Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 6 Teknik Membaca Kilat Ini Bisa Menghapal 1 Buku Hanya 6 Jam Saja

bacakilat
Teknik bacakilat

Faktasantuy - Teknik membaca kilat. Pada hari ini kita akan membahas teknik membaca kilat. Nah apa itu pengertian membaca kilat? apa saja cara membaca kilat? dan bagaimana cara membaca kilat? Silakan teman-teman simak arti membaca kilat berikut ini ya.

Wajib baca: contoh surat niaga

Pengertian Teknik Membaca Kilat

Membaca satu halaman dengan waktu satu detik merupakan hal yang sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Teknik bacakilat ini pertama kali ditemukan oleh Agus Setiawan, teknik membaca ini dikenal dengan membaca kilat, baca kilat merupakan teknik baru dalam dunia membaca. Teknik ini tidak sama dengan teknik membaca biasa, membaca cepat dilakukan dengan teknik merekam bacaan dalam pikiran bawah alam sadar. Dalam artian memori yang disimpan lebih tahan lama dari pada membaca dengan teknik biasa yang memakai pikiran sadar.

Baca juga: 30+ Khasiat dan Manfaat Membaca Ayat Kursi

Teknik ini disusun agar pembaca kilat dapat membaca dan memahami buku satu halaman hanya dalam satu detik. Baca kilat memakai teknik dimana informasi yang didapat langsung dimasukan kedalam pikiran bawah sadar yang mampu menyimpan kebiasaan, memori jangka panjang, keahlian, keyakinan dan karakter. Tehnik ini memungkinkan pembaca mampu memahami isi keseluruhan sebuah buku kurang dari lima menit. Adapun beberapa langkah untuk mengembangkan kemampuan membaca kilat, yaitu sebagai berikut :

1. Kondisi Genius, berupa keadaan membaca dengan menggunakan pikiran bawah sadar yang identik dengan gelombang alfa. Kondisi genius dapat digunakan agar memudahkan pikiran untuk mencapai gelombang alfa. Gelombang alfa merupakan gelombang frekuensi hati yang ikhlas. Apabila pikiran telah masuk ke dalam gelombang hati yang ikhlas maka ilmu akan dengan cepat diterima oleh otak. Pada tahap ini kondisi pikiran harus senyaman mungkin.

2. Pandangan Mata Reseptif, Mata manusia sebenarnya memiliki kemampuan yang super. Sel mata pada manusia terdiri sel batang serta sel kerucut. Pikiran alam bawah berhubungan dengan sel kerucut yang dapat merekam objek dengan sangat kuat dan masuk ke dalam pikiran manusia tanpa melewati pikiran sadar. Inilah yang dikembangkan untuk teknik membaca kilat. Karena objek yang akan kita scan adalah buku, maka kita harus mengaktifkan Pandangan Mata Reseptif ini ke dalam buku.

Baca juga: 7+ Contoh Menyunting Karangan Sebelum dan Sesudah 

Caranya Membaca Kilat

  1. Posisikan buku seperti sedang membaca buku seperti biasa. 
  2. arah pandangan mata terfokus dan sedikit meleset ke atas buku, tetapi melesetnya tetap simetris dengan kanan kiri buku. 
  3. Meskipun mata tidak fokus ke arah buku tersebut, usahakan buku itu tetap selalu terlihat oleh mata. Apabila cara ini dilakukan dengan benar, maka buku tersebut akan terlihat seolah ada gelembung kertas di tengah-tengah buku di antara halaman kanan dan kiri buku. Yang berupa halaman imajiner, akibat dari mengaktifkan Pandangan Mata Reseptif ke arah buku.

Teknik Membaca Kilat

1. Afirmasi

Ialah menetapkan sugesti postif kepikiran manusia. Hal ini berlaku untuk semua hal tidak sebatas dipakai untuk Baca Kilat. Setiap manusia ingin melakukan sesuatu harus memiliki optimisme untuk mencapai sebuah tujuan tersebut. Apabila tujuan dalam membaca ingin menyimpan memori jangka panjang terhadap apa yang dibaca secara sempurna, maka bisikan afirmasi tersebut dengan tenang.

2. Baca Kilat

Merupakan tahapan yang paling krusial dari teknik Baca kilat, ialah dengan melakukan Baca Kilat itu sendiri. Ketika kondisi Pandangan Mata masih melihat halaman inajiner pada buku, pertahankan terus halaman imanjiner tersebut lalu bukalah halaman demi halaman buku. Lakukan terus menerus hingga buku selesai dibaca.

3. Tutup Buku

Cukup tutup buku tanpa ada keraguan ketika selesai membolak balikkan buku. Percayalah bahwa sel batang mata telah sukses memasukan informasi ke pikiran bawah sadar.

4. Afirmasi dan Visualisasi

Setelah selesai, melakukan afirmasi sangat diperlukan guna memperkuat dan menegaskan kembali bahwa sel kerucut mata bekerja dengan baik menyimpan informasi dalam memori jangka panjang. Adapun kalimat contoh afirmasi setelah selesai dibaca: “Memori jangka panjang telah menyerap semua informasi yang saya butuhkan dan memprosesnya. Pikiran dan tubuh saya akan berkomunikasi kepada saya saat saya membutuhkan informasi ini secara sadar maupun tidak sadar” Setelah selesai, lalu lanjutkan dengan visualiassi. Lalu lakukan visualisasi bahwa semua informasi yang ditetapkan telah masuk ke dalam pikiran dengan sistematis dan tersusun rapi dikepala. Sehingga dapat diakses kembali.

5. Tidur Tidurlah

sebab dengan tidur maka akan mengalami sebuah proses inkubasi atau pengendapan. Karena semua informasi yang telah ditetapkan perlu diendapkan dalam pikiran.

6. Aplikasikan Setelah Bangun Tidur

dapat langsung mengaplikasikan cara bacakilat dalam kehidupan sehari-hari. Apabila sedang berhadapan dengan keadaan yang berkaitan dengan apa yang sudah dibaca, maka akan mampu merasakan kembali apa yang telah dibaca sebelumnya, seperti layaknya ‘dejavu’.

Nah itulah artikel baca kilat agus setiawan. Semoga dengan adanya teknik membaca kilat ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai teknik baca kilat silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pedoman Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia Yang Benar

Lain kali admin akan membuat bacakilat pdf dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "√ 6 Teknik Membaca Kilat Ini Bisa Menghapal 1 Buku Hanya 6 Jam Saja"