Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Limbah, Cara Pengolahan, Karakteristik dan Contohnya

pengertian-limbah-cara-pengolahan-karakteristik-dan-contohnya

faktasantuy.com - Limbah – Limbah atau sering disebut benda buangan, sering kali menjadi benda yg tidak diharapkan oleh masyarakat. Sebab berakibatnya negatif & bisa mengakibatkan penyakit pada manusia, atau lingkungan tempat tinggalnya. Jumlah limbah terus meningkat, sebab hampir semua manusia menghasilkan benda buangan tersebut.

Baca: 6 Bahaya Kantong Kresek Bagi Kesehatan

Hasil dari benda buangan tersebut biasanya berasal dari kegiatan industri, rumah tangga, transportasi & lain sebagainya. Apabila melihat hal itu, maka limbah pun bisa menjadi persoalan besar bagi manusia. Maka pengelolaan limbah sangat diperlukan utk menanggulangi akibat negatif dari limbah tersebut.

Berikut ini kami bakal menjelaskan lengkap tentang limbah. Mulai dari Arti limbah, karakteristik limbah, limbah anorganik, limbah organik, limbah padat, limbah cair, limbah rumah tangga, limbah b3, limbah industri, pengelolaan limbah, dll.

PENGERTIAN LIMBAH

Limbah ialah benda yg haruslah dibuang, baik yg berasal dari alam atau dari hasil proses teknologi. Limbah atau yg lebih dikenal dgn sampah bisa berupa tumpukan dari barang-barang bekas, sisa-sisa dari kotoran hewan, sisa tanaman yg sudah membusuk, atau sayuran yg sudah diolah & sudah basi.

Baca: Cara Membuat Tempat Tisu dari Barang Berkas Hanya 15 Menit

Pengertian lainnya dari limbah ini yakni benda buangan yg dihasilkan dari sebuah proses produksi dari industri maupun domestik. Umpama limbah dari rumah tangga atau yg kita kenal sebagai sampah. Yg kehadirannya di sebuah tempat tidak dikehendaki oleh manusia, sebab sudah menjadi benda yg tidak mempunyai nilai ekonomis.

CARA PENGOLAHAN LIMBAH

Segala tipe limbah yg ada haruslah diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, hal tersebut dilgunakan dgn tujuan supaya tidak mencemari lingkungan serta merusak kesehatan setiap makhluk hidup. Berikut ini beberapa penjelasan tentang cara pengolahan limbah, yg bisa secara yg sederhana. Diantaranya sebagai berikut :

1. PENGENCERAN ATAU DILUTION

Limbah cair bakal diencerkan hingga mencapai konsentrasi rendah, kemudian dibuang ke laut. Apabila air limbah berjumlah banyak, maka air laut utk mengencerkan limbah cair tersebut juga haruslah banyak. Cara ini bisa dipakai di tempat-tempat yg banyak air di permukaannya.

2. KOLAM OKSIDASI

Cara ini bakal memanfaatkan sinar matahari, ganggang, bakteri & oksigen ke dlm proses pembersihan yg alamiah. Kemudian limbah cair diarahkan ke kolam besar, dinding & dasar kolam yang dilapisi oleh apapun. Lokasi kolam juga haruslah jauh dari pemukiman supaya ada sirkulasi angin.

3. IRIGASI

Limbah cair bakal dialirkan ke dlm parit yg terbuka, jadi air bakal merembes masuk ke dlm tanah melalui dasar & dinding parit tersebut.

KARAKTERISTIK FISIK LIMBAH

Karakteristik fisik limbah terbagi dlm beberapa macam atau jenis, diantaranya sebagai berikut :

1. ZAT PADAT

Karakteristik dari limbah yg paling mudah utk dideteksi ialah zat padat, total dari zat padat biasa disebut zat solid, yg artinya semua zat padat yg tetap ada sebagai sebuah residu. Sesudah proses pemanasan mencapai suhu 103-105 derajat celcius di dlm sebuah laboratorium. Jadi zat tersebut tidak bakal hancur meskipun dgn suhu panas rendah.

2. BAU

Hal yg paling khas dari limbah atau sampah ialah bau, aroma ialah efek yg ditimbulkan dari limbah. Sebab merupakan sisa-sisa maka sampah atau limbah bakal memunculkan aroma tak sedap. Aroma tersebut dihasilkan oleh gas hasil dari dekomposisi atau penguraian dari zat organik, yg terdapat di dlm air limbah.

