Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli, Ciri, Wujud, Fungsi Dan Contohnya

kebudayaan-adalah

faktasantuy.com - Pengertian Kebudayaan
– Dlm hidupnya, manusia selalu mengikuti kebudayaan & budaya istiadat. Budaya juga berguna sebagai bukti diri & ciri khas. Utk itu, keberadaannya amatlah penting. Tak heran apabila setiap kelompok ataupun golongan masyarakat tertentu mempunyai budaya yg berbeda.

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Definisi kebudayaan juga dikemukakan oleh para ahli. Mungkin bahasan dari ahli ini bakal sanggup membuat Kamu lebih memahami arti dari kebudayaan dgn lebih mudah. Berikut ini pengertian kebudayaan menurut para ahli:

KOENTJARANINGRAT

Menurut beliau, kebudayaan adalah keseluruhan dari manusia & hasil yg diperoleh melewati proses belajar & tersusun dlm kehidupan masyarakat.

KI HAJAR DEWANTARA

Pengertian budaya menurut Ki Hajar Dewantara didefinisikan sebagai buah budi manusia, yg merupakan hasil dari dua pengaruh besar yakni alam & kodrat masyarakat. Ini juga merupakan sebuah bukti kejayaan kehidupan manusia utk bisa menanggulangi kesusahan di dlm hidupnya supaya keselamatan & kebahagiaan bisa tercapai. Nantinya, sifat tertib & damai juga bakal terlahir dari sini.

SOELAEMAN SOENARDI DAN SELO SOEMARDJAN

Menurut dua ahli tersebut kebudayaan merupakan semua hasil karya, cipta, & rasa dari masyarakat. Karya – karya tersebut menghasilkan teknologi serta kebudayaan berwujud benda & jasmaniah yg diperlukan oleh umat manusia utk bisa menguasai alam supaya hasilnya bisa dipakai utk diabdikan bagi kebutuhan masyarakat.

DR. MOHAMMAD HATTA

Menurut beliau, arti kebudayaan ialah ciptaan hidup dari sebuah bangsa.

PARSUDI SUPARLAN

Definisi kebudayaan ialah semua pengetahuan manusia yg merupakan makhluk sosial yg dipakai utk bisa memahami & sebagai interpretasi dari lingkungan & pengalamannya. Kebudayaan juga dipakai dlm bertingkah.

HAJI AGUS SALIM

Beliau mengemukakan bahwa kebudayaan ialah persatuan dari istilah budi & daya supaya menjadi makna satu jiwa yg tidak bisa dipisah – pisahkan.

EFFAT AL – SYARQAWI

Menurutnya, arti dari kebudayaan merupakan sebuah khazanah sejarah bangsa yg dicerminkan pada kualitas – kualitas di dlmnya, yakni kualitas – kualitas utk kehidupan, tujuan ideal, & makna rohaniah dari ruang & waktu.

HARJOSO

Harjoso menguraikan arti kebudayaan menjadi berbagai poin, seperti berikut ini:
  • Kebudayaan dlm msyarakat mempunyai perbedaan dari yg satu ke yg lainnya.
  • Kebudayaan bisa diajarkan.
  • Kebudayaan bisa diuraikan menjadi komponen biologis, psikologis, & sosiologis dari kehadiran manusia.
  • Kebudayaan mempunyai struktur & cara tertentu.
  • Kebudayaan bisa dibagi atas sudut – sudut sosial & psikologis.
  • Kebudayaan mempunyai sifat yg dinamis.
  • Kualitas pada kebudayaan mempunyai sifat yg relatif, dari satu masyarakat ke masyarakat yg lain bisa tidak sama – beda.


Pengertian kebudayaan secara umum

Secara umum tentang budaya bisa beraneka macam. Namun, pada intinya hanya satu yakni cara hidup yg dimiliki bersama oleh kelompok masyarakat tertentu. Terbentuk dari banyak unsur & menyeluruh. Meskipun tidak ada aturan tertulisnya, budaya bisa bersifat memaksa sekaligus memberikan pedoman supaya kehidupan lebih bermartabat.

Kebudayaan merupakan hasil dari karya cipta, rasa, & karsa manusia. Lingkupnya mencsayap banyak sudut kehidupan seperti hukum, keyakinan, seni, budaya ataupun kebiasaan, susila, moral, & juga keahlian. Kehadirannya sanggup mempengaruhi pengetahuan seseorang, gagasan, & ide meskipun budaya berwujud abstrak.

Kata kebudayaan diambil dari Bahasa Sansekerta, yakni “buddhayah” yg artinya ialah hal – hal yg mempunyai arti budi & akal manusia. Dengan cara garis besar, maksudnya ialah dgn budi & akal, manusia bisa melangsungkan kehidupan. Budaya bersifat turun temurun, dari generasi ke generasi diwariskan. Ingin tahu lebih lanjut? Disini bakal dibahas tentang konsep kebudayaan serta contohnya.

