Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Orde Baru (1967-1998) : Pengertian, Latar Belakang, Tujuan

faktasantuy.com - Sejarah Orde Baru.

Sejarah-Orde-Baru

Pengertian Orde Baru

Pengertian Orde baru ialah sebuah tatanan semua peri kehidupan rakyat, bangsa, & negara yang diletakkan kembali terhadap pelaksanaan Pancasila & UUD 1945 dengan cara murni & konsekuen. Lahirnya Orde Baru diawali dengan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar).

Orde Baru hadir dengan semangat "koreksi total" atas penyimpangan yang diperbuat oleh Orde Lama. Pemerintahan Orde Baru dipimpin oleh Presiden Soeharto sejak tahun 1967 hingga tahun 1998.

Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru

Sejarah Orde baru berawal dari usaha untuk penumpasan terhadap PKI dilakukan oleh banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga ikut menumpas PKI. Kesatuan aksi yang timbul untuk menentang G-30-S/PKI diantara nya ialah Kesatuan Aksi Masyarakat Indonesia (KAMI), Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), & Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI).

Kesatuan-kesatuan aksi yang bergabung dalam front pancasila tersebut lebih dikenal dengan sebutan angkatan '66. Mereka mengadakan demonstrasi di jalan-jalan. Aksi demontrasi Angkatan '66 tersebut terjadi lalu diarahkan ke Gedung Sekretariat Negara. Momen tersebut terjadi pada tanggal 8 Januari 1966 dengan acara utamanya menuntut perbaikan terhadap kebijakan ekonomi Indonesia.

Pada tanggal 12 Januari 1966 beberapa kesatuan aksi yang bergabung dalam Front Pancasila berkumpul di halaman Gedung DPR GR untuk mengajukan tri tuntutan rakyat (tritura). Isu tritura yaitu pembubaran PKI beserta organisasi massanya, pembersihan Kabinet Dwikora dari unsur PKI, & penurunan harga-harga barang.

Pembentukan Kabinet Ampera Sebagai Tujuan Orde Baru

Sebagai pengemban Supersemar, Letjen Soeharto segera mengambil perbuatan untuk menata kembali kehidupan bermasyarakat, berbangsa, & bernegara sesuai dengan Pancasila & UUD 1945. Tujuan Letjen Soeharto pada mas orde baru antara lain sebagai berikut.
  1. Pada tanggal 12 Maret 1966 dikeluarkan surat keputusan yang berisi pembubaran & larangan PKI beserta dengan ormas-ormasnya. Keputusan tersebut diperkuat dengan Keputusan Presiden/Pangti ABRI/Mandarataris MPRS Nomor 1/3/1966 tanggal 12 Maret 1966.
  2. Pada tanggal 18 Maret 1966 Letjen Soeharto mengamankan lima belas orang menteri yang diincar G-30-S/PKI, hal tersebut dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 tanggal 18 Maret 1966.
  3. Pada tanggal 27 Maret 1966 Letjen Soeharto membentuk Kabinet Dwikora yang disempurnakan untuk menjalankan pemerintahan dengan tokoh-tokoh yang tidak terlibat dalam G-30-S/PKI.
  4. Membersihkan lembaga legislatif yang dimulai dari tokoh-tokoh pemimpin MPRS & DPR GR yang diduga terlibat G-30-S/PKI.
  5. Memisahkan jabatan pemimin DPR GR dengan jabatan eksekutif jadi DPR GR tidak lagi diberi kedudukan sebagai menteri. MPRS dibersihkan dari unsur-unsur G-30-S/PKI & sesuai dengan UUD 1945, MPRS memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada lembaga kepresidenan.

Baca Juga:

Nah itulah artikel sejarah Orde baru Indonesia, latar belakang Orde Baru, dan tujuan Orde Baru.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah lahirnya Orde Baru Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Orde Baru (1967-1998) : Pengertian, Latar Belakang, Tujuan"