Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Kaidah, Tujuan dan Ciri-Ciri

Halo sobat hari ini admin bakal memberikan kalian contoh teks eksposisi beserta strukturnya dengan beberapa tema contohnya teks eksposisi mengenai lingkungan, pendidikan, & kesehatan dengan cara singkat yang bakal saya berikan langsung beserta dengan struktur teksnya.

Contoh-Teks-Eksposisi

Saya harap beberapa contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya yang bakal saya berikan dibawah ini bisa berguna untuk kita semua.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi sendiri mempunyai definisi, pengertian teks ekposisi adalah sebuah teks yang berisi info & pengetahuan yang dimuat dengan cara singkat & padat yang berguna untuk memaparkan atau membahas informasi-informasi tertentu supaya bisa meningkatkan ilmu pengetahuan sang pembaca.



Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi ini dibuat oleh 3 struktur eksposisi, tiga struktur teks eksposisi sebagai berikut.
  1. Pernyataan Pendapat (tesis), ialah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini biasa disebut bagian pembuka.
  2. Argumentasi, ialah bagian yang berisikan alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat atau menolak sebuah gagasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat, merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Kaidah bahasa teks eksposisi, sesudah kita mengenal struktur teks dari teks eksposisi di atas, teks eksposisi juga mempunyai beberapa kaidah kebahasaan yang bisa dijadikan sebagai ciri teks eksposisi supaya kita bisa mengenal sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks eksposisi atau tidak. Berikut merupakan tiga kaidah teks eksposisi:
  1. Pronomina.
  2. Kata leksikal : Nomina, Verba, Adjektiva, & Adverbia.
  3. Konjungsi.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan penulisan teks eksposisi adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain tentang suatu data & pemikiran penulis terkait dengan topik, itulah kenapa tujuan teks eksposisi ini menjelaskan data kepada pembaca dengan singkat, padat dan jelas.

Teks ekposisi banyak mengandung pemikiran penulis, makanya paragraf eksposisi teks ini sekaligus merupakan tulisan yang bermanfaat untuk memberikan stimulus tertentu terhadap pembaca supaya pembaca tak hanya mendapatkan sebuah info tetapi juga dapat menerapkan info tersebut dalam sebuah perbuatan tertentu.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Terdapat lima ciri-ciri bahasa teks eksposisi, yaitu:

  1. Teks eksposisi biasanya memakai bahasa yang baku & ilmiah, dan tidak memakai bahasa gaul.
  2. Teks eksposisi biasanya menjadi tulisan yang analitik sebab disertai dengan pendapat penulis berdasarkan data yang didapatkan.
  3. Teks eksposisi biasanya membahas beberapa macam topik dalam bentuk pengetahuan formal (tulisan ilmiah) & topik informal (esai, postingan & tipe tulisan lain yang tidak butuh diuji sebagaimana tulisan ilmiah).
  4. Teks eksposisi biasanya berisi data yang diolah dengan perspektif & pemikiran tertentu, jadi akan menjadi informasi yang dinamis bukan statis.
  5. Mengajak pembaca untuk berpendapat dengan topik yang dituliskan.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Terdapat delapan macam jenis jenis eksposisi dalam teks, yaitu:
  1. Teks Eksposisi Perbandingan
  2. Teks Eksposisi Permengenaian
  3. Teks Eksposisi Klasifikasi
  4. Teks Eksposisi Identifikasi
  5. Teks Eksposisi Definisi
  6. Teks Eksposisi Proses
  7. Teks Eksposisi Ilustrasi
  8. Teks Eksposisi Laporan

Macam-Macam Teks Eksposisi

Selain dari jenis-jenis teks eksposisi, nyatanya ada macam-macam dari teks eksposisi:

  1. Teks eksposisi Hukum.
  2. Teks eksposisi Politik.
  3. Teks eksposisi Kebudayaan.
  4. Teks eksposisi Pendidikan.
  5. Teks eksposisi Seni.
  6. Teks eksposisi Kesehatan.
  7. Teks eksposisi Sosial.
  8. Teks eksposisi Filsafat.
  9. Teks eksposisi Teologi.
  10. Teks eksposisi konomi.
  11. Teks eksposisi Militer.
  12. Teks eksposisi Olah raga.
  13. Teks eksposisi Pariwisata.
  14. Teks eksposisi Kuliner, 
  15. & lain sebagainya.
Boleh dibilang beberapa macam macam tema dapat dituliskan dalam bentuk karangan eksposisi asalkan memenuhi kaidah bahasa teks eksposisi yang benar.

++++++

#1. Contoh Teks Eksposisi mengenai Lingkungan

Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah ialah salah satu faktor penting untuk menciptakan kesenangan dalam proses KBM. Tidak hanya untuk menciptakan kesenangan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa bakal lebih bahagia belajar dalam suasana yang asri & bersih.

Tetapi, tetap banyak siswa yang kekurangan menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa tetap kekurangan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tetap banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya ialah mereka malas, & kekurangan kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kekuranganan kesadaran kebersihan & malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada ketika ini.

Dampak tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah bakal menjadi sarang nyamuk & serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan bakal kotor & menimbulkan ketidakenjoyan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan bakal memunculkan aroma yang menyengat & penyakit-penyakit baru.

Alasan lain ialah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga & perawat sekolah jadi mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab semua warga sekolah.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah butuh dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas & sekolah, lingkungan sekolah bakal terasa enak untuk ditinggali warganya. Harus diberikan sanksi yang tegas terhadap siswa yang membuang sampah sembarangan. Tidak hanya itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya supaya siswa-siswa mempunyai tanggung jawab & rasa mempunyai terhadap sekolahnya.

Nah itulah contoh teks eksposisi pendek tentang lingkungan sekolah.

#2. Contoh Teks Eksposisi mengenai Pendidikan Remaja

Pendidikan Remaja

Remaja ialah masa yang dialami oleh anak-anak pada ketika SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 sampai 21 tahun. Pada masa tersebut remaja juga sedang mencari bukti diri dirinya. Pada masa ini remaja haruslah memperoleh pendidikan karakter supaya menjadi generasi yang jujur, kreatif, peduli, santun, & percara diri.

Pada masa remaja merupakan masa susah sebab butuh pengendalian diri yang lebih daripada ketika masa anak-anak. Dalam masa ini remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif supaya tidak terpengaruh kelakuan negative. Apabila pengendaliannya bagus maka remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.

Pendidikan Karakter ini bisa membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan kualitas religious yang bisa menguraikan kebagusan supaya remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping tersebut mereka juga diajarkan kualitas toleransi & cinta damai atau kualitas-kualitas kemanusiaan supaya membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih.

Dengan demikian, kualitas-kualitas positif dalam pendidikan karakter tersebut bisa membentuk remaja yang unggul, mereka juga bisa bersaing dengan bagus di tingkat nasional maupun internasional.  Dengan begitu, remaja yang mempunyai karakter kuat. Kualitas positif dalam pendidikan karakter juga bisa membuat kegiatan remaja terarah & bakal mempunyai budi pekerti yang bagus.

Itulah contoh paragraf eksposisi singkat tentang pendidikan remaja.

#3. Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Mencegah Penyakit Jantung & Stroke

Penyakit jantung & stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu & dua di Indonesia. Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal tipe kelamin & usia penderitannya. Bahkan penyakit storke sempat ditemukan pada seorang anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan sempat menyerang seorang bayi yang baru lahir.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung & stroke pada manusia, diantaranya ialah kebiasaan kurang baik contohnya makan-makanan sembarangan, merok0k & minum-minuman keras. 

Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun & dimanapun. Untuk itulah mengenal cara-cara pencegahan penyakit ini merupakan sebuah perbuatan yang bijak untuk menghindari mereka. Di bawah ini ialah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung & stroke.
Yang pertama ialah ketahui apakah Kita merasa terkena penyakit ini. Dengan mengenal hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan badan kita. Orang yang sangat rentan terserang penyakit ini, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang sehat.

