Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

106+ Contoh Cerpen Singkat Dari Berbagai Tema

Contoh-Cerpen-Singkat-Dari-Berbagai-Tema
contoh cerpen bahasa indonesia

faktasantuy.com - Contoh cerpen beserta strukturnya. Hai sahabat semua, hari ini saya mau share sebuah materi bahasa Indonesia yaitu mengenai Pengertian cerpen, Ciri-ciri cerpen, Unsur Intrinsik cerpen & Unsur Ekstrinsik Cerpen yang haruslah kamu ketahui.

Materi cerpen atau cerita singkat sendiri merupakan salah satu materi yang sudah sangat sering kami temui pada jenjang, SD, SMP maupun SMA.

Materi tersebut selain menuntut kamu untuk bisa membaca & membuat sebuah cerpen saja, namun lebih dari itu, kamu juga harus bisa menentukan unsur-unsur yang ada didalam teks cerpen tersebut, yang meliputi unsur intrinsik & unsur ekstrinsik.

Baca selanjutnya: 10 Contoh Teks Drama Singkat dari Berbagai Tema

Oke, sebelum kami mengawali mengulas mengenai unsur-unsur cerpen, sebaiknya kamu pahami lagi arti dari cerpen. Nah apa itu pengertian cerpen? ciri ciri cerpen? dan contoh cerpen beserta strukturnya...

Pengertian Cerpen

Pengertian cerpen adalah salah satu karya sastra berbentuk prosa yang memperlihatkan sebuah tokoh serta lingkungannya yang disertai dengan beberapa persoalanan yang menimpanya serta gimana solusi untuk memecahkan persoalan tersebut.

Banyak orang menyukai teks cerpen, khususnya cerpen menarik. Namun banyak yang salah dalam menilai apakah cerita ini tergolong cerpen atau tidak. Nah silahkan kamu simak mengenai ciri-ciri cerpen berikut supaya kamu tidak salah lagi dalam membedakan cerpen dengan cerita lainnya.

Ciri-Ciri Cerpen

Berikut ini beberapa ciri-ciri cerpen:
  1. Tulisannya singkat, padat & jelas.
  2. Tidak lebih daru 10.000 kata.
  3. Menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari dari tokoh.
  4. Habis dibaca dalam sekali duduk.
  5. Persoalan yang diperlihatkan ialah persoalan mutlak saja.
  6. Penokohannya sederhana tidak terlalu mendalam.
  7. Memberikan kesan mendalam bagi pembacanya.
  8. Alurnya tunggal & lurus.
  9. Tokoh yang ada mengalami konflik sampai menemukan solusinya.

Nah itulah beberapa ciri teks cerpen, kini kalian sudah tahukan & bisa membedakan mana yang tergolong teks cerpen & mana yang tergolong teks cerita biasa? Selanjutnya kamu bakal mengulas mengenai unsur-unsur yang membangun sebuah cerpen.

Unsur Pembangun Cerpen

Nah sebuah teks cerpen atau cerita pendek, dibuat oleh 2 unsur yang berasal dari dalam & dari luar cerpen tersebut. Istilah lain yang sering kamu dengar ialah unsur intrinsik & unsur ekstrinsik cerpen.
Oke mari sahabat kami bahas satu persatu unsur-unsur tersebut:

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik ialah unsur pembangun yang berasal dari cerpen tersebut sendiri. Berikut macam-macam unsur intrinsik:
  1. Tema, ialah gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita.
  2. Penokohan, ialah pemberian sifat pada tokoh yang ada dalam cerita. Ada dua metode dalam mengidentifikasi watak dari seorang tokoh yaitu dengan metode analitik (secara langsung) & metode dramatik (secara tidak langsung).
  3. Alur (plot), ialah urutan kejadian dalam sebuah cerita. Ada 3 alur yang kami kenal yaitu alur maju, mundur & campuran.
  4. Setting atau Latar, ialah tempat momen, waktu & suasana dalam sebuah cerita.
  5. Sudut Pandang, ialah posisi pengarang dalam cerita.
  6. Gaya Bahasa, ialah cara khas dalam mengungkapkan sebuah kata atau kalimat dalam cerita supaya lebih indah & bermakna.
  7. Amanat, ialah pesan yang bisa kami ambil dari cerita tersebut.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik ialah unsur yang membangun sebuah cerpen dari luar. Berikut beberapa unsur ekstrinsik cerpen:
  1. Latar Belakang Masyarakat, ialah hal yang dijadikan sebagai pembangun sebuah cerita supaya sesuai & bisa diterima dalam masyarakat.
  2. Latar Belakang Pengarang, ialah pemahaman dari pembuat cerita mengenai jalan cerita yang dibuatnya jadi tercipta sebuah cerita yang luar biasa.

