Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Sumpah Pemuda: Tokohnya, Maknanya Dan 6 Fakta Yang Belum Kita Ketahui

isi-teks-sumpah-pemuda
Teks Sumpah Pemuda, Makna, 6 Fakta Sumpah Pemuda

faktasantuy.com - Isi Sumpah Pemuda – Sebagai warga negara Indonesia kamu tentu tahu tentang sumpah pemuda dalam pendidikan kewarganegaraan, sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah paling penting di Indonesia yg melahirkan negara Indonesia sendiri.

Sesudah dikalahkan oleh kolonialisme selam beratus-ratus tahun lamanya, pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 tersebut para pemuda dari beberapa suku & daerah di Indonesia mengikrarkan sumpah yg baru.

Yg di mana sumpah tersebut menjadi ikrar bangsa Indonesia tentang persatuan anti kolonial yakni : satu nusa, satu bahasa, & satu bangsa yakni Indonesia. ikrar ini menjadi janji bangsa Indonesia yg diwakilkan oleh para pemuda ketika tersebut yg sangat penting. Pergerakan nasional ini dipelopori oleh para pemuda.

Yg ketika itu pelan-pelan sukses menyingkirkan sekat-sekat yg selagi ini memisahkan perjuangan mereka. Terutama semangat bakal kesukuan & kedaerahan para pemuda tersebut, jadi para pemuda berkomplot utk membuat satu gerakan baru seperti sumpah pemuda. Sumpah pemuda pun menjadi tonggak mutlak dlm pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar sumpah pemuda. Mulai dari Kapan hari sumpah pemuda, isi sumpah pemuda, tokoh sumpah pemuda, makna sumpah pemuda, sejarah sumpah pemuda, puisi sumpah pemuda, pidato sumpah pemuda, fakta sumpah pemuda, dll.

Hari sumpah pemuda

Isi Sumpah Pemuda – Sumpah pemuda lahir dari sebuah kongres pemuda II yg berjalan 2 hari di Jakarta. Yakni pada tanggal 27 & 28 Oktober 1928. Kongres ini sudah melangsungkan 3 rapat yg diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen-Bond, Waterlooplein yg kini menjadi daerah lapangan banteng, & di Oost Java Bioscoop Koningsplein Clubgebouw Kramat 106.

Sumpah pemuda tersebut pun diucapkan & ikrarkan di rapat yg ketiga yakni yg betempat di Oost Java Bioscoop Koningsplein Clubgebouw Kramat 106. Hari sumpah pemuda merupakan hari yg sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yg sudah membuktikan bahwa di tanggal 28 Oktober 1928 tersebut bangsa Indonesia sudah bersatu.

Sehingga semua bangsa Indonesia wajib merayakan hari sumpah pemuda, setiap tanggal 28 Oktober. Sebab di tanggal tersebut dianggap bahwa bangsa Indonesia sudah lahir, dgn ataupun tanpa Indonesia merdeka terlebih dahulu. Yg dimaksud dgn sumpah pemuda ialah sebuah keputusan kongres yg menegaskan impian di mana, ada tanah air yakni Indonesia.

Keputusan ini diinginkan supaya bangsa Indonesia bisa menjadi asas utk setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia. yg disebarkan dengan surat berita, dibacakan lewat tulisan, serta di muka umum. Rumusan kongres sumpah pemuda tersebut ditulis oleh Muhamad Yamin, di atas selembar kertas yg lalu ia berikan terhadap Soegondo.

Ia pun berbisik aku mempunyai sebuah formulasi yg elegan utk keputusan yg satu ini. selanjutnya Soegondo pun menulis paraf setuju di atas kertas tersebut, & lalu dioper terhadap yg lain utk menuliskan paraf setuju juga. Pada awalnya sumpah pemuda ini dibacakan oleh Soegondo lalu dijelaskan dgn panjang lebar oleh Muhamad Yamin.

