Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Dampak, Gejala, Manfaat, Proses

hujan-asam-adalah

faktasantuy.com - Hujan Asam
– Pengertian Hujan Asam ialah hujan yg mengandung asam dgn pH dibawah 5,6. Meningkatnya keasaman tersebut bisa terjadi sebab adanya senyawa – senyawa tertentu yg larut dlm air hujan. Tingginya tingkat keasaman bisa membahayakan bagi lingkungan alam.

Penyebab hujan asam

Beberapa hal yg bisa menjadi penyebab hujan asam ialah sebagai berikut:

SULFUR DAN NITROGEN.

Sulfur & nitrogen hasil dari industri, pembangkit listrik, dari kendaraan bermotor & amonia yg dihasilkan dari aktivitas pertanian bisa menjadi penyebab hujan asam. Kedua senyawa tersebut merupakan hasil dari proses pembakaran. Tidak hanya itu, sulfur juga merupakan senyawa yg berasal dari kebakaran hutan & atau hasil dari letusan gunung berapi.

Sulfur dioksida menjadi salah satu penyebab hujan asam. Senyawa tersebut dihasilkan dari beberapa proses pembakaran seperti industri yg menghasilkan minyak mentah, pabrik kelapa sawit & industri logam. Tidak hanya itu, sumber sulfur oksida juga diperoleh dari meletusnya gunung berapi & kendaraan bermotor.

Nitrogen dioksida merupakan senyawa yg menjadi penyebab hujan asam. Senyawa tersebut berbahaya bagi lingkungan. Senyawa tersebut dihasilkan dari beberapa proses seperti pembakaran dgn suhu tinggi. Contohnya ialah pada industri pupuk kimia & obat.

PENCEMARAN UDARA

Beberapa gas yg bisa menyebabkan terjadinya hujan asam ialah karbon monoksida & karbondioksida. Kedua senyawa tersebut berasal dari polusi kendaraan bermotor & hasil dari proses pembakaran. Senyawa tersebut apabila berjumpa dgn air bisa membentuk asam karbonat atau sering dikenal sebagai kelompok asam lemah.

Selain itu, hidrogen sulfida & sulfur dioksida juga sanggup menyebabkan hujan asam. Kedua senyawa tersebut merupakan hasil dari pemanasan & pembakaran belerang. Kedua senyawa tersebut apabila berjumpa dgn air bakal membentuk asam sulfat yg termasuk dlm kelompok asam kuat.

Pada umumnya air hujan sudah mengandung asam yg dikarenakan adanya kandungan CO2, tetapi pHnya tetap berkisar 6. Sedangkan, pada daerah dgn pencemaran udara yg begitu parah tingkat keasamannya tinggi jadi pH nya selalu rendah.

AKTIVITAS MANUSIA

Beberapa aktivitas manusia seperti pemakaian batu bara & minyak bumi dengan cara berlebihan bisa memicu terjadinya hujan asam. Tidak hanya itu, hujan asam juga bisa dikarenakan oleh meletusnya gunung berapi akibat munculnya debu vulkanik. Adanya beberapa proses biologis juga bisa memicu terjadinya hujan asam.

Dampak hujan asam

Hujan asam merupakan salah satu fenomena alam yg sangat berbahaya & memunculkan beberapa persoalanan di lingkungan seperti terganggunya ekosistem di bumi. Oleh sebab itu, kamu bisa mencegah terjadinya hujan asam.

Hujan asam juga mempunyai akibat yg sangat besar kepada lingkungan, baik lingkungan darat, perairan maupun laut. Berikut ini ialah beberapa akibat hujan asam bagi lingkungan:

Ekosistem Laut Terganggu

Laut merupakan muara dari ajaran sungai. Bahkan air hujan yg turun membasahi bumi pun turut bermuara di laut. Tetapi, apabila air hujan mengandung banyak mengandung asam bisa menyebabkan terganggunya ekosistem di laut. Hal ini berpengaruh kepada jumlah populasi ikan maupun binatang laut.

Hujan yg mengandung asam bisa merubah pH air jadi ikan yg tidak bisa beradaptasi seiring dgn adanya perubahan pH maka bakal mati & apabila kondisi ini berjalan lama maka bisa memicu kepunahan. Tidak hanya itu, adanya hujan asam bisa menyebabkan rantai makanan di laut terganggu.

