Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Contoh Soal Teks Cerita Sejarah dan Pembahasannya

Contoh-Soal-Teks-Cerita-Sejarah

faktasantuy.com - Contoh soal teks cerita sejarah dan pembahasannya. Halo sahabat, pada pagi tadi di sekolah saya telah belajar cerita teks sejarah yang merupakan materi yang pertama saya pelajari di kelas 12 ini. Pada ketika pertama kali masuk guru saya langsung memberikan tugas & soal latihan yang berkaitan dengan teks cerita sejarah.

Saya rasa materi ini lumayan mudah untuk dipelajari asalkan sahabat seluruh rajin untuk membaca & menghapus rasa malas sahabat semua. Adapun berikut bakal saya berikan soal teks cerita sejarah yang telah diberikan oleh guru saya pada pagi hari lengkap dengan jawabannya.


Baca juga : Materi teks cerita sejarah lengkap.

Contoh soal teks cerita sejarah dan pembahasannya


Soal teks cerita sejarah

  1. Cari arti dari cerita teks sejarah.
  2. Cari ciri-ciri dari teks cerita sejarah.
  3. Cari struktur dari cerita teks sejarah.

Jawaban teks cerita sejarah

1. Pengertian teks sejarah : Teks cerita sejarah ialah teks yang didalamnya membahas & menceritakan mengenai fakta & kejadian masa kemudian yang menjadi asal muasal ataupun latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai kualitas sejarah.

2. Dan juga merupakan pengisahan yang disusun berdasarkan kronologi ataupun urutan waktu.Ciri ciri teks cerita sejarah :
  • Menceritakan masa lalu
  • Memakai verba
  • Memakai kalimat lampau
  • Memakai frase adverbial
  • Menceritakan masa lampau ( fakta )
  • Memakai kalimat naratif/deskriptif
  • Berdasarkan fakta

3. Struktur teks cerita sejarah :
  • Orientasi ( pengenalan )
  • Momen ( event )
  • Reorientasi ( pengenalan kembali )
Itulah seluruh merupakan soal teks cerita sejarah yang diberikan oleh guru saya di sekolah. Adapun jawaban itu seluruh saya yakin benar sebab itu merupakan jawaban yang benar & mendapat kualitas sempurna. Namun bagi yang ingin mengenal kaidah ataupun ciri kebahasaan dari teks cerita sejarah dapat dilihat dibawah ini.

Kaidah kebahasaan teks cerita sejarah

  1. Memakai bentuk lampau (momen telah terjadi)
  2. Memakai konjungsi untuk mengurutkan momen ataupun kejadian, umpama dan, namun, sesudah itu, & kemudian.
  3. Memakai keterangan & frasa adverbial untuk mengungkapkan tempat, waktu, & cara.             Umpama kemarin, di rumah saya, & pelan-pelan.
  4. Memakai kata kerja yang menyebutkan tindakan, umpama pergi, tidur, lari, & membeli.
Update soal ke 4-10: KLIK DISINI

Nah itulah postingan materi soal struktur teks cerita sejarah. Semoga PR materi soal teks sejarah bahasa indonesia kelas 12 bisa terlesaikan dengan melihat contoh soal teks cerita sejarah dan pembahasannya diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi soal teks cerita sejarah atau soal teks sejarah bahasa indonesia kelas 12 pilihan ganda, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan contoh soal pilihan ganda bahasa indonesia tentang teks cerita sejarah, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Soal Teks Cerita Sejarah dan Pembahasannya"