Jenis gas yg bisa memunculkan aroma di dlm air limbah yakni antara lain amonia & senyawa organik sulfida. Sulfida ini biasanya ditemukan di perairan yg kotor sebagai dekomposisi, senyawa organik & juga sampah industri. Jadi biasanya kamu bakal mencium aroma tak sedap, apabila melalui sungai yg penuh dgn limbah.

3. SUHU

Suhu pada air limbah biasanya bakal lebih tinggi dibandingkan suhu yg lain. Suhu yg tinggi tersebut bakal menurunkan kadar DO & bisa dideteksi dgn mudah dgn memakai termometer biasa.

4. WARNA

Warna juga merupakan karakteristik dari limbah yg paling mudah dikenali. Sebab air limbah biasanya mempunyai warna tertentu tetapi tergantung pada kandungan air di limbah tersebut. biasanya warna dari limbah yg baru dibuang ialah kelabu atau bisa berubah menjadi kehitaman.

Warna yg ditimbulkan tersebut berasal dari adanya proses dekomposisi dari bahan organik, serta menurunnya jumlah oksigen menjadi nol jadi bakal memudarkan warnanya. Tetapi air limbah yg tidak memunculkan warna tertentu bukan berarti tidak berbahaya.

5. KEKERUHAN

Air limbah bakal tampak keruh apabila ada zat organik, lumpur, tanah liat, & organisme lainnya yg mengapung di atasnya. Jadi membutuhkan waktu yg sangat lama utk mengendap. Keruh air di sebuah limbah bakal terus besar juga kandungan limbah, meskipun diidentifikasi dgn sekilas saja.

KARAKTERISTIK KIMIA LIMBAH

Sedangkan karakteristik yg terdapat pada kimia limbah diantaranya yakni :

1. BAHAN ORGANIK

Karakteristik limbah yg satu ini bisa dilihat dari bahan kimia yg berupa bahan organik. Air limbah tersebut mengandung bahan organik berupa protein sebesar 65%, karbohidrat sebesar 70%, & lemak atau minyak sebesar 10%. Lemak di dlm limbah domestik tersebut biasanya berasal dari sisa-sisa makanan.

2. BOD ATAU BIOLOGYCAL OXYGEN DEMAND

BOD ialah jumlah oksigen yg diperlukan oleh mikro organisme di dlm lingkungan air, utk merubah bahan organik yg terdapat di dlm lingkungan air yg terkait. Air buangan yg terdapat pada BOD bakal berbahaya apabila dibuang dengan cara langsung.

3. DO ATAU DISSOLVED OXYGEN

DO atau oksigen yg terlarut merupakan sebuah kebutuhan dasar yg bakal menyokong kehidupan tanaman & juga fauna di dlm air. Air mempunyai performa utk menyediakan oksigen utk kelangsungan hidup, setiap makhluk hidup yg ada di dlmnya seperti halnya di dlm laut.

4. COD ATAU CHEMICAL OXYGEN DEMAND

COD ialah jumlah oksigen yg diperlukan utk mengoksidasi bahan organik yg bisa dilihat dengan cara kimiawi. Yg di dlmnya terdapat air yg sempurna, supaya bahan tersebut bisa berubah menjadi bentuk lainnya dengan cara alami.

5. PH

Derajat keasaman (ph) ialah ukuran yg memperlihatkan kadar asam & basa di dlm sebuah larutan. Pada ketika air limbah memiliki pH yg tidak netral maka hal tersebut bakal memunculkan limbah yg berbahaya. Apabila ada perubahan keasaman yg terjadi pada air limbah, maka pH bakal naik & bisa mengganggu ekosistem air.

Pengertian limbah, karakteristik limbah, limbah anorganik, limbah organik, limbah padat, limbah cair, limbah rumah tangga, limbah b3, limbah industri, pengelolaan limbah, dll.

LIMBAH ANORGANIK DAN CONTOHNYA

Limbah anorganik ialah sisa limbah atau sampah yg tidak bisa diuraikan kembali, oleh bakteri atau dekomposer. Contoh dari limbah anorganik tersebut diantaranya yakni :
  1. sisa dari sabun cuci
  2. sampah pada kantong plastik
  3. sisa kain yg sudah tidak bisa dipakai lain
  4. limbah yg dihasilkan oleh pabrik
  5. limbah dari minyak
  6. sampah botol plastik bekas minuman
  7. sampah yg berasal dari logam

Tetapi ada beberapa contoh dari sisa limbah anorganik yg bisa didaur ulang atau diuraikan kembali, seperti sisa botol plastik yg bisa dimanfaatkan menjadi beberapa macam kerajinan tangan. Atau sisa dari logam besi, baja, & logam lainnya yg bisa dilebur kembali & dipakai utk peralatan lainnya.

