Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Teks Negosiasi, Contoh, Struktur, Kaidah dan Ciri

Teks Negosiasi

Teks negosiasi adalah pelajaran yang bakal saya berikan hari ini untuk kalian semua. Teks negosiasi ini biasanya kami temui pada pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA. Yang bakal kami bahas hari ini mengenai teks negosiasi yaitu antara lain pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan & contoh teks negosiasi & semoga materi yang bakal saya berikan ini bisa berguna untuk sahabat semua.

TEKS-NEGOSIASl


Pengertian Teks Negosiasi

Apa itu negosiasi? Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi sosial antara satu orang dengan lainnya yang berguna untuk menetapkan keputusan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan tidak sama. Kedua belah pihak dalam negosiasi ini mempunyai hak atas hasil akhir. Hasil akhir dalam negosiasi ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak jadi terjadi proses saling memberi & menerima sesuatu untuk mencapai kesepakatan bersama.

Contoh dialog negosiasi 2 orang

Berikut bakal saya berikan terhadap sahabat contoh teks negosiasi yang pendek untuk sahabat yang diinginkan bisa menolong tugas bahasa indonesia kalian semua. Oke langsung saja mari kami simak contoh teks negosiasi pendek berikut.
A : Ada yang bisa saya bantu?.
B : Saya ingin pesan baju contohnya ini (menyodorkan tampilan baju).
A : Oh tampilan ini ya, ukurannya untuk tubuh seperi bapak?
B : Iya.
A : Oh tampilan contohnya ini kami beri harga 500rb.
B : Terlalu mahal itu, tidak bisa turun?.
A : Bisa, namun turun pun hanya sedikit. Paling kami beri harga 450rb bagaiamana?
B : Baguslah saya setuju. Saya harap baju ini bisa berakhir cocok waktu,
A : Kami rutin mengusahakan untuk tidak mengecewakan pembeli pak.

Struktur Teks Negosiasi

Tentu saja setiap teks mempunyai struktur, begitupun dengan teks negosiasi. Struktur teks negosiasi teridi atas pembukaan, isi, & terbaru yaitu penutup. Untuk lebih jelasnya sahabat bisa melihat penjelasannya dibawah ini.
  • Pemubakaan, merupakan bagian awal dari sebuah negosiasi yang biasanya berisi kata salam atau sapa & juga pengenalan diri.
  • Isi, dibagian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu penyampaian materi & tawar menawar & penyelesaian persoalan. Penyampaian materi merupakan bagian yang berisi pertanyaan atau pengumuman tentang objek atau perpersoalanan. Sedangkan tawar-menawar & penyelesaian persoalan ialah bagian dimana kedua belah pihak saling bernegosiasi sampai akhirnya memperoleh sebuah keputusan.
  • Penutup, merupakan bagian akhir akhir dari teks negosiasi.

Kaidah teks negosiasi

  • Negosiasi yang bagus rutin memperlihatkan kaidah negosiasi. Adapun kaidah atau ciri kebahasaan teks negosiasi yang bagus ialah sebagai berikut.
  • Tidak menyaapabilan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
  • Mulai dengan argumen yang paling kuat & didukung dengan fakta.
  • Bangun argumen dengan cara logis, rapat, mengikat, & hati-hati.
  • Jelaskan pandangan anda, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, lalu kamu bisa berbicara apabila kamu tidak setuju dengan mitra negosiasi.
  • Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk memperlihatkan bahwa kamu telah mengerti.
  • Minta alasan dari pihak mitra negosiasi (mengapa ya/mengapa tidak).
  • Jangan menyela argumentasi dari pihak mitra negosiasi, dengarkan, & cari titik lemahnya.

Ciri kebahasaan teks negosiasi

  • Negosiasi menghasilkan kesepakatan, bagus kedua belah pihak saling sepakat atau kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.
  • Tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
  • Negosiasi merupakan sarana untuk mencapai peneyelesaian.
  • Negosiasi berguna praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua belah pihak.

Baca Juga:

Nah itulah artikel dari faktasantuy.com pengertian pengajuan dalam teks negosiasi dan contoh teks negosiasi beserta strukturnya. Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan kumpulan contoh karangan fiksi pendek ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Teks Negosiasi, Contoh, Struktur, Kaidah dan Ciri"