan korbannya untuk mengambil uang dengan jumlah banyak. Bakal tetapi, aksinya tersebut dicurigai oleh suami korban yang saat tersebut menantikan diluar loket ATM. Melihat istrinya dikerumuni dua orang pria, suaminya tersebut lalu melabrak pelaku. Sebab ketahuan, lalu pelaku kabur meninggalkan loket ATM, tergolong mobil yang dipainya.

Insiden 2
Labrakan suami korban tersebut, mengajak warga lainnya sampai mengejar pelaku yang lari ke perumahan Central Karawaci. Tetapi, sesudah dicari oleh warga, pelaku tidak sukses ditemukan. Polisi yang datang pun pernah mencari tetapi tidak sukses menemukan pelaku. Mobil pelaku lalu dibawa ke Mapolsek Curug. Kepolisian sektor Curug terus meperbuat pengejaran terhadap pelakuhipnotis yang sering beraksi di loket Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Resolusi
Momen tersebut merupakan salah satu modus kejahatan di ATM. Di zaman sekarang, hidup yang terus berat menimbulkan kreativitas kejahatan yang beranekaragam. Kejahatan di ATM yang makin marak dengan beberapa modusnya ini, menuntut pemakainya untuk terus waspada & tidak mudah percaya terhadap orang yang baru ditemuinya.

Nah itulah contoh teks cerita ulang singkat.

#2. Contoh teks cerita ulang

contoh kedua ini merupakan contoh teks cerita ulang singkat/pendek mengenai biografi presiden pertama yaitu ir. soekarno

Orientasi
Merupakan tahap pengenalan tokoh dengan cara umum, biasanya berada dibagian awal teks. Di sini yang menjadi topik bahasan contohnya nama, tempat & tanggal tokoh dilahirkan, latar belakang keluarga tokoh yang dibahas, riwayat pendidikan & karir tokoh. Berikut orientasi dari Biografi " Soekarno : Bapak Bangsa Indonesia".

Soekarno, yang bersahabat dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dirinya anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami & wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang terbukti pandai, Soekarno bisa membekas pendidikan tinggi & lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Bakal tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan sesudah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam postingan yang berjudul “Nasionalisme, Islam, & Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang lalu menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya.

Dari uraian di atas kami ketahui bahwa Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang sering disapa Bung Karno dilahirkan di Blitar, 6 Juni 1901. Latar belakang keluarga beliau tergolong bagus terbukti dengan mampunya beliau mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi atau saat ini kami kenal dengan istilah kuliah, yang dulu hanya oran-orang tertentu yang bisa hingga kejenjang ini tidak contohnya sekarang.

Kronologi atau Urutan Momen Kehidupan Tokoh
Merupakan penjelasan mengenai momen-momen yang sempat dialami sosok tokoh yang dibahas. Bagian ini berisi pengalaman tokoh bagus pengalaman menyenangkan, menyedihkan, & sebagainya. Persoalan, persoalan yang menghampiri kehidupan tokoh & momen yang mengesankan juga diuraikan disini.

Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya berbagai kali masuk tahanan. Pada 1929 dirinya ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, sebab aktivitas politiknya, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Dirinya ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, lalu ke Bengkulu, hingga dirinya dibebaskan oleh Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno mendapat peluang lebih besar untuk mempromosikan impian nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan Sekutu. Sikap mau bekerja sama dengan Jepang ini tidak pelak mengajak kritik keras dari pelbagai kalangan “garis keras”
yang mengharapkan sikap nonkooperasi dengan Jepang.

Pada 17 Agustus 1945, tak lama sesudah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno & Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari lalu Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden & wakil presiden pertama Indonesia. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda. Pada masa itu Soekarno-Hatta sempat dibuang kembali ke Parapat & Bangka. Tetapi, saat dengan cara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden kembali dipulihkan.

Saat sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berlangsung manjur, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran seluruh partai politik. Dirinya lalu membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959, & pada tahun berikutnya membubarkan parlemen terpilih. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya bakal tiga pilar kekuatan bangsa, yaitu Nasakom (Nasionalis, Agama, & Komunis). Tetapi, kondisi krisis ekonomi & politik dalam negeri terus bertambah runyam.

Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga terhadap AS & kekuatan Barat. Untuk mengimbagi kekuatan Barat, dirinya berperan sebagai pemimpin nengara-negara baru melawan kekuatan kolonial & “neokolonial”. Dirinya sukses “memaksa” Belanda untuk menyerahkan Irian Barat (kemudian pada 1963 disebut Irian Jaya, saat ini Papua). Soekarno mempermaklumkan “konfrontasi” dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk pada 1963. Pada 1965 Indonesia keluar dari PBB & Soekarno terus aktif sebagai tokoh negara-negara “new emerging forces”. Kharismanya yang luar biasa selain memengaruhi rakyat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa yang baru merdeka di Asia-Afrika. Dirinya juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara Nonblok yang paling terkemuka.

Situasi politik Indonesia memuncak dengan perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965. Kejadian ini lalu berlanjut dengan pembunuhan besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, & buntutnya Soekarno tersingkir. Pemimpin militer Mayjen Soeharto meminta Soekarno
untuk menyerahkan kekuasaan manjurnya melewati Supersemar pada Maret 1966. Soeharto lalu menjadi presiden menggantikan Soekarno pada 1968. Hingga kematian Soekarno di Jakarta pada 21 Juni 1970, dirinya tetap berada dalam status tahanan rumah. Tetapi, pemerintah menganugerahinya Pahlawan Proklamasi.

Reorientasi
Merupakan tahap yang berisikan pandangan-pandangan penulis terhadap tokoh yang dibahas. Bagian ini bersifat pilihanonal artinya bisa ada bisa juga tidak ada. Berikut tahap Reorientasi dari Biografi " Soekarno : Bapak Bangsa Indonesia"
Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mendampingi bangsa Indonesia terhadap kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta sukses menyejajarkan Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu bisa menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Nah itulah contoh teks cerita ulang singkat.

#3. Contoh cerita ulang singkat

contoh ketiga ini merupakan contoh teks cerita ulang singkat/pendek mengenai sejarah Kemerdekaan Indonesia

Orientasi
Berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya “ , & Amerika menyebutkan perang terhadap Jepang sebab serbuan tentara Jepang di Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada tgl 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Laut & Angkatan Udaranya terus agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina ,Filipina , Malaya & Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda ikut ikutan Sekutu menyebutkan perang dengan Jepang. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan membekuk pasukan Belanda .Pendaratan pertama tentara Jepang di Tarakan lalu merambah ke daerah Balik Papan,Manado, Ambon, Makasar, Pontianak & Palembang. Daerah daerah di Jawa juga dikuasainya ,pada tgl 1 Maret 1942 ,Jepang mendarat di BAnten, Indramayu & Rembang. Wilayahnya terus meluas dengan dikuasainya Batavia tgl 5 Maret 1942 , & terus merajalela ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang & Surabaya . Belanda terus terdesak dengan agresi Jepang & Ooh akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyebutkan “menyerah tanpa syarat”.

Urutan Momen
Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang , bisa dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kami Ir. Soekarno & Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebetulnya “ada udang di balik batu” sebetulnya dibalik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.

BPUPKI(Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada th 1943 dibawah pemerintah Perdana Menteri Tojo, bertugas untuk mendalami & menyelidiki hal hal yang penting & butuh bagi pembentukan pemerintah Indonesia. Dalam perkembangannya selanjutnya BPUPKI dibubarkan & diganti nama oleh tokoh pejuang kami , dari BPUPKI menjadi PPPKI atau dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan pergantian nama ini terkesan bahwa organisasi PPPKI bukan bentukan Jepang tetapi hasil kesepakatan & perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia. Momen penting yaitu pertemuan Soekarno ,M Hata & Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat memberi tau bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan bakal memberikan kemerdekaan terhadap Indonesia yang wilayahnya meliputi bekas wilayah Hindia-Belanda.

Pasukan Jepang mulai melemah, kekalahan & kekalahan diperolehnya & Amerika terus kuat, apalagi sesudah luar biasa pasukannya yang ada di Eropa. Serangan Jepang bisa dihentikan oleh tentara Amerika antara lain di bulan Mei 1942 di pertempuran Laut Koral & Juni 1942 di Pertempuran Midway. Jepang terus klepek klepek sebab Amerika mengamuk jadi pada tgl 6 Agustus 1945 AS menjatuhkan Bom Atom pertamanya di Hiroshima . Amerika belum puas juga & tiga hari lalu tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua mendarat kembali di kota Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang menjadi hancur rata dengan tanah. Akhirnya Ohhhh Jepang menyerah tanpa syarat terhadap Sekutu pada tgl 14 Agustus 1945. Penyerahan kalah itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito(Jepang) & Jendral Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Reorientasi
Kabar kekalahan Jepang terhadap Sekutu tidak bisa disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerahkan kekuasaannya terhadap Sekutu & otomatis di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan . Peluang ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Nah itulah contoh cerita ulang singkat.

