Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cerita Misteri Dibalik Hari Valentine Dari Berbagai Versi Kuno

Misteri-Hari-Valentine

faktasantuy.comCerita Misteri Dibalik Hari Valentine - Tanggal berapa hari valentine? hari Valentine tiap tanggal 14 Februari yang diadakan tiap tahun. Siapapun orangnya tentutahu bahwa hari itu ialah hari Valentine?  akan tapi jarang yang mengetahui ceritamisteri dibalik hari Valentine ini.

Wajib baca: Rahasia Ilmiah Mengapa Pacaran Dilarang Dalam Islam

Valentine dirayakan yang merupakan hari kasih sayang dan dirayakan tiap-tiap bulan Februari ini nyatanyatak seperti yang diperkirakan banyak orang. Ada sekian banyak hal yang diketahuioleh banyak pihak, terutama asal-usul dari Valentine ini.

Kapan hari valentine 2019? Para penggemar faktasantuy.com pasti tau kan bahwa hari valentine diadakan setiap tanggal 14 Februari dan pasti mengetahui kebenaran dibalik cerita perayaan sejarah kasih sayang ini? Bagaimanakah arti hari valentine yang sebenarnya dari berbagai versi? mari simak sejarah valentine yang sebenarnya.

Sejarah Hari Valentine yang Sebenarnya

St. Valentine 

Valentine berasal dari nama satu orang pendeta yang bernama St Valentine. Beliau merupakan satu orang pendeta yang hidup kepada kekaisaran Cladius di Roma. Sang Kaisar amat berambisi untukmempunyai pasukan militer yangkuat dan serta besar, tetapi kemauan tersebut tak didukung penuh oleh para rakyatnya terutama para laki laki.

Mereka tak mauberpisah dengan keluarga yangdicintainya, karena itu Kaisar Cladius marah dan memerintahkan untuk melarang pernikahan. Pasti saja larangan  tersebut tak mampu dibantah oleh rakyatnya. Meskipundemikian ada satu pendeta yang tak setuju dengan peraturan baru tersebut, beliau yakni St Valentine.

Valentine mempunyai anggapan bahwa itu teramat tak manusiawi karena tak memberikan pemberkatan bagi mereka yang mau menikah. Nah ada cara valentine untuk membuat pernikahan rakyat yang sembunyi-sembunyi. Itu dilakukannya dengan cara diam-diam di sebuah kapal kceil, sampai hasilnyadisaat sedang melaksanakanpemberkatan dengan pasangan yang mau menikah, hal tersebut ketahuan oleh sang Kaisar. Sang kaisar yangmarah besar, serentakmemerintahkan buat menangkap danmenghukum pendeta tersebut.

Hukuman yang diberikan serta tak tanggung-tanggung, hukuman mati! Hukuman mati tersebut dilaksanakan sesuai pada tanggal 14 Februari. Pada hari kematiannya tersebut St. Valentine banyak dipuji orang lantarankeberaniannya dalam menikahkan banyak orang.

Bahkan pada saat kematiannya banyakorang yang memberikan bunga, yang merupakan lambang kasih sayang mereka kepada sang pendeta tersebut. Oleh dikarenakan itu sampaisekarang ini perayaan kematian St. Valentine diperingati yang merupakan hari kasih sayang.

Wajib baca: Bocah 9 Tahun Tercantik di Dunia + Foto

Legenda Gamelion 

Di era Romawi kuno ada sebuahlegenda yang bernama legenda Gamelion. Legenda ini menceritakan tentang percintaan antara Zeus dengan Hera, yang taklain merupakan adik dan kakak. Sebenarnya kejadian itu dinamakan pundengan perayaan kesuburan, di manapada saat itu diwajibkan untuk memberikan suatu persembahan.

Persembahan yang diberikan berupa hewan kurban untuk pernikahan Dewa Zeus dan Dewi Hera. Kejadian itu konsisten berkembang sampai terhadap eraRomawi dinamakan denganperingatan Lupercalia yang dirayakan tiaptanggal 15 Februari.

Nama ini pundiambil dari nama Pendeta Lupercus. Peringatan Lupercaria ini tetapdijaga dan dilestasikan oleh Inggris danPerancis dengan kemasan yangsedikit tidak serupa adalah Love Lottery, di mana para cowok dan perempuan mencari pasangan secara diacak atau diundi. Demikian pula dengan kejadian yangseterusnya, mereka melaksanakankasih sayang seperti suami pada istri. 

Aliran Gnostisisme 

Valentine pun ada hubungannya dengan aliran Gnostisisme, falsafah ini diberikan oleh uskup atau pemimpin gereja yang mempunyai ajaran sinkretisme. Mereka yang mengikuti aliran ini mempunyai anggapan bahwa lokasi tidur pelaminan itu merupakan pusat mutlakkasih sayang. 


Sekian Banyak Anggapan 

Ada pula yang menganggapbahwa di bulan Februari ini, para binatang terutama burung merpati berangkat mencari pasangannya. Itu pula yangmendasari terjadinya hari kasih sayang, atau hari Valentine ini, bahkan jadi cerita misteri dibalik hari valentine. 

Kejadian Tragis 

Tetapi ada suatu kejadian tragis yang terjadi disaat hari Valentine, di mana kepada 14 Februari 1929 sudah berlangsung pembantaian. Kejadian tersebut pastilah tak menyenangkan, lantaran terjadi cocok pada saat hari kasih sayang, di mana selayaknya tiap-tiap orang itu saling menyayangi dan mengasihi, bukanlah untuk membantai. 


Triple Valentinus 

Kejadian ini bermula saat ditemukanya banyak kerangka yang dimakamkan di Santo Hyppolitus yang berada di Roma. Kejadian ini diambil juga sebagai wujud perhormatan pada diwaktu orang suci, yakni Pastur, Uskup atau pemimpin Gereja dan pulamartir atau para pejuang. Banyak orang yangmenyangka bahwa kerangka itu yaitu kerangka triple Valentinus, dan bahkan banyak pun orang yang sengaja berziarah pada hari Valentine

Tiap-tiap orang memiliki hak untuk menerima atau menolak perbedaan yang ada. Inilah hal yangwajar berlangsung. Sebaiknya tiap-tiapperbedaan yang ada jangan sampaijadikan masalah. Dikarenakan gimanapula serta tiap-tiapmanusia memiliki hak dankewajibanya di dunia ini, termasuk juga dalam hak buat memperoleh kasih sayang dan hak berpendapat.

Wajib baca: 15 Ciri Orang Panjang Umur + Tips Berumur Panjang

Pada asarnya tiap-tiap manusia mesti saling mengasihi satu dengan yang lain. Ada sangat banyak cara untuk mengungkapkan rasa sayang, tak cuma terhadapketika hari valentine saja.

Perayaan Valentine atau yang memilikinama lain hari kasih sayang ini sebaiknya jangan sampai dinodai oleh hal-hal yangtak baik. Sebab ada banyak orang yang berupaya untuk mengacaukan program seperti ini, secara yang takpantas. Kasih sayang antar manusia ialah hal yang sakral dan siapapun orangnya mesti menghormati kejadian tersebut. 

Nah itulah sejarah singkat hari valentine. Apakah kamu juga merayakan hari valentine diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2019 nanti? apakah kamu juga sering mencari bagaimana ucapan hari valentine untuk gebetan, pacar, atau untuk orang tua kamu? 

Posting Komentar untuk "6 Cerita Misteri Dibalik Hari Valentine Dari Berbagai Versi Kuno"