CONTOH CERPEN SINGKAT

Berikut contoh cerpen terbaru:

#1. Contoh Cerpen Singkat Persahabatan
Cerpen persahabatan merupakan cerita pendek yang mengisahkan mengenai sahabat. Sebagai inspirasi untuk kamu & sahabat, maka berikut ini contoh cerpen pendek mengenai persahabatan.

Indahnya Share Dengan Sahabat

Pagi tersebut hujan turun dengan deras. Ani merasa bimbang gimana untuk pergi ke sekolah. Saat sedang memandang hujan, terdengar suara HP berdering dari kamar Ani, lantas saja Ani masuk ke kamar & menjawab telepon.

Nyatanya yang menghubungi Ani ialah Lia sahabatnya. Dalam teleponnya Lia mengatakan bahwa ia bakal menjemput Ani, sebab Lia tahu apabila Ani sedang kebingungan gimana untuk pergi ke sekolah.

Tak selang berapa lama, Lia sudah hingga di depan rumah Ani bersama ayahnya memakai mobil. Ani pun bergegas berpamitan pada orang tuannya & keluar untuk menemui Lia.

Sesudah hingga di sekolah, yang merupakan kawan sebangku tersebut pun masuk menuju kelasnya. Istirahat pun tiba, keduanya pergi ke kantin untuk menghapus rasa lapar. Saat hendak bayar nyatanya Lia lupa mengangkat dompet. Jadi Ani sang sobat membayarkannya.


#2. Contoh Cerpen Singkat Lucu

Jangan Lihat Dari Belakang, Lihatlah Dari Depan

Siang tersebut Viktor & Budi duduk di sebuah taman. Tak selang berbagai lama lewatlah seorang berpakaian wanita dengan rambut panjang & sepatu yang tinggi. Sontak keduanya melihat ke arah wanita tersebut.tentu saja keduanya mempunyai keniatan untuk mengikuti wanita tersebut.

Sebab penasaran, keduanya pun mengikuti kemana wanita tersebut itu berjalan. Nyatanya ia berhenti pada sebuah cafe. Keduanya pun mengikutinya hingga masuk ke dalam. Tetapi sayangnya tak menemukan wanita yang diikutinya.

Mereka pun mencari hingga ke lantai dua dalam cafe tersebut,  nyatanya terbukti benar wanita yang diikutinya tersebut ada di lantai dua.

Tetapi sayangnya keduanya tak mempunyai keberanian untuk menegur sang wanita. Jadi mereka hanya sanggup mendengarnya dari belakang. Hingga sangat lama, sebab asa penasaran yang begitu besar, maka Viktor pun mempunyai keberanian untuk menyapa sang wanita.

Dari belakang, Viktor pun menepuk pundak snag wanita sambil mengatakan “Hai”. Sang wanita pun menoleh ke arah Viktor. Sontak Viktor pun kaget dengan wajah yang aman sangat rugi & malu. Sebab wanita yang diikuti bersama Budi bukanlah wanita, tetapi pria yang menyamar sebagai wanita.
Suatu hari Ali & Indra sedang berbincang-bincang di pinggir lapangan saat istirahat sedang berjalan. Ali & Indra berada di satu kelas yang sama yaitu kelas 12. Sudah satu minggu kawan mereka Andi tidak kunjung masuk.
Beritanya Andi sedang sakit & dirawat. Indra yang merupakan tetangga sebelah rumah Andi pun sering ditanyakan gimana berita Andi. Ali pun ikut menanyakan pada Indra,

“Ndra, kondisi Andi bagaimana? Sudah kembali dari rumah sakit belum?” Indra yang sudah sering memperoleh pertanyaan ini pun menjawab dengan nada lemas & malas.

“Indra sudah meninggal, Li” kira-kira contohnya itulah bunyi jawaban yang didengar oleh Ali.

Sebab suara di pinggir lapangan terlalu kencang nyatanya Ali salah mendengar.

“Apa Andi sudah meninggal Ndra?”

Lalu Indra menjawab dengan suara yang lebih kencang, “Sembarang kamu Ali. Maksud aku Andi sudah mendingan bukan meninggal.”

“Oh.” Jawab Ali sambil tertawa sebab terkejut sesudah salah mendengar berita kondisi Andi.
Si Gareng & si Semar pergi ke pasar baru, bahagia membeli sepatu futsal dipasar tersebut. si Gareng bahagia beli sepatu membuat dirinya skalian bahagia bayarin spatu tergolong membuat si Semar. Sesudah keliling2 di seputar pasar tersebut selanjutnya mereka berhenti di sebuah toko yang menjajakan sepatu futsal & mereka memperoleh sepatu yang diharapkan di toko tersebut.
Merekapun telah sepakat & deal mengenai harga bersama si penjaja sepatu tersebut, untuk 2 gunakan sepatu dihargai Rp300.000,tetapi sesudah bahagia bayar nyatanya duit cash yang Gareng bawa hanya Rp 100 ribu. Lalu si Gareng menyita inisiatif menyuruh Semar ke ATM untuk ambil uangnya di atm. maka dikasihlah dompet si Gareng ke si Semar.