Isi sumpah pemuda

Isi Sumpah Pemuda – Teks sumpah pemuda tersebut terdiri dari 2 versi, yg di mana versi yg pertama merupakan versi teks asli ataupun original & versi teks ejaan yg disempurnakan ataupun EYD. Isinya yakni sebagai berikut :
  1. Pertama : kita poetra & poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
  2. Kedua : kita poetra & poetri Indonesia, mengaku berbangsa satoe, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga : kita poetra & poetri Indonesia, menjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sedangkan utk teks versi yg kedua yakni versi menurut ejaan yg disempurnakan ataupun EYD. Yakni diantaranya sebagai berikut :
  1. Pertama : Kita putra & putri Indonesia mengaku bertumpah darah yg satu, tanah air Indonesia.
  2. Kedua : kita putra & putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga : kita putra & putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kapan hari sumpah pemuda, isi sumpah pemuda, tokoh sumpah pemuda, makna sumpah pemuda, sejarah sumpah pemuda, puisi sumpah pemuda, pidato sumpah pemuda, fakta sumpah pemuda, dll.

Tokoh sumpah pemuda

Isi Sumpah Pemuda – Ada beberapa tokoh yg penting dlm pembuatan teks & pergerakan sumpah pemuda ini, tokoh-tokoh tersebut diantaranya yakni :
  1. Pimpinan : Soegondo Djojopuspito (PPPI)
  2. Wakil pimpinan : R.M Djoko Marsaid (Jong Java)
  3. Sekretaris : Mohamad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
  4. Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
  5. Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
  6. Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
  7. Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
  8. Pembantu IV : Johanes Leimena (Jong Ambon)
  9. Pembantu V : Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaum Betawi)


Peserta :
  1. Abdul Muthalib Sangadji
  2. Bahder Djohan
  3. Soekmono
  4. Mohammad Nazif
  5. Purnama Wulan
  6. S.M Kartosoewirjo
  7. Joesoepadi
  8. Sujono (volksraad)
  9. Abdul Rachman
  10. Dali
  11. Soekowati (volksraad)
  12. Mohammad Roem
  13. Raden Soeharto
  14. Setiawan
  15. Jos Masdani
  16. Sulaeman
  17. Abu Hanifah
  18. Darsa
  19. Soemanag
  20. Mohammad Tabrani
  21. Raden Soekamso
  22. Sigit
  23. Kadir
  24. Suwarni
  25. Adnan Kapau Gani
  26. Dien Pantouw
  27. Soemarto
  28. Mohammad Tanzil
  29. Ramelan
  30. Siti Sundari
  31. Karto Menggolo
  32. Tjahija
  33. Amir
  34. Djukamu
  35. Soenario
  36. Muhidin
  37. Saerun
  38. Sjahpuddin Latif
  39. Kasman Singodimedjo
  40. Van Der Plaas (pemerintah Belkamu)
  41. Anta Permana
  42. Dr Pijper
  43. Soerjadi
  44. Mukarno
  45. Sahardjo
  46. Sjahrial
  47. Koentjoro Poerbopranoto
  48. Muwardi
  49. Sarbini
  50. Soejono Djoenoed Poeponegoro
  51. Martakusuma
  52. WR Soepratman
  53. Arnold Manohutu
  54. Halim
  55. Soewirjo
  56. Nona Tumbel
  57. Sarmidi
  58. R.M Djoko Marsaid
  59. Masmoen Rasid
  60. Suhara
  61. Sarmidi Mangunsarkoro
  62. Hamami
  63. Soeworo
  64. Jo Tumbuhan
  65. Asketika
  66. Soekamto
  67. Mohamad Ali Hanafiah
  68. Sartono

Makna sumpah pemuda

MEMBERIKAN PENEKANAN UNTUK MENGHARGAI PERJUANGAN INDONESIA

Isi Sumpah Pemuda – Lahirnya sumpah pemuda ini ialah titik awal dimulainya perjuangan bangsa Indonesia, utk melepaskan diri dari para penjajah. Titik awal & langkah awal dari perjuangan bangsa Indonesia ini, bukan main-main. Perjuangan para pemuda tersebut mempunyai kualitas yg tidak tergantikan.