Hindari kebiasaan-kebiasan kurang baik contohnya merok0k, makanan berkolestrol & minuman alcohol. Makanan-makanan tersebut bakal memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya jadi bakal sangat rentan rusak. Tidak hanya itu, makanan berkolestrol yang tinggi bisa menumpuk di pembuluh darah jadi menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan terhadap jantung.

Menjaga tekanan darah supaya terus normal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan khususnya bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bakal menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala jadi menggangu sistem saraf yang bakal mengdampakkan stroke. Oleh sebab itu, pantaulah rutin tekanan darah, hindari stress berlebih & istirahat yang cukup.

Selain mengamati tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak ialah sumber mutlak yang menyebabakan serangan jantung. Ada 2 tipe lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL & HDL. LDL ialah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL merupakan lemak yang bagus. Untuk mengatur kadar lemak & menghapus HDL di dalam badan sebagusnya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol.

Yang terakhir ialah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat badan kita sehat & bugar jadi bakal memberikan kekebalan bagi badan dari penyakit-penyakit. Tetapi haruslah diimbangi juga dengan kebiasaan & makanan yang bagus.

Nah itulah contoh paragraf eksposisi ilustrasi mencegah penyakit jantung dan stroke.

#4. Contoh Teks Eksposisi Proses

Cara membuat pupuk cair organik sederhana

Contoh teks eksposisi proses berikut ini mengambil contoh cara membuat pupuk cair organik sederhana sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Membuat pupuk organik cair benar-benar mudah & terjangkau biayanya.

Pupuk organik cair bisa dibangun dengan cara sederhana & dengan memakai bahan yang sangat mudah ditemukan, diantaranya ialah sampah organik contohnya dedaunan, sampah sayuran, tulang belulang, kulit buah, makanan basi, sisa makanan, buah-buahan busuk, rerumputan, bangkai, & lain sebagainya.

Sehingga, membuat pupuk organik cair dengan bahan-bahan tersebut boleh dibilang sebagai daur ulang sampah organik.

Argumentasi

Pupuk merupakan suplemen tambahan bagi tanaman.

Pupuk sangat dianjurkan apabila tanaman di tanam pada media tanam yang kekurangan subur.

Dengan cara membuat pupuk sendiri, pastinya hal ini tak hanya menghemat pengeluaran, tetapi juga mendayagunakan sampah organik supaya tak terbuang percuma.

Salah satu tipe pupuk ialah pupuk cair.

Disebut pupuk cair sebab wujud dari pupuk ini terbuktilah cairan yang bisa digunakan dengan cara disiramkan di media tanam dengan dosis tertentu atau disemprotkan ke daun tanaman dengan kadar kepekatan tertentu.

Pupuk cair organik ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif mahal apabila dibandingkan dengan pupuk padat contohnya pupuk kandang atau kompos.

Tetapi tak haruslah beli bila ingin memakai pupuk cair organik yang populer sangat mudah diserap tanaman. Pupuk cair organik bisa dibangun dengan cara sederhana.

Untuk membuat pupuk cair organik dengan cara sederhana, siapkan alat & bahan berikut ini:

  1. Botol minum bekas 1,5 liter dua buah.
  2. Gula 5 sendok makan.
  3. Ragi roti (fermipan, dll) atau ragi tape.
  4. Air
  5. Sampah dapur atau sampah organik 1/3 botol.
  6. Selang bangunan 1 meter.
  7. Lem/lilin.

Sebagai catatan, alat & bahan tersebut bakal menghasilkan pupuk cair organik sebanyak kekurangan lebih 1 liter.

Botol minum bekas dipergunakan sebagai media pembuatan, 1 buah untuk menempatkan semua bahan & satunya untuk pembuangan gas yang disalurkan melalui selang bangunan (keduanya terhubung).

Bila ingin memperoleh pupuk organik dengan kandungan mineral yang bervariasi, gunakan bahan-bahan sebagai berikut untuk dicampurkan, yaitu kotoran ayam/kambing/sapi/kelinci (yang sekiranya mudah didapatkan), daun tanaman kacang-kacangan, kulit pisang, tulang belulang, cangkang telur, nasi basi, buah-buahan basi yang di cincang & dijadikan satu hingga sebanyak 1/3 botol.

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan pupuk cair organik sederhana:

  1. Siapakan media pembuatan dengan cara melubangi tutup salah satu botol bekas seukura selang bangunan. Pasang selang tersebut & tutup lubangnya dengan memakai lem atau lilin. Botol yang satunya tidak usah di beri tutup tetapi lumayan diberi air hingga penuh.
  2. Masukkan semua bahan sampah organik
  3. Cairkan 5 sendok makan gula dengan 1 liter air, lalu tambahkan 1 bungkus ragi roti, aduk hingga merata. Masukan ke dalam botol yang telah terisi bahan sampah organik. Aduk perlahan.
  4. Tutup botol tersebut dengan tutup botol yang telah terpasang selang. Masukkan ujung selang satunya ke dalam air pada botol satunya. Pastikan selang ini rutin dibawah permukaan air selama proses berjalan sebab selang ini berguna untuk mengeluarkan gas fermentasi & mencegah udara luar yang masuk ke dalam botol fermentasi.
  5. Tunggu hingga 2 minggu
  6. Bila proses sukses, cairan tersebut bakal beraroma contohnya bau tape.
  7. Pisahkan cairan tersebut dari ampasnya dengan cara disaring. Cairan tersebut merupakan pupuk cair organik sementara ampasnya bisa dipergunakan sebagai pupuk padat.
  8. Pupuk cair organik bisa digunakan dengan cara disiramkan langsung pada media tanam tanaman dengan dosis 1 liter pupuk cair organik dicampurkan dengan 15-20 liter air.


Pupuk tersebut bisa juga dipergunakan sebagai pupuk daun, yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan pupuk cair organik dengan 1 liter air & disemprotkan ke daun tanaman pada waktu sore hari/ malam hari/ subuh saat sinar matahari sangat redup sinarnya (pada waktu ini stomata daun terbuka lebar & mudah menyeram pupuk).

Pernyataan Ulang Pendapat

Metode pembuatan pupuk organik cair dengan cara sederhana pastinya tak hanya menghemat pengeluaran, tetapi juga bisa dipergunakan untuk mengoptimalkan fungsi dari sampah organik.

Bila semua sampah organik yang hanya mengonggok ditempat sampah dimanfaatkan sebagai pupuk organik, pastinya hal ini bisa berpeluang untuk dijadikan mata pencaharian sampingan.

#5. Contoh Karangan Eksposisi Seni

Seni

Berikut ini merupakan contoh karangan eksposisi sederhana yang mengambil topik ‘seni’ sebagai pokok pembahasannya.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Setiap orang butuh seni & hal ini terbukti dari hal-hal yang sepele contohnya umpama berdandan, memilih pakaian, mendengarkan musik, nonton film, hingga berkunjung ke galeri-galeri seni atau datang ke gedung pertunjukan untuk menonton teater atau tari.

Argumentasi

Selain pengetahuan & spiritualitas, seni menempati posisi setara dengan kedua hal tersebut. Seni dalam hal ini bisa dikatakan sebagai cita rasa bakal keindahan atau estetika.

Meskipun keindahan ini bersifat relatif, justru inilah yang melahirkan beragam tipe karya seni dari beragam latar belakang penciptaannya.

Tetapi demikian, seni dianggap seakan-akan hanya merupakan atau bahkan dianggap sebagai kebutuhan sekunder. Padahal, dalam keseharian manusia tak lepas dari opsi-opsi estetis contohnya umpama menyisir rambut.

Sementara itu, pengetahuan, ekonomi, & keyakinan beragama dianggap menempati posisi yang lebih primer dari seni.

Apabila disadari sekali lagi, seni atau balutan estetika hadir berserakan di kurang lebih manusia.

Apabila melihat beberapa tipe produk dagangan di toko-toko, swalayan, pasar, sebagian besar produk tersebut dikemas dengan sedemikian rupa & pengemasan ini pasti melibatkan nilai estetika.

