Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Adalah? Ciri, Jenis, Sistematika Penulisan, Tujuan dan Manfaatnya

makalah

Faktasantuy - makalah adalah. Pada hari ini kita akan membahas pengertian makalah, ciri makalah, jenis makalah, tahapan makalah dan contoh makalah. Nah apa itu contoh makalah? Silakan teman-teman simak pengertian makalah berikut ini ya. Baca juga: Makalah Pertumbuhan Kacau Hijau Vs Jagung (Hasil Penelitian)

Pengertian Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis membahas tentang suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu masalah secara ilmiah. Di kalangan pendidikan makalah diartikan sebagai hasil karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan. 

Secara umum membuat makalah ialah sebuah tugas dari guru atau dosen sebagai persyaratan penilaian untuk menyelesaikan pelajaran atau mata kuliah, baik berbentuk kajian pustaka maupun hasil kegiatan lapangan. 

Adapun  dibuat oleh narasumber lain seperti pejabat pemerintahan, rektor, dosen kepala sekolah, guru dan lain-lain, yang disebut debngan makalah kerja yang dibahas pada seminar, simposium, dan lain sebagainya. Pada dasarnya makalah kerja disampaikan dalam bentuk argumentasi hasil penelitian dengan memasukkan asumsi dan hipotesis terhadap masalah yang diteliti.

Baca juga: Makalah Minyak Bumi Tentang Kenaikan BBM Indonesia 2020

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Adapun Pengertian Makalah Menurut Beberapa Pendapat Para Ahli, yaitu sebagai berikut:

1. Tanjung dan Ardial (2010:7)

makalah adalah berupa karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut yang disertai analisis yang logis dan objektif.

2. Surakhmad (1988:10)

Pengertian makalah adalah berupa segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

Makalah seringkali digunakan sebagai karya tulis laporan penelitian sederhana, pembuatan makalah diharuskan memiliki konsep atau karakteristik pengangkatan topik pembahasan masalah dengan mengkaitkan suatu kajian pustaka/literatur dan atau merupakan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian di lapangan. Serta ditulis sebagai suatu saran pemecahan masalah secara ilmiah serta membutuhkan studi kepustakaan dengan mencantumkan sumber referensi.

Ciri-Ciri Makalah

Adapun ciri ciri makalah, yaitu sebagai berikut:

  1. Berbentuk hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi.
  2. Mengilustrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  3. Menunjukkan kemampuan yang dimiliki mengenai pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  4. Mengilustrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.
Baca juga: Plot (Alur Cerita)

Jenis Jenis Makalah

Adapun jenis jenis makalah berdasarkan sifatnya yang dibagi menjadi 3 jenis makalah, yaitu sebagai berikut:

  1. Makalah Induktif, disusun atau ditulis berdasarkan data-data empiris yang bersifat objektif, berdasarkan apa yang telah didapatkan di lapangan dan tetap relevan dengan permasalahan yang dibahas.
  2. Makalah Deduktif, merupakan makalah yang berdasarkan kajian-kajian yang teoritis dan juga relevan dengan permasalahan yang dibahasnya.
  3. Makalah Campuran, berupa makalah gabungan makalah induktif dan deduktif, yang berarti ditulis berdasarkan kajian-kajian teoritis dan data-data empiris, adapun beberapa jenis makalah campuran diantaranya seperti: Makalah posisi, Makalah kerja, Makalah ilmiah, Makalah kajian, Makalah tanggapan, dan Makalah analisis

Tahapan-Tahapan Ketika Akan Menyusun Atau Menulis Suatu Makalah

Adapun tahapan-tahapan ketika akan menyusun atau menulis suatu makalah, yaitu sebagai berikut:

  1. Persiapan, Membaca dan mengumpulkan buku atau artikel guna memilih dan menentukan tema. Dengan membaca materi-materi guna memperluas ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan tema yang sudah dipilih dan kerangka makalah akan dikembangkan.
  2. Penulisan, Mengembangkan kerangka makalah yang sudah dibuat menjadi sebuah makalah.
  3. Revisi Atau Pemeriksaan

Melakukan revisi dan pemeriksaan terhadap isi makalah serta penggunaan kata, kalimat, tanda baca dan lain-lain.

Sistematika Penulisan Makalah

Secara garis besar terdapat 3 pokok utama dalam sistematika penulisan makalah, yaitu sebagai berikut susunan makalah:

1. Pendahuluan, yang memuat mengenai persoalan yang akan dibahas meliputi:

a. Latar Belakang, memberi penjelasan tentang manfaat dan pentingnya judul atau topik untuk dibahas.

b. Ruang Lingkup, memberi penjelasan tentang ruang lingkup permasalahan yang menjadi batasan masalah.

c. Maksud dan Tujuan Penulisan, memberi penjelasan tentang maksud penulisan makalah dan tujuan berisi tentang hal yang diinginkan sesuai dengan konteks permasalahan yang akan dibahas.

2. Pembahasan makalah

Adapun beberapa uraian yang relevan mengenai pembahasan makalah, yaitu sebagai berikut:

a. Membahas secara singkat teori-teori pendukung berdasarkan kajian pustaka atau bahan referensi yang resmi.

b. Pada dasarnya uraian adalah untuk membahas permasalahan dengan alternatif pemecahan masalah yang dikaji yang dapat dibantu dengan faktor pendukung dan penghambat.

3. Penutup

Yaitu bab terakhir yang berisi mengenai penegasan inti makalah yang dirumuskan dengan jelas, singkat, dan tegas yang meliputi:

a. Kesimpulan yang berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk ikhtisar permasalahan.

b. Saran yang merupakan usul atau pendapat dari penulis yang mengacu pada materi pembahasan.

Selain tiga pokok utama diatas, terdapat juga penunjang dalam pembuatan makalah, yaitu: Lembar Judul, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar; tabel (jika ada), Daftar Pustaka dan Lampiran-lampiran.

Tujuan Penulisan Makalah

Suatu makalah dibuat guna mengevaluasi hasil kerja kita untuk dijadikan acuan dan diintervenkasikan di muka umum agar bisa dipahami dan bisa disebar luaskan agar berguna bagi kebanyakan orang. Dengan tujuan penulisan makalah dapat memberikan gambaran tentang hasil kerja beserta contoh-contohnya dan solusi dari masalah yang hadapi agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan tepat sasaran, jadi makalah akan bisa lebih berguna jika dari hasil kajian-kajian selama ini bisa memberikan kepastian bagi orang lain sehingga bisa menimbulkan gagasan baru atau semangat bekerja yang lebih tinggi bagi orang lain.

Manfaat Dari Menyusun Atau Menulis Makalah

Adapun beberapa manfaat penulisan makalah, yaitu sebagai berikut:

  1. Bisa belajar memahami masalah yang ada dan mencari solusinya.
  2. Membuka jalan pikiran untuk memahami permasalahan yang akan dicarikan solusinya.
  3. Menerapkan wawasan atau ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari untuk menyelesaikan permasalahan dilapangan.

Nah itulah artikel pengertian makalah,. Semoga ,,, ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai ,,, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 50+ Contoh Kata Pengantar Makalah

Lain kali admin akan membuat cara membuat makalah dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "Makalah Adalah? Ciri, Jenis, Sistematika Penulisan, Tujuan dan Manfaatnya"