Apabila sumpah pemuda tersebut tidak lahir maka bangsa Indonesia tidak mungkin bisa bersatu & bisa merdeka seperti kini ini. para pemuda & pemudi ketika tersebut sudah rela berkorban waktu, tenaga, pemikiran & bahkan rela berkorban dengan cara materiil & moral utk membuat negara Indonesia bersatu.

MEMBERI SEMANGAT UNTUK BERJUANG

Isi Sumpah Pemuda – Kita bisa mencontoh semangat juang para pemuda & pemudi Indonesia ketika itu, sebab kita juga bisa melakukan hal yg sama dgn menjadi seorang warga negara Indonesia yg baik dan mencontoh kebaikan para pejuang sumpah pemuda. Semangat para pemuda yg berkobar-kobar tersebut memberi semangat pada para penerus.

Semangat yg ditunjukkan melewati bunyi sumpah pemuda tersebut bisa menjadi contoh utk para pelajar, supaya semangat dlm meperbuat sesuatu. Di era globalisasi ini ada banyak fasilitas yg bisa dipakai, oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa haruslah lebih semangat dgn segala fasilitas yg ada.

MEMBERI MAKNA UNTUK MENCINTAI INDONESIA DENGAN SEGENAP HATI

Isi Sumpah Pemuda – Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan dgn cara yg mudah saja, tetapi dgn perjuangan para pahlawan kita. Bahkan ada sejumlah pahlawan yg gugur & tak terhitung yg sudah merebut kemerdekaan bangsa. Perjuangan mereka ialah bentuk dari rasa cinta pahlawan pada bangsa Indonesia.

Itulah yg haruslah kita perbuat juga, sebagai bentuk rasa cinta kita terhadap negara Indonesia maka berikanlah yg paling baik utk bangsa Indonesia. sumpah pemuda sudah menjadi latar belakang dari rasa cinta para pejuang utk bangsa Indonesia. hal tersebut haruslah kita contoh, sebagai penerus bangsa dgn cara yg lebih baik & lebih unik.

MEMBERIKAN PENEKANAN AGAR KITA BANGGA MENJADI BAGIAN DARI BANGSA INDONESIA

Isi Sumpah Pemuda – Bangga menjadi bangsa ataupun bagian dari Indonesia ialah salah satu makna dari isi sumpah pemuda. Hal tersebut sudah menjadi kebanggaan bagi para pemuda & pemudi ketika itu, jadi mereka membuat sumpah pemuda sebagai penggerak kemerdekaan. Namun lihatlah di zaman yg serba modern ini, apa yg sudah diberikan oleh para pemuda & pemudi Indonesia.

Dgn mempunyai pancasila maka kita haruslah menerapkan kualitas-kualitas pancasila di kehidupan sehari-hari. Ada lagi semboyan bhineka tunggal ika yg menjadi pemersatu bangsa Indonesia. itulah sebabnya kebanggaan sebagai bagian dari bangsa ini haruslah menjadi semangat tersendiri.

MEMBERIKAN PENEKANAN DALAM MENCINTAI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA

Isi Sumpah Pemuda – Mendalami bahasa asing terbukti baik, apalagi bahasa asing juga bisa kita gunakan di segala situasi yg positif. Tetapi jangan lupa dgn bahasa Indonesia yg merupakan bahasa tanah air kita. Dgn memakai bahasa Indonesia yg baik & benar maka hal tersebut menjadi ciri ataupun tkamu khusus bahwa kita mencintai bangsa Indonesia.

Ikrar sumpah pamudalah yg membuat bahasa Indonesia menjadi satu bahasa yg paling penting di Indonesia, & haruslah dipakai oleh semua warga Indonesia. saat ini munculah bahasa gaul, yg merupakan akibat dari arus globalisasi. Tetapi jangan hingga bahasa gaul memusnahkan bahasa kita yakni bahasa Indonesia.

