Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterbatasan Energi dan Dampaknya + 9 Sumber Energi

Keterbatasan-Energi-dan-Dampaknya

faktasantuy.comKeterbatasan Energi dan Dampaknya + 9 Sumber Energi. Halo hari ini kami bakal mengulas keterbatasan energi & akibatnya bagi kehidupan. Pada pembelajaran mengenai krisis energi ini akan mengulas mengenai sumber energi & pemakaiannya serta solusi terhadap keterbatasan energi atau krisis energi. Ok langsung saja anda simak materi artikel energi alternatif dan keterbatasan energi berikut.

SUMBER DAYA ENERGI DAN PENGGUNAANNYA

Berdasarkan definisi dalam UU RI No. 30 Tahun 2007 Bab I Pasal 1, sumber energi ialah yang bisa menghasilkan energi, dengan cara langsung maupun dengan proses konversi. Adapun sumber daya energi ialah sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi maupun sebagai energi.

JENIS SUMBER ENERGI BERDASARKAN KELESTARIANNYA

Berdasarkan ketersediaannya, macam macam energi sumber energi diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu energi yang dapat diperbarui (reneweble energy) & energi tak dapat diperbarui (nonreneweble energy). Dibawah ini arti & perbedaan dari sumber energi yang dapat diperbarui (energi terbarukan) & energi tak dapat diperbarui (tak terbarukan):
  1. Sumber energi yang dapat diperbaruin (energi terbarukan), ialah sumber energi yang bisa diperbarui jadi dalam pemakaiannya bisa dengan cepat & mudah didapatkan. Pemanfaatan sumber energi energi yang dapat diperbaharui bisa dalam jangka waktu yang lama & berkelanjutan. Sumber energi ini mempunyai kelebihan yaitu tidak mencemari lingkungan. Contoh: energi matahari/surya, energi panas bumi, energi angin, & energi air.
  2. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui (energi tak terbarukan), ialah sumber energi dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui artinya ketersediaannya di alam ini terbatas sebab proses pembentukannya yang memerlukan waktu yang sangat lama. Dalam memanfaatkan energi yang tidak dapat diperbaharui, maka harus sangat diperhatikan jumlahnya di alam serta akibatnya bagi lingkungan. Contoh: minyak bumi, gas alam, & batu bara.

PENGGUNAAN SUMBER ENERGI

Pemakaian sumber energi dengan cara umum bagus itu energi yang dapat diperbarui atau energi yang tidak dapat diperbarui ialah sebagai berikut.
  1. Pemakaian Energi untuk Kebutuhan Industri. Beberapa industri industri kecil maupun besar memerlukan sumber energi dalam proses produksinya. Sumber industri yang biasa dipakai ialah minyak bumi, batu bara, atau gas alam. Untuk industri kecil tak jarang juga memanfaatkan sumber energi dari kayu untuk bahan bakar.
  2. Pemakaian Energi untuk Kebutuhan Rumah Tangga. Skala rumah tangga juga memerlukan bahan bakar dalam kegiatan sehari-hari. Untuk sekarang ini pemanfaatan energi dalam rumah tangga antara lain energi listrik & gas untuk memasak.
  3. Pemakaian Energi untuk Kebutuhan Transportasi. Sektor transportasi juga salah satu sektor yang memanfaatkan banyak energi yang tak dapat diperbarui.Hal ini sebab bahan bakar untuk kendaraan di Indonesia tetap didominasi oleh bahan bakar minyak (BBM). Pemakaian untuk sektor transportasi juga memunculkan beberapa persoalan yaitu memunculkan pencemaran udara.
  4. Pemakaian Energi untuk Kebutuhan Komersial. Pemakaian energi untuk komersial seperti sektor perhotelan, rumah sakit, atau rumah makan antara lain listrik, elpiji, BBM, & gas bumi.

ENERGI FOSIL

Bahan bakar fosil terbentuk jutaan tahun yang lalu saat tanaman, binatang & mahluk lainnya meninggal & dikubur di bawah bumi. Jasadnya dengan cara berangsur-angsur berubah selama bertahun-tahun sebab panas & tekanan dalam kerak bumi & terbentuk batu bara, minyak, & gas. Selama ini sebagian besar sumber energi mutlak manusia di bumi lebih terfokus pada pemakaian bahan bakar fosil yang telah banyak mengahasilkan gas-gas rumah kaca seperti CO2 & telah memberikan efek negatif besar bagi pemanasan global.

Saat ini hampir seluruh kebutuhan energi manusia yang dipakai diperoleh dari konversi sumber energi fosil, seperti energi untuk pembangkit listrik, industri, & beberapa macam alat-alat transportasi. Tiga tipe fosil yang banyak dimanfaatkan di Indonesia antara lain sebagai berikut.

KETERSEDIAAN SUMBER ENERGI

Pemanfaatan energi yang tak dapat diperbarui yang sampai sekarang tetap mendominasi pemakaian energi di Indonesia membuat persoalan yang sangat serius dalam hal ketersediaan cadangan sumber energi tak dapat diperbarui itu sendiri.  Cadangan minyak bumi, batu bara, atas gas alam nanti akan habis di alam ini apabila dari sekarang anda tidak memperhatikan pemanfaatannya dengan cara optimal.

