Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Waktu Yang Dianjurkan Membaca Surat Al-Ikhlas

anjuran-baca-surat-alikhlas


Surat Al-Ikhlas yang merupakan surat ke-112 di Al-Qur’an nyatanya mempunyai banyak faedah ataupun hal baik yg kita didapatkan, tapi nyatanya ada 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas.

Waktu-waktu yang amat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW unutuk membaca surat Al-Ikhlas mempunyai banyak manfaat yg besar pada waktu tertentu saja.

Membaca surat Al-ikhlas, layaknya membaca surat-surat lain yg ternyata ada banyak rahasianya, & rahasianya ini biasanya merupakan hal baik untuk kita. Nama surat Al-Ikhlas ini sanggup membuat orang yg mempunyai kesusahan dunia dapat diselamatkan.

Nyatanya, bukan hanya siksa dunia yg dihilangkan dari hidup pembacanya, tapi juga kesusahan di akhirat, saat pembacanya sedang mengalami sakarotul maut, kesusahan saat malam tiba, sampai kesusahan di hari kiamat nantinya.

9 Waktu Dianjurkan Membaca Surat Al-Ikhlas Oleh Nabi Muhammad SAW

Terbukti, pembacaan surat Al-Ikhlas ada bedanya dengan pembacaan surat lain, & tidak butuh syarat untuk membacanya yg aneh-aneh. Bahkan justru yg amat sangat tidak disarankan apabila kita melakukan ritual demi membaca surat Al-Ikhlas & menginginkan mendapat faedah yg dimiliki oleh surat ini. Nah jadi bagaimanakah waktu terbaik membaca surat Al ikhlas ?

Baca Juga : Mengungkap misteri adzan shubuh yang masih menjadi misteri

Meski terbukti tidak butuh ketentuan khusus untuk membaca surat tersebut, nyatanya ada 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas, dimana tiap waktu ini mempunyai manfaat yang berbeda-beda dalam faedahnya. Inilah 9 waktu dan keutamaan surat Al ikhlas :

Membaca Surat Al-Ikhlas Sebelum Tidur

Waktu membaca surat Al-Ikhlas yang menjadi penegas ialah adanya suatu hadits yg diriwayatkan oleh Bukhari. Pada hadits tersebut, diceritakan bahwa nabi Muhammad SAW rutin membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, & surat An-Nas. Hal ini beliau perbuat sebanyak tiga kali.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Shalat Witir Tiga Raka’at

Berdasarkan hadits yg diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, & An Nasai, nyatanya Nabi Muhammad SAW membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, & An-Nas di rakaat terbaru saat beliau melaksanakan shalat witir.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Shalat Maghrib di Malam Jum’at

Waktu membaca surat Al-Ikhlas yg dianjurkan selanjutnya ada pada malam Jum’at. Menurut hadits shahih riwayat Al Albani, nabi biasa membaca surat Al-Ikhlas saat beliau shalat maghrib di kamis malam.

#4. Membaca Surat Al-Ikhlas Shalat Dua Raka’at Saat Seusai Thowaf di Belakang Makan Nabi Ibrahim

Hal ini disebutkan oleh Syaikh Al Albani dalam buku Hajjatun Nabi, dimana dijelaskan bahwa saat beliau ada di makam nabi Ibrahim, beliau bakal membaca surat Al-Ikhlas saat shalat.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Sedang mengerjakan Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib

Hadits riwayat tirmidzi menuliskan bahwa telah tak terhitung lagi waktu Nabi Muhammad membaca Al-Ikhlas saat sedang shalat sunnah ba’diyah Maghrib.

Membaca Surat Al-Ikhlas Sesusah Shalat (Sesudah Salam)

Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, & An-Nas dianjurkan oleh nabi Muhammad untuk dibaca seusai shalat. Hal ini ada pada hadits riwayat An Nasai & Abu Daud.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Meperbuat Qobliyah Subuh

Hadits shahih yg diriwayatkan Ibnu Khuzaimah mengatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda, sesungguhnya surat paling baik untuk dibaca saat qobliyah subuh ialah Al-Ikhlas.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Mau Melakukan Ruqyah

Aisyah mengatakan lewat hadits yg diriwayatkan Bukhari bahwa sebelum mengobati seseorang, Nabi Muhammad bakal membacakan Al-Ikhlas, An-Nas, & Al-Falaq.

Membaca Surat Al-Ikhlas Saat Pagi & Sore Hari

Hadits hasan yg diriwayatkan oleh An Nasai & Abu Daud menceritakan mengenai bagaimana Nabi menyarankan ummatnya membaca Al-Ikhlas untuk menjaga mereka dari hal kurang baik.

Terbukti sebetulnya membaca surat Al-Ikhlas selain boleh dibacakan pada waktu-waktu itu saja, melainkan boleh kapan saja & dimana saja. Hal-hal di atas hanyalah 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas.

Nah itulah artikel mengenai 9 waktu yang dianjurkan membaca surat Al ikhlas.

Baca Juga : 7 golongan orang ini yang pantas di doakan para Malaikat

Posting Komentar untuk "9 Waktu Yang Dianjurkan Membaca Surat Al-Ikhlas"