Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Definisi Kelenjar Hipofisis, Letak Kelenjar Hipofisis dan 10 Fungsi Kelenjar Hipofisis

faktasantuy.com - Kalenjar Hipofisis adalam materi pelajaran Biologi yang bakal kami bahas hari ini. Adapun yang bakal dijelaskan ialah kalenjar hipofisis & manfaatnya, lalu juga pengertian, bagian-bagian yang ada pada kalenjar hipofisis. Tidak hanya dari teori-teori tersebut, pada halaman kalian bakal menemukan foto dari hipofisis. Sehingga langsung saja kami simak materinya berikut ini.

KALENJAR HIPOFISIS


DEFINISI HIPOFISIS

Kelenjar hipofisis adalah salah satu kelenjar yang mempengaruhi sistem hormon pada manusia. Hormon sendiri merupakan bahan kimia yang berlangsung melewati ajaran darah diproduksi oleh kelenjar endoktrin dalam badan lalu disalurkan pada ajaran darah. Berikut ini arti & fungsi lengkap sistem hormon kelenjar hipofisisi materi biologi kelas 11 (IX) yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

PENGERTIAN KELENJAR HIPOFISIS, Kelenjar hipofisis ataupun yang sering disebut sebagai pituitari ialah kelenjar endoktrin berkapasitas sebesar kacang (penghasil hormon) mempunyai berat kira-kira 0,5 g.

LETAK KELENJAR HIPOFISIS

Letak kelenjar hipofisis terjepit di antara saraf optik pada manusia, lebih cocoknya bagian bawah tengkorak.
Definisi-Kelenjar-Hipofisis

Kelenjar pituitari juga disebut sebagai master gland (master kelenjar) sebab bisa memberi tau pesan dari otak & memanfaatkan pesan-pesan tersebut untuk memproduksi hormon yang mengaktifkan seluruh kelenjar hormon lain & mempengaruhi beberapa bagian badan untuk menghasilkan hormon mereka sendiri.

Master kelenjar mengontrol fungsi kelenjar endokrin lainnya, produksi urine, aktivitas tiroid, produksi testosteron pada laki-laki & ovulasi, suhu, ovulasi, pertumbuhan selagi masa awal kelahiran & estrogen pada wanita produksi.

Untuk mengatur homeostasis, kelenjar pituitari meperbuat proses sekresi 9 hormon bagus tertutup maupun terbuka yang mengatur & mempertahankan kondisi lingkungan internal yang konstan & stabil.

3 BAGIAN KELENJAR HIPOFISIS 

#1. Hipofisis anterior / Adenohypophysis

Hipofisis anterior (atau depan) memproduksi hormon yang mempengaruhi ovarium, testis, adrena, payudara & tiroid, di samping beberapa hormon lainnya. Hipofisis anterior meperbuat sintesis & mengeluarkan hormon endokrin penting, meliputi:
  1. Hormon adrenokortikotropik (ACTH) – Sasaran mutlak kelenjar adrenal.
  2. Thyroid-stimulating hormone (TSH) – Sasaran mutlak kelenjar tiroid.
  3. Follicle-stimulating hormone (FSH) – Sasaran mutlak ovarium pada wanita.
  4. Luteinizing hormone (LH) – Sasaran mutlak ovarium & testis.
  5. Hormon pertumbuhan (GH) – Sasaran mutlak massa otot & massa tulang untuk pertumbuhan manusia.
  6. Hormon Releasing Hormone (GHRH) – Melepaskan hormon.
  7. Prolaktin – Sasaran mutlak jaringan payudara.


Hormon-hormon tersebut dilepaskan dari hipofisis anterior di bawah pengaruh hipotalamus. Melewati sistem portal hipotalamus-hypophysial yakni cara yang unik dari sistem kapiler khusus, hormon hipotalamus disekresikan ke lobus anterior.

#2. Lobus intermedia

Lobus intermedia (atau tengah) merupakan lapisan tipis sel antara hipofisis anterior & posterior pada manusia dewasa. Lobus intermedia memproduksi hormon melanocyte-stimulating hormone (MSH), yang berfungsi untuk mengendalikan pigmentasi kulit.

#3. Hipofisis Posterior / Neurohypophysis

Hipofisis Posterior (atau belakang) memproduksi hormon yang mempengaruhi ginjal. Hipofisis Posterior mendapat sinyal dari otak melewati ‘neuron magnoselular’. Hipofisis Posterior menyimpan kelenjar & melepaskan hormon, meliputi:

Oksitosin – Sasaran mutlak rahim & kelenjar susu.
Hormon antidiuretik (ADH) – Sasaran mutlak ginjal & pembuluh darah.
Kelanjar anterior & posterior dengan cara manfaatonal berhubungan dengan hipotalamus, bagian dari otak yang mempunyai sejumlah inti kecil dengan beberapa manfaat.

FUNGSI KELENJAR HIPOFISIS

10 fungsi kelenjar hipofisis:
  1. Perubahan makanan menjadi energi (metabolisme)
  2. Pengaturan suhu.
  3. Produksi ASI
  4. Manfaat kelenjar tiroid
  5. Beberapa tahap persalinan & kehamilan tergolong stimulasi kontraksi usemakin ketika melahirkan.
  6. Kontrol reabsorpsi air oleh ginjal sebagai cara menjaga keseimbangan air.
  7. Pertumbuhan fisik pada manusia
  8. Air & osmolaritas regulasi dalam tubuh
  9. Manfaat organ seks pada pria & wanita
  10. Menjaga tekanan darah


Nah itulah artikel materi Biologi tentang Definisi Kelenjar Hipofisis, Letak Kelenjar Hipofisis dan 10 Fungsi Kelenjar Hipofisis.

Terima kasih telah membaca artikel Definisi Kelenjar Hipofisis, Letak Kelenjar Hipofisis dan 10 Fungsi Kelenjar Hipofisis.

Baca selanjutnya:

Bagi blogger yang ingin copas isi artikel saya, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog anda akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Definisi Kelenjar Hipofisis, Letak Kelenjar Hipofisis dan 10 Fungsi Kelenjar Hipofisis"