Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer - Tingkatan, Fungsi, Peran, Keterampilan, Etika

tugas-manajer

Faktasantuy - pengertian manajer dan tugas manajer. Pada hari ini kita akan membahas definisi manajer, tingkatan manajer, fungsi manajer, peran manajer, keterampilan manajer, etika manajer dan tugas dan tanggung jawab manajer. Silakan teman-teman simak rangkuman materi manajer berikut ini ya.

Pengertian Manajer

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab manajer, yaitu sebagai berikut:

  1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain, Istilah orang mencakup tidak hanya para bawahan dan atasan, tetapi juga manajer-manajer lainnya dalam organisasi. dan juga termasuk individu-individu dari luar organisasi, langganan, penyedia (supplier), konsumen atau langganan, pengurus serikat karyawan, pejabat dan karyawan kantor-kantor pemerintah dan sebagainya.
  2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan, Setiap manajer akan menghadapi berbagai tujuan, masalah dan kebutuhan organisasional yang semuanya ini bersaing untuk memperebutkan sumberdaya-sumberdaya organisasi (manusia, material atau bahkan waktu manajer). sebab berbagai sumberdaya tersebut selalu terbatas, manajer harus menjaga keseimbangan di antara berbagai tujuan dan kebutuhan organisasional.
  3. Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan, Para manajer memiliki tugas untuk mengelola pekerjaan-pekerjaan tertentu secara sukses. Mereka biasanya dievaluasi atas dasar seberapa baik mereka mengatur tugas-tugas yang harus diselesaikan. Lebih lanjut, manajer juga bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan para bawahannya. Sukses atau kegagalan bawahan adalah cerminan langsung sukses atau kegagalan manajer.
  4. Manajer harus berpikir secara analisis dan konseptual, harus mampu merinci dan memisah-misahkan suatu masalah menjadi komponen-komponen masalah, menganalisa komponen-komponen tersebut, dan kemudian mencari penyelesaian yang layak (feasible) dengan akurat. 
  5. Manajer adalah seorang mediator, Organisasi terdiri dari orang-orang, dan terkadang saling tidak bersetuju atau saling bertentangan. apabila hal ini terjadi dalam suatu unit kerja atau organisasi, maka bisa menurukan semangat kerja dan produktivitas, atau bisa merusak suasana kerja, bahkan para karyawan yang cakap bisa meninggalkan organisasi. Hal seperti ini menuntut peranan manajer sebagai mediator (penengah).
  6. Manajer adalah seorang politisi, manajer harus mengembangkan hubungan-hubungan baik untuk mendapatkan dukungan atas kegiatan-ekgiatan usulan-usulan atau keputusannya. Setiap manajer yang efektif “memainkan politik” dengan mengembangkan jaringan kerjasama timbale balik dengan para manajer lain dalam organisasi.
  7. Manager artinya seorang diplomat, harus berperan sebagai wakil (representative) resmi kelompok kerjanya pada pertemuan-pertemuan organisasional. Manajer juga mungkin mewakili organisasi dalam berurusan dengan kontraktor, langganan, pejabat pemerintah atau personalia organisasi lain.
  8. Manajer mengambil keputusan-keputusan sulit, Organisasi selalu menghadapi banyak masalah dan Manajer diharapkan dapat menemukan pemecahan berbagai masalah sulit dan mengambil keputusan yang akurat.

Pengertian Manajer artinya seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi, seorang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi utk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

Wajib baca: 14 fungsi manajemen

Tingkatan Manajer

Pada suatu organisasi yang terstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, serta manajer lini pertama, bisanya digambarkan dengan bentuk piramida, yang mana jumlah dari karyawan lebih besar di bagian bawah dari pada dipuncak). Berikut tingkatan manajer dan contoh tingkatan manajemen dalam perusahaan:

1. Manejemen lini Pertama (first-line management)

Dikenal dengan manajemen operasional yang merupakan manajemen tingkat yang paling rendah yang bertugas mengawasi dan memimpin karyawan non-manajerial yang ada di dalam proses produksi. 

