Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pencemaran, Sumber, Penyebab, Contoh Dan Dampaknya

pencemaran udara
pencemaran udara
faktasantuy.com - Pencemaran Udara – Tidak bisa di pungkiri bahwasanya udara ialah salah satu komponen penting yg haruslah di jaga. Hal ini krn seluruh makhluk hidup membutuhkannya. Tetapi, pasti saja udara tidak lagi bersih seperti dulu. Hal ini terjadi sebab adanya pencemaran udara. Padahal, udara yg tidak sehat ataupun kurang baik bagi kesehatan.

Dlm hal ini, mengenal lebih jauh tentang pencemaran udara adalah salah satu sudut penting yg wajib Kamu ketahui pula. Tidak hanya mengenal apa saja penyebabnya tp juga penting adanya antisipasi. Sedangkan terkait dgn pembahasan lebih lanjut tentang pencemaran udara, silahkan Kamu simak ulasan berikut.

Baca selanjutnya: PENCEMARAN UDARA

Berikut ini ulasan lengkap seputar pencemaran udara. Mulai dari Arti pencemaran udara, sumber pencemaran udara, penyebab pencemaran udara, akibat pencemaran udara, contoh pencemaran udara, cara menanggulangi pencemaran udara, dll.

Pengertian pencemaran udara

Pencemaran udara ialah istilah yg berasal dari dua kata yaitu perpaduan antara pencemaran & udara. Nah, utk mengenal apa maksud ataupun arti dari istilah ini, maka penting mengenal arti masing-masing kata terlebih dahulu, barulah bisa di simpulkan maksud dari pencemaran udara ini.

Berbicara tentang arti kata pencemaran, kata tersebut merujuk pada arti tercampurnya beberapa zat & bisa mengakibatkan kondisi yg buruk. Sedangkan udara ialah salah satu elemen alam yg sangat di butuhkan utk kehidupan manusia, fauna & tumbuhan.

Dari arti di atas, bisa di tangkap bahwasanya pencemaran udara tidak lain ialah situasi di mana udara bercampur dgn zat lain yg mengakibatkan kondisi paru-paru jd buruk. Bahkan, di sebabkan oleh pencemaran udara alami, bisa jadi membahayakan kehidupan penghuni bumi sendiri.

Tanpa udara, entah gimana jadinya kehidupan di bumi. Saat ini pencemaran udara sendiri sudah sangat merajalela. Kekurangan udara bersih merupakan persoalan yg sangat banyak di hadapi.

Penyebab dari pencemaran udara sendiri benar-benar beragam. Dlm hal ini terjadi sebab faktor alam, ataupun perbuatan manusia. Tetapi, apabila menuturkan masalah mayoritas, pasti saja sebab ulah manusia sendiri. Sedangkan akibat dari persoalan ini tidak bisa di katakan sepele.

Udara yg rusak, hendaknya sesegera mungkin utk di perbaiki. Hal ini sebagai antisipasi sebelum kata telat datang. Bahkan, beberapa negara sudah masuk daftar kerusakan udara yg buruk. Saat ini, di beberapa negara tersebut, salah satunya Cina, seringkali udara bersih di jual dlm kantong plastik.

SUMBER PENCEMARAN UDARA


Secara garis besar, ada dua sumber pencemaran udara yg bisa terjadi. Yg pertama ialah sumber alamiah & yg kedua ialah sumber buatan manusia. Keduanya sebetulnya sama-sama susah utk di atasi. Sedangkan utk keterangan lebih lanjutnya ialah sebagai berikut.

Sumber alamiah

Pencemaran ini terjadi dengan cara alamiah & ada banyak faktor yg bisa menyebabkannya. Diantara faktor-faktor tersebut ialah adanya letusan gunung berapi, munculnya gas beracun kepermukaan bumi, di sebabkan oleh tanaman tertentu, & tetap banyak lagi.

Sumber buatan manusia

Sumber alamiah pasti saja terjadi dengan cara alamiah & tidak bisa di elakkan kedatangannya. Tetapi, ada juga sumber yg di sebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Dlm hal ini sumber buatan manusia benar-benar banyak & sudah menjadi kebiasaan yg di anggap biasa. Oleh sebab itulah sumber ini susah utk diatasi.