Baca :

Sejarah sumpah pemuda

Isi Sumpah Pemuda – Momen sumpah pemuda ini ialah kesaksian dari pemuda pemudi Indonesia ketika itu, yg mengikrarkan tanah air satu, bangsa satu & bahasa satu. Sumpah pemuda tersebut sendiri dibacakan di tanggal 28 Oktober 1928, sebagai hasil dari rumusan kongres pemuda II Indonesia yg hingga ketika ini diperingati sebagai hari sumpah pemuda setiap tahunnya.

Kongres pemuda ini dilaksana selagi 3 sesi, & di 3 tempat yg tidak sama yg dilaksanakan oleh Organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPPI). Organisasi tersebut beranggotakan para pelajar yg berasal dari semua wilayah di Indonesia. rapat yg pertama dilaksanakan di gedung Katholieke Jongenlingen-Bond, Waterlooplein yg kini menjadi daerah lapangan banteng.

Pimpinan PPPI yakni Soegondo berharap bahwa kongres ini bakal memperkuat semangat & kesatuan dari bangsa Indonesia. rapat yg kedua diperbuat di Gedung Oost Java Bioscop. Ada 2 pembicara di rapat tersebut yakni Poernomowoelan & Sarmidi Mangoensarkoro. Yg isinya tentang pendidikan utk setiap anak Indonesia yg penting sebagai gerakan penerus bangsa.

Utk rapat yg terbaru ataupun rapat penutup diadakan di Gedung Indonesche Clubegouw di jalan Kramat 106. Isi dari rapat ketiga ini ialah tentang pentingnya nasionalisme, serta gerakan kepanduan yg haruslah ditanamkan sejak dini terhadap anak-anak. Seorang anak yg disiplin & mandiri sangat dibutuhkan dlm sebuah perjuangan.

Rumusan isi dari sumpah pemuda tersebut ditulis oleh Muhamad Yamin di atas sehelai kertas, pada ketika Mr Sunario sebagai seorang utusan dari kepanduan tengah sedang berpidato di sesi terbaru. Di dlm momen sumpah pemuda tersebut, diperdengarkan juga lagu Indonesia Raya utk pertama kalinya yg diciptakan oleh WR Supratman.

Lagu ini dipublikasikan utk pertama kalinya di tahun 1928, di sebuah media cetak surat berita Sin Po dgn mencantumkan teks yg menegaskan bahwa lagu tersebut merupakan lagu kebangsaan Indonesia. ketika lagu tersebut dipublikasikan, pernah dilarang juga oleh Pemerintah Kolonial Belkamu tetapi para pemuda tetap menyanyikannya.

Puisi sumpah pemuda


Sumpah Para Bocah

Oleh : Dedy Yanwar Elfani

Bukanlah kata-kata hampar yg terlontar
Bukan pula kalimat kosong tanpa nalar
Mereka sudah mengikatkan jiwa-jiwa dgn penuh sadar
Satukan perbedaan dlm keteguhan ikrar

Mereka tahu sumpah bukanlah mainan
Sumpah ialah janji suci diharibaan Tuhan
Tetapi para pemimpin tersebut kamu lihatlah
Permainkan sumpah tak ubahnya seorang bocah

Para pemuda bersumpah dgn tiga janji
Dgn segenap darah juang mereka cocoki
Kini ratusan janji diobral dlm pemilihan
Sekadar kepalsuan supaya tahta mampir ke pangkuan

Bahkan para bocah yg bersumpah dgn kepolosan
Tak hingga hati terucap sumpah sebab kepalsuan
Sedang para bocah yg menari-nari di gelanggang kuasa
Lebih rendah dari bocah sekolah, sudah buta mata hatinya

Baca :

Pidato sumpah pemuda

Assalamualaikum Warrahamatullahi Wabarakatuh

Kepada Bapak kepala sekolah yg aku hormati, para wali kelas aku hormati, serta dewan guru yg aku hormati, & terhadap rekan sekolah yg aku cintai.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji san syukur terhadap Tuhan Yg Maha Esa, yg sudah memberi nikmatnya berupa kesehatan terhadap kita semua. Jadi di kali ini kita bisa berkumpul bersama utk merayakan hari sumpah pemuda.

