Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ HUJAN BIKIN PUSING: 3 Alasannya dan Tips Anti Pusing

hujan-bikin-pusing

faktasantuy.com - Kepala pusing terkena air hujan. Musim hujan merupakan musim paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang terutama oleh anak-anak, karena anak-anak biasanya suka bermain hujan-hujanan hingga basah kuyup tetapi akibatnya badan menjadi meriang dan kepala pusing setelah terguyur air hujan. 

Pusing terkena air hujan memanglah kebenaran yang benar-benar terjadi, bahkan orang dewasapun terkena air hujan secara cepat atau lambat akan membuat kepala mereka pusing dan demam. Kenapa kepala pusing terkena hujan? dan mengapa air hujan bikin pusing?

Mengapa Pusing Terkena Air Hujan?

Air merupakan sumber kehidupan manusia, seperti hujan yang turun di daerah pedesaan akan membuat para petani senang hati karena sawahnya tidak perlu di aliri air lagi. Tetapi berbeda dengan orang kota, jika terjadi hujan di kota maka banyak para pekerja akan berhenti bekerja karena banjir dan akan membuat kepala pusing.

Ketika seseorang terguyur air hujan hingga basah kuyup atau hanya terkena gerimis hujan maka dapat dipastikan bahwa mereka akan mengalami tidak enak badan dan kepala pusing. Apakah Anda juga pernah mengalami hal itu? mengapa air hujan bisa bikin pusing?

Hingga saat ini belum ada pernyataan yang benar kenapa kepala bisa pusing jika terjadi hujan, namun menurut pengamatan dilapangan dapat dimungkinkan bahwa 3 alasan logis mengapa air hujan bisa membuat kepala pusing:

Adanya perubahan suhu secara mendadak

Mengapa air hujan membuat kepala pusing? Setelah seseorang terguyur air hujan maka secara otomatis suhu tubuhnya akan turun secara mendadak atau menjadi dingin khususnya pada bagian kepala. Hal ini dapat menyebabkan menurunnnya system kekebalan tubuh dan juga pembuluh darah mengalami penyempitan secara drastis. Nah dalam kondisi kekebalan yang menurun dapat mengakibatkan jantung akan kehilangan menjaga peredaran darah, sehingga suhu yang turun drastis akan menyebabkan penyempitan darah pada otak dan terjadilah sakit kepala.

Infeksi yang disebabkan oleh virus

Mengapa air hujan membuat pusing? Kenapa pusing terkena guyuran hujan? Pada saat suhu panas yang tiba-tiba menjadi akan memicu virus berkembang dengan cepat, dan akan menyerang system kekebalan tubuh manusia sehingga terjadilah badan meriang dan kepala terasa nyeri.

Kandungan air hujan

Mengapa air hujan menyebabkan pusing? Air hujan mengandung gas-gas asam atau senyawa yang ada dalam udara, kandungan-kandungan itulah yang menyebabkan air hujan yang turun bersifat asam dan akan semakin besar dengan seiring turunnya air hujan itu ke bumi karena tercampur dengan udara bebas. Agar bisa kehujanan tanpa pusing Anda dapat langsung membilas tubuh dengar air bersih agar tubuh dapat dinetralkan.

Penelitian Kepala Pusing

Dalam sebuah studi yang melibatkan 25 anak-anak dan remaja yang memiliki riwayat penyakit migrain dan sakit kepala kronis, ditemukan kesimpulan anak-anak cederung lebih sering sakit kepala saat cuaca hujan atau kelembabannya lebih tinggi dari biasanya.

Partisipan yang ikut dalam studi ini hampir 3 kali lebih memungkinkan menderita sakit kepala ketika cuaca hujan atau kelembaban tinggi dibandingkan saat kondisi udaranya kering.

Pada studi tersebut, peneliti memberikan anak-anak komputer genggam yang dapat merekam gejala sakit kepala selama dua minggu. Setelahnya peneliti membandingkan informasi tersebut dengan kondisi cuaca yang ada saat itu.


Tips menghindari pusing

Karena terjadi penurunan suhu tubuh yang drastis saat terkena air hujan, dianjurkan sebaiknya kita mandi air hangat, agar suhu kita cepat kembali normal.


Cara lainnya, disarankan segera membilas rambut yang terkena air hujan sebagai cara menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan, serta mengganti pakaian yang basah agar suhu tubuh tidak semakin dingin yang membuat kekebalan tubuh makin menurun dan menghindari masalah kulit.

Mengapa kalau sengaja mandi hujan tidak gampang sakit? Saat kita sengaja "mandi hujan" maka seluruh tubuh basah, dan membuat suhu di tubuh jadi sama. Apalagi kalau kita bermain, tubuh kita akan mengeluarkan enegi yang akan diubah menjadi panas. Dengan begitu suhu badan kita yang panas bisa menangkal suhu dingin yang disebabkan guyuran air hujan.

Tak ada salahnya bermain di bawah hujan, asal hati-hati dengan petir, ya. Perhatikan juga lokasinya. Kalau tinggal di kota besar atau wilayah industri, air hujan yang turun bersifat lebih asam. Sebaiknya mandi lagi setelah bermain di bawah hujan.

Nah itulah beberapa informasi penyebab nyeri di kepala jika terjadi hujan, maka untuk anda yang tidak ingin merasakan nyeri tersebut diharapkan untuk berhenti di tempat yang teduh.

Terima kasih telah membaca artikel mengapa hujan membuat pusing, semoga dapat menambah wawasan anda tentang kesehatan.

Baca Juga: 
12 Manfaat Air Kencing Untuk Kesehatan dan Lingkungan

Posting Komentar untuk "√ HUJAN BIKIN PUSING: 3 Alasannya dan Tips Anti Pusing"