Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Fakta Tentang Batu Akik yang Perlu Diketahui

10-fakta-dan-mitos-tentang-batu-akik

faktasantuy.com - WOW! 10 Fakta Batu Akik yang Perlu Diketahui. Saat ini telah terus berkembang disaat masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak, syarat tentang hal-hal mistis contohnya dukun, orang pintar & kekuatan, kini telah banyak diminati oleh banyak orang tak terkecuali anak muda harus memakai batu akik.

Entah berakar dari mana demam batu akik yang saat ini melanda negeri ini. Yang jelas tampak sekali mulai dari masyarakat biasa sampai pejabat bahkan bintang film papan atas berlomba-lomba mengoleksi batu akik beberapa tipe & harga.

Sejarah dan Rahasia Teknik Pembangunan Piramida Mesir

Banyak pengamat mekualitas bahwa gandrung batu akik dikarenakan 2 hal, yang pertama terbukti sebab estetika ataupun keindahan batu alam tersebut & yang kedua sebab kepercayaan masyarakat tentang kekuatan mistik yang terkandung didalam batu akik.

Kemudian bagaimanakah anda menyikapi Mitos batu akik, antara mode & mistik tersebut? Untuk itulah para penggemar faktasantuy.com bakal mengulas semuanya tentang batu akik sampai tuntas di postingan ini.

Dengan motifnya yang unik dan berwarna-warni maka tak mengherankan apabila batu akik saat ini menjadi “kejadian luar biasa” di Indonesia. Di Indonesia sendiri tren batu akik sedang melanda seluruh kawasan negeri, tetapi sebetulnya tren serupa telah sempat terjadi di tahun 90-an.

Baca selanjutnya: 30 Kekuatan Menggerakkan Benda Dengan Pikiran, Ingin Memilikinya?

Apabila menilik lebih jauh lagi, tren batu akik sebetulnya telah berjalan sejak zaman dahulu. Di awali dengan penemuan batu akik pertama di Sisilia yang lalu berkembang ke seluruh dunia. Di balik coraknya yang beragam, batu akik juga dipercaya mempunyai daya magis yang kadang tidak bisa diterima nalar. Dilansir Boombastis dari Gemstone Buzz inilah 10 fakta dan mitos mengenai batu akik.

Batu Akik Pertama Kali Ditemukan di Sisilia

Dalam bahasa Inggris batu akik disebut dengan agate. Nama agate sendiri diambil dari nama sungai yang paling populer di zaman kuno bernama Achates. Sungai ini berada di Sisilia dan mengalir sepanjang 54 kilometer.

Menurut risalah Theophrastus yang tertulis pada suatu  batu dengan tahun menunjukkan angka 315 sebelum masehi, nama Achates ataupun batu akik pertama kali ditemukan di sungai ini. Saat ini sungai yang fenomenal ini telah berubah nama menjadi sungai Dirillo.

Batu Akik Telah Dipakai Sejak Tahun 20.000 Sebelum Masehi

Apabila merujuk pada risalah Theophrastus, batu akik baru ditemukan kurang lebih 315 tahun sebelum masehi, tetapi berdasarkan penelitian lebih lanjut didapatkan fakta yang mengejutkan. Ada bukti yang menunjukkan bahwa batu akik telah dipakai sejak 20.000 tahun sebelum masehi.

Berdasarkan penelitian sejarah, didapatkanlah bukti bahwa kaum pria dari Eropa Utara pada masa zaman batu telah memakai batu mulia ini sebagai perhiasan, dan pada tahun 400 sebelum masehi orang Yunani memakainya sebagai perhiasan dan manik-manik.

Akik Ialah Batu Permata Kuno yang Mempunyai Daya Magis

Batu akik menjadi batu permata kuno yang paling berharga dan yang paling pertama dikenal oleh manusia sebelum mereka mengetahui emas dan berlian contohnya sekarang. Ini dikarenakan tipe batu mulia ini sangat keras dengan motif yang hebat dan berwarna-warni.

Pada zaman dahulu, siapa saja yang mengenakan batu akik diyakini bisa membuat penggunanya menjadi ramah, jujur dan berpengetahuan luas. Singkatnya, batu akik mempunyai daya magis yang bisa membutuhkan perspektif kehidupan.

Batu Akik Bisa Menjadi Penolak Bala

Contohnya kata pepatah, lain ladang lain belalang lain daerah lain pula mitos yang berkembang mengenai performa batu akik. Sebagai contoh dalam adat Persia, batu akik dianggap mempunyai kekuatan untuk mencegah badai.

