Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan Negara Dengan Konstitusi Sesuai UU Dan Contoh

hubungan-dasar-negara-dengan-konstitusi

faktasantuy.com - Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi – Dasar negara memiliki kedudukan sebagai norma hukum paling atas di negara kita yang mengatur hal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, & manusia dalam menjalankan hidupnya sehari-hari.

Apa itu konstitusi ? Letak hubungan dasar negara dengan konstitusi ialah dari aturan dasar tersebut bakal dibentuk keseluruhan sistem ketatanegaraan yang berupa kumpulan peraturan yang mengatur pemerintahan sebuah negara, salah satunya ialah konstitusi ataupun UUD.

Baca juga: Rangkuman Sejarah G30S/PKI Terlengkap + 4 Foto Kejamnya PKI

Hubungan antara pancasila dengan konstitusi nampak pada gagasan dasar, impian & tujuan negara yang terdapat dalam pembukaan UUD sebuah negara. Dengan cara simpel namun lumayan lengkap, berikut ini penjelasan materi pkn hubungan dasar negara dengan konstitusi:

Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi (RINGKAS)

Dasar negara & konstitusi memiliki hubungan dengan cara yuridis, filosofis & sosiologis. Berikut konstitusi yang berlaku di indonesia:

1. Dengan cara Yuridis

Hubungan dasar negara dengan konstitusi bahwa konstitusi mengandung pokok-pokok pikiran dasar negara yang berwujud pasal-pasal.

2. Dengan cara Filosofis

Konstitusi didasarkan pada filosofi bangsa tersebut yang berakar pada adat bangsa.

3. Dengan cara Sosiologis

Konstitusi bisa memuat kualitas-kualitas yang berkembang di masyarakat yang bersumber dari dasar negara dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Hubungan Dasar Negara & Konstitusi di Indonesia

Bisa dilihat dari hubungan antara sila-sila pancasila yang termuat pada pembukaan UUD 1945 dengan pasal-pasal yang termuat dalam batang badan UUD 1945.

37 Makna Budaya Organisasi di Keluarga, Masyarakat, Berbangsa

Pasal-pasal UUD merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiran yang ada dalam pembukaan UUD 1945.

Hubungan dasar negara dengan Pembukaan UUD 1945 bisa dicontohkan sebagai berikut:
  1. Falsafah dasar negara Pancasila yang abstrak tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yang merupakan uraian detail dari Proklamasi 17 Agustus 1945.
  2. Pancasila yang dirumuskan dalam Pembukaan UUD 45 ialah sebuah kebulatan yang utuh & tersusun dengan cara teratur & bertingkat. Sila yang satu menjiwai sekaligus meliputi sila yang lain dengan cara bertingkat.
  3. Jiwa Pancasila yang abstrak, sesudah terlahir menjadi Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 tercermin dalam pokok-pokok pikiran yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945.
  4. Kesatuan tafsir sila-sila Pancasila mesti bersumber & berdasarkan Pembukaan & pasal-pasal UUD 45.

Sedangkan hubungan mengenai dasar negara dengan pasal-pasal UUD 1945 ialah sebagai berikut:
  1. Sila ke 1 berhubungan dengan pasal 29 (1,2) UUD 1945
  2. Sila ke 2 berhubungan dengan pasal 27, 28, 28 A-28 J, 29, 30, 31, 32, 33, 34 UUD 1945
  3. Sila ke 3 berhubungan dengan pasal 1 (1), 32, 35, 36 UUD 1945
  4. Sila ke 4 berhubungan dengan pasal 1 (2), 2, 3, 22 E, 28, 37 UUD 1945
  5. Sila ke 5 berhubungan dengan pasal 23, 27 (2), 31, 33, 34 UUD 1945

Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi di Negara Liberal & Komunis

Contoh hubungan dasar negara & konstitusi di negara liberal (Amerika Serikat). Disana konstitusi dibangun dengan tujuan:
  1. Menjamin keamanan dalam negeri;
  2. Menegakkan keadilan;
  3. Memajukan kesejahteraan umum;
  4. Menyediakan pertahanan umum;
  5. Mengamankan kemerdekaan rakyat AS yang dianggap sebagai hidayah dari Tuhan.
  6. Sedangkan di negara komunis contohnya Uni Soviet dinyatakan dalam pembukaan konstitusi 1977 hubungan dasar negara komunisme dengan pasal-pasal dalam konstitusi Uni Soviet terdapat di dalam alinea terbaru.


Ajaran komunisme dijabarkan kedalam aturan pokok mengenai kehidupan bernegara yang sesuai dengan komunisme di dalam konstitusi Uni Soviet.

Nah itulah artikel makalah hubungan dasar negara dengan konstitusi, semoga artikel kesimpulan hubungan dasar negara dengan konstitusi ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jika ingin hubungan negara dan konstitusi pdf dan makalah hubungan negara dan konstitusi, silahkan berkomentar.

Posting Komentar untuk "Hubungan Negara Dengan Konstitusi Sesuai UU Dan Contoh"