#4. Contoh teks cerita ulang singkat

Contoh keempat ini merupakan contoh teks cerita ulang pendek mengenai imajinaatif & faktual

Tangisan yang Tulus

Di tengah malam yang sunyi, Putri Liliput sedang duduk termenung menatap bulan & bintang. Dirinya tidak memperdulikan apapun yang ada di sekelilingnya, yang dirinya tahu & yang dirinya pedulikan hanya ras a tenang & damai bersama dengan semilir angin yang seakan membelainya dengan penuh rasa sayang.

Sebagai seorang Putri kerajaan Liliput, dirinya memikirkan rakyatnya yang tidak tersanjung sebab lakukanan ayahnya yang semena-mena. Ia rutin berjuang keras untuk memperjuangkan hak rakyatnya namun tetap saja hasilnya nihil, sebab ayahnya yang tidak lain ialah raja kerajaan Liliput rutin merusak rencananya & menggagalkannya. Dirinya menangis tersedu-sedu sebab rugi atas lakukanan ayahnya. Tiba-tiba ada seorang kakek lewat & mengajaknya berbincang. Putri Liliput pun menceritakan seluruh kejadian yangtelah dirinya alalmi terhadap kakek tersebut. Kakek itu pun hanya tersenyum & mengatakan, “ Baginda putri, apabila kau terbukti ingin memeperjuangkan apa yang menurutmu benar, teruslah berjuang!! Jangan sempat hiraukan apa resikonya, namun pikirkanlah hidayah apa yang bakal kau bisakan apabila kau terus bekerja keras & melakukannya dengan sepenuh hati. Percayalah!”.

Sesudah berakhir bicara si kakek pun menghilang dari pandangan sang putri. Putri Liliput lantas kaget, tetapi perkataan kakek tadi tetap terngiang-ngiang di telinganya. Dirinya pun bergegas berangkat & menemui ayahnya, dirinya menangis di kaki ayahnya sambil memohon, “Ayah dengan tidak mengurangi  hormatku padamu, aku mohon jangan siksa rakyat kecil dengan ketidakadilan & ketidaksewenangan yang ayah lakukan. Apa salah mereka ayah? Mereka mencintai ayah dengan segenap jiwa & raga mereka, mereka menghormati ayah. Percayalah ayah, ayah atau kerajaan tidak bakal rugi dengan bersikap adil terhadap mereka. Biarkanlah aku yang merasakan & mewakili kepedihan mereka ayah.” Raja pun ikut menangis danmengatakan,” Anakku kau terbukti gadis yang berhati mulia, tangisanmu yang tulus telah meluluhkan hatiku. Baguslah mulai kini aku bakal berlaku adil & tidak semena-mena lagi terhadap seluruh rakyatku. Aku bakal berusaha mencintai mereka dengan sepenuh hati contohnya engkau mencintai mereka. Jangan menangis lagi anakku!”. Raja pun menghilangkan air mata putri Liliput & tersenyum.
“Terima kasih ayah. Ayah terbukti ayah terbagus yang ada di dunia ini.” Putri Liliput memluk ayahnya dengan erat.

Semenjak saat itu, seluruh rakyat kerajaan tergolong raja & putri  Liliput pun bertersanjung sebab tindasan yang dilakukan raja sudah ditiadakan. Rakyat sangat berterima kasih terhadap sang putri sebab berkah tangisan tulusnya dirinya bisa meluluhkan hati raja yang sekeras batu.

Nah itulah contoh cerita ulang singkat.

Nah itulah postingan contoh teks cerita ulang singkat. Semoga PR materi bahasa Indonesia tentang contoh cerita ulang singkat bisa terlesaikan dengan melihat contoh cerita ulang diatas. Apabila ingin bertanya mengenaistruktur cerita ulang/unsur-unsur yang membangun teks cerita ulang, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks cerita ulang. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "20+ Contoh Teks Cerita Ulang dan Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri Kebahasaan"