Berbicara lebih jauh tentang sumber alamiah pencemaran udara. Dlm hal ini diantaranya ialah seperti sumber dari aktivitas industri, dari kendaraan bermotor, asap rokok & banyak lagi. Akativitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan yg sangat susah utk menanggulangi ataupun mencegahnya.

Baca selanjutnya: Keunikan Unta, Kenapa Tahan Panas di Padang Pasir?

Pengertian Pencemaran Udara

Dari dua sumber yg sudah di sebutkan, pasti di tarik beberapa macam penyebab pencemaran udara yg terjadi di atmosfer. Nah, utk mengenal beberapa diantaranya, pembahasannya ada di bawah ini.

Asap kendaraan bermotor yg menyebabkan polusi

Melihat perkembangan teknologi yg terus pesat, pasti saja tidak heran apabila saat ini kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu barang yg wajib di miliki setiap orang. Di jalanan, saat ini kendaraan bermotor sudah banyak di temui. Tetapi, asap kendaraan bermotor ini bisa menyebabkan polusi & dgn jumlah yg banyak, udarapun bakal tercemar.

Pembangkit listrik

Tidak bisa di pungkiri, walau sudah masuk era modern, saat ini tetap banyak pemangkit listrik konvensional yg memakai bahan ramah lingkungan. Katakan saja seperti gas, minyak maupun batubara. Nah, ketika bahan bakar yg menjadi gas ini pembakarannya tidak sempurna, saat menyebar di udara, maka bisa memunculkan efek yg cukup berbahaya.

Berasal dari abu polutan gunung berapi

Di Indonesia, gunung berapi yg tetap aktif sangat banyak jumlahnya. Dlm hal ini saat terjadi letusan gunung berapi, bisa jadi stabilitas udara di wilayah bersangkutan pun bakal terganggu. Udara pun menjadi tidak sehat utk di hirup. Tetapi faktor yg satu ini merupakan salah satu faktor alamiah yg pastinya susah di hindari.

Limbah asap industri ataupun pabrik

Penyebab pencemaran udara yg paling besar tidak lain ialah yg satu ini, yaitu limbah pabrik. Di beberapa negara, pasti saja ada banyak sekali pabrik yg berdiri. Sedangkan limbah asap pabrik pasti saja tidaklah sedikit. Padahal, limbah asap industri ini bukahlah udara yg bagus.

Limbah pertanian

Tidak hanya pabrik, sebetulnya limbah pertanian juga bisa berakibat pada pencemaran udara. Hal ini sebab mengingat banyaknya pemakaian pupuk & bahan-bahan kimia utk menunjang hasil panen pertanian. Nah, tidak hanya buruk utk tanah, sebetulnya ini juga tidak bagus utk udara sebab bisa mengakibatkan pencemaran karena terlalu berlebihan.

6. Beberapa kegiatan pertambangan


Apabila berkata Indonesia, pasti saja lumayan banyak di temui yg namanya industri pertambangan. Tetapi, lebih jelasnya industri ini bisa juga mengakibatkan pencemaran udara. Penyebab utamanya ialah, saat mineral dari perut bumi di ambil, maka polutan pun bisa muncul. Pertambangan ini bisa juga memunculkan beberapa efek negatif, utamanya dlm proses pengeboran.

Aktivitas rumah tangga

Utk penyebab yg satu ini mungkin meragukan. Tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa beberapa aktivitas rumah tangga tidak bisa di anggap sepele. Mungkin intensitasnya tidaklah banyak, namum tetap saja berpengaruh. Beberapa contohnya ialah seperti pembakaran sampah yg sembarangan & lain sebagainya.

Kebakaran hutan

Salah satu kejadian alam yg sangat fatal & susah utk di tanggulagi ialah kebakaran hutan ini. Apalagi mengingat penyebabnya sering tidak bisa di duga. Tetapi saat memunculkan asap yg terlalu banyak pasti saja bakal sangat mudah berakibat pada yg namanya polusi. Tidak hanya polusi sendiri, kebakaran hutan juga bakal berakibat pada alam. bisa berujung longsor maupun banjir.

