Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Resensi Buku, Unsur, Struktur, Jenis, Tujuan, Fungsi

faktasantuy.com - Halo semua, jadi Resensi ialah materi Bahasa Indonesia kelas XI SMA yang bakal kami bahasa hari ini. Resensi ini biasa kami temui dalam sebuah ulasan atau review yang dibangun oleh seseorang & biasa termuat dalam sebuah buku, majalah, atau sebuah website.

Resensi biasa dibangun untuk menilai & mengulas beberapa macam hal, contohnya resensi buku, novel (fiksi dannon fiksi), film (fiksi dannon fiksi), drama korea, atau lain sebagainya.

Baca selanjutnya: 20 contoh teks cerita ulang

Adapun yang bakal dibahas pada materi Resensi hari ini, yaitu dimulai dari arti resensi, unsur-unsur resensi, tipe resensi, tujuan resensi, & fungsi resensi. Nah kini tanpa panjang lebar lagi mari kami langsung simak saja materi nya berikut ini.

Resensi

resensi-buku

Pengertian Resensi Buku

Resensi buku adalah sebuah penilaian yang diberikan terhadap sebuah karya sastra contohnya buku, film, atau bahkan drama. Itulah arti pendek resensi. Jadi, apabila kalian melihat sebuah ulasan atau review terhadap sebuah karya sastra, dapat jadi itulah salah satu contoh kecil resensi.

Tapi, dalam sebuah resensi, kalian tidak dapat hanya memberikan ulasan positifnya saja, atau hanya ulasan negatifnya saja. Sebuah resensi haruslah dibekali dengan ulasan yang sebanding antara kelebihan & kekekuranganan dari karya sastra yang dinilai.

Struktur Resensi Buku

Selanjutnya struktur resensi buku data dari buku yang dinilai. Berikut menyusun data buku :
  1. Judul buku;
  2. Pengarang;
  3. Penerbit;
  4. Tahun terbit serta cetakannya;
  5. Dimensi buku;
  6. Harga buku;
  7. Isi Resensi Buku
  8. Penutup Resensi Buku

Jenis Jenis Resensi Buku

Secara teori, resensi terbagi menjadi 3 tipe resensi, yaitu sebagai berikut :
  1. Informatif. Jenis resensi yang disampaikan dengan cara pendek & umum dari keseluruhan isi buku.
  2. Deskriptif. Jenis resensi yang mengulas detail setiap bab atau bagiannya.
  3. Kritis. Jenis resensi yang mengulas seluruh detail buku dengan metodologi & ilmu pengetahuan tertentu & biasanya isi resensi sangat objektif & kritis.

Tapi, tidak menutup kemungkinan ketiga tipe resensi di atas diterapkan dengan cara bersama-sama sebab terbukti aturannya tidak baku.

Tujuan Resensi Buku

Berikut beberapa tujuan resensi.
  1. Mengenal kelebihan & kelemahan buku yang diresensi.
  2. Memberikan penilaian umum & fotoan terhadap calon pembaca dari sebuah karya dengan cara simpel.
  3. Memberikan masukan, saran & kritik terhadap penulis terhadap isi & cara penulisan buku.
  4. Mengenal latar belakang & alasan mengapa buku tersebut diterbitkan.
  5. Menguji nilai sebuah buku & membandingkannya dengan karya yang lain.

Fungsi Resensi Buku

Dan materi terbaru pada postingan mengenai resensi hari ini ialah mengenai fungsi resensi. Berikut beberapa fungsi resensi.
  1. Sebagai Bahan Pertimbangan. Calon pembaca dapat mengenal fotoan umum sebuah buku terlebih dahulu & dapat mempertimbangkannya apakah bakal dibaca atau tidak.
  2. Sarana Promosi Buku. Biasanya, buku baru yang belum sempat diresensi bakal diresensi jadi dapat hebat perhatian calon pembaca & dapat dijadikan sebagai sarana promosi.
  3. Pengembangan Kreativitas Dalam Menulis. Dengan cara tidak langsung, terus sering kami menulis tergolong menulis resensi, maka terus terasah performa kami & kreativitas kami dalam menulis.
  4. Nilai Ekonomis.manfaat terakhr meresensi buku ialah, biasanya orang yang meresensi bakal diberikan sebuah imbalan atau uang.

Nah itulah postingan materi pengertian resensi buku, struktur resensi buku, jenis resensi buku, tujuan resensi buku dan fungsi resensi buku. Semoga PR bahasa indonesia kamu bisa terlesaikan dengan melihat resensi buku diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh resensi buku, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan pengertian resensi buku, struktur resensi buku, jenis resensi buku, tujuan resensi buku dan fungsi resensi buku. Baca Juga:
Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pengertian resensi buku, struktur resensi buku, jenis resensi buku, tujuan resensi buku dan fungsi resensi buku ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Resensi Buku, Unsur, Struktur, Jenis, Tujuan, Fungsi"