Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astagfirullah! 5 Hukuman Bagi Orang Yang Murtad

hukum-orang-murtad

faktasantuy.com - apa hukuman bagi orang yang murtad? Pindah keyakinan bukan hanya terjadi di agama Islam, namun hal ini membuat penasaran soal asumsi Islam sendiri terhadap pemeluk aliran Islam yang keluar dari agama islam. Jangan keliru dalam menafsirkan apa yang tertulis di Al-Qur’an. 

Ada banyak orang Islam sendiri yang berpikir & berasumsi bahwa yang murtad, hukuman bagi orang islam yang murtad ialah kepala dipenggal? benarkah? padahal ini keliru. 

Kalau begitu caranya, pasti orang lain yang tidak sama agama pun pasti berpendapat bahwa Islam ialah agama terror. Untuk mendapat pencerahan yang benar, Al-Qur’an lah yang haruslahnya menjadi jawaban.

Jadi apa hukuman orang yang murtad? seperti orang islam masuk kristen? benarkah orang murtad dijatuhi hukuman mati? hukuman mati bagi orang yang murtad apakah tercantum dalam Al-qur'an?

Baca Juga: Pandangan bunuh diri menurut islam

Hukuman Bagi yang Orang Murtad dalam Islam

Penjelasan hukuman bagi orang murtad menurut islam, islam bukanlah agama terror & belum pernah disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa mereka yang murtad bakal dihukum dengan dibunuh ataupun dipenggal & semacamnya. 

Hal ini harus diluruskan agar orang-orang Islam sendiri mengerti bakal ajaran yang benar & bukan berdasarkan spekulasi yang dibangun sendiri.


Dalil hukuman orang murtad dalam QS. 4: 137


disebutkan bahwa untuk orang-orang yang beriman namun lalu beralih ataupun ingkar, & memutuskan untuk kembali lagi namun malah ingkar lagi ke sekian kalinya, bahkan dalam kekufuran malah bertambah-tambah, Allah SWT tidak bakal memberi pengampunan terhadap mereka & jalan lurus pun tidak ditunjukkan Allah, itulah hukum murtad bagi agama islam dalam sebuah dalil.

Baca selanjutnya: 5 Alasan Umur Ialah Anugrah

Ternyata dalil naqli tentang hukuman orang yang murtad di dalam agama Islam tidaklah tercantum di Al-Qur’an, intinya hanyalah Allah tidak memberi ampunan & jalan lurus & bukan pembunuhan & segala yang berkaitan dengan pencabutan nyawa seseorang. 

Dan diketahui juga kapan seorang yang menganut Islam lalu dikatakan murtad. Yang jelas, dapat dibilang jika murtad kalau pindah keyakinan tersebut atas kesadaran & kehendaknya sendiri. Jadi, kalau atas dasar pemaksaan, maka tidak dapat dikatakan murtad.


Ayat tentang hukuman orang murtad dalam QS. An Nahl  106 


difirmankan oleh Allah SWT bahwa siapapun yang kafir terhadap Allah, ia bakal mendapat murka Allah, tetapi ada pengecualian bagi yang mengalami pemaksaan untuk menjadi kafir padahal iman & hatinya masih terhadap Allah & ia pun tidak dianggap berdosa. Tetapi, kemurkaan Allah tidak akan pernah luput bagi mereka yang melapangkan dada untuk kekafiran & ada azab besar yang akan ia timpakan.

Ada orang murtad dijatuhi hukuman mati? Tidak, bukan manusia memberi hukuman mati namun Allah sendiri yang bakal mengirimkan azab terhadap manusia-manusia murtad & menjadi kafir. 

Lalu bagaimana dengan rasa ragu yang tiba-tiba timbul dalam hati seseorang, & apakah hal tersebut bakal berpengaruh pada keimanan seseorang. Rasa was-was tidak bakal memberi pengaruh pada iman seseorang selama orang tersebut mau mengusirnya.


Hukuman orang murtad dalam islam menurut HR Muslim (islam masuk kristen)


ada yang pernah bertanya mengenai perasaan ragu terhadap Nabi SAW & jawaban beliau ialah bahwa tersebut malah merupakan tanda seseorang mempunyai iman yang benar.


Hukum orang yang murtad menurut islam ialah tidak akan dapat pengampunan & pemberian azab oleh Allah


tetapi untuk rasa was-was yang tiba-tiba timbul juga dikuatkan dengan pernyataan dari Rasulullah dari Abu Hurairah ra. mengenai bahwa manusia seringkali bertanya hingga ditanyakan. 

Allah-lah yang menciptakan bumi & segala isinya, lalu siapakah yang menciptakan Allah, & siapapun yang mendapat sesuatu dari kata-kata tersebut, maka seharuslahnya orang tersebut berbicara kalau ia beriman terhadap Allah.

Baca selanjutnya: 40 Tanda Tanda Kiamat Besar & Kiamat Kecil

Hukuman di akhirat bagi orang yang murtad nantinya memperoleh azab dari Allah, tidak memperoleh pengampunan-Nya serta jalan lurus yang ditunjukkan-Nya, maka betapa baiknya jika menjaga iman dengan sebaik-baiknya & menjauhi murtad. 

Hukuman bagi yang murtad dalam Islam ialah azab dari Allah sendiri, & oleh sebab itu, jauhi apa yang tidak diinginkan di mata Allah & kuatkan iman.

Kesimpulan hukuman orang murtad: 

  1. Orang murtad dapat murka dari Allah.
  2. Tidak ada kewajiban membunuh orang murtad.
  3. Orang murtad cenderung menjadi target pembunuhan teroris islam.
  4. Murtad akan masuk neraka selamanya.
  5. Hikmah hukuman berat kepada orang murtad menjadi pelajaran bagi orang yang masih muslim.


Baca Juga: Hukuman orang murtad? di incar teroris, masih mau?

Itulah artikel hukuman orang yang murtad dari islam. Ternyata hukuman bagi orang yang murtad dari agama islam ialah dapat murka dari Allah, bukan dibunuh!

Terima kasih telah membaca artikel hukuman bagi orang yang murtad menurut islam, contohnya seperti orang islam masuk kristen maka dapat disebut murtad.

Posting Komentar untuk "Astagfirullah! 5 Hukuman Bagi Orang Yang Murtad"