Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Tidak Boleh Makan Sambil Minum

tidak-boleh-makan-sambil-minum

faktasantuy.com - Kenapa tidak boleh makan sambil minum. Minum air putih sambil berdiri bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan anda. Tetapi, nyatanya dampak kurang baik makan sambil minum air putih lebih berbahaya bagi kesehatan anda. Apabila anda minum sambil makan maka bakal berdampak kurang baik bagi pencernaan anda, jadi bolehkah makan sambil minum?

Jadi anda sebaiknya makan terlebih dahulu baru minum air putih. Apabila anda sering minum air putih saat makan maka sebaiknya anda haruslah segera meninggalkan kebiasaan kurang baik ini. Hal ini dikarenakan saat anda makan maka sistem pencernaan anda melepaskan cairan pencernaan. 

Nah, apabila anda minum disaat sistem pencernaan anda melepaskan cairan pencernaan maka hal ini bakal menghambat kinerja pencernaan anda. Nah bahayakah makan sambil minum?

Baca Juga: Anjrit..! Ternyata Makan Upil Bagus Untuk Kesehatan


Dampak Buruk Makan Sambil Minum Air Putih

Apa bahaya makan sambil minum? Cairan pencernaan anda bakal menipis apabila anda sering makan sambil minum air putih. Untuk anda yang ingin tetap minum saat makan maka anda sebaiknya hanya minum tidak banyak dan jangan terlalu banyak. Anda bisa minum air putih 2 jam sebelum ataupun sesudah anda makan. 

Apabila anda memberi jarak setidaknya 2 jam maka air bakal diserap oleh dinding lambung. Penyerapan air oleh dinding lambung ini akan menjadi cadangan air telah habis dalam tubuh. Saat anda makan maka cairan dalam badan juga bakal dikeluarkan untuk mencerna makanan. 

Hal ini diperbuat untuk menghambat pencernaan, tetapi proses pengeluaran cairan ini tidak sebanyak saat anda minum. Itulah mengapa makan & minum tidak boleh berdekatan waktunya jadi sistem pencernaan anda tetap berjalan lancar.

Baca Juga: 


Kebiasaan minum yang salah

Apakah boleh makan sambil minum? Anda mungkin tidak menyadari bahwa selama ini cara minum anda tidak benar jadi sistem pencernaan anda sering terganggu. Berikut kebiasaan minum yang salah yang sering diperbuat:


1. Minum sambil berdiri

Dampak makan sambil minum terbukti adanya resiko makan sambil minum dalam sistem pencernaan anda. Tidak dianjurkan oleh dokter untuk minum sambil berdiri sebab bakal mempengaruhi kinerja ginjal anda. Apabila anda minum sambil berdiri maka air yang anda minum tidak bisa diserap oleh sistem pencernaan.


2. Tidak minum air putih sesuai dengan anjuran

Efek dari makan sambil minum air putih dianjurkan kurang lebih 8 gelas per hari. Anda haruslah mencukupi keperluan untuk minum air putih ini kurang lebih 1-3 gelas saat bangun tidur di pagi hari. Ini bisa menolong proses pencernaan anda berjalan lancar. Sesudah itu, minum air putih kurang lebih 2-3 gelas 2 jam sebelum makan siang. Lalu anda bisa minum air putih 2-3 gelas 2 jam sebelum makan malam. Dengan melakukan hal tersebut  maka keperluan air putih anda dalam sehari bakal terpenuhi.


3. Jangan bernafas saat minum

Alasan tidak boleh makan sambil minum ini dikarenakan sebab karbon dioksida yang dikeluarkan dari nafas anda tidak baik apabila anda meminumnya. Anda sebaiknya minum 2-3 tegukan jadi nafas anda tidak masuk ke dalam air.


Minuman yang tidak baik saat makan

Tidak ada minuman yang baik saat anda makan tidak hanya minum air putih. Tetapi tetap banyak orang yang melalaikan hal ini & tetap saja mengkonsumsi minuman yang tidak dianjurkan khususnya saat makan. Banyak orang yang menggantikan air putih dengan meminum teh saat makan. 

Mungkin anda tidak menyadarinya akan tetapi bahaya makan sambil minum teh bisa berdampak racun apabila anda minum saat makan. Jadi, apabila anda ingin minum saat makan pastikan anda memilih air putih. Anda haruslah minum air putih dengan cara cocok contohnya anda haruslah duduk saat minum air putih jadi air putih tersebut bisa disaring terlebih dahulu sebelum dikeluarkan melewati kandung kemih. 

Oleh sebab itu, kebiasaan makan sambil minum harus dihindari dampaknya dan anda haruslah menantikan 2 jam sebelum ataupun sesudah makan terlebih dahulu.

Baca Juga: 



Itulah artikel mengenai makan minum yang disambilkan. Apakah baik makan sambil minum? tentu saja tidak baik!

Terima kasih telah membaca artikel akibat makan sambil minum.

Kesimpulan: tidak boleh makan sambil minum.

Posting Komentar untuk "3 Alasan Tidak Boleh Makan Sambil Minum"