Tak hanya itu, isi dalam kemasan tersebut ditampilan sedemikian rupa & beberapa tipe dagangan di tata rapi supaya mudah terlihat & terlihat menggoda untuk dibeli.

Makanan warung contohnya nasi pecel hingga steak restoranpun tak lepas dari unsur seni. Hal ini bisa dilihat alangkah penjual nasi pecel menyaapabilan dagangannya dengan penataan sedemikian rupa supaya mengajak nafsu makan pembeli.

Barang-barang elektronik hasil teknologi tinggipun, tidak hanya diciptakan sebab pengetahuan, juga dijual dengan tampilan tertentu yang mana hal tersebut membutuhkan standar estetika tertentu.

Ponsel atau laptop dari masa ke masa rutin mengalami perubahan wujud & design.

Apabila lalu anda lihat seisi rumah kita, alangkah banyak barang yang anda beli dengan berdasarkan selera.

Furniture umpama, pasti dalam membeli anda tak hanya mempertimbangkan harga & manfaatnya, tetapi juga mempertimbangkan sesuai atau tidaknya model furniture tersebut dengan kondisi rumah kita.

Pernyataan Ulang Pendapat

Bila disadari kembali, batapa manusia tak mungkin bisa lepas dari seni & hal ini menunjukkan bahwa seni menempati posisi yang penting baik dalam keseharian atau dalam situasi tertentu.

Sayangnya seni tetap dianggap sebagai pelengkap saja.

Padahal, apabila seni dipahami sebagai sesuatu yang penting & disadari sebagai cara hidup, pasti seni menjadi salah satu materi yang wajib diperkenalkan semenjak manusia tetap bayi sebab bagaimanapun juga seni tak hanya hadir untuk dikonsumsi, tetapi juga memberi peluang untuk diciptakan & penciptaan ini tetap sangat berpeluang untuk menjadi sumber penghidupan.

#6. Contoh Teks Eksposisi Pendek Iklan

Iklan

Contoh teks eksposisi pendek berikut ini mengambil topik ‘iklan’ sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Iklan merupakan salah satu komoditi penting yang menjadi sumber devisa negara.

Tak hanya itu, iklan juga merupakan sumber penghidupan bagi para bintang iklan, pembuat iklan, blogger, youtuber, event organizer, hingga warung bubur kacang ijo (burjo) 24 jam.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa banyak orang yang menggantungkan nasibnya dari iklan.

Argumentasi

Iklan pada dasarnya bisa dipahami sebagai media komunikasi untuk memperkenalkan sebuah produk tertentu ke pada publik melalui media masa contohnya TV, Radio, Koran, Internet, atau papan reklame di pinggir jalan supaya produk tersebut dikenal orang & lalu (harapannya) laku dikonsumsi orang.

Suatu produk haruslah diperkenalkan dengan cara terus menerus melalui iklan sebab iklan ini tidak bakal bekerja manjur apabila ditayangkan atau dirilis tidak dengan cara terus menerus.

Kenapa haruslah demikian bahwa iklan ditayangkan terus menerus?

Pertama supaya produk yang ditawarkan bakal rutin diingat & mengendap dalam alam bawah sadar seseorang jadi saat orang tersebut belanja ia bakal cenderung memilih produk yang ditayangkan oleh iklan.

Produk sabun cuci umpama, puluhan merek bisa ditemui di pasar, toko-toko, minimarket atau swalayan.

Barangkali mutu & fungsi dari tiap-tiap produk tersebut tidaklah jauh tidak sama, yakni untuk membersihkan cucian.

Tetapi demikian, produk yang gencar melancarkan iklan di beberapa media masa bakal dipercaya sebagai produk bermutu tinggi walau harganya jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan merk tidak populer yang harganya jauh lebih terjangkau & bisa jadi mutunya tak jauh beda.

Itulah sebabnya iklan terus menerus ditayangkan & diperbaharui untuk produk yang siapa tahu mutunya tidak diperbaharui (hanya kemasannya yang baru).

Memasang iklan bukanlah hal yang terjangkau. Secuil iklan sekian cm di koran bahkan bisa berharga puluhan ribu dalam sekali cetak.

Sementara itu, iklan yang ditayangkan di TV selama beberapa kali dalam seminggu bisa menghabiskan anggaran ratusan juta hingga milyaran rupiah. Pasti angka tersebut sangat menggiurkan & menjadi bisnis yang s3ksi baik dari pihak pengelola TV atau pembuat iklan.

Konon iklan yang paling sederhana & yang paling awal timbul ialah iklan yang disampaikan dari mulut ke mulut.

Pada jaman dahulu sebelum ada media elektronik, perusahaan tertentu tak hanya menyiarkan iklan melalui media koran, poster atau selebaran, perusahaan-perusahaan tersebut juga rela bayar beberapa orang untuk disebar ke beberapa penjuru masyarakat untuk memperkenalkan produk dengan cara bercerita; menceritakan mutu, fungsi & keunggulan dari sebuah produk terhadap masyarakat seolah ia telah memperoleh fungsi yang mujarab dari produk tersebut.

Iklan model kuno tersebut sebetulnya tetap sangat manjur & relevan hingga kini & hal tersebut bisa dibuktikan dari hidup anda sehari-hari.

Kita bakal percaya & bakal memilih untuk membeli produk yang manfaatnya telah diceritakan oleh rekan anda yang telah terlebih dahulu memakainya.

Sebagaimana warung bakso yang laris lantaran enak & pelayanannya memuaskan, pelanggan dari warung tersebut bakal rutin menceritakan kehadiran warung tersebut terhadap kawan-kawannya jadi warung tersebut tak sempat sepi.

Justru iklan semacam ini sangat manjur & tak butuh anggaran sekaligus bakal menyebar dengan sendirinya dari mulut ke mulut dengan catatan produk tersebut benar-benar memuaskan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Terus hebat sebuah iklan ditayangkan, maka bakal terus mudah melekat dalam ingatan seseorang.

Terus hebat sebuah iklan pasti membutuhkan konseptor iklan yang kreatif & inovatif. Pasti anggaran pembuatan iklan ini tak kalah besar dari anggaran menayangkan iklan.

Oleh sebab itulah iklan tak hanya menjadi media komunikasi yang memperkenalkan sesuatu tetapi juga menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

#7. Contoh Teks Eksposisi Pendek Rok0k

Rok0k

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi pendek dengan topik ‘rok0k’ sebagai poin pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Rok0k & perok0k banyak memperoleh kritikan pedas saat ini sebab asap rok0k dianggap berbahaya bagi kesehatan para perok0k sekaligus orang-orang yang hidup dikurang lebih perok0k.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya kampanye anti rok0k, banyaknya area leluasa asap rok0k, & tanda peringatan di setiap bungkus kemasan rok0k, cerutu, hingga temb4kau.

Tetapi demikian, jumlah perok0k tetaplah banyak & cukai rok0k tetap menjadi salah satu sumber pendapatan negara unggulan.

Argumentasi

Tuduhan yang disertai bukti-bukti medis terhadap rok0k ialah bahwa rok0k menjadi salah satu penyebab kematian paling besar di dunia.

Dikabarkan bahwa banyak orang meninggal sebab serangan jantung & kanker & sebagian besar dari orang tersebut merupakan perok0k aktif & pasif.

Oleh sebab itulah banyak orang yang pkegemarana & anti terhadap asap rok0k. Beberapa kampanye anti rok0k gempar diserukan dengan disertai bukti-bukti medis serta gambar mengerikan dari korban asap rok0k.

Lantas kenapa tetap banyak perok0k & jumlah penjualan rok0k tetap stabil?

Butuh waktu lama bagi perok0k supaya mati gara-gara asap rok0k & itupun haruslah dalam kondisi khusus, yakni perok0k tersebut rata-rata mengkonsumsi lebih dari 50 batang rokong dalam sehari, hidup dalam lingkungan yang penuh polusi, makan makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuhnya, suka bergadang & keluar malam, sering merok0k dalam ruangan tertutup atau bahkan ruangan br AC, konsumen alkohol & hal negatif lainnya.

