Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Vitamin: Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsinya

Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsi Vitamin

faktasantuy.com  - Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsi Vitamin. Hai sahabat semua, hari ini saya mau share suatu materi mengenai vitamin. Namun yang bakal kami bahas pada postingan ini selain arti vitamin saja, namun juga mengenai macam-macam vitamin & fungsi vitamin bagi badan kita.

Wajib baca; Fermentasi Alkohol: Sifat, Manfaat, Proses, Faktor Mempengaruhi

Pasti dari kalian sudah sering mendengar istilah vitaminkan? Ya istilah vitamin sudah sangat sering kami dengar, ketika kami tetap duduk dibangku SD, kami sudah mendapat pelajaran mengenai vitamin.

Kegunaan vitamin sangat penting bagi badan kita, meski sebetulnya badan kami hanya membutuhkannya dalam jumlah yang sedikit. Vitamin ini diperlukan oleh badan supaya kondisi kami tetap fit & tidak mudah terserang penyakit. Sebenarnya jenis jenis vitamin sangat banyak, karena vitamin untuk setiap makanan berbeda kandungannya.

Nah tidak usah berlama-lama, langsung saja kami bahas mengenai definisi vitamin, jenis vitamin dan fungsi vitamin.

Apa itu Vitamin?


Pengertian vitamin A B C D E K

Definisi vitamin adalah senyawa organik rumit yang esensial yang berperan dalam pertumbuhan & fungsi biologis badan lainnya.

Contohnya yang sudah saya utarakan pada pembahasan diatas, badan kita memerlukan yang namanya asupan vitamin. Namun vitamin yang diperlukan oleh badan kami dalam kadar yang sedikit. Namun mesikipun begitu, apabila badan kami hingga kekekuranganan yang namanya vitamin, maka bakal membuat kami terserang penyakit yang bernama Avitaminosis ataupun penyakit kekekuranganan vitamin.

Jadi untuk menjaga kesehatan badan kita, sudah sepatutnya kami memerhatikan makanan yang kami konsumsi serta vitamin yang ada didalamnya.

Pengertian vitamin dan fungsinya bagi tubuh

Selanjutnya kami bakal mengulas jenis jenis dari vitamin, nah yang bakal kami jadikan acuan untuk membagi macam-macam vitamin tersebut ialah berdasarkan larut tidaknya vitamin tersebut dalam air & lemak, lebih detailnya sumber vitamin sebagai berikut :

1. Vitamin yang Larut Dalam Air

Untuk jenis jenis vitamin yang larut dalam air, ada 2 yaitu vitamin B & vitamin C. Berikut untuk detail lengkapnya:

Vitamin B
  1. Vitamin B dibagi menjadi beberapa macam, antara lain yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B11, & B12. Kami bakal mengulasnya satu persatu:
  2. Vitamin B1,berperan dalam proses metabolisme karbohidrat serta penyerapan air & lemak didalam tubuh. Butuh diperhatikan, apabila kalian kekekuranganan vitamin ini, maka kalian bakal terkena penyakit beri-beri. Untuk  mencegahnya kalian bisa mengkonsumsi makanan contohnya daging, kacang-kacangan, ikan, & hati.
  3. Vitamin B2 berperan dalam merangsang saraf mata supaya bekerja optimal. Apabila kekekuranganan vitamin ini, maka bakal mengdampakkan gangguan penglihatan. Untuk mencegahnya sahabat bisa mengkonsumsi makanan contohnya telur, keju, sayur, & hati.
  4. Vitamin B3 berperan dalam mencegah penyakit yang bernama pelagra. Untuk mencegahnya kalian bisa mengkonsumsi bayam, kol, usus & tomat.
  5. Vitamin B5 berperan dalam menjaga kandungan konsentrasi gula darah supaya tetap berada diambang normal. Vitamin ini banyak terdapat pada buah-buahan, kuning telur & daging.
  6. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah serta merangsang kerja urat saraf. Vitamin tipe ini banyak terdapat pada biji-bijian, sayur & buah-buahan.
  7. Vitamin B11 berperan dalam proses pembentukan sel darah. Kekekuranganan vitamin ini bakal mengdampakkan penyakit kekekuranganan darah akut ataupun anemia akut.
  8. Vitamin B12 berperan dalam mencegah penyakit anemia. Vitamin ini banyak terdapat pada susu, hati & ikan.

Vitamin C

  1. Vitamin C sangat diperlukan oleh badan kami dalam mencegah penyakit sariawan, persoalan gusi berdarah, & darah sukar membeku. Apabila kalian ingin mencegah beberapa penyakit tadi, kalian bisa mengkonsumsi buah-buahan contohnya jeruk, mangga & buah lainnya.

2. Vitamin yang Larut Dalam Lemak

Jenis jenis vitamin yang larut dalam lemak adalah sebagai berikut:
  1. Vitamin A. Vitamin ini berperan dalam mencegah penyakit mata & menjaga kesehatan badan kami agat tetap bugar. Apabila seseorang kekeurangan vitamin A, maka orang tersebut bakal mudah sekali terserang penyakit mata, kulit pecah-pecah, & pendarahan pada selaput usus & ginjal. Sumber vitamin A bisa kalian temui pada sayur-sayuran yang berwarna kuning, telur, susu, & minyak hewani.
  2. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang kita. Apabila kami kekekuranganan vitamin ini, maka kesehatan tulang kami bakal terganggu & mudah sekali terserang penyakit contohnya rakitis, & penyakit tulang lainnya. Untuk mencegahnya kalian bisa memakan makanan contohnya minyak ikan, susu, kuning telur, & mentega.
  3. Vitamin E berperan dalam menjaga kesuburan khususnya pada wanita. Dengan adanya kandungan vitamin E yang pas dalam badan seorang wanita maka bakal terus bagus. Pasalnya vitamin E bisa mencegah kemandulan & keguguran.Sumber vitaminnya bisa kalian bisakan dengan mengkonsumsi toge, kuning telur, ragi & lemak.
  4. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah pada tubuh. Kekekuranganan vitamin ini bakal mengdampakkan darah sukar membeku & apabila tidak segera ditangai bakal berujung pada kematian. Untuk mencegahnya silahkan kalian konsumsi sayur-sayuran, toge, biji-bijian & hati.

Fungsi vitamin secara umum

Dengan jumlah yang pas dalam tubuh, vitamin bakal sangat bermanfaat. Berikut beberapa fungsi utama vitamin:
  1. Mampu mencegah beberapa penyakit
  2. Mempertahankan fungsi jaringan supaya tetap normal
  3. Menolong beberapa proses penting dalam tubuh
  4. Berperan dalam pertumbuhan & perkembangan sel

Nah itulah postingan materi biologi tentang pengertian vitamin, jenis vitamin dan fungsi vitamin. Semoga PR materi tujuan DI/TII di jawa barat bisa terlesaikan dengan melihat sejaah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai pengertian vitamin menurut para ahli, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan pengertian vitamin, jenis jenis vitamin dan manfaat vitamin. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan materi vitamin, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ Vitamin: Pengertian Vitamin A B C D E K dan Fungsinya"