Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngabuburit: Pengertian, Sejarah & Hadist Ngabuburit

arti-ngabuburit
Gambar Ngabuburit

faktasantuy.com - Yang dimaksud ngabuburit adalah satu istilah yang sering di ucapkan para kalangan baik remaja mapun dewasa yang menantikan matahari sore terbenam / menantikan datangnya waktu maghrib. Kata-kata ngabuburit sering diapakai para remaja kala menunggu berbuka puasa.


Kebiasaan ngabuburit ini sudah bertahun tahun dilakukan oleh masyarakat Sunda (Jawa Barat), & orang yang sudah berumah tangga & memiliki anak tak mau kalah dengan anak muda sekarang.


Nyatanya Ngabuburit Bukan Aliran Islam

Mereka anak-anak muda menunggu menjelang waktu berbuka puasa bakal keluar secara jalan-jalan bersama kawan-kawannya & mampir di tempat keramaian. 

Bagi para bunda mungkin hanya sekedar keluar rumah & bertandang di halaman rumah tetangga. Nah kebiasaan inilah yang disebut ngabuburit.

Baca selanjutnya: 6 Dosa Besar Mengerikan Jika Membatalkan Puasa

Kembali mengenai ngabuburit, di kalangan masyarakat Sunda masa dulu, anak-anak desa masa dulu pada umumnya selalu bersemangat berangkat ke Mesjid dengan berombong-rombongan untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah, & mengaji yang dibimbing oleh guru ngaji, & sesudah sholat ‘isya melakukan berjamaah.

Awal Mula Adanya Ngabuburit untuk Menantikan Waktu Buka Puasa
Ngabuburit artinya adalah sudah kebiasaan di bibir seluruh warga Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan. Istilah itu sangat sering di ucapkan pada ketika datangnya bulan Ramadhan (bulan puasa).


Awalnya kenapa ngabuburit itu selalu di bulan ramadhan

Ini berkaitan dengan adanya agenda infotaimen di televisi. Pada bulan Ramadhan berbagai tahun lalu, mereka mewawancarai artis-artis mengenai kegiatan apa yang dilakukan pada acara film di bulan Ramadhan, & satu contoh bintang film yang diwawancara ialah artis-artis berasal dari Jawa Barat, Yaitu Bintang film ND yang tetap sering timbul di acara-acara TV. 

Yang namanya bintang film terbukti tidak bakalan jauh yang kegiatannya hanya seputar hiburan,berkumpul-kumpul & berbahagia-bahagia. ND itu bilang, bahwa ia untuk menantikan datangnya buka puasa itu ngabuburit.

Baca selanjutnya: Cara Mengubur Ari-Ari Bayi Dan Mitos Yang Menyelimutinya

Di Koran Republika juga sempat mengulas mengenai ngabuburit. Tapi mungkin memang benar dari nonton TV. Masyarakat kita yang modern sekarang sudah mengikuti perkembangn zaman, khususnya anak-anak muda, apa lagi itu datangnya dari artis-arti. 

Maka tak heran sewaktu si bintang film berbincang dengan kegiatannya pada ketika menantikan buka puasa ialah ngabuburit, baik ke mal-mal ataupun jalan-jalan sore, yang mempengaruhi masyarakat muslim, khususnya anak-anak muda. Fungsi & akhlak puasa sudah dirusak!


Akibat Ngabuburit Apabila Dibiarkan

Akibat Ngabuburit apabila didiamkan saja, maka akan membuat generasi berikutnya ataupun generasi akan datang merasa ngabuburit itu bagian penting ketika menantikan buka puasa (ngabuburit puasa), mereka menganggap tidak berdosa berduaan jalan-jalan menantikan buka puasa dengan nonton TV , menghabiskan waktu dengan sia-sia (atau malah melakukan dosa tanpa terasa) itu hal biasa bagi mereka. Padahal Islam tak pernah mengajarkan menantikan buka puasa dengan berbahagia-bahagia, berduaan, jalan-jalan, & menyia-nyiakan waktu.


Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:


"Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan & melakukan dusta serta kedunguan maka Allah tidak perlu terhadap puasanya dari makan & minum”. (HR. Al-Bukhari, Ahmad & lainnya).


Dalam hadist hasan shahih yang berbunyi :


”Betapa banyak orang puasa, bagian dari puasanya (hanya) lapar & dahaga”. (HR. Ahmad,).
Lebih baik masyarakat muslim melakukan ibadah puasa pada umumnya, juga anak-anak muda lebih baik berdiam diri di dalam rumah masing-masing. 

Dengan mendengarkan ceramah agama, berzikir, membaca Al-Qur’an, & membagi makanan (sedekah) untuk buka puasa terhadap tetangga ataupun kerabat dekat,bukan hanya menahan lapar saja.

Sudah Allah tetapkan di dalam Al-Qur’an Surat (Al-Baqarah Ayat 183) yang berbunyi:
”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183).

Sebagai orang Islam, seharusnya sangat mengenal juga rukun puasa, fungsi puasa, keutamaan puasa, yang mengabolisi puasa hingga akhlak berpuasa.

Bagi para muslim yang sudah tahu mengenai istilah ngabuburit sebaiknya saling mengingatkan Orang yang belum tahu istilah Ngabuburit. Orang tua wajib mengingatkan anak-anaknya, suami wajib mengingatkan istrinya. Mari kitapun mengingatkan bahwa ngabuburit itu tidak berguna bagi puasa kita.

Baca Juga:

Jadi , arti ngabuburit adalah suatu kebiasaanyang sering dipakai masyarakat Indonesia pada sore hari untuk menunggu berbuka puasa.

Terima kasih telah membaca artikel arti ngabuburit di bulan Ramadhan ternyata bukan berasal dari Islam, melainkan kebiasaan remaja.

Posting Komentar untuk "Ngabuburit: Pengertian, Sejarah & Hadist Ngabuburit"