Orang Persia percaya bahwa batu akik mempunyai kekuatan sebagai pelindung tergolong melindungi mereka dari amukan badai. Tidak hanya itu mereka juga percaya apabila batu akik bisa meringankan penggunanya dari rasa haus. Di belahan dunia lain juga berpendapat apabila batu akik ialah batu permata yang protektif.


Batu Akik Berkhasiat Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Bukan hanya pada zaman dahulu saja yang menyakini bahwa batu akik menyimpan energi yang bisa membagikan beberapa berguna tergolong menyembuhkan beberapa tipe penyakit. Sampai saat ini pun kepercayaan bakal daya magis suatu batu akik tetap terjaga dengan baik.

Batu akik yang sebetulnya ialah batuan alam yang mempunyai corak berwarna-warni ini diasosiasikan dengan performa menyembuhkan. Gangguan contohnya insomnia, alergi, penyakit kulit, dan stres ialah beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan memakai batu akik. Tidak hanya itu tetap banyak lagi penyakit yang konon bisa sembuh lantaran memakai batu akik.

Dahulu Batu Akik Dibikin Mangkuk

Meski telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai batu permata yang dipakai untuk perhiasan, tetapi ternyata fakta menunjukkan bahwa sebagian besar batu akik dibergunakan sebagai bahan pembuatan mangkuk ketimbang perhiasan.

Mangkuk yang terbuat dari batu akik ini sangat populer pada zaman dahulu sampai Mitharades, raja Pontus mempunyai lebih dari 3.000 mangkuk dari batu mulia ini. Pada ketika ini, Anda bisa melihatnya di museum-museum kerajaan.

Bangsa Sumeria Memakai Akik Sebagai Perhiasan

Lain halnya dengan bangsa Sumeria, mereka mempunyai kredit tersendiri atas pebergunaan batu mulia ini. Bangsa Sumeria memakai batu akik sebagai segel, manik-manik dan beberapa bentuk perhiasan lainnya.

Bangsa Sumeria sendiri ialah salah satu masyarakat perkotaan yang paling awal timbul di dunia. Mereka menghuni area sebelah selatan dari Mesopotamia kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Bangsa ini juga populer salah satu bangsa yang paling maju dalam hal tulis-menulis.

Orang Arab Memakai Batu Akik Supaya terhindar dari Musibah

Pada zaman dahulu orang-orang Arab dan Persia memakai cincin batu akik di jari manis mereka. Uniknya batu akik tersebut diukir ayat-ayat tertentu yang diambil dari Al-Qur’an dan juga simbol-simbol tertentu.

Dengan memakai cincin batu akik yang contohnya itu mereka semua percaya bahwa batu itu bakal menyelamatkan mereka dari bahaya. Keyakinan yang contohnya itu bahkan tetap ada sampai kini. Tetap banyak orang-orang yang percaya bahwa batu akik bisa menghindarkan seseorang dari musibah.

Batu Akik Buat Hadiah Pernikahan

Batu akik tampaknya mempunyai beberapa makna khusus terkait dengan ulang tahun pernikahan ke-12 dan ke-14. Ulang tahun pada umur-umur tersebut dianggap sangat istimewa jadi dikaitkan dengan batu akik yang juga mempunyai variasi yang beragam indahnya.

Nah, buat pasangan yang juga sependapat dengan kepercayaan ini, biasanya mereka bakal menghadiahi pasangan mereka cincin batu akik cocok di hari jadi pernikahan mereka yang ke-12 maupun ke-14. Hari-hari tersebut bakal menjadi hari paling istimewa buat mereka.


Batu Akik Bisa Melindungi Bayi dalam Kandungan

Warna batu akik yang tidak sama-beda tampaknya mempunyai hubungan dengan beberapa sifat fisik dan mental manusia. Jadi setiap orang bakal memilih jenis-jenis tertentu dari batu akik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Yang unik ialah bahwa ada mitos yang berbicara apabila batu akik dianggap mengangkat hoki apabila dipakai wanita hamil. Berdasarkan kepercayaan yang beredar, dengan kesaktian yang dimilikinya batu akik bisa melindungi bunda dan bayi yang sedang dikandungnya.

Itulah kesepuluh fakta dan mitos seputar batu akik. Jadi kini Anda tahu bahwa batu akik telah populer sejak dahulu dan kesaktiannya juga telah diakui oleh orang-orang sebelum kita.

Batu akik ialah batu mulia yang terbentuk dengan cara alamiah di alam. Keindahan motif yang terbentuk dengan cara alamiah itulah yang sering kali hebat ketertarikan para penggemar batu akik. Coba saja Anda perhatikan dari warna-warna cerah & lembut yang terpancar dari batu akik. Ukuran yang besar merupakan identidas dari batu akik dikarenakan supaya sanggup menonjolkan keindahan motif & warna batu akik.

