Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia

sejarah-pramuka-dunia-indonesia
Sejarah Singkat Pramuka Dunia dan Indonesia

faktasantuy.com - Sejarah berdirinya pramuka – Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yg merupakan salah satu ekstrakulikuler di sekolah di Indonesia.

Sebetulnya, kegiatan Pramuka sendiri selain dibatasi utk siswa & siswi saja, melainkan juga utk orang umum dgn segala umur.

Hal yg terpenting saat diadakannya Pramuka saat ada agenda kemah, pesta siaga maupun acara-acara lainnya. Walaupun kegiatan tersebut lumayan menyiksa, tetapi kegiatan Pramuka terasa sangat menyenangkan.

Nah bagaimanakah sejarah pramuka indonesia dan dunia singkat?

Sebagai seorang Pramuka, sudah sepantasnya Kamu mengenal sejarah gerakan pramuka dan sandi pramuka bukan?

Nah, hari ini bakal di kupas habis tentang sejarah kepramukaan dunia dan ejarah kepramukaan Indonesia yg harus diketahui. Mengingat sebentar lagi bulan agustus & di bulan tersebut merupakan hari Pramuka dunia. Nah berikut sejarah pramuka indonesia dan dunia:

Mengenal Bapak Pramuka Dunia

Sejarah kepramukaan dunia... Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dgn nama tokohnya yg satu ini. namanya ialah Lord Robert Baden Powell of Gilwell. Baden Powell bisa dikatakan sebagai bapak Pramuka dunia.

Baden Powell ialah bapak Pramuka dunia yg lahir di tanggal 22 februari 1857 yg mana nama aslinya pada saat tersebut ialah Robert Stephenson Smyth. Ayah dari Baden Powell ialah seorang profesor geometri dari Universitas Oxford yg bernama Powell & beliau meninggal pada saat Robert Stephenson Smyth tetap sangat kecil.

Dgn meninggalnya sang ayah, pastinya hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dari Robert Stephenson Smyth kecil. Beberapa pengalaman hebat ia bisakan dari kakaknya seperti cara berenang, menggambar, berlayar & salah satu yg paling hebat ialah berkemah.

Baden Powell pertama kali berkemah dgn kakaknya di tanggal 25 juli tahun 1907 yg ia lakukan di suatu pulau yg bernama Pulau Brownsea. Pada saat itu, ia melakukan agenda kemah yg dikawani dgn 22 anak laki-laki.

Di sana kegiatan kemah dilakukan 8 hari, & sejak kegiatan tersebut nyatanya memberikan akibat yg sangat besar terhadap sejarah Pramuka di dunia. Baden Powell juga sudah dikenal sangat cerdas sejak ia tetap kecil.

Tidak hanya cerdas, tetapi ia populer dgn sifatnya yg lucu & mudah gembira. Hal inilah yg membuat Baden Powell banyak disukai & utk memperoleh banyak tempat bukan hal yg susah bagi dirinya. Baden Powell juga mempunyai kepandaian dlm memainkan beberapa macam alat musik.

Alat musik seperti biola & piano jadi alat musik yg paling sering dimainkan oleh Baden Powell. Saat Baden Powell memasuki usia dewasa, ia bergabung dgn Militer Inggris.

Dgn bergabungnya Baden Powell dgn Militer Inggris nyatanya memberikan beberapa macam pengalaman yg ia bisakan dgn jadi seorang tentara.

Baca: Tri satya dan dasa dharma pramuka penegak

Bahkan, ia menuliskan pengalamannya tersebut ke dlm suatu buku yg ia beri judul Aids to Scouting yg ditulis pada tahun 1899. Nyatanya, dari buku yg ditulis oleh Baden Powell ini memperoleh antusias dari masyarakat Inggris.

Bahkan guru dari Baden Powell juga membaca buku tersebut & memberikan penghargaan yg lumayan besar kepadanya. Sebab antusias inilah William Alexander Smith seorang tokoh pendiri organisasi Pemuda di Inggris memberikan saran terhadap Baden Powell supaya buku ini ditulis ulang.

Nyatanya saran tersebut diterima oleh Baden Powell hingga ada revisi sana sini yg membuat buku tersebut lebih diterima oleh banyak kalangan, bahkan bagi anak muda yg tidak mengikuti militer sama sekali. Hal inilah yg membuat Baden Powell memikirkan utk berkemah pertama kalinya.

Dari buku yg ditulis oleh Baden Powell ini jadi cikal bakal dari sejarah Pramuka di dunia. Bahkan, buku yg ditulis oleh Baden Powell ini ada di Inggris, tetapi juga digemari oleh orang lain yg berada di negara lain. Hal ini juga yg menimbulkan istilah organisasi kepramukaan di negara lain.

Hingga di tahun 1918, Baden Powell mendirikan suatu organisasi pertama nya yg diberi nama Rover Scout dimana organisasi ini berisikan remaja berumur 17 tahun. Pada tahun 1922, ia juga kembali menerbitkan bukunya yg kedua dgn judul “Rovering to Success” ataupun apabila diterjemahkan dlm bahasa Indonesia mempunyai pengertian Mengembara Menuju Tersanjung.

Dlm buku ini menceritakan perjalanan seorang pemuda yg terus mengayuh sampannya sampai akhirnya bisa menuju pantai. Adapun sejarah Pramuka mulai didirikan dgn dilaksanakan jambore pertama di dunia. jambore tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Juli sampai 8 Agustus 1920 yg di Olympia Hall, London.

