Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Republik Maluku Selatan (1950-Sekarang) : Sejarah dan Latar Belakang

faktasantuy.com - Sejarah Republik Maluku Selatan. Hari ini ini kita bakal mengulas pemberontakan yang dinamai Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS).

Sobat juga bisa melihat pemberontakan yang mengancam disintegrasi bangsa Indonesia selain RMS disini. Oke langsung saja anda simak materi berikut.


Republik-Maluku-Selatan

SEJARAH GERAKAN REPUBLIK MALUKU SELATAN (RMS)

Pada tanggal 25 April 1950 diproklamasikan berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) diawali pemimpinnya Mr. Dr. Christian Robert Steven Soumokil, seorang mantan jaksa agung dari Negara Indonesia Timur, Soumokil tidak menyetujui terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) & tidak menyetujui perpaduan daerah-daerah Negara Indonesia Timur ke dalam wilayah kekuasaan Republik Indonesia. Soumokil berusaha melepaskan wilayah Maluku Tengah & NIT dari RIS.

Kabar tentang berdirinya RIS tersebut merupakan ancaman bagi keutuhan negara RIS. Untuk menanggulangi persoalan tersebut, Pemerintah menempuh berbagai langkah. Sebagai langkah awal, pemerintah RIS menempuh cara damai dengan mengirim DR. J. Leimena. Misi tersebut ditolak oleh Soumokil, bahkan Soumokil minta bantuan, perhatian, & kesaksian dari negara lain khususnya Belanda, Amerika Serikat, & komisi PBB untuk Indonesia.

Usaha damai yang telah diperbuat oleh pemerintah RIS menemui jalan buntu. Pemerintah RIS memutuskan untuk melaksanakan ekspedisi militer. Ekspedisi militer dipimpin oleh Kolonel A.E, Kawilarang sebagai panglima tentara & teritorium Indonesia Timur.

Pada awal November 1950 kota Ambon bisa dikuasai RIS, tetapi dalam perebutan Benteng Nieuw Victoria, Letnan Kolonel Slamet Riyadi gugur. Pada tanggal 12 Desember 1963, Soumokil baru bisa ditangkap & lalu dihadapkan pada Mahkamah Militer di Jakarta & dijatuhi hukuman mati.

Namun, sampai saat sekarang ini masih tersisa benih-benih RMS di Maluku yang dibuktikan dengan banyaknya penegakan bendera-bendera RMS di dalam hutan.


Nah itulah artikel latar belakang terbentuknya Republik Maluku Selatan yang pemberontakannya masih ada sampai saat ini.

Terima kasih telah membaca artikel Republik Maluku Selatan (1950-Sekarang) : Sejarah dan Latar Belakang.

Posting Komentar untuk "Republik Maluku Selatan (1950-Sekarang) : Sejarah dan Latar Belakang"