2. Manajemen Tingkat Menengah (middle management)

Mencakup seluruh manajemen yang berada diantara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan tugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah seperti kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik.

3. Manajemen Puncak (top management)

Dikenal dengan executive officer, yang bertugas dengan merencanakan strategi dan kegiatan perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan.  seperti CEO (Chief Executive Officer) 

Wajib baca:  fungsi dan tugas manajemen artis

Fungsi Manajer

Adapun beberapa fungsi dari Manajer perusahaan, yaitu sebagai berikut:

Fungsi Perencanaan, kegiatan-kegiatan pokok perencanaan lewat penentuan tujuan, penyusunan, program dan jadwal, penyusunnan anggaran, pengembangan prosedur, serta penetapan dan penafsiran kebijakan. perencanaan perusahaan antara lain meliputi produksi, pemasaran, SDM, dan ketatausahaan.

Fungsi Pengorganisasian, seperti menyusun struktur organisasi, mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab serta menetapkan hubungan antarbagian dalam organisasi. itulah tiga pokok kegiatan yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Fungsi Pelaksana Kerja Berdasarkan Rencana Yang Telah Disusun, supaya dicapai hasil yang diinginkan, manajer harus terlibat dalam pelaksanaan rencana kerja. Dengan tujuan dicapai koordinasi antar bagian dan kualitas proses dan hasil produksi senantiasa terjaga.

Fungsi Pengawasan Mengawasi pelaksanaan dan hasil apakah telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. apakah perlu ada perbaikan atau lain sebagainya.  dalam melaksanakan tugas yang cakupannya luas itu manajer dibantu oleh beberapa kepala bagian produksi, kepala bagian pemasaran, kepala bagian kepegawaian, dan kepala bagian keuangan.

Peran Manajer

Adapun beberapa peran dari seorang manajer, yaitu sebagai berikut:

  1. Antar pribadi, melibatkan orang dan kewajiban lain, bersifat simbolis dan seremonial. peran untuk figur untuk anak buah dan pemimpin.
  2. Informasional, sebagai penyebar dan pemantau informasi, dan peran sebagai juru bicara.
  3. Pengambilan keputusan, sebagai seseorang wirausahawan, pemecah masalah, serta pembagi sumber daya.

Keterampilan Manajer

Adapun beberapa kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer, jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu sebagai berikut:

  1. Keterampilan Konseptual, Manajer tingkat atas harus memiliki sebuah keterampilan untuk membuat konsep, ide dan gagasan untuk kemajuan sebuah organisasi. 
  2. Keterampilan Berhubungan Dengan Orang Lain, seorang manajer juga harus dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi serta berhubungan dengan orang lain, yang disebut dengan keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya.
  3. Keterampilan Teknis, merupakan sebuh bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk menjalankan sebuah pekerjaan. Misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, akuntansi dan sebagainya.
  4. Keterampilan Manajemen Waktu, merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. 
  5. Keterampilan Membuat Keputusan, kemampuan untuk mendefinisikan sebuah masalah dan menentukan cara terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. 
Nah itulah 5 keahlian utama yang harus dimiliki seorang manajer.

Etika Manajer

Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Ada tiga kategori klasifikasi yaitu: Perilaku terhadap karyawan, Perilaku terhadap organisasi, serta Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya

Nah itulah 8 tugas seorang manajer dalam sebuah perusahaan.

Nah itulah artikel ringkasan materi manajer. Semoga materi manajemen ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai pekerjaan asisten manager silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pengertian manajemen konstruksi

Lain kali admin akan membuat perbedaan manajer dan pemimpin, ditunggu saja ya.

Pertanyaan tugas materi manajer:

1. tugas manajer personalia?

2. tugas manajer keuangan?

3. tugas manajer pemasaran?

4. tugas manajer operasional?

5. perbedaan manajer dan manajemen?

Posting Komentar untuk "8 Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer - Tingkatan, Fungsi, Peran, Keterampilan, Etika"