Sehingga, diantara banyaknya korban meninggal sebab rok0k plus kondisi eksternal sebagaimana telah disinggung tersebut, tetap banyak para perok0k yang selamat hingga usia 70 bahkan hingga 90 tahun & hal tersebut seolah mematahkan tuduhan bahwa rok0k menyebabkan kematian.

Para perok0k aktif banyak yang berkomentar sekalinya mereka dikritik contohnya umpama dengan menceritakan nasib orang lain yang tidak merok0k namun mati lebih dahulu sebab hal-hal tertentu yang berkenaan dengan kesehatan & tak jarang cerita-cerita tersebut membuat para perok0k tidak merasa khawatir bakal bahaya yang mengintai dari tiap helaan asap rok0k.

Di segi lain, merok0k seakan telah terlanjur menjadi adat yang susah dihilangkan.

Kampanye anti rok0k pasti mempunyai lawan yang berat dalam hal ini sebab kampanye anti rok0k haruslah sanggup melahirkan adat tandingan, yakni kehidupan masyarakat tanpa asap rok0k.

Pernyataan Ulang Pendapat

Banyak orang yang tidak takut bakal bahaya rok0k walau kampanye rok0k telah gencar diperbuat bahkan dengan cara ekstrim.

Salah satu penyebabnya ialah sebab tetap banyak perok0k yang tetap hidup & berusia panjang serta tidak terganggu kesehatannya gara-gara rok0k & hal inilah yang menjadi fakta pembantah bahwa merok0k berbahaya bagi kesehatan.

#8. Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Cinta

Cinta

Contoh teks eksposisi ilustrasi berikut ini mengambil topik "cinta" sebagai pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Cinta tersebut contohnya mimpi.

Seorang ahli psikoanalisi, Jaques Lacan, mengatakan bahwa cinta tersebut terbukti ada, obyek cinta terbukti ada, tetapi manusia tak sempat sepenuhnya bisa mempunyainya.

Sekalinya manusia telah memperoleh objek yang dicintainya, umpama kekasihnya, maka rasa cinta yang ia rasakan sebelum ia memperoleh hati kekasihnya telah pindah ke objek yang lain yang belum ia bisakan.

Bisa dibilang rasa cinta terbukti abadi, namu tidak untuk objek yang dicintainya. Yang membuat seseorang bersi kukuh dengan kekasihnya atau keluarganya ialah komitemen, rasa sayang & kasih; pastinya hal ini tidak sama dengan cinta.

Argumentasi

Cinta membuat seseorang menjadi sangat berenergi & kreatif.

Baranghari inilah yang paling penting dari fungsi cinta sebab dengan demikian manusia rutin terdorong untuk bergerak & berinovasi terus menerus demi memperoleh objek yang dicintainya.

Tentu objek cinta tidak melulu manusia yang hendak dijadikan kekasih, tetapi bisa berupa benda-benda lainnya.

Lantas apa yang membuat cinta ini timbul dalam benak seseorang?

Cinta merupakan akibat dari perhatian bunda terhadap anaknya. Sejak tetap bayi, sang bunda rutin memberikan segalanya supaya bayinya merasa enjoy.

Dalam situasi ini sang bayi memperoleh pemenuhan atas apa yang ia butuhkan. Tetapi lambat laun seiring dengan pertumbuhan bayi, ia diajarkan untuk terus mandiri & berpisah dengan ibunya dalam arti disapih.

Rasa inilah yang sangat tidak enjoy; keterpisahan tersebut menyisakan trauma dalam bawah sadar sang anak, ia haruslah mencari objek cinta yang lain tidak hanya ibunya.

Tetapi yang selanjutnya terjadi ialah saat seseorang sudah memperoleh objek cintanya, rasa cinta tersebut rutin pindah ke objek lain. Inilah dilema manusia yang tak bisa dipungkiri.

Manusia boleh saja mengatakan setia, tetapi imajinasi tidak. Objek cinta ini rutin menggoda dalam ruang-ruang imajinasi; ruang-ruang yang tak bisa dibatasi dengan norma & hukum.

Bila objek cinta rutin berubah-ubah, lantas apa yang membuat seseorang merasa cemburu bila kekasihnya didekati orang lain?

Apabila demikian, dengan cara otomatis sang kekasih yang sedang didekati orang lain bakal kembali menjadi objek cinta.

Tetapi apabila situasi telah aman, cinta ini bakal mencari objek yang lain walau siapa tahu hanya ada dalam ruang imajiner. Hal ini terjadi dengan cara terus menerus.

Lantas apa yang membuat seseorang tega meninggalkan kekasihnya?

Tentu saat sudah tidak ada lagi kepuasan & kepenuhan sebagaimana masa-masa awal orang tersebut mencintai kekasihnya.

Dengan kata lain, timbul objek cinta yang lain yang lebih hebat & memberikan fantasi bakal kepenuhan yang ia cari & tak ia bisakan pada kekasihnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Sekali lagi, cinta ibarat mimpi.

Cinta tak benar-benar mempunyai objek yang pasti jadi justru ketidakpastian inilah yang membuat seseorang bersi kukuh hidup untuk terus menerus mencari pemenuhan.

Meski cinta rutin rutin bergerak dari satu objek ke objek lainnya, tetapi ada hal yang membuat seseorang setia, yakni komitmen, sayang & kasih yang pastinya hal ini tidak sama dengan cinta.

#9. Contoh Teks Eksposisi Identifikasi - Ikan Arwana Silver

Ikan arwana silver

Contoh teks eksposisi identifikasi hari ini memakai topik ikan arwana silver sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Ada beragam tipe ikan arwana yang salah satunya ialah ikan arwana silver.

Ikan ini boleh dibilang lebih hemat & mudah dikembangbiakkan apabila dibandingkan dengan ikan arwana tipe lain.

Jarang para kegemaranis ikan arwana merawat ikan ini sebab dinilai kekurangan eksotis & kekurangan bernilai bisnis.

Tetapi demikian, bagi kalangan kelas bawah atau pemula, merawat ikan arwana silver ini membahagiakan lantaran gampang-gampang susah & minim resiko.

Argumentasi

Ikan arwana silver (Osteoglossum Bicirrhosum) berasal dari sungai amazon, Rupunini, & Oyapok, Amerika Tengah.

Di habitat aslinya, ikan ini tergolong tipe predator yang terbuktisa ikan-ikan kecil, katak, udang, serangga, atau bahkan binatang-binatang kecil contohnya burung & tikus yang jatuh ke air.

Disebut sebagai arwana silver sebab semua permukaan sisiknya berwarna perak atau silver.

Bila dibandingkan dengan ikan arwana lainnya, ikan arwana silver merupakan ikan arwana yang mempunyai postur badan paling ramping & panjang. Bagian kepala dari ikan ini besar & terus ke belakang terus kecil meruncing.

Ikan ini belum dilindungi undang-undang & belum ditetapkan sebagai binatang langka & oleh sebab itulah ikan arwana silver tetap sangat mudah ditemui di pasar ikan hias.

Harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari 70 ribu rupiah saja (ukuran paling kecil). Walau demikian, saat ikan ini sudah besar, harganya mulai naik & tidak lagi terjangkau.

Ikan arwana silver ini bisa mencapai ukuran 122 cm apabila berada di alam liar, tetapi bila dipelihara dalam aquarium, panjang dari ikan arwana silver ini susah untuk melebihi 80 cm.

Ikan arwana silver tak kalah cantik apabila dibandingkan dengan arwana lainnya bila sudah dewasa sebab ukurannya yang besar & gerakannya yang anggun merupakan daya tarik tersendiri.

Terlebih, ikan arwana silver ini tak membutuhkan banyak makan saat sudah mulai beranjak dewasa sebab apabila diberi makan berlebihan, justru bakal berakibat kurang baik bagi kesehatan mata ikan arwana silver ini.

Untuk merawat ikan arwana silver tak membutuhkan peralatan khusus yang mahal, lumayan dengan air bersih bersirkulasi baik (memakai pompa air/aerator) dalam aquarium yang berkapasitas besar.

