Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikhtisar Adalah: Ciri, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya

ikhtisar

Faktasantuy - ikhtisar adalah. Pada hari ini kita akan membahas ikhtisar. Nah apa pengertian ikhtisar? apa saja contoh ikhtisar? Silakan teman-teman simak ikhtisar buku berikut ini ya.

Baca juga: Ide pokok adalah

Pengertian Ikhtisar

Pengertian ikhtisar, summary atau ikhtisar adalah bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah tulisan dalam bentuk yang sangat singkat. Atau diartikan sebagai bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan rekomendasi. Mengandung topik persoalan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tersebut. Juhara (2003) berpendapat bahwa ikhtisiar berupa  penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah tema sebuah wacana. Fungsi dari ikhtisiar ialah sebagai garis-garis besar masalah dalam sebuah wacana yang berukuran pendek atau sedang. Dapat pula disebut sebagai penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional.

Penulis ikhtisar didasari dengan langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematik pemecahannya, diilustrasikan beberapa bagian atau isi dari bab dapat diberikan untuk menjelaskan inti atau pokok suatu masalah, sementara bagian atau bab-bab yang kurang penting dapat diabaikan. Bisa membantu dalam pemahaman karangan asli dengan cermat dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan cepat, penulis tidak akan membuat ringkasan dengan baik bila kurang cermat membaca, bila ia tidak sanggup membeda-bedakan gagasan utama dari gagasan-gagasan tambahan. Disamping itu juga dapat mempertajam gaya bahasa, serta menghindari uraian-uraian yang panjang lebar yang mungkin menyelusup masuk dalam karangan tersebut.

Perbedaan ringkasan dan ikhtisar? ikhtisar berbeda dengan ringkasan meskipun kedua istilah tersebut sering disamakan akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda, ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. ringkasan diartikan sebagai proses produksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat. Tidak diharuskan mempertahankan urutan isi karangan asli, selain itu ikhtisar juga tidak perlu memberikan isi dari karangan secara profesional. Langsung kepada inti atau pokok masalah dan problematika pemecahannya. Seperti beberapa bagian atau isi dari beberapa bab, dapat diberikan untuk menjelaskan inti atau pokok masalah tersebut. Disamping itu bagian atau pokok yang tidak terlalu penting dapat dihilangkan. Untuk bentuk ikhtisar lebih bebas dari pada ringkasan.

Wajib baca: frasa endosentrisme

Ciri dan Fungsi Ikhtisar

Ciri-ciri Ikhtisar

Adapun ciri ciri ikhtisar, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak mempertahankan urutan gagasan.
  2. Mengkombinasikan kata-kata dengan bebas asalkan tidak menyimpang dari inti.
  3. Tujuannya untuk mengambil inti.

Fungsi Ikhtisar

Adapun fungsi ikhtisar, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
  2. Mengetahui serta memahami isi sebuah buku atau karangan.
  3. Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat.

Ikhtisar berfungsi untuk membantu dalam pemahaman karangan asli dengan cermat, dan bagaimana harus menulisnya kembali dengan cepat. Penulis tidak akan membuat ringkasan dengan baik apabila kurang cermat membaca, bila tidak mampu membedakan gagasan utama dari gagasan-gagasan tambahan. Disamping itu dapat pula mempertajam gaya bahasa, serta menghindari uraian-uraian yang panjang lebar yang mungkin menyelusup masuk dalam karangan tersebut.

Baca juga: Defenisi adalah

Tujuan dan Kegunaan Ikhtisar

Adapun tujuan membuat ikhtisar, yaitu sebagai berikut:

  1. Ikhtisar dibuat untuk ditempatkan pada awal artikel sebagai penjelasnya, namun ikhtisar juga dapat berdiri sendiri.
  2. Komponen yang sangat penting setelah kesimpulan dan rekomendasi.

