Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Pokok Adalah? Fungsi, Contoh dan 2 Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

ide pokok
ide pokok

Faktasantuy - ide pokok adalah. Pada hari ini kita akan membahas ide pokok paragraf adalah. Nah apa itu pengertian ide pokok bacaan? fungsi ide pokok bacaan? contoh ide pokok? dan cara menentukan ide pokok Silakan teman-teman simak dulu pengertian ide pokok berikut ini ya.

Baca juga: frasa endosentrisme

Pengertian Ide Pokok

Pengertian ide pokok bacaan, paragraf adalah dibentuk oleh 2 (dua) unsur, yakni ide pokok dan ide penjelas. Ide pokok  berupa ide/gagasan pokok dari pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama.. ide pokok teks merupakan sebagai gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Baca juga: teks anekdot adalah

Gagasan pokok disebut juga kalimat inti dalam poafraf yang menjadi pokok masalah.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama dapat pula disebut dengan kalimat topik. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

Fungsi dan Ciri Ciri Ide pokok

Fungsi ide pokok adalah untuk memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf tersebut. dan menjelaskan inti dari suatu paragraf. Melalui identifikasi ide pokok, dapat diketahui ide utama dari paragraf tersebut, nah itulah fungsi ide pokok bacaan

Adapun Ciri-ciri Ide Pokok, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengandung kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan
  2. Terdapat pendukung, yang berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya
  3. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

Contoh Ide Pokok

Reptilia adalah semua jenis hewan yang berjalan melata atau merayap. Contohnya adalah ular, kadal, buaya, dan penyu. Mereka bertulang keras dan memiliki sisik pada kulit, bertelur di darat, meskipun ada juga reptilia yang melahirkan anak. Reptilia adalah hewan berdarah dingin. Suhu tubuh hewan reptil menyesuaikan suhu udara luar, dan tidak berarti hewan reptilia menyukai daerah dingin. Reptilia tidak tahan hawa dingin. Tidak ada reptilia yang tinggal di daerah kutub.

Kalimat utama,  “Reptilia adalah semua jenis hewan yang berjalan melata atau merayap”. Ide pokok dari paragraf ini yaitu pembahasan mengenai hewan reptilia. Dari ide pokok dapat diketahui apa isi dari keseluruhan paragraf.

Istilah Lain Ide Pokok

Adapun Istilah lain dari arti ide pokok, yaitu sebagai berikut:

  1. gagasan pokok,
  2. gagasan utama,
  3. pokok masalah,
  4. pokok pikiran,
  5. pikiran utama,
  6. inti paragraf,
  7. inti masalah,
  8. masalah utama,
  9. tema,
  10. topik,
  11. simpulan.

Pada dasarnya, semua istilah ide pokok tersebut sama. Apabila ditanyakan pengertian gagasan utama, jawabannya sama seperti ide pokok, yaitu inti suatu bacaan. 

Baca juga: informasi lisan

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Cara menentukan ide pokok bacaan secara garis besar terbagi menjadi dua, sesuai dengan jenis paragrafnya, yaitu sebagai berikut:

1. Paragraf yang memiliki kalimat utama, Cara menentukan ide pokoknya ialah dengan mengambil isi kalimat utama itu sendiri.

Contoh: Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Yang terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari darat, laut, dan dari dalam perut bumi. Kekayaan alam yang bersumber dari laut misalanya hasil laut. Sedangkan kekayaan alam yang bersumber dari darat misalnya, padi, hasil perkebunan dan sebagainya. Sementara, kekayaan alam yang bersumber dari dalam perut bumi misalnya minyak, gas, batu bara, emas, timah, nikel dan sebagainya.

Ide pokok: terletak dalam kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas ialah Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah atau Kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah

2. Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama, cara menentukan ide pokoknya ialah dengan menyimpulkan isi paragraf tersebut.

Contoh: Banjir melanda daerah Sulawesi dengan ketinggian lebih satu meter. Banjir juga melanda wilayah Palu, Aceh dengan ketinggian yang sama, satu meter. Seolah tak mau kalah, Jakarta pun turun dilanda banjir dengan ketinggian mencapai satu setengah meter.

Baca juga: Kata seru artinya

Contoh Ide Pokok

Berikut kami berikan contoh ide pokok paragraf:

Sejak terjadinya bencana alam seperti gempa bumi serta juga gelombang tsunami di Aceh ,  seringkali bencana disebut serta dijadikan sebagai sarana untuk dapat memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi dan sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab yang meminta donasi untuk mereka korban bencana tersebut. Mereka beroperasi pada bus kota, lampu merah, serta juga pinggir-pinggir jalan lainnya dengan mengatasnamakan ialah Departemen Sosial.

Contoh ide pokok di atas ialah seringkali bencana disebut serta dijadikan sebagai sarana untuk dapat memungut uang dari masyarakat. Dan terdapat didalam kalimat pertama kalimat-kalimat yang terdaoat dibawahnya itu ialah mengandung ide penjelas yakni,

  1. Banyak organisasi dan sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab yang meminta sumbangan untuk mereka korban bencana tersebut
  2. Beroperasi pada bus kota, lampu merah, serta juga pinggir-pinggir jalan lainnya dengan mengatasnamakan ialah Departemen Sosial.

Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif

Banjir telah menjadi hal yang lumrah di Jakarta, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti sungai atau saluran-saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai, kepedulian warga dan para pengusaha yang masih kurang terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air, selain itu pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

1. Ide Pokok : Penyebab Masalah Banjir di Ibukota

2. Kalimat Utama: Banjir telah menjadi hal yang lumrah di Jakarta, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor.

3. Kalimat Penjelas: yaitu  Pertama, sungai atau saluran-saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai. Ketiga kepedulian warga dan para pengusaha yang masih kurang terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai. Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air, pepohonan hijau pun juga berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Nah itulah artikel pengertian ide pokok adalah kalimat utama dalam paragraf. Semoga ,,, ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai gagasan utama paragraf silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: pengertian majas aliterasi dan contoh majas aliterasi

Lain kali admin akan membuat cara menentukan kalimat utama dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Soal: kalimat yang berisi gagasan pokok sebuah paragraf disebut kalimat? Baca juga:

Latar adalah

Posting Komentar untuk "Ide Pokok Adalah? Fungsi, Contoh dan 2 Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan"