Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Neraca Pembayaran – Pengertian, Tujuan, Komponen, Indonesia, Macam, Fungsi

Faktasantuy.com - Neraca Pembayaran: Pengertian, Tujuan, Komponen, Indonesia, Macam, Fungsi, Perdagangan : Neraca pembayaran yakni berupa catatan yang sistematik tentang transaksi ekonomi internasional antara penduduk Negara itu dengan penduduk Negara lain. Nah neraca pembayaran adalah? neraca pembayaran internasional adalah?

Baca juga: Inkaso - Pengertian, Warkat, Jenis, Manfaat Dan Contohnya

neraca pembayaran


Pengertian Neraca Pembayaran

  1. Nopirin (1996), pengertian neraca pembayaran berupa catatan yang sistematik tentang transaksi ekonomi internasional antara penduduk Negara itu dengan penduduk Negara lain 
  2. Balance of Payment Manual (BPM) (IMF, 1993) neraca pembayaran disebut juga berupa suatu catatan yang disusun secara sistematis tentang seluruh transaksi ekonomi yang meliputi perdagangan baran jasa, transfer keuangan dan moneter antara penduduk dari suatu Negara dan penduduk luar negeri untuk suatu periode tertentu,biasanya satu tahun 


Tujuan Penyusunan Neraca Pembayaran

Berikut tujuan neraca pembayaran:

  1. Mengetahui peranan sektor eksternal dalam kegiatan perekonomian suatu Negara. Peranan sektor eksternal tercermin antara lain dari besarnya jumlah permintaan produk domestik oleh bukan penduduk, demikian sebaliknya. Semakin besar permintaan terhadap produk domestik oleh yang bukan penduduk, yang tercermin dari nilai ekspor dari Negara yang bersangkutan, semakin besar pula peranan sektor eksternal dalam pembentukan produk-produk domestik.
  2. Mengetahui aliran-aliran sumber daya antar Negara. Berdasarkan Neraca Pembayaran dapat diketahui seberapa besar aliran sumber daya antara suatu Negara dengan Negara-negara lain sehingga terlihat apakah Negara tersebut merupakan pengekspor barang dan atau modal, demikian sebaliknya sebagai pengimpor barang atau modal.
  3. Mengetahui struktur ekonomi dan perdagangan suatu Negara Dengan mengamati perkembangan Neraca Pembayaran, dapat diketahui pola umum kegiatan perekonomian suatu Negara dalam berinteraksi dengan Negara lain, seperti ketergantungan sumber pendapatan nasional dari hasil ekspor produk petanian dan ketergantungan sumber pembiayaan investasi dari Negara lain.
  4. Mengetahui permasalahan utang luar negeri suatu Negara Berdasarkan catatan transaksi modal dan keuangan di Neraca Pembayaran, dapat diketahui seberapa jauh suatu Negara dapat memenuhi kewajibannya terhadap Negara lain.
  5. Mengetahui perubahan posisi cadangan devisa suatu Negara. Bertambah atau berkurangnya posisi cadangan devisa terkait dengan surplus  atau defisit Neraca Pembayaran. Apabila terjadi surplus Neraca Pembayaran maka posisi cadangan devisa akan bertambah sebesar surplus tersebut. Dan sebaliknya.

Komponen-Komponen Neraca Pembayaran

  1. Neraca Perdagangan (Balance of Trade), berupa daftar atau neraca yang berisi perbandingan antara besarnya nilai ekspor dengan nilai impor suatu negara dalam dalam jangka waktu 1 tahun. Jika nilai ekspor lebih besar dari impor maka negara mengalami surplus dalam neraca perdagangan. Namun jika nilai ekspor lebih kecil daripada impor maka negara mengalami defisit dalam neraca perdagangan.
  2. Neraca Jasa, berupa neraca yang mencatat transaksi jasa yang diselenggarakan dan diterima suatu negara terhadap negara lain selama jangka waktu 1 tahun. seperti jasa asuransi, pariwisata, pengangkutan, jasa perdagangan, serta jasa perbankan.
  3. Neraca Hasil Modal, berupa neraca yang mencatat semua pembayaran dan penerimaan bunga, deviden, upah tenaga asing, serta hadiah-hadiah dari luar negeri.
  4. Neraca Lalu Lintas Modal (Capital Account), berupa sebuah neraca yang mencatat segala kredit atau pinjaman dari luar negeri atau yang diberikan kepada negara lain. Dalam neraca ini juga dicatat  mengenai jual beli efek, penanaman modal asing, bantuan luar negeri, serta pembayaran utang luar negeri.
  5. Neraca Lalu Lintas Moneter (Monetery Account), berupa sebuah neraca yang mencatat dan memperlihatkan perkembangan/perubahan cadangan devisa suatu negara. Cadangan tersebut terdiri dari emas dan devisa.

Macam-Macam Neraca Pembayaran

  1. Neraca Pembayaran Defisit, berupa neraca pembayaran yang menunjukkan jumlah transaksi pembayaran luar negeri (transaksi debet) lebih besar dibandingkan transaksi penerimaan dari luar negeri (transaksi kredit).
  2. Neraca Pembayaran Surplus, berupa neraca pembayaran yang menunjukkan transaksi debet lebih kecil
  3. Neraca Pembayaran Seimbang, berupa neraca pembayaran yang menunjukkan transaksi debet sama dengan transaksi kredit.

Fungsi Neraca Pembayaran

  1. Sebagai alat pembukuan agar pemerintah bisa mengambil keputusan yang tepat, berkaitan dengan jumlah barang dan jasa yang sebaiknya keluar atau masuk dalam batas wilayah suatu negara serta untuk mendapatkan sebuah keterangan-keterangan mengenai anggaran alat-alat pembayaran luar negerinya.
  2. Sebagai alat untuk mengukur kondisi ekonomi terkait dengan perdagangan internasional dari suatu negara. Sebagai alat untuk melihat gambaran pengaruh transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional negara yang bersangkutan.
  3. Berfungsi untuk mendapatkan informasi secara terperinci terkait dengan perdagangan luar negeri.
  4. Berfungsi untuk membandingkan pos-pos dalam neraca pembayaran negara tersebut dengan negara tertentu.
  5. Berfungsi sebagai alat kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.

Nah itulah artikel materi ... Apabila kamu ingin bertanya mengenai ..., silakan ketik di kolom komentar dibawah. pertanyaan tentang neraca pembayaran?
1. cara menghitung neraca pembayaran?
2. neraca modal adalah?
3. tujuan neraca pembayaran internasional?

Tag: neraca pembayaran, neraca pembayaran adalah, neraca pembayaran internasional, neraca modal adalah, neraca pembayaran adalah catatan, neraca modal, pengertian neraca pembayaran, neraca pembayaran disebut juga, contoh neraca pembayaran, neraca pembayaran internasional suatu negara dikategorikan surplus apabila, pengertian neraca perdagangan, cara menghitung neraca pembayaran, neraca pembayaran surplus, tujuan neraca pembayaran, neraca pembayaran internasional adalah, perbedaan neraca perdagangan dan neraca pembayaran, jelaskan pengertian neraca pembayaran, contoh neraca pembayaran internasional, pertanyaan tentang neraca pembayaran, neraca moneter, neraca perdagangan dan neraca pembayaran, jelaskan yang dimaksud neraca pembayaran, materi neraca pembayaran, menghitung neraca pembayaran, pertanyaan tentang neraca pembayaran internasional

Posting Komentar untuk "√ Neraca Pembayaran – Pengertian, Tujuan, Komponen, Indonesia, Macam, Fungsi"