Kepada rekan & hadirin yg aku cintai, apabila kita melihat dgn jelas pada kehidupan di zaman kini banyak orang yg dimanjakan oleh zaman. Kemajuan teknologi yg terus berkembang terus meninabobokan kita hingga hampir tertidur lelap. Contohnya saja televisi yg memakai remote, ponsel dgn fasilitas lengkap, & kendaraan dgn sederet fasilitas.

Tetapi dibalik semua kenyamanan ini, munculah sikap bermalas-malasan sebab semua kemalasan tersebut membuat kita malas meperbuat segala hal yg dianggap susah. Hal ini bakal berakibat kurang baik pada masa depan kita, terutama anak-anak. Sebagai kaum muda kita haruslah melawan segala kemalasan yg diakibatkan oleh kemajuan zaman tersebut.

Lama kelamaan kemalasan tersebut bakal membuat kita tak bisa berbuat apa-apa, apalagi ketika kita dihadapkan oleh kerasnya kehidupan. Maka dari tersebut kita sebagai kaum yg tetap muda, marilah membangkitkan kembali semangat kita. Jangan biarkan rasa malas memecut semangat kita, jadi kita terlena oleh kemajuan teknologi yg terus pesat.

Jangan biarkan kita menjadi generasi pengecut, sebuah generasi yg tidak bisa meperbuat apa-apa sebab sudah terlanjur terlena dgn keadaan yg terlalu nyaman. Kita haruslah sanggup menjadi generasi yg sanggup dikamulkan & bisa dibanggakan. Buatlah para pahlawan bangga dgn perjuangan mereka di masa lalu.

Kita haruslah sanggup menjadi generasi pemaju dlm lingkungan kita, kita juga haruslah melewati masa muda dgn penuh penuh semangat & penuh gairah. Kita juga haruslah rutin bertindak pada hal yg positif, kita haruslah sanggup menjadi contoh yg baik & sanggup menularkan semangat terhadap rekan-rekan kita yg lain.

Cukup sekian & terima kasih, atas apa yg aku hinggakan dlm rangka hari sumpah pemuda ini. semoga lain kali kita bisa bertemu lagi, mohon maaf apabila ada salah-salah kata & yg kekurangan berkenan di hati. Semangat & merdeka!

Fakta Sumpah Pemuda

  • Jumlah peserta yg hadir ketika rapat pembuatan sumpah pemuda tersebut ada kurang lebih 700 orang. Namun yg tercatat di daftar hadir hanyalah 82 orang.
  • Rumusan hasil sumpah pemuda tersebut merupakan gagasan dari Muhammad Yamin.
  • Sejak hari pertama kongres sumpah pemuda diperbuat, teriakan & seruan merdeka sudah berkumandang.
  • Sebagian pembicara di kongres pemuda II ada yg tetap memakai bahasa daerah, salah satunya ialah Siti Soendari.
  • Utk pertama kalinya lagu Indonesia Raya diperdengarkan oleh penciptanya yakni WR Supratman, dgn memakai biola tetapi tanpa lirik.
  • Di dlm kongres tersebut hampir tidak ada perdebatan yg keras, penerimaan bahasa melayu pun hampir tidak ada penolakan tergolong para Jong Java.

Baca :



Kapan hari sumpah pemuda, isi sumpah pemuda, tokoh sumpah pemuda, makna sumpah pemuda, sejarah sumpah pemuda, puisi sumpah pemuda, pidato sumpah pemuda, fakta sumpah pemuda, dll.

Posting Komentar untuk "Isi Sumpah Pemuda: Tokohnya, Maknanya Dan 6 Fakta Yang Belum Kita Ketahui"