Umpama saja apabila Anda mengenal salah satu tipe batu akik yang masuk dalam tipe batu hakikat. Batu ini mempunyai warna yang susah difotokan sebab terbukti warnanya yang sangat jernih contohnya air. Jadi bila dipandang bakal menimbulkan rasa enjoy & sejuk di mata.

Belum lagi batu akik tipe panca nur yang mempunyai motif cerah bagai sebongkah emas. Masing-masing tipe batu akik terbukti mempunyai keindahan tersendiri yang susah disamakan. Meskipun pada awalnya batu-batu ini sama sekali tidak terbentuk, tetapi seusai diperbuat beberapa macam proses bakal menimbulkan motif & keindahan warna batu tersebut.

Keindahan warna & motif ini lah yang saat ini membuat anak-anak muda telah tidak malu lagi menggunakan batu akik. Sementara untuk orang tua, kebanyakan memfavoritkan batu akik bukan dilihat dari warna & motifnya. Melainkan dilihat dari kekuatan magis dibalik batu akik tersebut. Kemudian batu akik contohnya apa saja yang dipercaya mempunyai kekuatan gaib?

Baca Juga : Newspaper Rock, surat kabar tertua di dunia

Khasiat & Manfaat Mistik Batu Akik

Sebagian orang percaya bahwa setiap batu akik mempunyai khasiat & berguna yang bisa mempengaruhi penggunanya. Ada yang sanggup meningkatkan kepercayaan diri penggunaanya, memancarkan aura penggunanya sampai performa untuk menyembuhkan penyakit tertentu bahkan guna-guna. Berikut beberapa tipe batu akik yang dipercaya mempunyai kekuatan & khasiat ajaib.

Merah delima

Merah delima ialah tipe batu akik yang banyak dicari. Alasanya terbukti sebab keindahan dari warna merah yang merupakan ciri khas dari merah delima. Tidak hanya itu, banyak yang percaya bahwa menggunakan batu akik merah delima sanggup menyembuhkan badan yang terkena racun sampai menyadarkan seseorang yang tengah berada di bawah pengaruh guna-guna.

Kecubung

Yang saya tahu batu akik kecubung mempunyai warna ungu lembut yang sangat hebat dipandang. Batu kecubung ini dipercaya membagikan pengaruh dalam pergaulan penggunanya. Barang siapa yang menggunakan batu kecubung ini bakal mudah berteman & mendapat relasi. Maka dari itulah penggemar batu kecubung ini banyak dari golongan kaum adam untuk memudahkan mencari relasi dalam dunia kerja maupun memudahkan mendatangkan jodoh.

Batu giok

Bagi Anda yang tidak terlalu berminat dengan batu akik tetapi kegemaran mengoleksi batu giok, saat ini saatnya Anda tahu bahwa batu giok merupakan salah satu dari tipe batu akik. Hanya saja batu giok hanya ditemukan didaratan cina. Orang cina percaya batu giok mempunyai kekuatan yang sanggup menyembuhkan beberapa penyakit contohnya penyakit ginjal, rematik & juga menentramkan hati siapa saja yang sedang kalut.

Batu amber

Batu akik yang tergolong dalam golongan batu akik berharga tinggi ini mempunyai keindahan warna kuning jernih & cerah bagai paduan berlian & emas. Meskipun berharga mahal, batu ini banyak dicari & diperebutkan sebab dipercaya sanggup memancarkan kharisma & aura dari penggunanya.

Itulah tadi sebagian dari tetap banyak lagi lainya tipe batu akik yang indah & mempunyai kekuatan gaib. Tetapi nyatanya dibalik kekuatan yang dipercaya masyarakat terkandung di dalam batu akik tersebut bisa dijelaskan dengan cara ilmiah.

Pengamat psikologi membahas bahwa apabila diteliti sebagian besar dari batu akik tersebut mempengaruhi psikologis penggunaanya. Nah, ini bisa bukan sebab kekuatan mistik yang ada melainkan sebab kepercayaan ataupun sugesti yang terlanjur tertanam dengan kuat di benak para penggemar batu akik.

Bagaimanapun juga ada baiknya apabila anda mengambil hikmah & hal-hal positif dari banyaknya kabar yang beredar tentang mitos batu akik, antara mode & gaib.

Baca Juga : 10 manfaat habbatussada

Posting Komentar untuk "10+ Fakta Tentang Batu Akik yang Perlu Diketahui"