Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Akibat Menahan Kencing Bagi Pria dan Wanita

Bahaya-Menahan-Kencing

faktasantuy.com
 - Jangan Sering Menahan Kencing. Kebiasaan menahan air kencing seringkali diperbuat oleh siapapun dengan beberapa alasan. Kebanyakan dari pelakunya sendiri ialah mereka yang bekerja di kantoran, sebab tuntutan bekerja.

Bahkan, ada pula mereka yang tetap berumur muda dan mempunyai kebiasaan ini. Alasannya pun lumayan beragam, mulai dari toilet yang tidak bersih, tetap seru menonton, hingga ada pekerjaan yang tanggung untuk ditinggalkan.

Wajib baca selanjutnya: Manfaat Habbatussauda

Padahal nyatanya kebiasaan ini tidaklah menyehatkan untuk diperbuat. Pasalnya terlalu sering menahan air kencing bakal berakibat tidak baik bagi kesehatan ginjal Anda. Meskipun selagi ini tidak ada keluhan berarti saat menahan buang air kecil, bukan berarti Anda tak mengalami penyakit serius.

Inilah yang wajibnya diwaspadai oleh siapapun, sebab penyakit pada kantung kemih tak mengetahui usia. Mereka yang berumur anak-anak hingga dewasa pun dapat mengalami hal tersebut. Sunggu banyakkan resiko menahan air kencing?

Nah pasti kamu akan bertanya-tanya, apa akibat menahan kencing ? dan bagaimana cara menahan kencing yang baik ? Yuk kita kupas tuntas...

Bahaya Menahan Kencing

Harus diketahui, menahan kencing berakibat meningkatkan berat kinerja kantung kemih. Menahan air kencing bisa menyebabkan Infeksi yang akan terjadi, anda pun harus menerima resikonya.

Penyakit inipun kebanyakan diderita oleh para wanita, mengingat uretra yang dimilikinya jauh lebih singkat ketimbang lelaki. Badan anda sebetulnya mempunyai kapasitas menampung urine maksimal hingga 600 mililiter.

Akibat menahan kencing bagi wanita dapat menyebabkan infeksi pada saluran buang air. Batas maksimal menahan buang air kecil sendiri dapat hingga 3 jam, Tetapi waktu ini dapat tidak sama antara satu dengan yang lainnya, tergantung pada performanya sendiri.

Kuantitas urine yang dihasilkan pun mempengaruhi berapa lamanya seseorang dapat menahan buang air kecil. Hal ini berkaitan dengan jumlah air yang Anda minum setiap harinya dan juga kapasitas dari manfaat kantung kemih Anda sendiri.


Bahaya Menahan Kencing Bagi Wanita

Efek menahan air kencing bila hanya satu dua kali, ini tidak bakal apa-apa. Tetapi jangan menahannya hingga sesering mungkin, sebab akan berakibat tidak menyehatkan. Sebut saja infeksi saluran kantung kemih, hingga gagal ginjal yang mengintai Anda.

Jangan sering menahan kencing, bahaya yang akan terjadi yaitu dapat merusak manfaat ginjal. Saat telah terjadi, telah pasti Anda wajib menjalani perawatan dokter guna memperoleh penyembuhan pada ginjal.

Akibat Menahan Kencing Terlalu Lama

Akibat menahan air kencing terlalu lama dapat dianalogikan paling mudah, air yang masuk ke kantung kemih pastinya bertambah dari waktu ke waktu.

Apabila Anda menahannya terus menerus, otomatis jumlah urine yang tertampung pun pasti akan melimpah bukan? Nah, urine yang sewajibnya keluar malah kembali masuk ke atas, menuju ke ginjal Anda.

Wajib baca selanjutnya: Cara Mendeteksi Kebohongan Lewat Gerakan Mata

Tahukah Anda bahwa air yang terkandung di dalam kantung kemih ini mengandung bakteri? Inilah yang sangat berbahaya dari menahan air kencing dengan cara terus menerus.

Bahaya Menahan Kencing Bagi Pria

Tak hanya itu, kantung kemih yang sewajibnya menahan urine pun mempunyai otot-otot guna bekerja. Otot-otot inilah yang nantinya terasa sensitif dan memunculkan perasaan ingin kencing saat kantung kemih terisi air dengan cara penuh.

Bila telah terlalu sering terjadi, otomatis kesensitifannya menjadi tidak banyak berkurang. Jadi Anda sering kebablasan saat menahan air kencing, dengan kata lain ngompol. Itulah mengapa jangan menahan air kencing terlalu lama.

Untuk Anda ketahui, kantung kemih yang sehat pastinya yang leluasa dari bakteri. Tidak hanya itu, kondisi kantung kemih ini tetap dapat menahan urine yang keluar dengan cara teratur. Artinya Anda tak wajib bolak balik kamar kecil hanya untuk buang air kecil saja setiap waktunya.

Kuantitas Anda buang air kecil sendiri dipengaruhi dari seberapa banyak air putih ataupun minuman lainnya yang Anda konsumsi. Biasanya terus banyak minuman yang dikonsumsi, maka sering pula Anda buang air kecil.

Wajib baca selanjutnya: 8 Bahaya Makan Mie Instant Setiap Hari

Terlalu lama menahan buang air kecil nyatanya bakal membuat jumlah urine yang keluar pun menyusut ataupun sedikit. Di samping itu, buang air kecil pun bakal engan rasa ngilu dan nyeri dibagian uretra sendiri. Masyarakat umum biasanya menyebut kondisi ini dengan sebutan anyang-anyangan.

Kondisi anyang-anyangan sendiri dikarenakan oleh dua hal dengan cara garis besar, yaitu sebab terjadi persoalanan ataupun infeksi pada kantung kemih dan dehidrasi.

Bila persoalan sebaliknya malah terjadi akibat dehidrasi, Anda dapat mengkonsumsi cairan lebih banyak. Persoalana ini bakal hilang dengan sendirinya saat buang air kecil tanpa memunculkan rasa sakit.

Tetapi apabila dikarenakan oleh bakteri, Anda haruslah berhati-hati dan memperoleh penanganan serius dari dokter.

Setidaknya, dokter dapat meperbuat operasi, pemasangan kateter, ataupun menusuk bagian tulang kemaluan atau kantung kemih dengan alat khusus.

Sayangnya terbukti tak semua orang mempunyai budget yang besar untuk pengobatan semacam ini. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda melakukan perbuatan pencegahan sebelum semuanya menjadi telat.

Salah satunya ialah dengan tidak menahan buang air kecil terlalu sering, mengkonsumsi air putih lebih banyak, dan menghindari duduk terlalu sering. Bagi Anda yang mempunyai pekerjaan dan memaksa duduk terlalu lama, maka selingi dengan berdiri sesekali.

Nah itulah artikel mengenai apakah akibat menahan air kencing. Sebenarnya menahan air kencing dapat menyebabkan kematian jika 1 minggu lebih anda menahannya. Untuk itu solusinya janganlah menahan air kencing, cobalah ke kamar kecil jika sudah merasa ingin membuangnya.

Baca Juga : 5 Kegunaan air kencing di masa depan

Posting Komentar untuk "4 Akibat Menahan Kencing Bagi Pria dan Wanita"