Gareng: “Mar!”

Semar: “Iya Reng, jadi gimana nih?”

Gareng: “Lo ke atm, semakin ambilin duit 200 ribu aja di mesin tersebut pake kartu atm gue, lo tau kan cara ambil duit di atm?”

Semar: “Ya dapatlah, lo kira gue orang cupu, ngambil duit di atm aja gak tau huh! Jangan ngeremehin gitulah.”

Gareng: “Yaudah nih bawa dompet gue, kelak ambil duitnya pake kartu gue. Semakin kalo ada apa-apa lo telpon gue. Buruan sana, gue enggak enak mirip akang penjualnya kalo kelamaan, kelak dikira lagi pura-pura beli namun enggak punya duit.”

Semar: “Oke gue berangkat, lo standby hp aja. Kelak gue telepon lo kalo duitnya udah gue ambil ok boss?”

Gareng: “Yaudah sana berangkat, gue tungguin cepet!”

(Sesudah 15 menit menantikan, tiba2 si Semar nelpon ke hp si Gareng).

Semar: “Reng, waduh celaka kita.”

Gareng: “Celaka gimana maksud lo?”

Semar: “Duit lo gak dapat diambil, kartu lo di tolak semakin sama atm, gue udah nanya ke satpam, katanya kartu lo tuh enggak dapat, bakalan keluar semakin kalo masukin ke atm.

Gareng: “Ah masa sih, padahal kan gue baru aja ganti tersebut kartu. Masa gak dapat?”

Semar: “Duh gimana nih? Mending batalin aja beli sepatunya & lo kabur diem-diem dari si akang itu. Besok lo tanyain ke banknya kenapa kartunya ga dapat dipake.”

Gareng: “Emang kartunya yang mana yang lo masukin?”

Semar: “Itu tadi gue masukin kartu yang ada nama, tanggal lahir, alamat sama agama lo ke mesin itu.”

Gareng: “Sampe taun jebot & gajah dapat ngelahirin onta pun kagak bakal dapat, ktp kok buat ambil duit di atm.”

#3. Contoh Cerpen Pendek Pendidikan

Gunakan Waktumu untuk Belajar

Malam begitu cerah, bagi anak muda pastinya bakal menghabiskan waktu untuk pergi keluar. Tetapi tidak dengan Ani, ia menghabiskan malam minggu yang cerah untuk belajar, sebab keesokan harinya ada UAS.

Tak selang berapa lama terdengar suara telepon, nyatanya dari Lia, ia ingin mengundang Ani untuk bermain di luar. Tetapi Ani menolak untuk diajak, sebab ia lebih memilih untuk belajar di rumah.

Keesokan harinya Ani berjumpa Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Ani pasti bakal rugi sebab ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.

UAS pun dimulai, saat Ani dengan penuh semangat mengerjakan, Lia di pojokan kebingungan menoleh sana-sini untuk mencari jawaban. Sebab ia tidak belajar sama sekali.
Contoh Cerpen Pendek Anak

Sore tersebut Dina & Putri sedang bermain boneka bersama di taman bermain. Tak selang berapa lama, Doni datang bersama Hari. Kedatangan keduanya pun nyatanya hanya ingin menganggu Dina & Putri bermain. Pastinya saja kedanya marah & meninggalkan Doni & Hari.
Contoh Cerpen Pendek Yang Romantis

Malam minggu yang sangat cerah Ani datang ke sebuah restorant untuk memnuhi undangan dari sang pancar yaitu Andi. Nyatanya saat hingga di tempat, Andi belum datang.

Dalam suasana yang romantis, di balik seorang yang bergitar ada seseorang yang bernyanyi. Nyatanya yang bernyanyi ialah Andi. Dengan suara halus & lantang, Andi pun menyebutkan bahwa lagu romantis tersebut ialah untuk Ani sang kekasihnya.

#4. Contoh Cerpen Pendek Tentang Agama

Sore tersebut menjelang maghrib hujan begitu deras. Hingga akhirnya adzan maghrib pun terdengar. Pak Mamat pasti saja merasa bingung, sebab gimana cara ia pergi ke masjid sedangkan ia tak punya payung.