Jenis limbah anorganik yg tidak bisa diuraikan atau dimanfaatkan kembali ialah limbah pabrik, sebab limbah pabrik merupakan tipe limbag anorganik yg berbahaya bagi kesehatan manusia. Hingga tipe limbah pabrik yg mencemari lingkungan ialah limbah pabrik cair. Limbah pabrik lainnya yg juga berbahaya ialah limbah gas yg bisa merusak banyak spesies.

LIMBAH ORGANIK DAN CONTOHNYA

Limbah organik merupakan tipe limbah yg tetap bisa diuraikan kembali oleh sebuah bakteri tertentu. Arti limbah organik dengan cara umum ialah beberapa macam sisa aktivitas pada manusia, fauna & juga tumbuhan. Limbah atau sampah organik bisa diuraikan kembali, contohnya kotoran manusia atau fauna yg bisa dijadikan sumber gas.

Gas tersebut bisa menjadi salah satu pilihan energi gas yg bisa dipakai kembali sebagai salah satu kebutuhan rumah tangga, umpamanya saja utk memasak. Atau bisa diolah menjadi pupuk kompos yg manfaatnya utk menyuburkan tanaman. Bahkan sudah terbukti bahwa pupuk kompos bisa dari limbah pabrik atau kotoran bakal menghasilkan tanaman yg bagus.

Berikut ini beberapa contoh dari limbah organik, diantaranya sebagai berikut :
  1. Dedaunan
  2. Kulit telur
  3. Kulit pohon
  4. Kotoran hewan
  5. Kotoran manusia
  6. Sisa-sisa sayuran
  7. Tulang hewan

LIMBAH B3 DAN CONTOHNYA

Limbah B3 bisa diartikan sebagai benda buangan atau limbah yg mempunyai sifat & konsentrasi, yg mengandung zat beracun atau zat berbahaya. Secara langsung atau dengan cara tidak langsung bisa membahayakan, merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, & mengancam kelangsungan hidup manusia & organisme lainnya.

Limbah B3 ini tidak hanya dihasilkan oleh kegiatan industri, tetapi ada beberapa kegiatan rumah tangga yg juga menghasilkan limbah B3 tersebut. contoh dari limbah B3 yg dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga, diantaranya yakni :
  1. Bekas pengharum ruangan
  2. Pemutih pakaian
  3. Deterjen pakaian
  4. Pembersih kamar mandi
  5. Pembersih kaca atau jendela
  6. Pembersih lantai
  7. Pengilat kayu
  8. Pembersih oven
  9. Pembasmi serangga
  10. Lem perekat
  11. Hair spray
  12. Batu baterai

LIMBAH DOMESTIK DAN CONTOHNYA

Limbah domestik bisa diartikan sebagai tipe limbah yg dihasilkan dari segala tipe kegiatan rumah tangga. Berdasarkan asal muasalnya limbah domestik ini dibagi menjadi 3 tipe yakni limbah pertanian, limbah industri, & limbah domestik. Limbah domestik sudah menjadi tipe limbah yg paling serius, sebab pada umumnya tidak dikelola dgn bagus & cocok.

Terutama di daerah perkotaan limbah domestik ini menjadi tipe limbah yg mempunyai prosentase terbesar, dlm hal menyumbang kerusakan pada lingkungan hidup. Berikut ini penjelasan tentang beberapa contoh limbah domestik, diantaranya yakni :

1. LIMBAH CAIR DOMESTIK

Limbah yg satu ini dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, contohnya air bekas cucian yg mengandung deterjen, minyak, air yg terbuang pada ketika mandi yg sudah mengandung sabun, & kotoran manusia. Limbah tipe ini tidak bakal mengganggu lingkungan apabila jumlahnya sedikit, tetapi apabila dibiarkan saja bisa merusak lingkungan.

2. LIMBAH PADAT DOMESTIK

Limbah padat domestik ialah tipe limbah padat yg juga dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Contohnya pasti ada banyak sekali, salah satunya ialah beragam tipe sampah yg setiap hari hasilkan seperti kertas kardus, barang bekas yg tidak bisa dipakai, & perabotan rumah tangga yg akhirnya mencemari lingkungan.

LIMBAH INDUSTRI DAN CONTOHNYA

Limbah industri merupakan tipe limbah yg tak asing lagi, tidak hanya limbah yg dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Limbah industri ini merupakan tipe limbah yg dihasilkan dari segala tipe kegiatan industri. Berikut ini beberapa contoh dari limbah industri yg wajib ketahui, yakni :

1. LIMBAH INDUSTRI CAIR

Limbah industri yg satu ini merupakan tipe limbah atau pencemaran yg biasanya dikeluarkan oleh pabrik, yg bentuknya cair & biasanya bakal dibuang langsung ke saluran perairan, kali atau pun selokan. Contohnya seperti sisa pewarna pakaian yg bentuknya cair, kandungan logam pada air, kebocoran minyak di laut, & lain sebagainya.