Hal ini pasti tidak sama dengan perawatan arwana super red, umpama, yang membutuhkan peralatan canggih & perawatan khusus supaya ikan tersebut terlihat cantik sempurna.

Salah satu kemudahan lain dalam merawat ikan arwana silver ialah ikan ini bisa dipelihara berkelompok & tidak bakal saling menyerang antar sesama arwana silver, tetapi bila ikan ini dipelihara dengan ikan tipe lain yang berkapasitas lebih kecil, bisa dipastikan ikan yang lebih kecil tersebut bakal diserang terutama saat ikan arwana silver ini sedang lapar.

Pernyataan Ulang Pendapat

Meskipun jarang diminati sebab kalah pamor dengan ikan arwana tipe lainnya, ikan arwana silver sebetulnya mempunyai keanggunan tersendiri terlebih saat ikan ini sudah berkapasitas maksimal dalam aquarium.

Terlebih, apabila ikan ini dipelihara lebih dari satu ekor, tidak hanya bakal berpeluang untuk berkembang biak, pastinya kecantikan dari beberapa ekor ikan arwana silver dalam satu wadah bakal memberikan keindahan tersendiri.

#10. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Lingkungan - Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan

Contoh teks eksposisi mengenai lingkungan ini bakal mengambil topic pencemaran lingkungan sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk menunjang kehidupan yang sehat, baik sehat dengan cara rohani maupun jasmani.

Kebersihan lingkungan semestinya merupakan hal yang serius & haruslah diterapkan dengan sungguh-sungguh, tetapi sayangnya banyak yang belum terbiasa untuk hidup bersih & sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan jadi pencemaran lingkungan tetap terjadi di mana-mana.

Argumentasi

Setidaknya ada empat tipe pencemaran lingkungan yang sangat mengganggu keenjoyan, yakni pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, & pencemaran suara.

1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah umumnya terjadi sebab banyak yang membuang sampah & limbah sembarangan.

Tetapi demikian, ada hal lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, yakni pemakaian pupuk kimia dengan cara terus menerus yang berakibat pada ketidakstabilan struktur tanah.

Imbasnya, tanah tak hanya bakal menjadi tandus & gersang, tetapi juga rawan erosi serta longsor.

Sementara itu, pada permasalahan pembuangan sampah yang tidak semestinya bakal membuat lingkungan menjadi kotor & tak enak untuk dilihat.

Tidak hanya itu, sampah yang menumpuk atau berserakan dimana-mana juga bakal mengajak beberapa tipe binatang pembawa penyakit contohnya umpama tikus, kecoa & lalat.

Salah satu tipe sampah yang sangat berbahaya bagi tanah ialah sampah plastik sebab plastik sangat susah terurai & bisa tersimpan selama bertahun-tahun di tanah dalam bentuk utuh, padahal dalam satu hari di semua dunia lebih dari 1 ton plastik beres menjadi sampah.

Semestinya sampah plastik ini tidak dibuang begitu saja, tetapi diolah kembali supaya menjadi produk daur ulang atau menjadi sumber energi alternatif.

Meskipun sampah plastik ini dibuang di tempat sampah pada setiap rumah, tetapi sampah-sampah plastik ini pada akhirnya bakal menumpuk di tempat pembuangan sampah.

Sudah bisa dipastikan tanah yang dijadikan tempat pembuangan sampah sementara atau akhir bakal menjadi tanah dengan nilai yang kurang baik.

Dalam kurun waktu yang lama, jumlah sampah ini tidak bakal berkekurangan tetapi justru bakal terus bertambah jadi diperlukan lahan pembuangan sampah yang lebih luas lagi.

Hal ini pasti saja mengerikan sebab sampah plastik ini nantinya bakal menjadi ancaman bagi kehidupan di masa depan.

2. Pencemaran Air

Contohnya halnya pencemaran tanah, pencemaran air diakibatkan dari kebiasaa kurang baik manusia membuang sampah sembarangan; sungai merupakan salah satu area untuk membuang sampah.

Sampah-sampah yang dibuang di sungai sebagian besar bakal ikut terbawa arus & bakal menumpuk di hulu sungai atau area penyaringan & bendungan, sementara sebagian lainnya bakal mengendap di dasar sungai atau terdampar di pingir sungai.

Jenis sampah yang sangat berbahaya bagi sungai ialah sampah plastik & limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Tidak hanya tersebut ada pula yang namanya limbah kimia yang dihasilkan oleh pabrik tertentu.

Bila limbah kimia ini tidak diolah terlebih dahulu hingga netral, maka apabila limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia tersebut bakal mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah tersebut.

Di kota besar yang padat penduduk contohnya Jakarta umpama, tumpukan sampah di sungai merupakan ancaman serius yang rutin memunculkan persoalan setiap kali musim hujan datang.

Sampah yang menumpuk di sungai bakal menyumbat aliran sungai & menyebabkan air meluap hingga ke pemukiman & menggenang dalam kurun waktu tertentu.

Di daerah lain di Jawa Barat umpama, baru-baru ini digemparkan dengan terjadinya beberapa kali banjir bandang di beberapa wilayah yang menyebabkan sejumlah kerusakan serius.

Pastinya banjir ini dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

3. Pencemaran Udara

Pencemaran udara terbanyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor & asap industri pabrik.

Saat ini jumlah kendaraan bermotor terus meningkat & terus menerus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin bakal meningkat di udara.

Pencemaran udara ini saat ini telah menjadi ancaman global yang menyebabkan peningkatan suhu bumi atau pemanasan global.

Pastinya pemanasan global ini bakal mengancam semua kehidupan makhluk hidup di bumi sebab pemanasan global tak hanya bakal mencairkan semua lapisan es di kutub utara & kutub selatan tetapi juga bakal menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim ini pasti juga bakal sangat berpengaruh dibeberapa bidang terutama di bidang pertanian & peternakan.

Selain itu, pencemaran udara ini sudah jelas bakal mengganggu kesehatan.

Pastinya radikal leluasa yang mencemari udara bakal ikut terhirup masuk kedalam tubuh. Pada batas tertentu, tumpukan radikal leluasa di dalam badan ini bakal memunculkan penyakit serius contohnya umpama kanker.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara meskipun bisa dibilang sebagai pencemaran kategori ringan tetapi sangat mengganggu ketenangan.

Pencemaran suara merupakan munculnya beberapa suara bising dari beberapa sumber contohnya suara mesin, klakson, & lain sebagainya yang menghasilkan suara bising & tidak menenangkan.

Pernyataan Ulang Pendapat

Pertambahan jumlah penduduk mempunyai konsekuensi bertambahnya jumlah pencemaran lingkungan bila hal ini tidak menjadi kesadaran bersama.

Lingkungan merupakan masa depan bersama yang sama pentingnya dengan kepentingan pribadi.

Lingkungan yang rusak parah bakal menyebabkan susahnya bersi kukuh hidup, sebaliknya, lingkungan bersih memudahkan kehidupan manusia.

#12. Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi

Contoh teks eksposisi mengenai kesehatan hari ini bakal memakai topik menjaga kesehatan gigi sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sakit gigi seringan apapun, rasa sakitnya pasti sangat tidak membuat enjoy, terlebih apabila sakit gigi ini merupakan sakit gigi golongan sedang hingga berat, akibat yang ditimbulkan bisa sangat serius yakni mulai dari sukar makan, tidak bisa tidur, pusing, daya tahan badan menurun hingga demam yang disertai bengkak di kurang lebih gusi hingga menjalar ke pipi & leher.

Oleh sebab itu, ada baiknya menjaga kesehatan gigi sedini mungkin sebelum gigi mengalami kerusakan & memunculkan rasa sakit yang tidak menyenangkan.

Argumentasi

Menjaga kesehatan gigi bukanlah hal yang susah sebetulnya, tetapi sebab hal ini tidak susah, kadang-kadang anda lupa untuk disiplin meperbuatnya.

Ada baiknya menjaga & merawat gigi diperbuat dengan cara rutin sejak tetap kanak-kanak jadi aktivitas ini bukan lagi merupakan kewajiban, melainkan kebutuhan.