Pertumbuhan Akar Terhambat

Kandungan asam dlm air hujan bisa masuk ke dlm tanah & menyebabkan susahnya perkembangan akar & pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Tidak hanya itu, hal tersebut juga menyebabkan tanaman cepat tumbang sebab sistem perakaran yg tidak kuat.

Memunculkan Erosi & Menurunkan Kesuburan Tanah

Hujan asam berpengaruh besar kepada pencemaran tanah. Tidak hanya itu, adanya kandungan asam menyebabkan hilangnya mineral & beberapa senyawa kimia yg ada di dlmnya. Hal ini berakibat pada terjadinya erosi & menurunkan kesuburan tanah.

Selain itu, akibat dari hujan asam ialah tanah menjadi tandus & mematikan beragam mikroorganisme di dlm tanah, jadi tanah menjadi buruk utk dipakai menanam tanaman.

Mengganggu Kesehatan

Hujan asam bisa memicu timbulnya penyakit pada sistem pernafasan. Aroma yg timbul bisa mengganggu pernafasan kamu khususnya bagi mereka penderita asma. Tidak hanya itu, hujan asam juga berpengaruh kepada kesehatan kulit kamu, yakni menyebabkan munculnya iritasi kulit. Kondisi tersebut apabila dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Menyebabkan Logam Korosif

Kandungan asam yg tinggi pada hujan asam bisa menyebabkan beberapa tipe logam logam terkena korosif jadi logam menjadi berkarat.

Kesuburan tanah menurun

Pertumbuhan tanaman terhambat sebab proses photosintesis terganggu. Tidak hanya itu, kandungan asam yg tinggi juga bisa menyebabkan lapisan lilin pada flora rusak jadi flora bakal kehilangan nutrisi & mudah terkena penyakit.

Memusnahkan fauna darat

Hal ini dikarenakan banyak fauna yg tidak tahan dgn kondisi asam yg tinggi jadi banyak mereka yg mati.

Mengganggu ekosistem di danau, laut maupun sungai

Banyak diantara mereka yg tidak sanggup beradaptasi dgn kondisi asam jadi mati.

Menyebabkan peningkatan kandungan logam di air

Logam berat sangat berbahaya & bisa mencemari lingkungan air. Hal ini dikarenakan logam berat bersifat toksik & bisa mengganggu keseimbangan ekosistem di perairan.

Hujan asam juga berakibat pada beberapa hal berikut ini:

  1. Revolusi industri berakibat besar kepada peningkatan terjadinya hujan asam.
  2. Cerobong asap pabrik yg tinggi menyebabkan pencemaran yg memicu terjadinya hujan asam.
  3. Hujan asam sering terjadi di daerah yg mempunyai curah hujan tinggi seperti pada daerah pegunungan.
  4. Adanya hujan asam memicu penurunan jumlah ikan dlm ekosistem danau.

Gejala hujan asam

Baca selanjutnya: MENYERAMKAN! Cara Malaikat Maut Mencabut Nyawa
Salah satu indikator terjadinya hujan asam ialah pH. Pada ketika hujan bisa pH air kurang lebih 6, tetapi ketika terjadi hujan asam pH air menurun menjadi asam. Kondisi ini sangat berpengaruh kepada kesuburan tanah & ekosistem baik yg ada di darat, sungai, danau atau di laut.

Beberapa flora juga tidak sanggup beradaptasi dgn kondisi asam dapat menyebabkan layu & mati. Tidak hanya itu, hujan asam juga bisa menyebabkan pencemaran tanah jadi menjadikan tanah tidak subur & tandus.

Berikut ini ialah beberapa gejala hujan asam yg bisa kamu cermati:
  1. pH dibawah normal, yakni 5,7
  2. Kadar asam nitrat & sulfat meningkat di udara
  3. Terjadi peningkatan emisi sulfur dioksida & nitrogen oksida
  4. Berefek pada kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya hujan asam bisa menambah penderita penyakit jantung & paru – paru
  5. Menyebabkan iritasi kulit & sakit kepala

Manfaat hujan asam

Hujan asam tidak hanya memunculkan banyak akibat negatif bagi lingkungan, nyatanya juga mempunyai fungsi di bumi ini. Fungsi dari hujan asam bagi semua makhluk hidup ialah sebagai pelarut beberapa mineral yg sangat penting bagi fauna & flora utk melangsungkan hidup.

