Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Administrasi Menrut Para Ahli: Jenis, Unsur, Ciri dan Tujuan

administrasi

Faktasantuy.com - Pengertian Administrasi merupakan suatu hal yang fungsinya memegang suatu peranan yang sangat penting terhadap tercapainya suatu kelancaran usaha kegiatan, ataupun kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Itu sebabbnya bisa dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi suatu perusahaan dan administrasi juga bisa memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk sebuah perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta sebuah laporan yang meliputi tugas administrasi.

Baca juga: Opini audit adalah

Nah jelaskan pengertian administrasi? pengertian administrasi secara luas adalah? administrasi dalam arti sempit meliputi? pengertian administrasi secara etimologi berarti?

Baca juga: Opini Audit Adalah: Pengertian Menurut Ahli, Jenis, Tahapan

Pengertian Administrasi Menurut beberapa Para Ahli

Berikut pengertian administrasi menurut para ahli adalah:

  1. Leonard D white (1955) administrasi adalah berupa suatu proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok baik itu sebuah usaha pemerintah, ataupun swasta, sipil atau militer baik dalam skala besar ataupun skala kecil.
  2. H.A Simon (1961), administrasi yaitu sebagai suatu kegiatan kelompok orang-orang yaang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
  3. Dwoght Waldo (1971) administrasi ialah sebagai  suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalaiteit yaang tinggi.

Jenis – jenis  Ilmu Administrasi

Secara umum ilmu administrasi dibagi dalam dua cabang besar yakni:

1. Pengertian Administrasi Negara secara umum dapat dibagi dalam dua kategori. Pertama, yang melihat administrasi negara hanya dalam lingkungan lembaga eksekutif saja. Dan kedua, yang melihat cakupan administrasi negara meliputi semua cabang pemerintahan dan hal-hal yang berkaitan dengan publik. Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Di antara berbagai unsur-unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan salah stu unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan administrasi negara.

2. Pengertian Administrasi Niaga Prof. Dr. MR. S. Prajudi Admosudidjo (Administrasi Niaga atau Business Administration)  mencakup dua pengertian menjadi satu, yaitu :

a. Sebagai adminitrasi dari pada suatu organisasi niaga secara keseluruhan, apabila organisasi niaga tersebut merupakan perusahaan, maka administrasi niaga ini yang dijalankan oleh Direksi dari pada perusahaan.

b. Sebagai administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan (business objective), dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebut dijalnkan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.

Unsur-Unsur Administrasi

The Liang Gie menyebutkan definisi administrasi artinya sebagai  Segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Dari pendapat The Liang Gie tersebut dapat ditarik tiga unsur administrasi yang terdiri dari :Kegiatan melibatkan dua orang atau lebih, Kegiatan dilakukan secara bersama-sama, serta Adanya tujuan tertentu yang hendak dicapai. Tiga unsur tersebut berkaitan erat satu sama lain dan terpadu. Apabila salah satunya tidak ada maka kegiatan tersebut tidak dapat disebut sebagai administrasi.

Ciri-Ciri Administrasi

  1. Yakni Adanya suatu kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau lebih
  2. terdaptt kerja sama antar pegawai
  3. Terdapaat suatu proses atau usaha
  4. Adanya sebuah bimbingan, dalam kepemimpinan dan dalam pengawasan
  5. Dalam perusahaan atau instansi terdapat suatu tujuan.

Fungsi Administrasi

  1. Planning (Perencanaan)  yakni suatu penyusun perencanaan yang memerlukan suatu kegiatan adminitrasi, seperti dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan penyusunan perencanaan.
  2. Organizing (pengorganisasian) yakni suatu kegiatan menyusun dan membentuk suatu hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga akan terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai suatu tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Staffing salah satu fungsi dari manajemen yang mengatur susunan personalia pada sebuah organiasik mulai dari merekrut sebuah tenaga kerja, pengembangannya sampai usaha guna setiap tenaga petugas memberi suatu daya guna yang maksimal kepada organisasi.
  4. Directing (pengarahan atau bimbingan) termasuk salah satu fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilakukan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang sudah ditentukan semula.
  5. Coordinating  merupakan sebagian dari fungsi manajemen untuk melaksanakan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya suatu kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
  6. Reporting suatu manajemen yang berada pada suatu penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegaitan dengan pemberian sebuah keterangaan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan ataupun tulisan yang sehingga dalam menerima suatu laporan bisa mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.
  7. Budgeting suatu kegiatan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan yang mengenai keuangan atau anggaran.

Tujuan Administrasi

  1. Supaya seorang usaha bisa memonitoring suatu kegiatan administrasi perusahaannya
  2. Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan
  3. Supaya seorang pengelola usaha bisa menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian
  4. Supaya seorang pengelola usaha bisa mengamankan suatu kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.


Nah itulah artikel materi definisi administrasi menurut para ahli, ciri administrasi, fungsi administrasi dan tujuan administrasi. Apabila kamu ingin bertanya mengenai jelaskan pengertian administrasi dalam arti sempit dan dalam arti luas, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: √ Neraca Pembayaran – Pengertian, Tujuan, Komponen, Indonesia, Macam, Fungsi

Posting Komentar untuk " √ Pengertian Administrasi Menrut Para Ahli: Jenis, Unsur, Ciri dan Tujuan"