Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Tentang Kesehatan

contoh-teks-diskusi
Contoh teks diskusi

Contoh teks diskusi beserta strukturnya tentang kesehatan - faktasantuy.com. Apabila anda sempat menemukan sebuah teks dimana di dlm teks tersebut terdapat dua pendapat yg tidak sama (pro & kontra) mengenai sebuah hal hingga menyebabkan kedua belah pihak saling menuturkan mengenai persoalan yg dipersoalkan, maka itulah teks diskusi.

Ada 4 struktur yg menyusun teks diskusi yakni
  1. Isu, 
  2. Argumen Mendukung, 
  3. Argumen Menentang, 
  4. Kesimpulan. 

Kelak bisa dengan cara jelas anda pahami di contoh teks diskusi & strukturnya dibawah.

Pengertian Diskusi adalah bentuk kegiatan wicara pengetahuan & pengalaman dengan 1 orang atau lebih. Dalam Diskusi wajib adanya pertukaran gagasan, pikiran antara dua orang ataupun lebih dengan cara lisan. Jadai tujuan teks diskusi yakni utk mencari kesepakatan gagasan ataupun pendapat.

Contoh teks diskusi mengenai kesehatan

Berikut contoh teks diskusi tentang minum teh untuk kesehatan:

Kebiasaan minum teh bagus ataupun kurang baik?

ISU
Tak berbeda dgn kopi, kebiasaan minum teh panas atau teh dingin telah dilakukan dari dulu. Bahkan jadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan saat ada kunjungan tamu, pertemuan, ataupun bagian dari sarapan pagi & bersantai di malam hari.

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun kemudian bahwa minuman ini berkhasiat bisa menambah kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal dari Asia Tenggara. Bau & rasanya yg khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh seluruh golongan masyarakat.

Walaupun banyak fungsi dari meminum teh, tapi kebiasaan mengonsumsi teh dengan secara berlebihan bisa memunculkan hal hal yang tidak diinginkan.

ARGUMEN MENDUKUNG
Terdapat berbagai kandungan aktif dlm teh hingga jadi berguna bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yg berguna sebagai antioksidan utk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) & vitamin E (25-70 mg%) yg  bisa menolong utk memperkuat daya tahan badan & menjaga kesehatan jantung , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), & fluor (0,1-4,2 mg/L) yg berguna menolong dlm mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

ARGUMEN MENOLAK
Namun dibalik manfaatnya yg banyak tersebut, kebiasaan minum teh yg tidak wajar mempunyai pengaruh yg tidak bagus utk kesehatan. Sebab caffein yg terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan jadi terhambat.

Caffein mempunyai sifat ketergantungan hingga badan bakal terasa tidak fit apabila tidak mengkonsumsinya. Nah pada Ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI hingga menghambat kelancaran & ketersediaan ASI.

Zat caffein pada bayi zat ini bisa mengakibatkan usus bayi jadi kejang. Kandungan mineral dlm teh juga mempunyai kecenderungan terbentuknya batu ginjal.

SIMPULAN
Apabila anda ingin mengkonsumsi teh yg sehat, disarankan utk mengkonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Sebab jumlah tersebut tetap batas normal kadar kafein yg bisa dikonsumsi yakni setara 750 mg/hari.

Usahakan juga seduh teh dgn air yg tidak terlalu banyak & tidak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yg dikandung & hilangnya fungsi teh.

Dlm kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa menambah produksi asam lambung hingga berpengaruh pada pencernaan.

ISU
Bahaya kurang baik narkoba pastinya telah banyak diketahui masyarakat. Tapi hingga saat ini tetap ditemukan penyalah gunaan narkoba.

Narkoba ialah narkotika & obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif ataupun psikotropika yg bisa memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta memunculkan akibat kurang baik pada kesehatan badan bila dimakan dlm dosis yg sangat banyak.

Argumen Mendukung

Contoh bahaya yg dikarenakan oleh narkoba & efek sampingnya antara lain:
  1. Mengganggu kinerja jantung
  2. Gangguan pembuluh darah & menyebabkan tekanan darah meningakat
  3. Kerusakan otak
  4. Gangguan pada paru-paru
  5. Gangguan fungsi reproduksi
  6. Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  7. Sering mual & muntah-muntah.
  8. AIDS

Argumen Menentang

Namun narkoba tidak sepenuhnya kurang baik. Zat-zat tipe psikotropika ini sebetulnya selalu dipakai dlm dunia kedokteran.

Umpama utk melaksanakan bius pada pasien maupun yg ada dlm sebuah obat khusus. Tapi dosis yg sangat kecil hingga tidak memunculkan bahaya untuk tubuh.

Baca dulu: 3 Contoh Teks Tantangan Tentang Peraturan, Pendidikan, Sampah

Simpulan

Saat kita telah mengenal bahaya-bahaya yg dikarenakan oleh narkoba, sebaiknya kita menghindari penyalah gunaan narkoba & kita harus berhati-hati sebab pergaulan zaman kini yg makin bebas.

Baca selanjutnya: 10+ Warna Air Kencing Menurut Kesehatan Badan

Itulah contoh teks diskusi tentang kesehatan yg faktasantuy.com dapat dari berbagai sumber, apabila ada kesalahan dlm urutan struktur maupun kesalahan lain dalam teks diskusi tentang kesehatan ini, silahkan berkomentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Tentang Kesehatan"