Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangbiakan Vegetatif Generatif + Beda Serta Contohnya

faktasantuy.com - Perkembangbiakan merupakan proses pembentukan individu baru. Tujuan makhluk hidup melakukan perkembangbiakan ialah untuk melestarikan jenisnya dari kepunahan. Perkembangbiakan bisa terjadi dengan cara kawin (generatif) & tidak kawin (vegetatif).

Materi perkembangbiakan ini bakal kalian pelajari pada tingkat SMP/MTs kelas 9 & bakal saya berikan rangkuman penjelasan dengan cara pendek lengkap dengan contoh dari masing-masing tipe perkembangbiakan.

Perkembangbiakan-Vegetatif-Perkembangbiakan-Generatif

Perkembangbiakan vegetatif dan generatif

1.PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF (KAWIN)


Perkembangbiakan generatif ialah terjadinya calon individu baru yang didahului oleh pembuahan (proses peleburan antara ovum & sperma). Hasil dari pembuahan disebut zigot. Sifat individu baru hasil perkembangbiakan generatif merupakan gabungan dari sifat kedua induknya. Perkembangbiakan dengan cara generatif pada makhluk hidup tingkat rendah bisa terjadi dengan cara konjugasi, isogami, & anisogami.

contoh perkembangbiakan generatif


Konjugasi : ialah perkembangbiakan generatif pada organisme yang belum jelas tipe kelaminnya. Contoh organisme yang meperbuat konjugasi ialah alga Spirogyra & Protozoa Paramecium.
Isogami : ialah perkembangbiakan generatif yang terjadi anatara sel kelamin jantan & sel kelamin betina yang sama bentuk & ukurannya. Seperti perkembang biakan pada Ulotrich & Chlamydomonas.

Anisogami : ialah perkembangbiakan generatif yang terjadi antara sel kelamin jantan & sel kelamin betina yang bentuk & ukurannya tidak sama. Sel kelamin betina umumnya lebih besar dari sel kelamin jantan. Seperti perkembangbiakan pada Plasmodium & Oedogonium.

Contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif

  1. Padi
  2. Jagung
  3. Mangga
  4. Durian
  5. Rambutan
  6. Jambu air
  7. Jambu biji
  8. Salak
  9. Gandum
  10. Apel

2. PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF (TIDAK KAWIN)

Perkembangbiakan vegetatif ialah terjadinya individu baru tanpa didahului proses peleburan ovum & sperma. Perkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu organisme. Individu baru hasil perkembangbiakan vegetatif mempunyai sifat yang rutin sama dengan sifat organisme induknya.

Contoh perkembangbiakan vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif makhluk hudup tingkat rendah bisa terjadi melewati pembelahan biner (membelah diri), membentuk tunas, & membentuk spora. Contoh organisme yang meperbuat pembelahan biner ialah Amoeba, Paramecium, & bakteri. Contoh organisme yang membentuk tunas ialah Saccharomyces (ragi tape) & Hydra. Contoh organisme yang membentuk spora ialah jamur & kapang Rhizopus.

Nah itulah postingan materi biologi perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan generatif. Semoga PR materi perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan generatif bisa terlesaikan dengan melihat materi diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi lcontoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan atau contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan, silakan ketik di komentar dibawah.
  1. membelah diri,
  2. spora,
  3. rizoma,
  4. umbi lapis,
  5. umbi batang,
  6. umbi akar,
  7. tunas, dan
  8. geragih (stolon).

Terima kasih telah membaca postingan contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Perkembangbiakan Vegetatif Generatif + Beda Serta Contohnya"