2. LIMBAH INDUSTRI PADAT

Limbah industri padat ialah hasil buangan dari kegiatan industri yg berupa padatan, lumpur, atau bubur yg berasal dari sebuah proses pengolahan, atau sampah yg sudah dihasilkan dari kegiatan industri & dari tempat umum lainnya. Contohnya ialah plastik, kantong, sisa pakaian atau kain, sisa sampah elektronik, kertas, kabel, logam & lain-lain.

3. LIMBAH INDUSTRI GAS

Definisi dari limbah industri gas ini ialah limbah yg dikarenakan oleh sumber alamiah maupun hasil dari aktivitas manusia. Yg bentuknya molekul gas & pada umumnya memberi akibat yg kurang baik kepada kehidupan makhluk hidup & juga lingkungan. Contohnya pembakaran pada pabrik, kebocoran gas, asap, & tetap banyak lagi.

LIMBAH RUMAH TANGGA DAN CONTOHNYA

Limbah rumah tangga ialah tipe limbah yg paling sering, limbah yg satu ini merupakan tipe limbah yg dihasilkan dari segala kegiatan di rumah tangga. Contoh limbah rumah tangga ialah sampah, sampah organik maupun sampah anorganik. Contoh lainnya yakni deterjen, kotoran & asap hasil dari pembakaran.

Limbah yg paling banyak diproduksi oleh rumah tangga tersebut sendiri ialah sampah, & sampah ini sudah menjadi persoalan yg lumayan susah diselesaikan. Sebab di negara ini terbukti belum ada alat utk mengolah sampah yg canggih, & juga ramah lingkungan. Akibatnya pembuangan sampah pun menjadi tidak teratur jadi mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Bagus pencemaran air, udara, & tanah, yg pada akhirnya menyebabkan kesehatan masyarakat menjadi terganggu. Contoh pembuangan sampah, ada lagi pembuangan lainnya yg mencemari lingkungan. Yakni pembuangan limbah sisa air mandi, cuci, & ksayas yg dibuang ke sungai.

LIMBAH PADAT DAN CONTOHNYA

Yg dimaksud dgn limbah padat ialah sebuah bahan atau sisa yg berupa fase padat yg sudah dihasilkan oleh proses produksi, maupun konsumsi. Limbah padat ini juga bakal memunculkan persoalan yg serius apabila tidak ditangani dgn baik. Akibatnya yakni kerusakan pada permukaan tanah, tubuh air, penurunan nilai air, banjir, & munculnya aroma basi dari dekomposisi limbah.

Berikut ini beberapa contoh limbah padat yg bisa mencemari & merusak lingkungan, diantaranya yakni :
  1. Limbah plastik
  2. Limbah kertas
  3. Limbah karet
  4. Limbah logam
  5. Limbah pertanian

LIMBAH CAIR DAN CONTOHNYA

Pengertian dari limbah cair ialah limbah yg berbentuk cair yg dihasilkan dari proses produksi, maupun proses konsumsi di dlm kegiatan industri atau rumah tangga. Limbah cair pada umumnya bisa dibuang ke laut, tetapi sesudah melalui proses pengurai maka tidak akan merusak kehidupan organisme yg tinggal & hidup di dlm air tersebut.

Contoh dari limbah cair diantaranya yakni :

  1. Limbah cair rumah tangga yg terdiri dari air sabun sisa atau bekas mandi, air deterjen dari hasil mencuci baju, air tinja, air bekas cucian peralatan masak yg mengandung minyak, & masih banyak lagi.
  2. Limbah cair tahu yakni limbah yg dihasilkan dari proses pembuatan tahu.
  3. Limbah cair bekas pencucian lump yg terdiri dari air bekas cucian ban motor, karet gelang, & beberapa benda yg dipakai sehari-hari yg terbuat dari karet alam yg menggumpal.
  4. Limbah industri laundry.
  5. Limbah cair hasil dari proses atau pengolahan kopra.

Pengertian limbah, karakteristik limbah, limbah anorganik, limbah organik, limbah padat, limbah cair, limbah rumah tangga, limbah b3, limbah industri, pengelolaan limbah, dll.

Baca: 3 Contoh Teks Tantangan Tentang Peraturan, Pendidikan, Sampah

Posting Komentar untuk "Pengertian Limbah, Cara Pengolahan, Karakteristik dan Contohnya"