Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Amalan Istimewa di Hari Jumat Yang Sering Dilupakan

amalan-istimewa-hari-jumat

faktasantuy.com - Inilah 5 Amalan Istimewa di Hari Jumat. Hampir semua umat Islam pasti tahu bahwa Jum’at ialah hari yg sangat diagungkan. Tapi apakah mereka semua mengenal mengenai amalan-amalan istimewa di hari Jum’at?

Amalan-amalan yg dapat dikerjakan oleh seseorang di hari biasa terbukti banyak, tapi nyatanya ada berbagai amalan khusus hari jumat akan menjadi sangat istimewa apabila seseorang di hari yg paling diagungkan itu mengerjakan ibadah berbagai macam ibadah. Nah amalan apa saja di hari Jumat untuk melipatgandakan pahala kamu?

Baca Juga : 10 Manfaat shalat tahajud ini bikin kamu betah shalat tahajud

Mengenal Amalan-Amalan Istimewa di Hari Jum’at?

Diantara hari-hari dalam satu minggu, ada sebuah hari yg amalan di dalamnya sebagai hari yg paling mulia, yaitu keutamaan amalan di hari jumat.

Amalan amalan di hari Jum’at biasanya dianggap sebagai sesuatu yg amat baik & mempunyai keistimewaan sendiri di hadapan Allah SWT yg bertugas sebagai dzat pencipta & penggerak seluruh makhluk hidup yg ada di dunia ini.

Amalan tiap hari Jumat yang biasanya dikerjakan sebagai sesuatu yg amat penuh berkat & nantinya dapat pergunakan oleh kita sendiri di hari kiamat sebagai tabungan kebaikan selama kita hidup di dunia yg hanya sementara ini. Jadi amalan Rasullullah pada hari jumat yang harus kita lakukan? Apa saja amalan istimewa di hari Jumat ?

Daftar Berbagai Amalan-Amalan Hari Jumat Menurut Islam Yang Pantas Kamu Lakukan

Sesudah kita mengenal mengenai apa itu amalan istimewa hari Jum’at, maka pasti saja kita ingin mengenal apa saja yg terhitung dalam amalan istimewa sebab kita ingin menjalankannya demi memperoleh pahala yg dapat dipakai kelak di akhirat.

Baca Juga : Mengungkap adzan yang sebenarnya 6x dalam sehari!, Baru Tahu?

Keistimewaan hari Jumat itu ialah sebagai berikut:

Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Amalan istimewa di hari jumat yang pertama ialah adanya sebuah hadits yg mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mengusulkan umatnya untuk membaca surat al-Kahfi di hari Jum’at.

Saat umatnya melakukan hal tersebut, maka orang-orang tersebut lalu akan disinari oleh cahaya diantara orang itu sendiri & dengan rumah Allah (Mekkah).

Nabi juga bersabda bahwa amalan-amalan istimewa di hari Jum’at khususnya membaca surat Al-Kahfi sampai 10 ayat akhirnya, maka tidak dapat dikuasai dajjal. Belum lagi pahalanya bakal dicatat di kertas yg tidak dapat luntur di surga.

Menggandakan Membaca Shalawat Nabi di Hari Jumat

Sebuah hadits menceritakan mengenai sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi mengenai bagaimana seseorang dianjurkan menggandakan shalawat Rasul.

Hal ini dikarenakan shalawat umat nabi  diperlihatkan pada hari Jum’at, & siapa yg bershalawat paling banyak bakal menjadi yg paling dekat dengan Nabi Muhammad di hari kiamat kelak.

Tidak Berpuasa di Hari Jum’at & Jangan Mengkhususkan Dengan Shalat Tertentu

Yang bukan amalan hari Jum’at ialah dengan berpuasa tanpa alasan di hari itu. Rasulullah sempat bersabda dalam sebuah hadist yg mengatakan bahwa janganlah kita membuat hari Jum’at menjadi hari yg amat khusus sampai kita berniat puasa.

Kita hanya boleh berpuasa di hari Jum’at apabila kebetulan berpapasan dengan puasa Ramadhan.

Membaca Surat Al-Insan & As-Sajdah Saat Shalat Subuh di Hari Jumat

Amalan pagi hari jumat yang baik dilakukan yaitu dalam sabda Nabi Muhammad lewat sebuah hadits yg diriwayatkan Abu Hurairah bahwa beliau biasanya membaca surat As-Sajdah di rakaat pertama & baru membaca surat Al-Insan di rakaat kedua.

Menggandakan Do’a di Hari Jumat

Ada hadits riwayat Abu Hurairah yg mengatakan bahwa Rasulullah sempat berkata mengenai hari Jum’at, dimana ada waktu yg apabila orang berdoa di waktu itu maka pasti dikabulkan.

Ada 4 pendapat tidak sama mengenai waktu ini, tapi untuk lebih baiknya, kita haruslah  ber doa setiap saat kita mempunyai peluang.

Itulah artikel mengenai amalan istimewa hari jumat. Semoga bagi para pembaca yang membaca artikel ini dapat menjalankan amalan utama pada hari jumat yang dapat melipat gandakan pahala kamu. Saat ini telah kamu pasti dapat menentukan 5 amalan terbaik pada hari jumat.

Baca Juga: 10 SIfat Positif Setan Yang Patut Ditiru Manusia

Posting Komentar untuk "5 Amalan Istimewa di Hari Jumat Yang Sering Dilupakan"