Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya

√ Teks Kabar: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh Teks Kabar Pendek

faktasantuy.com - Pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah teks berita dan contoh teks berita singkat - Setiap hari rutin timbul berita baru mengenai momen yang terjadi di dunia ini, & tentunya anda sempat mendengar sebuah berita bagus tersebut melewati media cetak, elektronik, maupun melewati media lainnya.

Baca selanjutnya:

Untuk tersebut kita hari ini bakal mengulas mulai dari pengertian teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, struktur teks teks berita, & contoh teks berita pendek yang bertujuan supaya anda lebih paham dengan penjelasan yang disampaikan faktasantuy.com

Pengertian Teks Berita
Teks Berita ialah teks yang berisi mengenai segala momen yang terjadi di dunia yang disebarkan melewati beberapa media contohnya radio, televisi, internet, situs web, maupun media yang lainnya. Teks berita berisi fakta, tapi tidak seluruh fakta dijadikan berita.

Kita bakal mendapat informasi-informasi penting yang bisa meningkatkan wawasan apabila rajin membaca teks berita, jadi bisa menjadikan kita berfikir dengan cara kreatif, kritis, & manjur kepada sebuah hal.

Suatu momen bisa bersi kukuh selagi beberapa jam, hari, bahkan tahun. Tergantung seberapa hangat berita tersebut diperbincangkan oleh orang-orang.

Ciri-Ciri Teks Berita
Terdapat ciri-ciri teks berita yang bagus & benar, diantaranya:
  • Yang diberitakan merupakan sesuatu yang benar terjadi, bukan opini ataupun gagasan penulis
  • Merupakan momen yang jarak terjadi, bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari
  • Aktual, yaitu momen yang diberitakan tetap segar ataupun baru terjadi, bukan momen lampau
  • Data yang disaapabilan sesuai dengan momen asli, tidak ada rekayasa
  • Bahasa yang disaapabilan hebat & bisa memikat ketertarikan pembaca
  • Data yang diberitakan lengkap, terutama data penting
  • Waktu & tempat momen yang jelas
  • Bahasa mudah dipahami
  • Bersifat objektif
  • Alur momen berurutan
  • Kalimat yang dipakai singkat, padat, jelas
  • Sumber valid & bisa dipertanggungjawabkan
  • Judul berita bisa mewakili isi berita

Struktur Teks Berita
Umumnya sebuah teks memiliki struktur tertentu, begitu pula dengan teks berita. Teks ini memiliki 3 struktur yang saling berhubungan yang lalu membentuk teks ini dengan cara utuh. Berikut struktur teks berita.
1.     Orientasi Berita yaitu berisi pembuka dari momen yang diberitakan di teks tersebut. Umumnya tertera penjelasan pendek mengenai berita yang sedang dibahas.
2.     Momen yaitu berisi mengenai proses kejadian dari awal hingga akhir berdasarkan momen yang terjadi & membahas berdasarkan fakta yang ada.
3.     Sumber Berita yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul. Sumber berita tidak selamanya ditulis pada bagian akhir berita.


Kaidah Kebahasaan
Kaidah kebahasaan teks berita yaitu terdapat :
  • keterangan, 
  • verba pewarta
  • verba transitif. 

Untuk lebih pahamnya, silahkan lihat ciri-ciri teks berita dibawah ini.

Contoh Teks Berita Singkat
faktakasantuy.com tidak lupa memberikan contoh teks berita dengan kaidah 5W1H, berikut contoh teks berita beserta strukturnya

Kereta anjlok dengan nomor KA 2473 rute Manggarai-Bukit Duri terjadi di antara Stasiun Manggarai-Sudirman, Rabu (6/4/2016) kurang lebih pukul 15.16 WIB. Dampaknya sejumlah perjalanan terganggu.

Kereta relasi Bogor ke Tanah Akang & Jatinegara & sebaliknya untuk sementara waktu tidak bisa diperbuat.

Kereta Relasi Bogor & Bekasi menuju Jakarta Kota sebagian hanya bisa beroperasi hingga Manggarai & sebagian tetap melanjutkan perjalanan hingga Jakarta-Kota

“Bagi pemakai jasa yang tidak bisa menantikan bisa meperbuat pengembalian tiket pada loket Stasiun & diimbau untuk memakai moda transportasi lain,” kata Humas PT KCJ Eva Chairunnisa melewati keterangan tertulis yang diterima liputan6.com.

Dia juga meminta penumpang memperhatikan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke kereta apabila kereta sudah penuh sesak.

“Mohon bisa menantikan perjalanan selanjutnya,” ucap Eva.

Sehingga kesimpulannya bahwa teks berita haruslah berisikan mengenai hak fakta yang sangatlah terjadi, & haruslah disaapabilan dengan struktur yang sudah ada serta jangan melupakan ciri-ciri teks berita ini, semoga contoh teks berita pendek diatas bisa membuat anda lebih paham.

Latihan:
1.     contoh teks berita tentang sekolah
2.     contoh berita 5w 1h tentang kecelakaan
3.     contoh teks berita 2018
4.     contoh teks berita singkat di televisi
5.     contoh teks berita tentang bencana alam


Posting Komentar untuk "√ Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contohnya"