Hal yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan gigi ialah dengan cara membiasakan diri meperbuat gosok gigi. Bila sudah terbiasa, dengan sendirinya mulut bakal terasa tidak enjoy apabila belum gosok gigi.

Idealnya, sehabis makan makanan berat hendaknya gosok gigi ini diperbuat. Tetapi apabila dirasa berlebihan, gosok gigi bisa diperbuat minimal 2-3 kali sehari, yakni sesudah bangun tidur (pagi hari), siang hari, & malam hari sebelum beranjak tidur.

Untuk menjaga & merawat kesehatan gigi dengan cara gosok gigi, gunakan sikat gigi yang pas & enjoy untuk mulut.

Masing-masing orang mempunyai struktur mulut & gigi yang tidak sama-beda jadi membutuhkan tipe sikat gigi yang tidak sama.

Selain itu, gunakanlah pasta gigi yang paling terasa enjoy & cocok untuk merawat gigi, bila butuh mintalah saran dokter untuk memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi.

Selain gosok gigi, untuk merawat kesehatan gigi, sebaiknya setiap 6 bulan sekali datang ke dokter gigi.

Saat ini sudah tersedia fasilitas kesehatan gigi gratis atau terjangkau di puskesmas atau rumah sakit daerah jadi anggaran dokter yang lumayan mahal tersebut tak butuh lagi dikhawatirkan.

Salah satu fungsi mengecekkan gigi ke dokter ialah untuk membersihkan karang gigi yang tak bisa dibersihkan dengan cara menggosok gigi.

Selain hal-hal tersebut, merawat gigi bisa diperbuat dengan cara memperhatikan pola makan.

Gigi bakal cepat rusak bila mengalami perubahan suhu yang mendadak, umpama sesudah makan makanan panas langsung minum es; sebaiknya hal ini dihindari.

Di samping itu, kekuranganilah makan-makanan yang sangat keras & sangat manis sebab makanan keras bisa mengikis lapisan gigi & makanan manis memicu terjadinya pengeroposan gigi.

Dan yang tak kalah penting, hindari mengunyah makanan dengan hanya cenderung memakai bagian mulut sebelah kiri atau kanan saja.

Pernyataan Ulang Pendapat

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting mengingat gigi bekerja setiap hari dalam rangka mengunyah makanan yang diperlukan untuk tubuh.

Apabila gigi sakit, otomatis hal ini bakal memunculkan rasa tidak enjoy setiap saat & terutama saat makan.

Apabila makan sudah susah, pasti hal ini bakal menurunkan daya tahan badan & imbasnya badan bakal rentan terserang penyakit.

#13. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Politik

Penyelewengan

Contoh teks eksposisi mengenai politik hari ini mengunakan topik penyelewengan politik sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pergolakan politik di indonesia terus hari terus membuat masyarakat resah. Padahal semestinya aktivitas politik ini ditujukan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Hal ini bukan berarti tidak ada aktivitas politik yang bernuansa positf, hanya saja saat ini aktivitas politik dominan diwarnai dengan nuansa negatif yang berpotensi memecah belah persatuan NKRI, terlebih apabila agama & ras dijadikan kendaraan politik.

Argumentasi

Hingga saat ini perang politik dengan kedok agama justru tidak terus padam pasca vonis penjara yang ditujukan terhadap Ahok.

Media masa yang terus menerus meliput momen ini justru terus membuat masyarakat panas & jengah melihat aksi saling hujat antar pihak yang dimulai oleh ormas anti Ahok & dilanjutkan oleh kalangan luas.

Senetral apapun usaha pemerintah (baca: Jokowi) dalam menegakkan hukum & demokrasi atas permintaan rakyat justru seolah menjadi bumerang sebab tetap ada banyak pihak yang menuduh bahwa Jokowi ingin balas dendam atas vonis yang menimpa sahabatnya itu.

Tak hanya itu, pertikaian politik antar partai politik di kursi DPR hingga DPRD yang mengatasnamakan kepentingan rakyat tetapi berujung pada kepentingan ekonomi kelompok tertentu (baca: korupsi) juga turut mewarnai keruhnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Sekali lagi masyarakat ditempatkan pada andalan abu-abu untuk mempunyai pemerintah yang solid & kompak untuk bekerja demi kesejahteraan rakyat.

Tetapi yang sebetulnya berbahaya tetapi susah untuk disadari ialah situasi politik saat ini yang sangat mirip dengan politik adu domba ala VOC tetapi beda permasalahan & bentuknya.

Hal ini merupakan ancaman bagi keutuhan NKRI serta ancaman bagi kehadiran kaum minoritas.

Mungkin hal ini terasa berlebihan, tetapi bukan berarti hal ini tak mungkin berpeluang untuk menjadi kenyataan, yakni NKRI bubar & terjadi pembantaian serta kerusuhan di mana-mana & ujung-ujungnya Indonesia sekali lagi sangat mungkin untuk dikuasai oleh pihak asing.

Apakah hal tersebut kurang baik apabila Indonesia dikuasai pihak asing?

Tentu tak lebih baik dari kondisi hari ini mengingat pada masa lalu atau karakter dari kolonialisasi, pihak pribumi cenderung dipandang rendah & kekurangan dihargai atau bahkan tidak mempunyai kekuatan hukum jadi pribumi tak memperoleh kehidupan yang adil sepenuhnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Sebelum hal-hal kurang baik bakal terjadi seiring dengan situasi politik yang mengarah ke perpecahan, semestinya masing-masing individu tak memikirkan ego & kepentingan hari ini saja, tetapi memikirkan kehidupan di masa depan yang mana tak bakal sempat indah bila rasa persatuan & kesatuan, rasa cinta kasih telah digeser oleh amarah, keserakahan, & imaji-imaji palsu bakal kebenaran tunggal.

#14. Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Guru honorer

Contoh teks eksposisi pendidikan ini mengambil topik guru honorer sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Salah satu kunci kesuksesan pendidikan ialah kinerja dari para pendidik sekaligus pengajar.

leh sebab itulah tidak hanya daripada fasilitas pendidikan yang butuh ditingkatkan untuk menolong proses belajar mengajar, nasib para pendidik ini juga haruslah diperhatikan sebab bagaimanapun juga mutu hidup atau jaminan hidup pembimbing menjadi penentu mutu kinerja mereka dalam membimbing para siswa.

Sayangnya, hingga saat ini nasib ribuan guru honorer tetap menyedihkan padahal mereka dituntut untuk bekerja sebagaimana yang diperbuat oleh guru tetap.

Argumentasi

Demonstrasi yang diperbuat oleh para guru honorer beberapa pekan lalu dibeberapa daerah menunjukkan bahwa pemerintah haruslah mengevaluasi sekali lagi kebijakan-kebijakan untuk pendidikan terutama soal pelantikan guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun dengan gaji yang jauh lebih kurang baik dari pendapatan seorang juru parkir.

Di beberapa daerah di Jawa Timur umpama, para guru honorer SD hanya memperoleh upah bulanan tak lebih dari 400 ribu rupiah saja.

Sementara, mereka meperbuat pekerjaan penuh dari pagi hingga siang sebagaimana yang diperbuat oleh guru tetap.

Tentu saja para guru honorer ini bersi kukuh sebab tetap berharap nanti mereka bakal diangkat menjadi guru tetap alias pegawai negri yang memperoleh gaji pantas serta tunjangan untuk masa pensiun.

Harapan tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak guru yang telah pensiun sementara pelantikan guru baru tak kunjung dimulai.

Di beberapa sekolah, bahkan guru tetapnya berjumlah setengah dari yang semestinya & setengahnya lagi diisi oleh para guru honorer.

Apabila dlihat dari segi umur, banyak sekali guru tetap yang telah berusia lebih dari 50 tahun & bakal segera pensiun.

Tentu dengan gaji yang sangat rendah tersebut, seorang guru honorer tak bakal sanggup untuk bersi kukuh hidup bila ia hanya mempercayakan gajinya.

Apabila bersi kukuh hidup saja susah, gimana seorang guru bakal bersemangat untuk membimbing & mendidik murid-muridnya? Pasti hal ini bakal menjadi kendala dalam bidang pendidikan.

