Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Musik: Pengertian, Manfaat, Unsur, Jenis

pengertian-musik

faktasantuy.com - Pengertian musik secara umum - Kami yakin bahwa anda tentu sempat mendengarkan musik, bahkan mungkin setiap hari anda rutin memutar lagu favorit.

Mungkin salah satu alasan mengapa orang-orang sering memutar musik sebab salah satu fungsi & fungsi musik ialah membuat perasaan pendengarnya bahagia.

Dibawah kelak bakal faktakasantuy.com sertakan jenis-jenis musik yang ada di dunia beserta unsur yang ada di dalam musik.

Nah apa pengertian seni musik?

Pengertian Musik

Pengertian musik secara singkat adalah suara yang disusun demikian rupa jadi mengandung irama, lagu, & keharmonisan khususnya dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu “seni” & “musik”. Seni ialah hasil cipta, rasa, & karsa manusia yang diwujudkan dalam beberapa sarana.

Sedangkan musik ialah hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, & tempo.

Manfaat Musik

  1. Mengungkapkan emosi, musik berguna untuk meluapkan emosi bagus oleh penulis lagu maupun para penikmat musik.
  2. Sebagai sarana hiburan, musik yang dimainkan dengan cara bersama-sama bakal menghasilkan suara yang ramai & menghibur.
  3. Sebagai sarana bisnis, ketika ini industri musik ialah salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Contoh dari penjualan merchandise, tiket konser, & sponsor.
  4. Menenangkan jiwa, musik juga dipakai sebagai salah satu sarana relaksasi & penenangan jiwa.
  5. Sebagai sarana komunikasi, seperti apabila sebuah upacara telah dimulai maka bakal dibunyikan musik khusus sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.
  6. Menyambut tamu, seperti menyambut para pemain sepakbola yang masuk ke lapangan.
  7. Menambah kecerdasan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik bisa menambah kecerdasan.
  8. Pengiring tarian, musik juga dipakai sebagai pengiring tarian.
  9. Pengiring pertunjukan, pentas drama & film rutin diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya.
  10. Sebagai sarana pendidikan, musik juga bisa dipakai sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.
  11. Sebagai ciri khas kebudayaan setempat, seperti Indonesia mempunyai beberapa musik tradisional sebagai ciri khas kebudayaan yang dimiliki.
Baca: 8 Foto, Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Warna Dengan Photoshop + Tutorial

Unsur Unsur Musik

Berikut ini unsur unsur musik yang membentuk sebuah lagu.

Melodi

Merupakan sebuah kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, & tinggi rendah yang teratur. Melodi menjadi daya tarik dari sebuah musik.

Irama

Merupakan penggantian panjang pendek, tinggi rendah, & keras lembut nada ataupun bunyi dalam sebuah rangkaian musik. Irama ialah penentu ketukan dalam musik.

Birama

Merupakan unsur seni yang berupa ketukan ataupun bandul berulang-ulang yang hadir dengan cara teratur di waktu yang bersamaan. Birama yang nilai penyebut nya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebut nya ganjil disebut birama tenair.

Harmoni

Merupakan sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama bakal merilis sebuah bunyi yang enak dinikmati (didengar).Selain itu, harmoni bisa diartikan dengan sebuah rangkaian akor-akor yang disusun selaras & dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga Nada

Merupakan deret nada yang disusun bertingkat, ada 2 tipe tangga nada yaitu tangga nada diatonis & pentatonis.Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 & 1), sedangkan pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

6. Tempo

Merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Terus cepat sebuah lagu dimainkan, terus besar juga nilai tempo dari lagu tersebut.Ada 8 kategori tempo:
  1. Largo (Lambat Sekali)
  2. Lento (Lebih Lambat)
  3. Adagio (Lambat)
  4. Andante (Sedang)
  5. Moderato (Sedang Agak Cepat)
  6. Allegro (Cepat)
  7. Vivace (Lebih Cepat)
  8. Presto (Cepat Sekali).

Dinamika

Merupakan tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut ataupun keras. Dinamika penting sebab bisa memperlihatkan nuansa sebuah lagu (kecewa, bahagia, riang, agresif, datar, dll).

Timbre

Merupakan nilai ataupun warna bunyi. Kehadiran timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi & cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup bakal tidak sama dengan alat musik petik, meskipun dimainkan di nada yang sama.

Ekspresi

Ungkapan perasaan dari dalam hati bisa ditunjukkan melewati ekspresi, apakah gembira, kecewa, romantis, & lainnya. Sebab itu penyanyi haruslah bernyanyi dengan cara total supaya pendengar terbawa suasana.

Jenis-Jenis Musik

1. Pop (Terkenal)

Merupakan bentuk modern dari rock and roll. Terbentuk tahun 1950-an. Tipe musik ini menjadi genre paling terkenal.

2. RnB

RnB singkatan dari ‘rhythm danblues‘ ialah genre yang lumayan terkenal yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari pianis, satu ataupun dua gitaris, vokalis, bass, drum, & saxophone.

3. Rock

Merupakan musik terkenal yang berasal dari musik rock and roll di AS tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listips. Grup band rock didominasi oleh lelaki.

4. Dangdut

Merupakan genre musik harapan di tanah air kita. Bentuk musik ini berpusat dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Penyanyi yang paling terkenal dengan ratusan lagunya yaitu raja dangdut Rhoma Irama.

5. Blues

Berasal dari Afrika-Amerika & timbul pada abad ke 19. Ciri musik blues ialah lirik awalnya yang terdiri dari 1 baris yang diulang 4 kali.

6. Country

Jenis musik ini berasal dari AS selatan di Atlanta & Georgia tahun 1920. Ciri khas musik country ialah sebagian besar memakai instrumen string.

Musik ini juga identik dengan koboi. Musik ini enak didengar ketika meperbuat perjalanan jauh & memulai hari. Taylor Swift merupakan salah satu contoh bintang film terkenal tipe musik ini.

7. Electronic

Musik yang sepenuhnya memakai teknologi elektronik, contoh alat musiknya ialah gitar listips, telharmonium, & organ hammond.

8. Hip Hop

Merupakan tipe musik yang terdiri dari musik berirama & bergaya yang biasanya terdapat rap & vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa tetapi dengan ritme tertentu.

9. Jazz

Aliran musik yang berasal dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19. Musik ini dikenal mempunyai alunan yang merdu. Jazz memperoleh pengaruh besar dari adat Afrika Barat & Eropa.

10. Klasik

Jenis musik yang berakar pada tradisi musik Barat & sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Beethoven & Johann Sebastian Bach.

11. Reggae

Genre musik ini berasal dari Jamaika di akhir tahun 1960-an. Reggae terpengaruh oleh jazz Amerika & RnB. Salah satu elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae ialah ritme offbeat yang berasal dari gitar ataupun piano.

Baca: Pengertian Desain, Jenis, Manfaat, Prinsip, Tujuan, Metode Desain

Begitulah arti musik lengkap dengan unsur penyusun musik & jenis musik beserta penjelasan fungsi musik. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Materi Musik: Pengertian, Manfaat, Unsur, Jenis"