Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Contoh Teks Rekaman Percobaan Membuat Kerajinan

Contoh-Teks-Rekaman-Percobaan-Membuat-Kerajinan

faktasantuy.com - Disini dengan cara khusus kita hanya bakal mengulas tentang contoh pendek teks rekaman percobaan beserta struktur nya, hingga kita menyarankan kamu utk membaca Penjelasan Teks Rekaman Percobaan dan Contohnya yg pernah dibahas sebelumnya. Berikut ini contoh teks rekaman percobaan membuat kerajinan.

Contoh Singkat Teks Rekaman Percobaan

CONTOH TEKS REKAMAN PERCOBAAN MEMBUAT PENDINGIN SEDERHANA

Tujuan

Pendingin seperti kulkas banyak ditemukan di rumah warga maupun toko, tetapi harga yg terbilang mahal & membutuhkan listrik yg tidak sedikit, membuat masyarakat berfikir dua kali utk membelinya. Apa itu teks observasi?

Saygnya makanan mudah membusuk apabila tidak disimpan di kulkas, & sebetulnya kita bisa membuat kreasi dgn membuat kulkas sederhana dari pot tanah liat.

Alat & Bahan

  1. 2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dgn diameter 60 cm & 40 cm.
  2. Lem kayu.
  3. Kain penutup.
  4. Pasir.
  5. Air.
  6. Sterofom.

Langkah-langkah

  1. Tutup terlebih dahulu celah pot memakai pecahan genting & lem, usahakan supaya tidak ada celah pada kedua buah pot yg bakal dipakai sebagai pendingin.
  2. Tempelkan pot kecil ke dlm pot besar seperti pada gambar diatas memakai lem. Siapkanlah pasir ataupun bahan yg bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.
  3. Masukkan pasir ke dlm ruang antara pot besar & pot kecil hingga penuh, basahi pasir memakai air & lalu tutuplah ruangan yg tersisa memakai stereofom.
  4. Masukan buah-buahan serta sayuran kedlm pot kecil.
  5. Tutup dgn kain & ukur suhunya.

Hasil

Kini pendingin sudah bisa dipakai utk menyimpan sayur & buah, air dlm pasir bakal mengalami evaporasi, evaporasi inilah yamg bakal mendinginkan ruangan di dlm pot. Pendingin berbahan pot ini lumayan manjur mengawetkan sayur-sayuran & buah-buahan.

Kesimpulan

Benda yg berguna tidak rutin didapatkan dgn mengeluarkan anggaran mahal. Pendingin ini bisa berguna ke daerah yg belum murah oleh listrik.

Supaya kerja pendingin optimal, jangan menaruh pendingin di tempat yg terkena sinar matahari dengan cara langsung utk menjaga suhu pendingin masih stabil!

CONTOH TEKS REKAMAN PERCOBAAN MEMBUAT TINTA TIDAK TERLIHAT

Tujuan

Tinta yg umumnya kita gunakan yakni bersifat tampak, misalkan pulpen utk menulis di buku. Nah pernahkan kamu menemukan tinta tidak tampak? unik bukan?.

Kamu bisa membuat tinta tidak tampak dgn bahan-bahan yg mudah didapat, utk memberi tau pesan rahasia terhadap seseorang.

Alat & Bahan

  1. Lemon.
  2. Air.
  3. Sendok.
  4. Mangkuk.
  5. Cotton bud.
  6. Kertas putih.
  7. Lampu bohlam.

Langkah-langkah

  1. Peras jus lemon ke dlm mangkuk & tambahkan beberapa tetes air.
  2. Aduk air & jus lemon dgn sendok.
  3. Celupkan cottonbud ke dlm campuran & tulis pesan diatas kertas putih.
  4. Tunggu jus tersebut kering hingga tidak tampak.
  5. Utk membaca pesan rahasia bisa dilakukan dgn memanaskan kertas yg dipegang dekat bola lampu.

Hasil

Sesudah langkah diatas berakhir dilakukan, kamu sudah tahu gimana cara membuat tinta rahasia yg tidak tampak. Kamu bisa memberi tau pesan rahasia terhadap kawanmu dgn cara ini, ini merupakan reaksi kimia

Kesimpulan

Jus lemon merupakan senyawa organik yg bisa ter-oksidasi & berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan. Bahan yg diencerkan ini membuat pesan susah dibaca. Dgn demikian, tidak seorang pun menyadari kehadiran tulisan tersebut hingga dgn dipanaskan & pesan rahasia terungkap.

Zat lain yg bisa bekerja dgn cara yg sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, & anggur. Tinta tidak tampak juga bisa dibangun dgn memakai reaksi kimia ataupun melihat cairan tertentu melewati sinar ultraviolet (UV).

CONTOH TEKS REKAMAN PERCOBAAN MEMBUAT PERANGKAT NYAMUK SEDERHANA

Tujuan

Pada saat kita tidur, siang maupun malam hari, rutin saja ada makhluk kecil bersayap yg mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang ialah hal yg sepele & bisa diatasi dgn menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yg banyak beredar di pasar seperti baygon. Baca:



Tetapi, tahukah kamu apabila cairan pembasmi tersebut mengandung beberapa bahan kimia yg bisa membahayakan kesehatan kita? Utk menanggulangi hal tersebut, saat ini terdapat cara pilihan yg lebih aman utk meringkus & memerangkap nyamuk. Cara membuatnya lumayan sederhana & bahan utk membuatnya pun bisa kita temui dlm kehidupan sehari-hari.

