Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Sistem: Pengertian Secara Umum, Para Ahli, Elemen dan Jenisnya

pengertian-sistem-dan-jenisnya
Sistem

Pengertian Sistem Secara Umum

Pengertian Sistem dengan cara umum ialah sebuah kumpulan objek, unsur, atau bagian-bagian yang mempunyai arti tidak sama yang saling mempunyai hubungan, saling berkerjasama, saling memengaruhi satu sama lain, serta mempunyai keterikatan pada rencana yang sama dalam mencapai sebuah tujuan tertentu pada lingkungan yang kompleks.

Wajib baca: Sistem Ekskresi Ginjal: 3 Proses Pembentukan Urine, 2 Bagian Nefron dan 5 Gangguan Pada Ginjal

faktasantuy.com Secara bahasa, Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) & bahasa Yunani (sustema) yang mempunyai arti sebuah kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk mempermudah ajaran informasi, materi atau energi untuk mencapai sebuah tujuan. Istilah ini sering dipakai untuk menggambarkan sebuah set entitas yang berinteraksi.

Jenis Sistem

Terdapat beberapa jenis sistem berdasarkan kategori:
  1. Atas dasar komponen
  2. Sistem fisik, dengan komponen materi & energi
  3. Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide
  4. Atas dasar keterbukaan
  5. Sistem terbuka, di mana pihak luar bisa mempengaruhinya.
  6. Sistem tertutup.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Dan Tahunnya

Berikut arti Sistem menurut beberapa para ahli dan Tahunnya
  • Indrajit (2001:2), Sistem ialah kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang mempunyai unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.
  • Jogianto (2005:2), Sistem ialah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Sistem ini mengfotokan sebuah kejadian-kejadian & kesatuan yang nyata, contohnya tempat, benda & orang-orang yang betul-betul ada & terjadi.
  • Murdick, R. G (1991:27), Sistem ialah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari sebuah tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan info dan/atau energi dan/atau barang.
  • Davis, G.B (1991 : 45), Sistem dengan cara fisik ialah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah sasaran.
  • Jerry FutzGerald (1981 : 5), Sistem ialah sebuah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk meperbuat sebuah kegiatan atau untuk menyelesaikan sebuah target yang tertentu.
  • Lani Sidharta (1995: 9), Sistem ialah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang dengan cara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
  • Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo (1984: 78), Sebuah sistem ialah sekumpulan objek yang mencakup hubungan manfaatonal antara tiap-tiap objek & hubungan antara ciri tiap objek, & yang dengan cara keseluruhan merupakan sebuah kesatuan dengan cara manfaatonal.

Elemen dalam Sistem

Pada prinsipnya, sistem terdiri atas empat elemen:

1. Objek

Dapat berupa bagian, variabel, atau elemen. Objek bisa berupa benda fisik, abstrak, atau keduanya sekaligus, tergantung terhadap sifat sistem tersebut.

2. Atribut

Atribut menentukan nilai atau sifat kepemilikan sistem & objeknya.

3. Lingkungan

Lingkungan merupakan tempat di mana sistem berada.

4. Hubungan Internal

Hubungan internal ada diantar objek-objek di dalamnya.

Elemen Sistem

Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, berikut penjelasan dari faktasantuy.com:

1. Tujuan

Setiap sistem mempunyai tujuan, entah hanya satu atau lebih. Tujuan inilah yang memotivasi & mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tidak terarah & tak terkendali.

Pasti saja, tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain tidak sama.

2. Masukan

Masukan (input) sistem merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem & selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan bisa berupa hal yang berwujud (terlihat dengan cara fisik) maupun yang tidak terlihat.

Contoh masukan yang berwujud ialah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud ialah info (umpama permintaan jasa pelanggan).

3. Proses

Proses ialah bagian yang meperbuat perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berfungsi & lebih bernilai, umpama berupa info & produk, tapi juga bisa berupa hal yang tidak berguna, umpama saja sisa pembuangan atau limbah.

Pada pabrik kimia, proses bisa berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses bisa berupa aktivitas pembedahan pasien.

4. Keluaran

Keluaran (output) ialah hasil dari proses. Pada sistem info berupa info atau laporan, & lain-lain.

5. Batas

Yang disebut batas sistem ialah pemisah antara sistem & daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau performa sistem. Pasti saja batas sebuah sistem bisa dikekurangani atau dimodifikasi jadi bakal merubah perilaku sistem.

6. Mekanisme Pengendalian & Umpan Balik

Mekanisme pengendalian diwujudkan dengan memakai umpan balik, yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini dipakai untuk mengontrol bagus masukan maupun proses.

7. Lingkungan

Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem, dalam arti bisa memenyesalkan atau menguntungkan sistem itu sendiri.

Wajib baca:



Itulah materi sistem yang kami rangkum dari beberapa sumber, semoga berfungsi untuk kamu. Jika ingin pengertian sistem pdf silakan komentar.

Posting Komentar untuk "Arti Sistem: Pengertian Secara Umum, Para Ahli, Elemen dan Jenisnya"