Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tugas Konsultan Dan 7 Syarat Sahnya Konsultan

konsultan

Faktasantuy - Arti dari konsultan. Pada hari ini kita akan membahas materi bisnis konsultan. Nah apa itu pengertian konsultan, tugas consultant, tahap menjadi konsultan dan syarat konsultan,? Silakan teman-teman simak bisnis consultant berikut ini ya.

Pengertian Konsultan

Konsultan atau consultant artinya seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa konsultasi (jasa konsultasi) di daerah tertentu dengan keahlian, seperti akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan konsultan ahli biasa bukan karyawan perusahaan pengguna layanan (klien), tetapi seseorang yang menjalankan bisnis mereka sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan penasehat, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan pada satu waktu.

Wajib baca: Judul skripsi manajemen pemasaran

Pengertian Konsultan Perencanaan Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian konsultan perencanaan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut

1. Indra Bastian, definisi konsultah adalah sebuah proses yang tidak pernah berakhir jika rencana yang telah ditetapkan, maka dokumen perencanaan terkait harus dilaksanakan.

2. Deacon, arti bisnis konsultan ialah suatu upaya guna mempersiapkan keputusan yang dianggap subjek yang paling penting dan akan dilaksanakan sesuai dengan urutan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.

Wajib baca: Judul Skripsi Pendidikan Akuntansi

Tugas Konsultan Perencana

Berikut tugas bisnis konsultan:

  1. Membuat skema atau konsep pemikiran awal (maksud dan tujuan).
  2. Mendesain pra-direncanakan (situasi, denah, elevasi dan pemotongan). Termasuk juga hal yang mengenai data lapangan kerja investigasi atau kondisi lokal dan lingkungan, bekerja untuk menyiapkan proposal (deskripsi dari kebutuhan lokal).
  3. Membuat sebuah implementasi dari kolom foto, detail gambar dan bestek (deskripsi dari Rencana Kerja dan Syarat).
  4. Setelah proses penawaran pekerjaan (tender), lakukan pengawasan berkala (eksekusi kesesuaian bestek pekerjaan di lapangan, dan kesesuaian dalam hal arsitektur)
  5. Menyelenggarakan administrasi publik mengenai pelaksanaan kontrak kerja
  6. Pemantauan berkala dalam pelaksanaan proyek.
  7. Mempublikasikan prestasi laporan untuk pekerjaan proyek dapat dilihat oleh pemilik proyek.
  8. Memberikan saran atau pertimbangan kepada pemilik proyek dan kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan proyek.
  9. Mengoreksi dan menyetujui gambar toko disampaikan image kontraktor sebagai pedoman bagi pelaksanaan proyek-proyek pembangunan.
  10. Memilih dan menyetujui jenis dan merek yang diajukan oleh kontraktor untuk mematuhi harapan pemilik proyek tapi masih dipandu kontrak kerja konstruksi yang sudah dibuat sebelumnya.

Tahap Rancangan Pelaksanaan Sasaran Rancangan Pelaksanaan

  1. Memastikan dan menjelaskan ukuran dan karakter dari proyek membentuk komprehensif dan terpadu.
  2. Mematangkan segala konsep desain ataupun desain keseluruhan, terutama dalam hal sistem keselarasan yang terkandung di dalamnya baik dari segi kelayakan dan fungsionalitas, estetika dan bangunan ekonomi.
  3. Sistem konstruksi dan struktur dan instalasi mekanikal dan elektrikal kelayakan rekayasa dianggap baik secara individu maupun secara keseluruhan.

Wajib baca: pengertian studi kepustakaan

Syarat Sebagai Konsultan Perencana

Berikut 2 syarat konsultan yang menurut negara Indonesia:

Syarat Administratif

  • Memiliki akta notaris yang berisi tentang kepemilikan modal, bentuk hukum dan organisasi.
  • Surat Izin Jasa Konstruksi (SIUJK).
  • Wajib Pajak memiliki sejumlah (TIN).
  • Terdaftar di panitia pengadilan atau departemen keadilan (tergantung pada bentuk bisnis).
  • Tercatat di papan perencanaan.

Syarat Teknis

  • Memenuhi persyaratan pekerja di bidang teknik konstruksi yang dapat dibuktikan dalam ijazah keahlian, pengalaman, dan referensi dari para ahli perusahaan.
  • Memiliki nama perusahaan, terdaftar pada persyaratan dari Direktur Jenderal Cipta Karya, umumnya hanya untuk bangunan pribadi biasanya pada kepercayaan pemberi tugas dan diperkuat dengan bukti: SIUJK, referensi Bank, pengalaman kerja Referensi.

Konsultan pengawas dalam suatu proyek memiliki tugas-tugas sebagai Berikut yaitu:

Nah itulah artikel tugas bisnis konsultan. Semoga ringkasan materi konsultan beserta dengan tugas konsultan ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai konsultan it silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: manajemen operasional

Lain kali admin akan membuat ,,, dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "10 Tugas Konsultan Dan 7 Syarat Sahnya Konsultan"