Berikut penjelasan lengkap seputar kebudayaan. Mulai dari Arti kebudayaan, unsur unsur kebudayaan, ciri ciri kebudayaan, wujud kebudayaan, fungsi kebudayaan, contoh kebudayaan di Indonesia, dll.

Ciri kebudayaan

Secara umum ciri – ciri kebudayaan ialah sebagai berikut ini:
  • Kebudayaan bisa dipelajari
  • Kebudayaan bisa diwariskan
  • Kebudayaan hidup & berkembang dlm masyarakat
  • Kebudayaan bisa berubah
  • Kebudayaan bersifat terintegrasi

Utk kebudayaan daerah, ia mempunyai ciri – ciri tersendiri, yakni:
  • Terdapat peninggalan sejarah
  • Adanya unsur kepercayaan
  • Terdapat bahasa & seni khas daerah
  • Dianut oleh penduduk dlm daerah tersebut
  • Terdiri dari unsur kebudayaan tradisional & kebudayaan asli
  • Mempunyai budaya istiadat
  • Bersifat kedaerahan

Seperti kebudayaan daerah, kebudayaan nasional pun mempunyai ciri – cirinya tersendiri:
  • Terdapat unsur – unsur yg bisa menyatukan bangsa
  • Mencerminkan kehidupan bangsa
  • Kebanggaan semua rakyat Indonesia
  • Adanya unsur budaya daerah secara nasional

Wujud kebudaaan

Menurut Koentjaraningrat, wujud kebudayaan terbagi atas berbagai hal, berikut wujud kebudayaan:

NILAI BUDAYA

Kualitas – kualitas ini dipelajari oleh masyarakat sejak kecil, susah utk digoyahkan & menghasilkan gagasan di lalu hari. Bisa berupa buah pikiran, tingkah lsaya, maupun benda – benda tertentu.

SISTEM BUDAYA

Sifatnya abstrak, dlm perwujudannya berpola & berdasarkan sistem tertentu.

SISTEM SOSIAL

Kebudayaan dlm sistem sosial sifatnya konkret & bisa diabadikan. Sistem ini menggambarkan tingkah lsaya manusia yg semakin berjalan dgn pola tertentu & aturan tertentu.

KEBUDAYAAN FISIK

Artinya mempunyai bentuk & bisa dilihat. Umpama saja hasil budaya seperti candi, baju adat, gamelan, & benda – benda sejarah lainnya.

Baca selanjutnya: √ Sejarah Tari Kecak

FUNGSI KEBUDAYAAN

Pada dasarnya, kebudayaan berguna utk mengatur masyarakatnya, tentang gimana harusnya bertindak & menentukan sikap ketika dihadapkan pada sesuatu, jadi kehidupan menjadi lebih selaras. Fungsi lainnya yakni:

PEDOMAN HUBUNGAN MANUSIA ATAU KELOMPOK

Sebuah kelompok tertentu bisa berjalan dgn satu arah & satu tujuan sebab mempunyai kebudayaan yg sama. Contohnya ialah masyarakat Yogyakarta yg mempunyai kebudayaan Grebeg Maulid utk merayakan Maulid nabi Muhammad SAW.

MEMENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT

Budaya bukan hanya masalah budaya istiadat, namun juga pola perilakunya. Tergolong gimana masyarakat tersebut bisa bertahan hidup dgn memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti berkebun utk masyarakat pegunungan & para pencari ikan di daerah pesisir pantai. Keduanya bertahan hidup dgn kebudayaan & tata caranya sendiri yg berguna sebagai pemenuhan kebutuhan hidupnya.

MENDORONG PERUBAHAN MASYARAKAT

Kebudayaan bisa dipakai utk mengubah masyarakat. Khususnya utk kebudayaan baru yg mulai masuk pada ranah masyarakat tertentu. Contohnya ialah Budaya Korea yg masuk ke Indonesia.

Baca : 6 Objek Wisata Minang Sumbar yang Membuatku Takjub

Contoh kebudayaan di Indonesia

Indonesia terbukti dikenal sebagai negara yg mempunyai berbagai macam kebudayaan yg hidup berdampingan dgn tentram selam bertahun – tahun. Tak heran apabila banyak masyarakat luar sana yg berminat & ingin mendalami kebudayaan Indonesia. Contoh kebudayaan Indonesia yg tetap ada hingga ketika ini ialah :

NGABEN

Ini merupakan tradisi masyarakat Bali kepada orang yg sudah wafat. Mereka percaya bahwa api bakal mensucikan, jadi orang yg sudah meninggal dibuatkan upacara tertentu yg lalu dibakar hingga menjadi abu. Selanjutnya, abu bakal dikumpulkan dlm sebuah wadah yg nantinya bakal dilarung ke laut.

YAMKO RAMBE YAMKO

Mungkin sebagain dari Kamu hanya tahu bahwa Yamko Rambe Yamko ialah sebuah nyanyian dari masyarakat Papua saja. Pada kenyataannya, tak hanya sebatas lagu namun ini ialah syair tentang kekecewaan sebab peperangan. Syair ini lahir pada zaman dahulu sejak masa penjajahan. Hingga kini tetap ering dipakai masyarakat Papua dlm upacara peringatan.

TRADISI BAKAR BATU

Ini juga merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Timur Indonesia. Mereka bakal membakar batu sebagai rasa syukur terhadap Tuhan atas berkat & hasil bumi yg melimpah. Bakar Batu juga menjadi simbol perdamaian ataupun gencatan senjata, sebab sejak dahulu antar suku di daerah Timur Indonesia sering kali terlibat peperangan.

TANAM SASI

Ini merupakan bagian dari upacara kematian disalah satu suku di Kabupaten Merauke. Sasi ialah kayu yg ditanam utk merayakan 40 hari kematian seseorang. Sasi bakal dicabut sesudah hari ke 1000.

WIWITAN

Tradisi ini banyak dipakai oleh masyarakat Jawa yg bermata pencaharian sebagai petani utk mensyukuri hasil panen mereka. Wiwitan digunakan dgn menyembelih ayam kampung bercampur nasi uduk & dibagi – bagikan terhadap tetangga. Tidak hanya itu, petani yg bersangkutan juga membuat sesaji tertentu yg bakal diletakkan di ladang & dekat hasil panen mereka.

Pengertian kebudayaan, unsur unsur kebudayaan, ciri ciri kebudayaan, wujud kebudayaan, fungsi kebudayaan, contoh kebudayaan di Indonesia, dll.

Baca : PAMERAN SENI RUPA: Jenis, Unsur, Manfaat, Tujuan

Unsur - unusr kebudayaan

Kebudayaan secara universal ataupun keseluruhan mempunyai unsur – unsur kebudayaan tertentu, menurut C.Kluckhohn 7 unsur kebudayaan universal bisa diuraikan sebagai berikut ini:

UNSUR BAHASA

Bahasa merupakan cara ujar manusia. Pengucapan yg elok adalah salah satu elemen yg sudah menjadi tradisi. Semakin menerus diturun temurunkan jadi antar manusia di sebuah kelompok ataupun daerah ataupun bangsa bisa komunikasi dgn cara mereka sendiri. Bahasa juga dipakai utk mengadaptasi tradisi. Dibagi menjadi dua, yakni bahasa ucapan & bahasa tulisan.

Contohnya, di Indonesia terdiri dari banyak pulau, adat, suku, & kelompok etnis. Ada Jawa, Bugis, Dayak, Batak, & lain – lain. Dari masing – masingnya tersebut mempunyai bahasa sendiri – sendiri & tidak sama dari bahasa yg lainnya.

SISTEM KEPERCAYAAN

Sistem ini sangat penting sebab merupakan salah satu dijadikan pegangan oleh manusia dlm menjalani kehidupannya. Tidak hanya itu, kepercayaan juga bakal menghubungkan manusia dgn penciptanya, membuat hal – hal yg tampak mustahil bisa diterima akal sebagai wujud keajaiban & anugrah dari Tuhan.

Contohnya, Ababil tinggal di Aceh yg notabene masyarakatnya mayoritas ialah muslim. Ia pun menjalani kehidupan sebagai seorang yg beragama islam. Ababil melaksanakan solat lima waktu di masjid, berpuasa menahan haus & lapar ketika Ramadhan, & setiap hari dirinya pun berdoa menginginkan semua yg ia cita – citakan bisa tercapai. Ia percaya bahwa Tuhan bakal mengabulkan permohonannya.

ILMU PENGETAHUAN

Sistem pengetahuan diperlukan dlm kebudayaan utk memenuhi rasa ingin tahu manusia terhadap sebuah hal. Ilmu ada bermacam – macam & mempunyai peran tersendiri di setiap bidangnya. Dgn adanya ilmu pengetahuan kehidupan manusia bisa terbantu & lebih maju dari waktu ke waktu. Tanpanya, kehidupan tidak bakal berjalan hingga seperti kali ini.

Sistem ilmu pengetahuan dibagi ke dlm lima hal:

– PENGETAHUAN ALAM

Alam yg ditempati oleh manusia ini begitu luas. Tak hanya bumi saja, namun sejagat raya. Utk itu, ilmu alam sangat penting, supaya keteraturan tempat tinggal manusia ini bisa dijaga. Di dlmnya terdapat pengetahuan tentang bumi, astronomi, gejala alam, & lain – lain. Ilmu alam pada masa dulu diperoleh dgn cara bertani, berburu, berlayar, & kegiatan sehari – hari lainnya.

– PENGETAHUAN TUMBUHAN

Ilmu pengetahuan ini pada dasarnya sama dengan ilmu pertanian. Pengetahuan mendasar yg semua orang tahu tentang flora ialah flora ada utk menjadi pelengkap & dijadikan bahan makanan utk bertahan hidup manusia maupun hewan.

– PENGETAHUAN BINATANG

Dlm kebudayaan manusia dimanapun kehadiran fauna di muka bumi ini utk menunjang keberjalanan kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan di dlmnya mencakup gimana cara berburu hewan, melestarikan hewan, ilmu nelayan, & gimana cara terbaik utk bisa memanfaatkannya.

– PENGETAHUAN TUBUH MANUSIA

Pengetahuan badan manusia pada dasarnya diguakan utk menganalisis tentang kesehatan manusia. Dgn mengenal struktur tubuh, letak organ, susunan tulang, & uratnya penyakit lebih mudah utk diidentifikasi. Dgn begitu pertolongan pertama bisa segera diberikan utk mencegah penyakit menjadi lebih parah.

– PENGETAHUAN SIFAT DAN TINGKAH LAKU MANUSIA

Hal ini diperlukan supaya kehidupan bisa terjaga kedamaiannya. Dengan analisis perilaku, manusia satu dgn yg lainnya bisa saling memahami. Meskipun ada berbagai sifat & tingkah manusia yg sifatnya alami, budaya turut mengatur norma, budaya isitadat, hukum adat, & peraturan tertentu yg sudah disepakati dengan cara turun temurun.

– PENGETAHUAN RUANG DAN WAKTU

Pengetahuan ini mempunyai fungsi utk menghitung, mengukur, & penanggalan. Contohnya ialah utk menentukan bulan, tanggal, & tahun. Pada kebudayaan Jawa, contohnya utk menentukan pasaran seperti Kliwon, Legi, & Wage.

SISTEM TEKNOLOGI

Hadirnya sistem ini menjadi sistem peralatan & perlengkapan manusia dlm menjalani hidupnya. Koentjaraningrat membagi macam – macam teknologi menjadi alat – alat produksi, wadah, senjata, makanan, minuman, pakaian, rumah, & transportasi. Sistem teknologi yg dilihat kali ini merupakan perkembangan dari teknologi masa lalu yg sifatnya sederhana.

Contohnya, dahulu kapak potong merupakan teknologi canggih, saat ini sudah tergantikan dgn mesin potong yg sudah bekerja otomatis. Dahulu rumah hanya berbentuk gubug & hanya utk bisa berteduh saja. Saat ini rumah sudah maju menjadi gedung & hotel.

SISTEM KEMASYARAKATAN / KEKERABATAN

Sistem kekerabatan sangat kental dlm unsur ini. Sistem kemasyarakatan tetap dipakai manusia sampai kapanpun utk bersosialisasi & menjalin hubungan. Hingga ketika ini, ada berbagai wilayah & negara yg menggunakan sistem kekerabatan seperti Amerika Latin, Afrika, & Oceanis.

Menurut L.H Morgan, ada berbagai macam sistem kekerabatan yakni garis parental (keturunan ayah & ibu), garis alternered yg mengajarkan bahwa perempuan & laki – laki berkedudukan sama, & garis keturunan bunda yg mana kedudukan perempuan lebih tinggi dari laki – laki.

SISTEM EKONOMI / MATA PENCAHARIAN

Sistem Ekonomi kebudayaan Indonesia dengan cara garis besar terdiri dari berburu & meramu, beternak, bertepat tanam, meringkus ikan, & sistem pengairan ataupun pengairan. Hingga kini sistem ini berkembang lagi.

KESENIAN

Seni adalah ekspresi terhadap keindahan. Koentjaraningrat membagi seni menjadi dua yakni seni rupa & seni suara. Seni tetap bisa dibagi menjadi bermacam – macam tak hanya dua tipe saja, tetap ada seni musik, seni tari, seni terapan, seni murni, & lain – lain. Seni juga merupakan bagian dari kebudayaan, contoh ternyata ialah peran seni musik, seni rupa, & tari dlm upacara adat.

Baca : √ KRITIK SENI: Pengertian, Jenis, Bentuk, Landasan, Fungsi

Nah itulah arti kebudayaan, unsur unsur kebudayaan, serta hakikat kebudayaan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli, Ciri, Wujud, Fungsi Dan Contohnya"