Tetapi yang lebih mengerikan ialah apabila para guru honorer ini menyerah & memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, akibatnya bisa fatal yakni dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan banyak sekolah bakal kekekuranganan tenaga pembimbing & imbasnya ialah jam kosong di beberapa tipe mata pelajaran atau bahkan jam kosong di sebuah kelas hingga seharian penuh.

Apabila tidak ada pelantikan guru baru & para guru honorer ini angkat kaki, bisa diprediksikan bahwa kegiatan belajar membimbing di sekolah-sekolah bakal tersendat atau bahkan berhenti untuk sementara waktu hingga datang waktunya pelantikan guru baru atau ada yang mau jadi guru honorer selanjutnya.

Pernyataan Ulang Pendapat

Guru ialah salah satu unsur paling penting dalam dunia pendidikan.

Nasib guru menentukan nasib pendidikan sebab bagaimanapun juga logika tak bakal jalan tanpa adanya logistik; bila guru honorer tetap saja memperoleh upah yang sangat rendah & tidak seimbang dengan pengorbanan & jerih payah yang mereka perbuat, dalam waktu dekat bakal timbul persoalan besar dalam bidang pendidikan.

Oleh sebab itulah sudah semestinya pemerintah mengantisipasi hal ini sebelum menjadi perpersoalanan yang serius.

#15. Contoh Teks Eksposisi Mengenai Ekonomi

Ekonomi pertanian

Contoh teks eksposisi mengenai ekonomi berikut ini mengambil topik ekonomi pertanian sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Seluruh masyarakat indonesia tidak bakal makan apabila tidak ada aktivitas pertanian.

Tetapi ironisnya, sebagian besar petani, terutama para buruh tani, kesusahan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.

Hal ini seharuslahnya tidak boleh terjadi, tetapi kenyataannya lain; justru para tengkulak & pedagang yang memperoleh banyak keuntungan dari semua aktivitas pertanian.

Argumentasi

Salah satu penyebab keterpurukan ekonomi para buruh tani ialah kehadiran para tengkulak yang lebih mendominasi & mempermainkan harga hasil tani.

Hal ini ialah fenomena yang telah terjadi sejak dahulu kala & tetap berlanjut hingga saat ini jadi seakan-akan nasib para petani berhenti di satu titik.

Penyebab kedua dari keterpurukan ekonomi para buruh tani ialah kekurangannya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani.

Andaikan pemerintah lebih intens dalam memperhatikan kesejahteraan para petani, mungkin semangat & taraf hidup petani bakal terus meningkat jadi hal ini bakal memicu pertumbuhan kemajuan di bidang pertanian dalam hal ekonomi, inovasi, & lain sebagainya.

Tak hanya itu, menjadi petani mungkin merupakan pilihan kerja yang mulai dilirik sebab menjadi petani bisa hidup makmur.

Sayangnya hal tersebut belum terwujud & oleh sebab hidup petani tetap jauh dari makmur, maka banyak generasi muda yang tak ingin mempunyai impian menjadi petani; menjadi petani dianggap sebagai kerja yang tidak bergengsi.

Lain halnya dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi petani merupakan hal yang hebat & tidak sembarang orang bisa meperbuatnya.

Padahal, walau pertumbuhan penduduk terus pesat, area atau lahan pertanian di indonesia tetap sangat luas & jauh lebih luas apabila dibandingkan dengan area pertanian di negara lain.

Tetapi demikian, produksi pertanian di indonesia boleh tetap kalah dengan negara-negara dengan wilayah lebih sempit contohnya umpama Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan negara-negara maju di Amerika & Australia.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Tentu saja salah satu sebabnya ialah keterpurukan hidup para petani jadi inovasi kreatif untuk menambah produksi pertanian terhambat.

Yang ada para petani belum mengembangkan segala bentuk peluang pertanian yang ada sebab lebih sibuk untuk bersi kukuh hidup.

Pernyataan Ulang Pendapat

Seandainya Pemerintah Indonesia mengutamakan pertanian sebagai basis ekonomi negara, maka sudah semestinya nasib para petani bakal membaik.

Tetapi sayangnya pemerintah lebih mengedepankan industri & sektor bisnis lain yang justru bukan akar dari kekayaan tanah air Indonesia jadi negara ini rutin berada di posisi terombang-ambing sebab tidak berpijak pada basis ekonomi yang semestinya, yakni pertanian.

#16. Contoh Pidato Teks Eksposisi Agama

Toleransi antar umat beragama

Contoh pidato teks eksposisi berikut ini memakai topik toleransi antar umat beragama sebagai poin pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat malam, salam damai & salam sejahtera bagi anda semua.

Bapak-Bapak & Ibu-Ibu sekalian yang saya hormati, pertama-tama anda panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa sebab pada peluang hari ini anda bisa berkumpul di sini dengan kondisi baik & sehat untuk meneguhkan kembali penghayatan anda semua atas Bhineka Tunggal Ika sebagai warga Indonesia yang berlandaskan pada ideologi pancasila.

Argumentasi

Sebagaimana telah anda tahu & anda alamiah beberapa waktu akhir-akhir ini, pikiran & perasaan anda sedang diuji dengan adanya beberapa macam isu perpecahan & permusuhan antar suku, agama, ras, golongan, & aliran kepercayaan.

Bilamana isu ini tidak disikapi dengan cara bijaksana, hal ini bakal berbahaya & mengancam perdamaian antar warga di semua penjuru tanah air.

Oleh sebab itulah, dalam peluang ini, saya hendak menyerukan kembali pentingnya perdamaian & toleransi antar umat beragama, antar suku, antar ras, antar daerah, & segala tipe perbedaan diantara anda semua.

Sebagaimana telah anda ketahui, situasi yang kekurangan membahagiakan ini bermula dari munculnya isu penistaan agama yang berimbas pada banyak hal terutama redupnya toleransi antar sesama.

Saya percaya bahwa semua agama tersebut berguna baik & tak ada satupun aliran agama di negara anda ini yang mengusulkan untuk saling bermusuhan.

Tetapi oleh sebab agama telah dijadikan kendaraan politik, sayangnya demikian yang terjadi, agama telah tercemar & kehilangan nilai spiritualitasnya. Hal ini telah terjadi & tak bisa dihindarkan.

Sementara itu, tanpa sadar anda telah dipecah belah oleh pihak-pihak tertentu melalui beberapa tipe media masa jadi anda seringkali terpancing untuk ikut emosi atas sesuatu yang sebetulnya bukanlah kepentingan kita.

Bapak bunda sekalian yang saya hormati, anda semua sebagai manusia yang sungguh kecil di hadapan Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam semesta semestinya tak berhak untuk menyombongkan diri, menyombongkan apa yang telah anda miliki, menyombongkan golongan & keyakinan anda semua.

Apabila anda semua ini disandingkan dengan alam semesta yang tak terbatas luasnya, yang telah diciptakan oleh Tuhan yang maha esa, maka anda ini tiada artinya.

Apakah apabila anda semua saling bertikai, saling mengagungkan kepercayaan anda atas kebenaran tuhan dalam benak anda masing-masing, maka Tuhan bakal bangga?

Bila anda dengan rendah hati mau mendengarkan hati nurani & akal budi kita, pasti anda bakal sepakat bahwa saling menghujat & saling menghina antar umat beragama bukanlah perintah Tuhan.

Oleh sebab itulah, sekali lagi saya hendak menghimbau, supaya anda semua tak mudah terpancing oleh isu-isu yang berpotensi memunculkan perpecahan.

Isu-isu ini ialah ciptaan pihak-pihak tertentu yang ingin mengoyang pancasila & persatuan NKRI & anda semua inilah sasarannya, yakni supaya anda teradu domba & saling bertikai.

Untuk menghindari hal ini, hendaknya anda semua membuka lebar pintu hati anda untuk lebih ikhlas lagi dalam saling share & saling menyanyangi antar sesama serta menyingkirkan segala bentuk pikiran & prasangka tidak baik terhadap sesama.