Cara mengatasi hujan asam

Tindakan yg bisa mencegah & cara menanggulangi hujan asam antara lain ialah sebagai berikut:

Pemilihan bahan bakar

Bahan bakar yg direkomendasikan utk dipakai ialah bahan bakar yg kandungan belerangnya rendah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memakai bahan bakar alternatif, contohnya ialah etanol & hidrogen. Hal ini berguna utk menekan produksi gas penyebab hujan asam.

Melakukan reduce, reuse & recycle kepada sampah plastik

Selain itu, kamu juga bisa mengawali utk membuang sampah pada tempatnya supaya lingkungan tidak tercemar. Pencemaran di lingkungan baik di darat, air maupun udara juga bisa memicu terjadinya hujan asam.

Kini daur ulang menjadi salah satu pilihan utk menolong mengurangi produksi sebuah barang. Barang – barang yg bisa di daur ulang antara lain ialah botol plastik, plastik bekas detergen atau sabun & lain – lain.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan daur ulang kertas supaya mengurangi jumlah pohon yg ditebang & mencegah hutan gundul. Apabila banyak pohon yg ditebang maka bakal memunculkan banyak persoalan seperti pencemaran udara.

Hal ini mengingat salah satu peran flora ialah menyerap karbondioksida di udara utk menolong proses photosintesis & menghasilkan oksigen yg dihirup sehari – hari. Apabila dilakukan penebangan pohon dengan cara berlebihan maka tidak ada lagi yg bisa menyerap karbondioksida jadi udara menjadi tercemar.

Barang – barang tersebut bisa kamu gunakan sebagai bahan kerajinan & ketrampilan. Bahkan kamu pun bisa memanfaatkannya utk memperoleh penghasilan tambahan sebab barang tersebut bisa diolah menjadi barang yg mempunyai kualitas hemat yg tinggi. Solusinya ialah dgn melakukan reboisasi.

Reboisasi

Reboisasi hutan benar-benar penting utk mencegah terjadinya hujan asam. Hal ini dikarenakan dgn reboisasi bisa mengurangi penyebab hujan asam. Flora bisa menghasilkan banyak oksigen yg bisa membuat lingkungan jd bersih & nyaman. Tidak hanya itu, tumbuhn juga bisa menyerap & menyimpan cadangan air.

Tetapi, apabila hutan gundul maka bisa menjadi penyebab hujan asam sebab tidak ada lagi yg bisa menyimpan cadangan air & berkurangnya pasokan oksigen di lingkungan. Hal ini berakibat pada pencemaran udara sebab kurangnya jumlah flora yg bisa mengikat gas – gas yg berbahaya bagi lingkungan.

Penambahan zat kapur

Zat kapur mempunyai peran penting dlm menolong pertumbuhan tanaman. Oleh sebab itu, penambahan zat kapur di dlm tanah sangat penting jadi bisa menyuburkan pertumbuhan tanaman. Hal ini dikarenakan zat kapur bisa mencegah keasaman berlebih pada tanah jadi tanaman yg bisa tumbuh dgn baik.

Melakukan Pengendalian Pencemaran Lingkungan

Seiring dgn berkembangnya teknologi saat ini sudah hadir sebuah teknologi yg bisa berguna utk mengurangi emisi gas SO2 & Nox ketika terjadi pembakaran. Salah satu teknologi tersebut ialah/ LIMB atau Lime Injection in Multiple Burner. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memakai Scrubbers.

Melakukan Pengendalian Sesudah Pembakaran

FGD atau yg dikenal sebagai Fle Gas Desulfurization merupakan salah satu teknologi terakhir yg bisa kamu gunakan utk mengurangi zat – zat yg bisa mencemari lingkungan. Cara lainnya ialah dgn memakai amonia. Amonia berguna utk mengikat zat – zat tersebut jadi limbah bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.

Kamu dianjurkan utk memakai energi dengan cara hemat & menghindari pemakaian bahan bakar fosil.