9. Efek timbunan sampah


Sampah yg tertimbun & tidak terurus pasti saja benar-benar mengganggu kehidupan setiap orang. Dlm hal ini, Kamu pun tentunya mengakui bahwa adanya timbunan sampah bukanlah hal yg bagus. Bagi udara pun demikian, timbunan sampah bisa mengakibatkan pencemaran udara. Apalagi hingga memunculkan aroma menyengat. Hal ini tidak bisa diremehkan.

Contoh pencemaran udara

Salah satu contoh dari pencemaran udara ini tidak lain ialah gas monoksida & karbondiaoksida. Utk gas CO ataupun monoksida merupakan gas yg berasa dari pembakaran yg tidak sempurna. Gas ini mempunyai sifat beracun yg terbukti berbahaya apabila menyebar di udara. Biasanya, gas CO ini mempunyai kaitan yg erat dgn beberapa industri.

Selanjutnya, utk gas CO2, sebetulnya gas ini normal-normal saja. Bahkan sangat di butuhkan utk proses photosintesis bagi tumbuhan. Tetapi, apabila intensitasnya meningkat, inilah yg tidak baik. Apabila CO2 ini meningkat di tengah hutan, maka bakal memunculkan efek rumah kaca.efek ini benar-benar berbahaya utk beberapa komponen kehidupan di bumi.

Baca : 25 Contoh Sikap Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, Masyarakat dan Tempat Kerja

Mengingat sangat berbahayanya pencemaran udara yg terjadi, pasti saja sangat penting utk menanggulanginya. Dlm hal ini ada banyak hal yg bisa Kamu lakukan utk penanggunalan tersebut.diantaranya ialah sebagai berikut.

Pendidikan cinta alam & lingkungan

Supaya pencemaran udara bisa di tanggulangi, maka seluruh komponen masyarakat haruslah ikut serta dlm prosesnya, karena itu pendidikan tentang cinta alam & lingkungan sangat di butuhkan, Khususnya bagi mereka yg tetap dlm proses pendidikan. Hal ini sebab beberapa tahun kedepan, merekalah yg bakal melindungi & menjaga permukaan bumi ini.

Penguatan hukum & peraturan

Tidak seluruh orang bisa sadar diri hanya lewat pendidikan saja. Kadangkala, bisa jadi takutnya seseorang ialah pada hukum & peraturan. Oleh sebab itu, adakalanya hukum tentang pencemaran udara haruslah di kuatkan. Hal ini sangat penting demi menjaga kesehatan lingkungan khususnya udara yg setiap hari yg dibutuhkan.

Pengawasan perusahaan industri

Dlm penyebab pencemaran udara, sudah di sebutkan bahwasanya aktivitas industri sangat banyak menyebabkan pencemaran. Dlm hal ini, utk menanggulanginya, maka haruslah di lakukan pembersihan udara setiap perusahaan industri. Dgn bagitu, limbah udara berbahaya kimia yg terlalu berlebihan bisa di hindarkan dari bumi.

Pengurangan bahan penghasil polutan

Ada banyak sekali bahan yg bisa menghasilkan polutan di muka bumi ini. Oleh sebab itu, dlm penanggulangan pencemaran udara, bahan-bahan seperti ini haruslah mulai di hindari. Katakan saja contohnya seperti pembakaran sampah yg bisa menghasilkan pencemaran tinggi. Nah, aktivitas seperti inilah yg harusdikurangkan & di atur kembali utk menujang usaha penanggulangan.

Pemakaian bahan-bahan ramah lingkungan

Saat ini setiap orang pasti saja sudah sangat bersahabat dgn bahan-bahan yg ramah lingkungan. Nah, pola hidup seperti inilah yg harus di perhatikan. Mulai kini pemakaian bahan-bahan ramah lingkungan harus di kurangkan sebab sangat berbahaya jika menumpuk.