Insyaallah bila anda ikhlas meperbuatnya, hal ini ialah ibadah yang mulia & baik di hadapan Tuhan yang maha esa.

Pernyataan Ulang Pendapat

Kiranya saya tak bakal berpanjang lebar lagi untuk mengingatkan bakal pentingnya menjaga perdamaian & cinta kasih antar anda semua yang telah diciptakan tidak sama-beda oleh Tuhan yang maha esa.

Bilamana dalam pidato ini ada kata-kata yang kekurangan berkenan, maka dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga Tuhan rutin memberikan segala kebaikan bagi anda semua & menjauhkan anda semua dari yang kurang baik.

Akhir kata, wassalamu’alaikum Wr.Wb.

#17. Contoh Teks Eksposisi Kabar

Tahanan lepas

Kabar, baik yang bakal disiarkan melalui media cetak atau media elektronik bisa juga ditulis dengan melalui teks eksposisi.

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi kabar yang mengambil permasalahan tahanan lepas sebagai pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Kurang lebih 200 tahanan kabur dari rumah tahanan klas IIB Pekan Baru yang beralamat di Jalan Sialang Bungkuk, Sail, Tenayanraya pada hari Jum’at (5-5-2017) seusai shalat Jum’at.

Hal ini menunjukkan bahwa rumah tahanan tersebut dikelola & beroperasi dengan sistem yang kurang baik.

Argumentasi

Menurut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, hingga pukul 15.00 ada kurang lebih 50 tahanan kabur yang sukses di tangkap.

Guntur mengungkapkan bahwa jumlah tahanan di Rutan tersebut sudah sangat melebihi kapasitas.

Hingga saat ini, pengendalian situasi diperbuat oleh Brimob Polda Riau yang dikerahkan ke rutan, sementara tersebut petugas perpaduan reserse & intelegen menyebar ke semua wilayah untuk mengejar tahanan kabur yang belum tertangkap.

TNI juga turut menolong dalam mengendalikan situasi di rutan & pemadam kebakaran serta petugas penjara bersiaga untuk mencegah terjadinya berontak susulan.

Warga kurang lebih membenarkan bahwa sebelum shalat Jum’at, suara ribut telah terdengar dari dalam rutan.

Suara terus menjadi-jadi saat shalat Jum’at berjalan. Salah seorang warga yang menjadi saksi mata, hasan (66 tahun) mengatakan, “Pas tersebut saya lihat ratusan tahanan keluar dari pintu lalu lari menyebar kemana-mana.”

Pernyataan Ulang Pendapat

Kejadian ini sangat disayangkan mengingat para tahanan tersebut merupakan orang-orang yang meresahkan masyarakat.

Apabila pemerintah daerah Riau memperbaiki sistem keamanan rutan seiring dengan meningkatnya jumlah tahanan, maka kejadian contohnya ini siapa tahu tidak bakal terjadi.

#18. Contoh Eksposisi Laporan Observasi

Observasi pantai

Contoh teks eksposisi laporan hari ini memakai topik observasi pantai sebagai pokok pembahasan utama.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Dari beberapa macam pantai di beberapa wilayah di Indonesia, masing-masing mempunyai daya tariknya tersendiri.

Pantai Popoh, Tulungagung, merupakan salah satu pantai yang tak hanya menyuguhkan panorama alam tetapi juga panorama kultural sebab pantai tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan & menjadi pantai paling penting sebagai pasar ikan laut segar terutama di wilayah Tulungagung & kurang lebihnya.

Argumentasi

Setidaknya ada 3 tipe panorama yang bisa dijadikan objek hiburan di pantai Popoh, Tulungagung, yaitu pertama ialah panorama alam yang sejuk & rindang sekaligus merupakan pelabuhan alami, kedua ialah aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan atau memasarkan ikannya di pasar ikan, ketiga ialah kesenian & ritual yang sering di gelar di pantai tersebut.

Pantai popoh terletak di ujung selatan kota Tulungagung & dari pusat kota, diperlukan waktu kekurangan lebih 30 menit untuk bisa hingga di pantai tersebut.

Perjalanan untuk menuju pantai tersebut juga merupakan keasyikan tersendiri sebab sebelum mencapai pantai tersebut, para pengunjung bakal melalui wilayah para pengrajin batu marmer paling besar se Jawa (atau mungkin se Indonesia), Campurdarat, & juga bakal melalui pegunungan & hutan.

Untuk menikmati indahnya pantai popoh, para wisatawan tidak memerlukan payung untuk berlindung dari terik matahari sebab di pantai tersebut terdapat banyak pohon besar yang menjadi peneduh.

Di area mutlak pantai tersebut juga telah dibangun pendopo & panggung hiburan sekaligus tempat belanja oleh-oleh berupa barang kerajinan & juga aneka ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Dipantai ini sayang sekali hanya mempunyai tidak banyak pasir & hal ini sangat tidak sama dengan pantai lainnya yang menyediakan pasir membeludak ruah.

Lantas gimana bisa menjadi pantai apabila tidak ada pasir?

Sebagai gantinya, bibir pantai tersebut tetap berupa batu karang jadi pantai tersebut menjadi pelabihan alami.

Tentu saja, dipantai popoh pengunjung tidak bisa berenang sebab batas selepas batas bibir pantai tersebut merupakan laut yang dalam.

Tetapi demikian, tak jauh dari pantai ini, cocoknya disepanjang pesisir sebelah barat & seterusnya, pengunjung bisa menikmati hangatnya pasir pantai & asiknya berenang di lautan.

Harga makanan yang tersedia di warung-warung kurang lebih pantai Popoh boleh dibilang terjangkau meriah.

Hal ini dikarenakan sebab pantai ini jarang dikunjungi pengunjung kecuali waktu liburan jadi pada hari-hari biasa pantai terlihat sepi dari pengunjung.

Dari situlah para penjual makanan memasang tarif biasa supaya para wisatawan tidak kapok untuk berkunjung di sana.

Selain populer dengan pantai nelayan, pantai popoh juga dikenal & dimanfaatkan sebagai tempat untuk melangsungkan ritual tertentu baik ritual kelompok atau personal (seseorang yang datang untuk wangsit dengan cara semedi di tempat-tempat tertentu).

Tak jauh dari pantai ini, cocoknya sebelum menuju ke arah parkir kendaraan, terdapat bangunan yang bernama pesanggrahan reco sewu yang dibangun oleh Soemiran Karsodiwirjo, pemilik pabrik rok0k retjo pentung yang saat ini telah gulung tikar & sempat berjaya pada masa lalu.

Pesanggrahan ini dibangun sekaligus dibekali dengan patung raksasa Dwarapala yang berjumlah 2999 & ditempatkan sedemikian rupa mengelilingi pesanggrahan tersebut untuk dipersembahkan terhadap ratu pantai selatan, yakni Nyi Roro Kidul.

Maka tak heran apabila pesanggrahan ini sangat bernuansa mistis & siapa tahu sangat jauh lebih mistis apabila dibandingkan dengan pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Pernyataan Ulang Pendapat

Panorama yang tersedia di pantai popoh & kurang lebihnya merupakan kombinasi yang lengkap jadi para pengunjung tak hanya terpuaskan oleh panorama alam pantai sebagaimana pada umumnya, tetapi juga pengunjung bisa menikmati panorama aktivitas para nelayan sekaligus nuansa mistis yang memayungi semua wilayah tersebut.

NANTI MIMIN AKAN UPDATE contoh paragraf eksposisi singkat no.19 dan no.20 ya. Tunggu aja hehe ^.^

Baca Juga:
Nah itulah artikel eksposisi tentang contoh paragraf eksposisi singkat beserta strukturnya. Silakan salin contoh karangan eksposisi singkat diatas untuk PR bahasa indonesia-mu pada materi contoh paragraf eksposisi singkat.

Terima kasih telah membaca artikel contoh teks eksposisi singkat beserta. Semoga dengan adanya artikel ini, maka kamu dapat memahami kaidah kebahasaan teks eksposisi.

Posting Komentar untuk "20+ Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Kaidah, Tujuan dan Ciri-Ciri"