Akhirnya pun ia nekat untuk menerobos hujan yang sangat deras demi mengikuti solat maghrib berjamaah. Tetapi atas izin Allah, baru saja ia keluar dari pintu, ada pak Wawan yang berjalan melalui rumahnya memakai payung hendak pergi ke masjid.

Pak Wawan pun pasti saja mengundang pak  mamat pergi bersama ke masjid untuk solat berjamaah.
Contoh Cerpen Pendek Mengenai Cinta

Siang tersebut Ani sedang mendengarkan musik di kamar. Tiba-tiba ada suara ketukan pintu. Pasti saja ia bergegas untuk membukakan pintu. Tetapi nyatanya tak ada orang di luar. Tetapi ia melihat ada kotak di depan pintu. Dengan penuh heran ia pun mengambil & masuk ke dalam rumah.
Saat di buka nyatanya isinya ialah boneka & surat yang berisi “Aku tunggu kamu di taman pinggir kota, kini juga”

Sebab rasa penasaran, Ani pun datang ke taman kota. Nyatanya yang mengundangnya ialah Anton. Tak disangka, Anton pun bermaksud menembak Ani. Pasti saja Ani menerika cintanya, sebab Anton merupakan pria yang ia sukai sejak SMA.

#5. Contoh Cerpen Kehidupan Kehidupan sehari-hari

Tolong Membantu Sesama Tetangga

Pagi hari yang cerah Pak Mamat membaca koran di teras & sang istri di dapur sedang memasak. Lalu datanglah Pak Hendri meminta bantuan Pak Mamat untuk memasangkan televisi. Pasti saja pak mamat membatu pak Hendri dengan sepenuh hati sebagai tetangganya.

Keesokan harinya pak mamat keluar menuju halaman. Ia sangat terkejut nyatanya pohon di depan rumahnya tumbang.  Sebab ia tak dapat membersihkan sendiri, maka ia meminta tolong pada Pak Hendri.tentu saja pak Hendri dengan bahagia hati membantu pak Mamat.
Contoh Cerpen Pendek Mengenai Alam

Pagi begitu cerah, burung-burung berterbangan di depan rumah Ani dengan kicauan yang sangat merdu. Melihat taman bunga yang begitu indah, tergerak hati ani untuk menyiram bunga. Dengan penuh semangat, Ani menyiram bunga sambil bernyanyi.

Tak selang berapa lama, ayah Ani pulang dari pasar. Nyatanya sang ayah membawakan bunga matahari terhadap Ani. Pasti saja Ani merasa bahagia,, sebab koleksi bunganya bertambah satu. Ia pun menempatkan bunga matahari di deretan bunga paling depan.

#6. Contoh Cerpen Singkat Motivasi Terbagus

Bunga & Lebah

“Rif, berikan aku sebuah kisah untuk kujadikan pelajaran” ucap Risa tiba-tiba di sore hari yang sejuk itu.

“Hmm, kisah apa ya? Aku bacakan sepenggal kisah mengenai analogi Bunga & Lebah, mau?” jawabku yang berbalas anggukan penuh semangat dari Risa.

Contohnya bunga & lebah.

Ya, aku lebah & ia bunganya. Ataupun mungkin sebaliknya. Aku tak peduli.

Simbiosis mutualisme, pikirku. Sebab kita saling memberi, & tanpa sadar saling menerima.

Lalu aku mulai meminta lebih banyak.otomatis ia memberi lebih banyak.

Begitu yang kita perbuat sebagai bunga & lebah.

Tapi aku sadar.

Mungkin aku bunganya.

Objek yang tidak bakal sempat dapat berpindah tempat, hanya menantikan untuk disinggahi sesaat.

Ia lebahnya.

Hadir kala terbukti saatnya hadir. Pergi kala terbukti saatnya pergi.

Kala sang bunga menutup diri, berhenti untuk meminta, maka sunyi bakal segera tercipta. Sang lebah boleh pergi, mencari keindahan bunga yang lain.

Lalu sepi.

Risa menatapku dengan nanar, seraya mengatakan “Tuan Rifazi, sejak kapan kamu pandai bercerita contohnya ini?”.

“Sejak aku sadar, bahwa aku & kamu hanya dapat sekedar menjadi kawan, Nyonya Risa. Aku-lah bunganya, & tentu, kau lebahnya” ujarku, pasti saja hanya berani kusampaikan dalam hati.

Nah itulah postingan cerpen bahasa indonesia. Semoga PR materi bahasa indonesia tentang cerpen beserta strukturnya bisa terlesaikan dengan melihat ckumpulan cerpen singkat diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh cerpen singkat beserta strukturnya atau contoh cerpen singkat, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan kumpulan cerpen singkat. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "106+ Contoh Cerpen Singkat Dari Berbagai Tema"