Penghijauan lahan

Tidak bisa di pungkiri, udara yg bersih pasti saja berasal dari tumbuhan penghasil oksigen yg mencukupi. Oleh sebab itu, banyak yg menekankan utk melakukan penghijauan lahan. Hal ini pun bakal sangat berfungsi utk menanggulangi pencemaran udara.

Sesudah mengenal berbahayanya pencemaran udara, saat ini saatnya utk memperbaiki alam. Nah, utk menjaga kesehatan udara, maka tidak hanya pemerintah maupun aparat yg ikut serta. Dlm hal ini, keterlibatan seluruh komponen masyarakat sangat di butuhkan utk ikut serta memperjuangkannya.

Baca: 3 Manfaat Demam Bagi Kesehatan dan Dalam Islam

Dampak pencemaran udara

Sebab banyak penyebab yg bisa memunculkan pencemaran udara, pasti saja ada banyak akibat pula yg bisa di timbulkan. Akibat-akibat pencemaran udara pun tidak bisa di sepelekan. Nah, diantara akibat dari pencemaran udara, kamu ketahuilah sebagai berikut.

Gangguan kesehatan

Sebagaimana di katakan sebelumnya, udara ialah salah satu komponen paling penting dlm kehidupan makhluk hidup. Utk bisa bertahan hidup, seluruh makhluk bakal menghirupnya. Tetapi, apabila udaranya tidak layak, pasti saja ini bakal berujung pada beberapa gangguan kesehatan. Banyak orang yg terlalu sering menghirup udara kotor mengalami beberapa penyakit parah.

Akibat ekonomi

Mungkin persoalan kesehatan menjadi akibat yg sangat mudah utk di perkirakan. Tetapi, siapa sangka bahwa pencemaran ini bakal berakibat pula pada persoalan ekonomi. Hal ini di pengaruhi oleh produktivitas setiap orang sendiri. Saat mereka merasa tidak nyaman krn kondisi udara, maka bakal memunculkan persoalan ekonomi pribadi maupun negara.

Akibat pada aktivitas pertanian

Apabila manusia sangat membutuhkan udara, maka begitu juga dgn tumbuhan. Di sini tumbuhan pun memerlukan udara yg sehat utk bisa tetap tumbuh & berkembang. Tetapi, dgn tidak sehatnya kondisi udara akibat pencemaran udara, maka bakal mengganggu aktivitas tumbuhan hingga pertanian. Sedangkan salah satu contohnya ialah dlm proses photosintesis.

Hujan asam

Dlm pengertiannya sudah di sebutkan bahwasanya pencemaran udara tidak lain ialah bercampurnya beberapa zat dgn udara. Nah, zat yg berterbangan ini nantinya tidak tahu bakal di bawa kemana & menuju awan. Tetapi beberapa zat yg sensitif saat berjumpa dgn air bakal berubah menjadi asam. Pada akhirnya bakal muncul yg namanya hujan asam.

Kerusakan lapisan ozon

Apabila pencemaran udara terjadi terus menerus, maka tidak bisa di pungkiri apabila pada akhirnya pun bakal sangat berakibat pada yg namanya lapisan ozon. Apalagi mengingat banyak zat kimia berbahaya yg ikut mencemari. Padahal lapisan ozon ini sangat berfungsi utk melindungi dari ganasnya sinar matahari jadi kerusakannya bakal sangat besar.

Efek rumah kaca

Saat ini efek rumah kaca sudah hampir di rasakan setiap manusia. Hal ini sebab CFC sudah sangat menumpuk di beberapa permukaan atmosfer. Padahal efek rumah kaca ini bukanlah hal yg bagus. Pada akhirnya, efek rumah kaca bisa mengakibatkan sinar UV radiasi di pantulkan dengan cara besar-besaran kembali ke permukaan bumi.

Baca : √ 5 RUKUN ISLAM: Pengertian, Syarat, Penjelasan dan Urutannya

Pengertian pencemaran udara, sumber pencemaran udara, penyebab pencemaran udara, akibat pencemaran udara, contoh pencemaran udara, cara menanggulangi pencemaran udara, dll.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pencemaran, Sumber, Penyebab, Contoh Dan Dampaknya"