Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Ziarah Makam (Kubur): Hukum dan Doa

cara-ziarah-kubur

faktasantuy.com - Keutamaan dan adab atau tata cara ziarah kuburSecara asal harafiahnya ziarah kubur merupakan artian dari melakukan kunjungan kubur & keutamaan ziarah kubur yang dilakukan oleh umat islam yang tetap hidup yang mutlak ialah untuk mendoakan kebaikan bagi si pakar kubur.

Pada umumnya yang telah dijelaskan pada cuplikan di atas tujuan ziarah kubur yang benar ialah untuk mengunjungi & mendoakan pakar kubur. Tetapi, Hari ini bakal dibagikan tata cara pelaksanaan ziarah kubur dan berbagai akhlak yang mencerminkan larangan-larangan yang hendaknya tidak dilakukan ketika berziarah kubur.

Nah jadi bagaimana tata cara ziarah kubur yang benar? apa hukum dan tata cara ziarah kuburdan apa doa ziarah kubur dan tata cara yang benar?

Baca Juga: Nikah beda agama, bolehkah untuk orang Islam? 

Menginjak & duduk di atas kubur

Rasululloh SAW melarang bagi semua umat muslim untuk tidak duduk di atas kuburan, hal ini jelas saja menyalahi akhlak kesopanan. Pada umumnya kuburan hendaklah dirawat sebab kuburan merupakan tempat yang dijadikan pertanda bagi wilayah dimakamkannya mayat seseorang, dengan tujuan apabila kerabat ingin melakukan doa mereka bisa langsung mengunjungi makam tersebut juga sekaligus melakukan perawatan demi terjaganya keutuhan makam.

Peletakkan karangan bunga

Dalam tradisi Islam, sebetulnya memberi karangan bunga ataupun menabur bebungaan pada kuburan nyatanya dilarang. Ini merupakan adat para Nasrani, sehingga uang yang dipakai untuk membeli bunga tersebut dimanfaatkan dengan lebih baik untuk menolong fakir miskin.

Pada umumnya hukum berziarah kubur yakni sunnah bagi para lelaki

Sebab ziarah kubur juga sanggup menjadi pengingat kita bakal maut & akhirat, apabila ziarah kubur hati kita sehingga senantiasa teringatkan untuk rutin mencari bekal dengan melakukan kebaikan-kebaikan demi hari-hari di akhirat, maka berziarah kubur pun tidak dilarang sama sekali.

Tetapi, yang dilarang justrulah berziarah kubur pada makam orang kafir sedangkan kita tidak sanggup mengambil hikmahnya dengan senantiasa mengingat Tuhan yang Maha Kuasa untuk melakukan segala bentuk & macam pembalasan untuk lakukanan semua umat-Nya selama tetap hidup di dunia.

Tata cara Ziarah Kubur

Berikut bakal kami bagikan daftar tata cara berziarah kubur sesuai ajaran islam:

Salam & Doa

Doa ziarah kubur dan tata cara yang benar yang pertama ialah di dalam Hadits Nabi diterangkan bahwa terdapat kalimat sapaan ketika melalui kuburan orang Muslim & Mukmin, yakni juga disertai dengan ucapan yang mengingatkan bahwa semua yang hidup juga bakal berujung dengan kematian & tak lupa doa keselamatan bagi pakar kubur.

Adab menghadap wajah

Adab dan tata cara ziarah kubur dengan menghadap wajah. Dari hadits yang lain diterangkan bahwa ketika melalui jalan kuburan di Madinah Nabi SAW menghadapkan wajah ke arah tersebut lantas mengucap doa keselamatan atas pakar kubur yang telah mendahului & sekali lagi Nabi senantiasa mengingatkan mengenai perjalanan kematian yang juga sedang dituju oleh semua makhluk yang tetap diberi kehidupan.

Menjaga kebersihan

Bacaan dan tata cara ziarah kubur dada ketika melakukan ziarah kubur menurut Nabi SAW juga senantiasa mengingatkan untuk rutin menjaga & memelihara kebersihan serta keutuhan makam, para Muslim juga hendak menjaga kesopanan mereka dengan mencegah dari mengatakan & berbuat yang kurang baik di area makam. Duduk-duduk di atas makam pun diharamkan sebab hal tersebut cenderung untuk merusak keutuhan makam.

Dilarang memuja

Adab dan tata cara ziarah kubur menurut Nabi Muhammad SAW, sangat dilarang bagi para Muslim untuk melakukan pemujaan serta meminta-minta pada mayat yang notabene ialah manusia biasa yang telah meninggal sebab hal ini bisa mengindikasikan ke arah yang musyrik & lakukanan ini amatlah dibenci oleh Allah SWT & doanya tak bakal diampuni kecuali sesudah melakukan taubat nasuha.

Itulah informasi mengenai keutamaan ziarah kubur yang butuh Anda ketahui & semoga bermanfaat.

Itulah artikel tata cara ziarah kubur dalam agama islam, semoga kamu yang punya keluarga...maka cobalah untuk berziarah ke makam tersebut. Karena ziarah kubur itu sunnat.

Terima kasih telah membaca artikel tata cara ziarah kubur dalam islam.

Baca selanjutnya: 

Posting Komentar untuk "Tata Cara Ziarah Makam (Kubur): Hukum dan Doa"