Untuk menanggulangi krisis energi ini, maka diperlukan solusi yaitu dengan meningkatkan pemanfaatan sumber energi yang dapat diperbarui di Indonesia. Sumber energi yang dapat diperbarui di Indonesia sekarang sangat melimpah. Tidak hanya itu, pemanfaatan sumber energi yang dapat diperbarui juga mengurangi akibat pencemaran lingkungan.

SOLUSI TERHADAP KETERBATASAN ENERGI

Krisis energi & beberapa pencemaran yang berakibat sangat negatif bagi lingkungan & kehidupan manusia mengharuslahkan anda mencari solusi untuk mengatasai persoalan tersebut. Dengan cara umum solusi untuk menanggulangi persoalan akibat energi antara lain sebgai berikut.

PENGHEMATAN ENERGI

Dengan cara penghematan energi bisa menanggulangi krisis energi. Penghematan energi bisa menyebablan berkurangnya biaya, meningkatnya kualitas lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, & kenyamanan. Tidak hanya itu, dengan mengurangi emisi penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim.

PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF

Indonesia merpakan salah satu negara yang mempunyai potensi energi yang dapat diperbarui dengan sangat melimpah. Tetapi, pada kenyataannya potensi sumber energi yang dapat diperbarui belum dimanfaatkan dengan cara maksimal. Hal ini dikarenakan sekarang Indonesia tetap bergantung pada sumber energi fosil yang sudah jelas mengakibatkan persoalan besar. Sumber energi fosil yang ketersediaannya di alam sangat terbatas juga bisa menyebabkan polusi udara, air & tanah, serta menghasilkan gas rumah kaca yang menyebabkan pada pemanasan global.

Peraturan Pemerintah No 5 Tahun 2006 mengenai Kebijakan Energi Nasioanal memperlihatkan bahwa kebijakan pemerintah juga tetap mendukung kepada pemanfaatan energi pilihan atau energi diperbarui untuk tahun 2025 yang hanya kurang lebih 15%. Hal ini bisa dilihat dalam bab II Pasal 2 Peraturan Pemerintahan bahwa sasaran konsumsi energi yang dipakai di Indonesia pada tahun 2025 antara lain sebagai berikut.
  1. Minyak bumi kurang dari 20%
  2. Gas bumi lebih dari 33%
  3. Batu bara lebih dari 5%
  4. Biofuel lebih dari 5%
  5. Panas bumi lebih dari5%
  6. Energi baru terakhirkan lainnya, terutama biomassa, nuklir, tenaga air skala kecil, tenaga surya & angin lebih dari 5%.
  7. Bahan bakar lain yang berasal dari pencarian batu bara lebih dari 2%.

SUMBER SUMBER ENERGI TERBARU DI INDONESIA YANG LAYAK DIKEMBANGKAN (ENERGI ALTERNATIF)

Energi alternatif adalah sumber daya energi selain listrik yang diciptakan untuk pengganti sumber daya yang tak dapat diperbarui. Nah sebutkan energi alternatif yang sobat ketahui? jika masih belum tahu, maka ini adalah macam macam energi dan pemanfaatan energi alternatif:
  1. Biomassa, yaitu sumber energi biomassa berasal dari bahan organik yang dihasilkan proses fotosintesis, berupa produk maupun buangan. Seperti tanaman, rumput, pohon, limbah pertanian, ubi, limbah hutan, tinja, & kotoran hewan.
  2. Biofuel atau bahan bakar hayati, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui yang berupa bahan bakar cair, padat, maupun gas yang dihasillkan dari bahan organik.
  3. Panas bumi atau geotermal, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui berupa energi termal (panas) yang dihasilkan & disimpan di dalam bumi.
  4. Tenaga air, enegi air merupakan salah satu pilihan bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini diperoleh dengan cara memanfaatkan energi potensial & energi kinetik yang dimiliki air.
  5. Energi angin, angin ialah gerakan udara yang terjadi saat naik udara hangat & udara angin. Energi angin telah dipakai selama beratus-ratus tahun untuk kapal layar, kincir angin, & menggiling gandung. Energi angin ditangkap oleh turbin angin, lalu dipakai untuk menghasilkan listrik.
  6. Tenaga nuklir, proses reaksi nuklir yang terkendali bisa menjadi sumber energi pilihan yang berpotensi sangat besar, tetapi pendirian pembangkit listrik tenaga nuklir ini sering diprotes oleh masyarakat.
  7. Tenaga surya, matahari ialah sumber energi yang paling kuat. Energi surya bisa dipakai untuk pemanasan rumah, pencahayaan & pendinginan , pembangkit listips, pemanasan air, & beberapa proses indistri lainnya.
  8. Gelombang laut,  Energi gelombang laut ialah energi yang dihasilkan oleh pergerakan gelombang laut menuju daratan.
  9. Pasang Surut Air Laut, Energi pasang surut ialah energi terakhirkan yang dihasilkan oleh pergerakan air laut akibat pasang surut.
Baca Juga:
Nah itulah artikel keterbatasan energi dan dampaknya serta sumber sumber energi alternatif.

Terima kasih telah membaca artikel 9 sumber daya alternatif yang patut dicoba di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keterbatasan Energi dan Dampaknya + 9 Sumber Energi"