Kegunaan Ikhtisar

Adapun fungsi atau kegunaan ikhtisar, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
  2. Mengetahui serta memahai isi dari sebuah buku atau karangan.
  3. Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat memahami ikhtisar

Cara Membuat Ikhtisar

Langkah-langkah menyusun ikhtisar hampir menyerupai langkah- langkah dalam menyusun rangkuman. Setelah membaca bahan bacaan yang akan diikhtisarkan, penulis dapat langsung menambah dengan pengetahuan yang dimiliki yang sesuai dengan bahan kajian dalam bacaan yang akan diikhtisarkan. Hasil penggabungan inilah yang ditulis kembali dalam sebuah ikhtisar yang koheren.

Berikut ini cara mebuat sebuah ikhtisar,  yaitu sebagai berikut:

  1. Berulang kali membaca naskah asli (minimal dua kali).
  2. Membuat sebuah kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokok yang terdapat dalam naskah.
  3. Menulis ikhtisar.

Langkah Menyusun ikhtisar

Sebuah ikhtisar yang baik disusun berdasarkan  langkah-langkah berikut ini:

  1. Menetapkan tujuan membaca gagasan apa yang dibutuhkan
  2. Membaca dengan cermat apa relevasi gagasan yang diperlukan dalam konteks sebuah tulisan.
  3. Mencatat ide-ide dan gagasan yang penting dari sudut pandang penyusunan ikhtisar dengan kata-kata sendiri.
  4. Menyusun kerangka tulisan.
  5. Menulis ikhtisar.
  6. Cek kembali tulisan asli untuk meyakinkan bentuk semua gagasan yang penting telah terjadi.
  7. Mengoreksi kesalahan bahasa dan kesalahan cetak.

Contoh Ikhtisar

Berikut contoh ikhtisar buku:

Petenis dua bersaudara

Petenis dua bersaudara Serella dan Avrill William tampil dengan m dalam sebuah turnamen bergengsi dunia. Serella menjuarai tunggal putri setelah mengalahkan Martina Hins dan petenis kakak  beradik itu menjuarai ganda putri setelah menumbangkan pasangan Amerika / Prancis pada Turnamen Seri Grand Slam Amerika serikat terbuka 2000. Prestasi Serella – Avrill tersebut membanggakan ayah mereka, George William.

Dari bacaan diatas dapat dibuatkan Ikhtisar atau rangkuman seperti berikut : 

  1. Pasangan Serella- Avrill Williams membanggakan ayah mereka.
  2. Serena mengungguli Martina Hins.
  3. Pasangan Serella – Avrill Menjuarai ganda putri.

Kota Hiroshima

Sekitar 35.000 hingga 0.000 orang-orang berkumpul di kota Hiroshima, Jepang untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom atom di kota itu pada tanggal 6 Agustus 1945 yang telah menewaskan sekitar 14.000 jiwa. Mereka bersama-sama mengheningkan cipta selama 1 menit dan melepaskan ratusan burung dara pada upacara peringatan ini. Upacara akan dilanjutkan lagi pada hari kamis 9 Agustus 2001 di Kota Nagasaki yang 57 tahun yang lalu juga di bom AS sehingga menewaskan sekitar 70.000 orang pada peringatan itu Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi meminta kepada seluruh dunia untuk menghapuskan sejata nuklir.

Jadi ikhtisar bacaan tersebut adalah? 

Nah itulah artikel pengertian ikhtisar, cara membuat ikhtisar, dan contoh ikstisar,. Semoga dengan adanya contoh ikhtisar ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai ikhtisar silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: ,,,

Berikut contoh ikhtisar lainnya.

Soal: 
1. jelaskan perbedaan ringkasan dan ikhtisar?
2. jelaskan perbedaan antara ikhtisar dan rangkuman?

Baca juga: berpikir kritis

Posting Komentar untuk "Ikhtisar Adalah: Ciri, Fungsi, Cara Membuat & Contohnya"