Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa Siswi Sekolah

manfaat-tata-tertib-sekolah

faktasantuy.com - Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa Siswi
- Seringkali siswa mengeluh kepada tata tertib sekolah yang nampak terlalu mengatur kehidupan sehari-hari mereka di sekolah. Tetapi demikian sebetulnya tata tertib sekolah mempunyai banyak fungsi yang terasa langsung maupun tidak langsung bagus kepada siswa tersebut maupun lingkungan kurang lebihnya.

Wajib baca: 25 contoh sikap tanggung jawab di sekolah

Untuk apa tata tertib sekolah dibuat? Berikut ialah fungsi langsung & tak langsung dari tata tertib sekolah jika dijalankan dengan bagus.

Melatih kedisiplinan

Tentu saja tujuan mutlak dari pembuatan tata tertib yaitu untuk melatih kedisiplinan para siswa. Dengan menjadi siswa yang disiplin, maka kegiatan belajar membimbing bakal berjalan dengan manjur & enjoy. Umpama saja, waktu masuk sekolah dimulai pukul 07.30 pagi.

Dengan mewajibkan siswa datang sebelum bel masuk berbunyi maka kegiatan belajar membimbing bakal bisa dimulai cocok pada waktu yang telah ditentukan.

Melatih tanggung jawab

Jika guru memberi tugas ataupun pekerjaan rumah maka siswa wajib mengerjakannya. Hal ini bisa melatih rasa tanggung jawab siswa kepada apa yang diamanatkan kepadanya.ingat, siswa pun bakal belajar mengenai adanya konsekuensi jika tidak melaksanakan apa yang ditugaskan kepadanya.

Di lain pihak, siswa bakal belajar bahwa bakal ada reward jika mengerjakan apa yang menjadi kewajibannya.

Memanjurkan kegiatan

Ketidak teraturan pasti saja menyababkan seluruh kegiatan menjadi tidak manjur. Bayangkan jika para siswa datang telat & masuk ke dalam kelas dengan cara bergantian padahal kelas telah dimulai. Pastilah kegiatan belajar membimbing bakal terpotong & akhirnya terganggu. Begitu pula jika ada suara telepon saat kegiatan belajar. Dengan demikian, peraturan supaya tidak telat & tidak mengaktifkan telepon di kelas bakal menolong kemanjuran kegiatan belajar.

Mengingatkan tugas sebagai pelajar

Siswa diharuslahkan menggunakan seragam tidak lain & tidak bukan supaya orang-orang bisa mengidentifikasi bahwa mereka ialah pelajar.

Hal ini mempermudah guru untuk mengenal para siswa, begitupun dengan masyarakat. Bagi siswa sendiri, menggunakan seragam bakal mengingatkan mereka bahwa mereka ialah pelajar yang mempunyai tugas mutlak belajar.

Melatih kejujuran

Setiap siswa yang tidak masuk haruslah memberikan surat keterangan mengapa mereka tidak bisa mengikuti pelajaran. Jika mereka sakit mereka haruslah memberi surat sakit ataupun jika mereka izin maka surat iyin dibutuhkan.

Hal ini untuk melatih kejujuran & mengindarkan para siswa dari bolos & berbohong jika mereka tidak hadir di kelas. Pasti saja absensi yang tidak beralasan bakal berbuntut pada sebuah konsekuensi.

Menjaga keenjoyan lingkungan

Di sekolah, siswa diajarkan untuk menjaga kebersihan contohnya membuang sampah pada tempatnya & tidak mencorat-coret tembok ataupun meja.

Hal ini ditujukan supaya lingkungan terjaga keasriannya & membuat kegiatan belajar membimbing menjadi enjoy. Tambahan pula, dengan tata tertib ini maka siswa bakal belajar untuk memelihara lingkungan kurang lebihnya.

Melatih kemandirian

Saat ujian berjalan pasti saja siswa dituntut untuk bekerja sendiri & peraturan tidak memperbolehkan para siswa bekerja sama. Dengan demikian, siswa dituntut untuk percaya pada performanya sendiri & berusaha mepersiapkan yang terbagus untuk ujian tersebut.

Kejujuran para siswa pun dilatih sebab siswa tidak diperkenankan membuka buku ataupun mencontek pada saat ujian.

Melatih keterampilan sosial & soft skills

Kecuali home schooling, siswa pasti saja bakal berbaur dengan sesamanya & para guru untuk berinteraksi dengan cara sosial. Tata tertib pun berlaku di sini, umpama saja peraturan untuk menghormati para guru & pelarangan untuk berkelahi di sekolah.

Jika siswa mengikuti peraturan maka saat ereka siap untu terjun di masyarakat, mereka bakal belajar untuk menghormati sesama & tahu bahwa membuat kericuhan tersebut ialah hal yang tidak terpuji.

Menghapus kecemburuan sosial

Para siswa khususnya murid perempuan pada umunya dilarang untuk menggunakan perhiasan. Tidak hanya untuk persoalan keamanan sebab perhiasan yang mencolok bakal mengajak kejahatan, hal ini ditujukan untuk menghindarkan siswa dari kecemburuan sosial.

Pemakaian seragam pun mendukung hal ini. Bisa dibayangkan bila seragam tidak diwajibakn maka baju-baju para siswa bakal tidak sama beda tegantung performa sosial keluarga mereka & ini bakal memicu kecemburuan sosial.

Menambah rasa kebersamaan

Hal yang mungkin tidak terasa bagi para siswa dalam menjalani tata tertib sekolah ialah rasa kebersamaan antara siswa.

Dengan kegiatan yang sama peraturannya bagi setiap siswa setiap hari, maka bakal tumbuh sebuah rasa kebersamaan sebagai pelajar. Dengan demikian, saat lulus kelak maka relasi bakal terjalin & ini memang dengan banyaknya ikatan alumni di Indonesia.

Menjaga Keadilan Sekolah


Memupuk Cinta Sekolah

Terlepas dari itu, seluruh fungsi tersebut bakal terasa jika siswa mau menaati tata tertib. Sesudah mengenal manfaatnya, maka stigma dalam benak masing-masing siswa haruslah diubah. Stigma yang berbunyi aturan dibangun untuk dilanggar haruslah diubah menjadi aturan dibangun untuk di ikuti.

Wajib Baca: 10 organisasi lingkungan sekolah 

Nah itulah tujuan tata tertib sekolah yang sangat bermanfaat untuk siswa yang mematuhi tata tertib sekolah.

Latihan:
  1. Kesimpulan tata tertib sekolah
  2. Contoh tata tertib sekolah
  3. Bagaimana pendapat anda tentang isi tata tertib di sekolah anda
  4. Akibat melanggar tata tertib sekolah
  5. Manfaat tata tertib sekolah bagi sekolah
  6. Penyebab siswa melanggar tata tertib sekolah

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa Siswi Sekolah"