Memakai kendaraan bermotor utk mengurangi polusi udara.

Melakukan daur ulang kertas supaya sedikit pohon di hutan yg ditebang.

Memakai bahan – bahan atau barang yg ramah lingkungan.


Baca : √ 10 Cara Meramal Cuaca Tanpa Bantuan Alat Canggih

Proses terjadinya hujan asam

Hujan merupakan salah satu fenomena alamiah yg terjadi utk menjaga keseimbangan air di bumi ini. Proses terbentuknya hujan ialah sebagai berikut: Air di sungai, laut maupun danau menguap ke udara menjadi uap air. Kemudian uap air menjadi padat & membentuk awan. Selanjutnya uap air bakal mengalami proses kondensasi & membentuk embun.

Angin bakal menolong menggerakkan awan – awan kecil kemudian membuatnya bersatu menjadi awan besar & berubah warna menjadi kelabu. Kemudian titik – titik air banyak jadi bisa turun menuju ke bumi. Itulah proses pendek terjadinya hujan dengan cara alami.

Pada prinsipnya hujan asam sama dgn hujan biasa tetapi yg membedakan ialah pada hujan asam mengandung asam yg berakibat kurang baik bagi keseimbangan ekosistem bahkan juga bisa menyebabkan punahnya makhluk hidup sebab tidak sanggup beradaptasi dgn lingkungan.

Air hujan biasa mempunyai banyak manfaat, yakni sebagai sumber air bagi manusia, tanaman & hewan. Air hujan juga bisa dimanfaatkan utk pembangkit listrik, dimanfaatkan utk budidaya ikan, menjaga keseimbangan air di alam, sebagai sumber air bersih, sumber energi & lain – lain.

Seperti halnya yg terjadi pada proses terbentuknya hujan, proses terbentuknya hujan asam juga sama. Tetapi yg membedakan keduanya ialah pada hujan asam sumber penyebabnya ialah pertemuan antara uap air dgn gas karbondioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida & hidrogen sulfur.

Apabila lama-lama bisa membahayakan bagi makhluk hidup sebab tidak semua makhluk hidup bisa beradaptasi dgn lingkungan yg berubah menjadi asam. Tidak hanya itu, dgn adanya hujan asam juga bisa berpengaruh kepada persediaan air bersih di lingkungan alam.

Proses terjadinya hujan asam bisa digambarkan sebagai berikut:

PENGUAPAN

Aktivitas manusia juga menjadi salah satu penyebab terjadinya hujan asam. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut bisa memunculkan gas seperti karbondioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida & hidrogen sulfur. Gas tersebut berasal dari asap kendaraan bermotor, uap pabrik, pembakaran & lain – lain.

Hampir semua pembentuk bumi ini ialah air. Air mempunyai peran yg sangat penting bagi kehidupan. Pada siang hari air yg ada di sungai maupun di laut menguap & bergerak menuju lapisan bumi. Selanjutnya gas – gas yg sudah menyatu di udara & menjadi pemicu terjadinya hujan asam.

PROSES PENYATUAN

Dlm proses ini terjadi penyatuan antara karbondioksida & karbon monoksida dgn uap air membentuk asam lemah. Tidak hanya itu, hidrogen sulfur & sulfur oksida juga menyatu dgn uap air yg bakal menghasilkan asam kuat. Penyatuan tersebut bisa memicu terjadinya hujan asam.

PROSES AKHIR

Masing – masing senyawa yg sudah bergabung bakal dibawa angin menuju ke tempat yg lebih tinggi. Apabila campuran senyawa tersebut sudah hingga pada titik jenuh maka bakal memunculkan titik – titik air hujan di mana air hujan yg turun mengandung asam.

Berikut ialah reaksi kimia terbentuknya hujan asam:

S(s) + O2 (g) ?SO2(g)
2SO2(g) + O2(g) ?2SO3(g)
SO3(g) + H 2O(l) ? H 2SO4(aq)

Proses terjadinya hujan asam, penyebab terjadinya hujan asam, akibat hujan asam, fungsi hujan asam, cara menanggulangi hujan asam, dll.

Baca selanjutnya:

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Hujan Asam, Penyebab, Dampak, Gejala, Manfaat, Proses"