Acara jambore ini dihadiri oleh 8000 anak buah Pramuka yg berasal dari 34 negara. Pada agenda inilah Baden Powell ditetapkan sebagai bapak Pramuka Dunia ataupun Chief Scout of The World.

Di tahun tersebut juga dibentuklah suatu Tubuh yg bernama Dewan Internasional Organisasi Pramuka yg di dlmnya berisikan 9 orang anggota.

Bahkan, sejak agenda tersebut Kota London juga ditetapkan sebagai Kantor Kesekretariatan Pramuka Sedunia. Hal inilah yg membuat Kamu tidak butuh heran mengapa London mempunyai kaitan yg sangat erat dgn Sejarah Pramuka di dunia.

Usia dilaksanakannya Jambore pertama, diadakan lagi Jambore Pramuka ke II di Denmark pada tahun 1924. Adapun jambore ketiga dilaksanakan di Inggris tahun 1929 & Jambore ke 4 dilaksanakan di Hungaria di Tahun 1933. Agenda Jambore ini juga terus berlangsung sampai saat ini.

Sejarah Pramuka di Indonesia

Sejarah Pramuka di Indonesia sendiri mengalami pasang surut sebab pada saat tersebut Indonesia dlm keadaan yg terjajah pada masa itu. Baca: 10 Organisasi Lingkungan Sekolah & Masyarakat, Kamu Pilih yang Mana?

Hal ini juga yg membuat Indonesia mengalami tiga masa Pramuka yaitu gerakan Pramuka pada masa penjajahan Belanda, gerakan Pramuka pada masa penjajahan jepang & gerakan Pramuka sesudah Indonesia merdeka.

Nah berikut sejarah pramuka indonesia singkat:

Sejarah Pramuka Sesudah Indonesia Merdeka

Sesudah Indonesia Merdeka pada tanggal 28 Desember 1945, didirikanlah suatu Organisasi Pandu rakyat Indonesia yg berada di Kota Solo. Organisasi ini dijadikan sebagai wadah kepanduan yg mana semua kepanduan Indonesia bisa bernaung di dlmnya.

Hingga di tahun 1961, terdapat 100 organisasi kepanduan yg ada di Indonesia. Nah, di masa itu, organisasi ini dibagi jadi 3 federasi yaitu persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Persatuan Pandu Puteri Indonesia & Ikatan Pandu Indonesia.

Sesudah beberapa macam hal terjadi, tanggal 14 Agustus 1961, Pramuka resmi diperkenalkan terhadap masyarakat Indonesia. Hal inilah yg menjadikan tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari Pramuka Indonesia. Adapun Jambore Nasional di Indonesia pertama kali dilaksanakan di Situ Biru Jakarta cocoknya di tahun 1973.

Hingga di tahun 2016, Jambore ini sudah dilaksanakan sebanyak 10 kali yg bertempatkan di Cibubur, Jakarta. Seperti itulah kiranya sejarah Pramuka di dunia & di Indonesia yg bisa Kamu ketahui. Semoga dgn adanya sejarah ini terus menambah rasa cinta Kamu terhadap dunia Pramuka.

Gerakan Pramuka Pada Masa Penjajahan Belanda

Organisasi Kepramukaan ini didirikan oleh Belanda di Indonesia dgn nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging ataupun bisa disingkat dgn nama NIPV. Di dlm bahasa Indonesia organisasi ini mempunyai pengertian Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda. Baca dulu: Mengapa Indonesia Tidak Menggunakan Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Resmi?

Adapun beberapa tokoh juga berpendapat bahwa adanya organisasi ini bisa membentuk karakter masyarakat yg sedang dijajah kala itu. Hingga muncullah beberapa organisasi lain seperti Javanese Padvinders Organizatie, Serekat Islam Afdeling Padvindery & lainnya.

Sesudah dilaksanakannya Sumpah Pemuda, kesadaran masyarakat Indonesia terus menerus mengalami peningkatan. Sampai pada saat didirikanlah suatu organisasi yg bernama Kepanduan Bergabung. Sampai akhirnya di tahun 1930 terbentuklah organisasi Pandu Sumatera. Dan di tahun 1931.

Sejarah Pramuka Indonesia di Masa Penjajahan Jepang

Sejarah tentang pramuka pada masa penjajahan Jepang, ada juga organisasi Pramuka di masa itu. Hanya saja Jepang melarang dgn keras adanya organisasi yg didirikan oleh rakyat Indonesia. Di Indonesia tetap ada organisasi kepanduan yg bisa diselenggarakannya PERKINO II pada masa itu yang namun selalu diawasi Jepang

Sebaiknya kamu bergabung dgn organisasi Pramuka di manapun. Sebab, organisasi ini bakal memberikan banyak sekali pengalaman yg berharga.

Dari organisasi ini Kamu juga bisa memperoleh gimana cara berkawan yg bagus. Hidup di tanah lapang dgn berkemah & bersi kukuh hidup.

Nah itulah sejarah singkat pramuka dunia beserta sejarah singkat pramuka Indonesia.Lain kali admin akan share sejarah pramuka lengkap dengan makalah pramukanya ya. Baca: Bikin Nangis! Surat Penyesalan Pilot Pesawat Bom Atom Hirishima-Nagasaki

SOAL:
1. Bisakah kamu dapat menjelaskan sejarah kepramukaan indonesia dan dunia?

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia"