Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Struktur Sosial: Ciri, Contoh, Bentuk, Manfaat (Materi 2020)

struktur-sosial
Struktur Sosial

faktasantuy.com – Sebagai manusia yg berfikir kita wajib rutin belajar di mana pun kita berada. Sebab seseorang bisa dikatakan manusia apabila dirinya berfikir. Pada peluang hari ini kita bakal mengundang Kamu berfikir sebuah pengetahuan tentang struktur sosial.

Tahukah Kamu apa istilah struktur sosial dalam masyarakat? Struktur sosial adalah sebuah hubungan antara individu dgn orang lain ( masyarakat ) utk membentuk sebuah norma atau peraturan yg ada di dlm sebuah masyarakat demi kepentingan bersama.

Salah satu kelebihan adanya struktur sosial dlm sebuah lingkungan ialah sanggup membuat sebuah daerah jadi lebih terkendali. Baca: Pengertian Nasionalisme, Bentuk, Tujuan, Ciri, Contoh

Jadi jelaskan pengertian struktur sosial? apa definisinya? mari kita simak...

Pengertian Struktur Sosial

struktur-social

Seperti yg kita singgung diatas, struktur sosial bisa diartikan sebagai susunan atau bentuk yg tidak wajib berbentuk fisik. Sebab struktur sosial merupakan susunan sosial berbentuk kelompok yg ada di sebuah daerah. Terdapat berbagai arti struktur sosial menurut para pakar diantaranya ialah :

George Simmel, pengertian struktur sosial ialah kumpulan individu serta pola perilakunya. Sedangkan menurut George C. Homans struktur sosial ialah sebuah hal yg mempunyai hubungan bagus terhadap prilaku sosial dari dlm kehidupan sehari-hari.

Menurut William Kornblum arti struktur sosial adalah susunan yg bisa terjadi sebab adanya sebuah pengulangan pola prilaku individu. Menurut Soerjono Soekonto struktur sosial merupakan hubungan timbal balik antara posisi & peranan sosial.

Inti dari pengertian struktur sosial adalah sebuah kumpulan individu yg mana didlmnya terdapat pola prilaku yg sanggup menyambungkan hubungan erat pada masyarakat dlm kehidupan sehari-hari. Struktur sosial masyarakat bisa diamalkan saat ada sebuah pengulangan dlm kehidupan sehari-hari & memperoleh hubungan timbal balik antara posisi & peranan sosial.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

ciri-struktur-sosial

Struktur sosial masyarakat dikatakan struktur sebab mempunyai sebuah ciri-ciri yg komprehensif. Ciri-ciri struktur sosial sendiri bisa di kelompokkan jadi dua golongan yakni:
  1. Terdapat pada sebuah kelompok masyarakat. Bisa dikatakan sebagai sebuah kelompok masyarakat apabila pada individu mempunyai status serta peran saat dlm kelompok. Peran & juga macam status setiap sistem sosial mempunyai peran yg berbeda. Hingga sangat bagus apabila individu bisa menyesuaikan diri.
  2. Berkaitan dgn kebudayaan masyarakat. Munculnya adat sebab adanya sebuah masyarakat, kebudayaan mempunyai sebuah struktur sendiri. di Indonesia kebudayaan setiap daerah berbeda, tapi hal tersebut tidak jadi sebuah persoalan yg besar sebab kita sebagai masyarakat Indonesia mengamalkan Bhineka Tunggal Ika (Berbeda tetapi tetap satu)
  3. Aspek dinamis, berasal dari kedudukan atau status. Saat seorang individu sukses melakukan kewajiban maka dengan cara otomatis seseorang yg sudah sukses menyelesaikan peranannya. Peranan merupakan sebuah tingkah laku yg diinginkan terhadap orang yg mempunyai sebuah status & kedudukan. Diinginkan peranan timbul pada orang yg mempunyai status kedudukan.
  4. Bersifat abstrak, yg dimaksud dgn abstrak disini ialah sesuatu yg tidak terlihat & tidak bisa diraba. Sebab struktur sosial merupakan sebuah hierarki kedudukan dari tingkat yg rendah hingga ke tingkat tinggi. fungsi dari abstrak ini supaya kekuasaan & pengaturan pada pemenuhan keperluan masyarakat tetap sesuai dgn porsinya & merata.

Bentuk Struktur Sosial

bentuk-struktur-sosial

Nah, didlm sebuah struktur tentu ada bentuk yg menguatkan sebuah struktur tersebut. Penguatan struktur sosial ialah bentuk struktur sosial. Bentuk dari struktur sosial ialah stratifikasi sosial & diferensiasi sosial.

Stratifikasi sosial sendiri merupakan bentuk dari unsur sosial, contohnya ialah melakukan sebuah interaksi dgn orang lain yg ada di dlm masyarakat dlm waktu lama.

Dgn hal tersebut tatanan kehidupan masyarakat yg bagus bakal terbentuk di semua masyarakat. Intinya stratifikasi sosial merupakan perbedaan yg vertikal, bisa memicu munculnya hierarki & juga kelas sosial masyarakat.

Sebuah dasar yg dipakai utk mengelompokkan masyarakat pada stratifikasi sosial diantaranya ialah faktor kekayaan, pendidikan, kekuasaan, keturunan, & lain sebagainya.

Sedangkan arti dari diferensiasi sosial ialah penggolongan masyarakat terhadap perbedaan-perbedaan. Pembedaan masyarakat dgn cara horizontal ini sengaja diberikan supaya tidak ada kelas sosial yg timbul.

Dgn ini masyarakat dikategorikan sebagai perbedaan yg setara. Berbagai diferensiasi diantaranya ialah diferensiasi ras, diferensiasi klen, suku bangsa, profesi, agama, tipe kelamin, & diferensiasi harta.

Manfaat Struktur Sosial

manfaat-sosial

Dari penjelasan diatas sudahkah Kamu tahu fungsi penting dari struktur sosial? Fungsi struktur sosial terbagi jadi beraneka ragam diantaranya ialah :
  1. Manfaat Kontrol, fungsi control ialah utk mengontrol individu atau masyarakat supaya tidak melanggar sebuah norma, atau peraturan yg sudah diterapkan terhadap masyarakat. Teori ini supaya masyarakat jera & tidak hingga melakukan hal-hal yg melanggar hukum oleh masyarakat.
  2. Manfaat bukti diri, manfaatnya sebagai penegas bukti diri yg terdapat dlm sebuah masyarakat. Dlm hal ini kelompok yg dimaksud ialah yg mempunyai latar belakang sama, sosial, budaya, & juga ras.
  3. Manfaat pembelajaran, ialah individu bisa mendalami sebuah struktur sosial yg berlaku di sebuah masyarakat, kedisiplinan, kepatuhan, & juga kebiasaan.

Baca: Otonomi Daerah: Asas, Prinsip, Dasar Hukum (UU)

Supaya lebih jelas lagi, kita bakal memberikan berbagai contoh utk dipahami. Diantaranya :
  1. Ascribed status, contoh nya ialah kasta, kasta bisa diberikan tanpa melihat sebuah karakteristik pada seseorang & dengan cara otomatis didapatkan sebab faktor keturunan.
  2. Achived status, contohnya ialah jadi dokter, guru, hakim. Intinya berbagai pekerjaan yg diperoleh dari usaha pribadi.
  3. Assigned status, ialah sesuatu yg diberikan terhadap orang yg sudah berjasa pada masyarakat. Sebagai contoh ialah peraih nobel, pahlawan, pejuang bangsa, & lain sebagainya.

Adanya struktur sosial dari sebuah Negara terbukti penting adanya, kita sebagai bangsa Indonesia tentu sudah merasakan efek dari struktur sosial ini. Struktur sosial yg ada di dlm sebuah kelompok, daerah, atau Negara terus bagus pula tatanan yg ada didlmnya. Baca: Pengertian Kriminalogi

Walaupun hingga sekarang terdapat berbagai daerah rumit, umpama saja daerah perkotaan yg kompleks, perumahan & sebagainya, masyarakat perkotaan tetap di stratifikasikan menurut perbedaan pekerjaan, tingkat pendidikan, kepemilikan ekonomi, & berbagai hak istimewa.

Sebaliknya, masyarakat homogen dibedakan berdasarkan perbedaan kekuasaan, usia, senioritas. Hal ini berguna utk meratakan kecenderungan masyarakat yg tetap homogen. Hebat sekali bukan pembahasan tentang struktur sosial didlm sebuah Negara?

Walaupun ada sebuah perbedaan di masyarakat, kita wajib rutin menghargai satu sama lain supaya tidak hingga ada permusuhan di negeri ini. Bhineka Tunggal Ika ialah hal yg wajib diamalkan dlm kehidupan sehari-hari supaya bisa memahami keyakinan orang lain dgn bagus.

PR:
  1. secara sosiologis struktur sosial tersebut dapat mempermudah apa?
  2. jelaskan perubahan struktur sosial?
  3. jelaskan pengertian struktur sosial menurut definisi kamu sendiri?
  4. contoh struktur sosial dalam masyarakat?

Posting Komentar untuk "Pengertian Struktur Sosial: Ciri, Contoh, Bentuk, Manfaat (Materi 2020)"