Alat & Bahan

  1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter.
  2. 200 ml air.
  3. 50 gram gula merah.
  4. 1 gram ragi
  5. Pisau
  6. Langkah-langkah
  7. Potong botol plastik di tengah, Simpan bagian atas botol.
  8. Campur gula merah dgn air panas, biarkan hingga dingin & lalu tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol.
  9. Tambahkan ragi & tidak butuh diaduk, ini bakal menghasilkan karbondioksida.
  10. Pasang potongan botol bagian atas dgn posisi terbalik seperti corong.
  11. Bungkus botol dgn sesuatu yg berwarna hitam, kecuali bagian atas, & letakkan di beberapa tempat rumah Kamu.

Hasil

Sesudah melewati langkah-langkah pembuatan, saat ini alat perangkap nyamuk yg sederhana serta lumayan ampuh sudah sukses dibuat.perangkap nyamuk ini yg bisa dipakai malam ataupun pagi.

Kesimpulan

Perangkap nyamuk ini lebih aman dibandingkan dgn perangkat nyamuk yg terbuat dari cairan kimia. Alat ini bisa dipakai di pojok kamar maupun tempat tidur. Dlm 1 minggu, kamu bakal melihat banyak nyamuk yg berada dlm botol. Itulah 5 contoh pendek teks rekaman percobaan dgn struktur lengkapnya dari Yuksinau.id.

CONTOH TEKS REKAMAN PERCOBAAN MEMBUAT TAPLAK MEJA SEDERHANA

Tujuan

Taplak meja biasa dipakai utk menghias meja & banyak tersedia di toko-toko dgn harga yg mahal. Tetapi daripada mengeluarkan anggaran yg mahal, kamu sebetulnya bisa membuat taplak meja sederhana sendiri. Baca: 20+ Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya Terbaru 2020

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini supaya kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas hingga lebih berkualitas & bermanfaat.

Alat & bahan

  1. Kain perca 1,5m
  2. Jarum & Benang
  3. Gunting, pensil, & kertas
  4. Jangka

Langkah-langkah

  1. Buatlah sketsa gambar pada kertas memakai jangka dgn diameter 8cm lalu gunting!
  2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya & gunting kain perca, ulangi hingga 60 bulatan.
  3. Jahit pinggirannya lalu tarik lalu tali, ulangi hingga 60 bulatan!
  4. Sesudah itu, rangkaikan bulatan satu dgn bulatan lain & bentuk pola taplak meja!
  5. Sesudah membentuk pola yg kamu inginkan, jahit bulatan satu sama lain.
  6. Kemudian sesudah menjadi membentuk taplak meja, rapikan jahitan.

Hasil

Dan jadilah taplak meja kreasi tangan sendiri. Kini kamu bisa meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang tamu ataupun ruang makan. Kamu bisa juga mengembangkan nya menjadi suatu usaha yg menguntungkan!.

Kesimpulan

Membuat taplak meja tidak lah sesusah yg dibaygkan, tetapi kamu wajib teliti & ulet. Hingga keterampilan kamu bakal semakin terlatih, sekaligus kamu bisa menghemat anggaran & bisa meningkatkan kreativitas.

CONTOH TEKS REKAMAN PERCOBAAN MEMBUAT BATERAI DARI SABUN

Tujuan

Seperti yg kita tahu baterai merupakan salah satu alat utk menyimpan energi dengan cara sementara. Banyak alat yg membutuhkan baterai, contohnya mouse tanpa kabel, remote tv, & lainnya.

Nah nyatanya terdapat kreasi yg unik yakni baterai dari sabun yg bisa kita buat dgn mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pembuatan baterai ini bisa meningkatkan kreativitas & meningkatkan wawasan kita.

Alat & Bahan

  1. Sabun mandi (merk apapun)
  2. Kawat tembaga
  3. Aluminium dari kaleng minuman bersoda, bisa juga bekas plat nomor maupun panci.
  4. Lampu LED 1 buah
  5. Gunting besi, pisau, & kabel secukupnya.

Langkah-langkah

  1. Potong aluminium dgn bentuk persegi panjang sebanyak e10 buah, dgn ukuran 0,5 X 10 cm
  2. Cm.
  3. Potong kawat tembaga sebanyak 10 buah dgn panjang kurang lebih 10 cm.
  4. Potong sabun menjadi 10 buah dgn pisau.
  5. Tancapkan potongan Aluminium & kawat tembaga tadi pada potongan sabun berhadapan tanpa saling bersentuhan.
  6. Hubungkan potongan kawat tembaga dgn potongan Aluminium hingga seluruh potongan tadi saling terhubung, ujung susunan 10 sabun tadi diawali dgn kawat tembaga & diakhiri potongan aluminium.
  7. Beri 1 ataupun 2 tetes air pada potongan sabun yg sudah terpasang besi tembaga & aluminium.
  8. Kabel listrik lalu dihubungkan dgn kaki lampu LED. Apabila tidak menyala kabel tersebut ditukarkan posisinya pada kaki LED tersebut.
  9. Lampu LED bakal menyala selagi sabun dlm keadaan basah, Apabila mati tinggal meneteskan 1, 2 tetes air pada potongan sabun.

Hasil

Saat proses pembuatan sudah berakhir maka kamu sudah memiliki energi alternatif. Bisa juga kamu mengembangkan kreasi ini hingga bisa berguna bagi banyak orang.

Kesimpulan

Kita bisa memanfaatkan bekas lebih kita utk membuat energi, umpama dgn memakai bahan wortel, kentang, jeruk nipis, & lainnya. Bahan bisa dipakai utk membuat baterai asalkan kandungan pH diatas 7. Baca juga: 30+ Contoh Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, Unsur

Nah itulah beberapa contoh teks rekaman percobaan membuat kerajinan. Semoga dapat memahaminya ya.

Posting Komentar untuk "5+ Contoh Teks Rekaman Percobaan Membuat Kerajinan"