Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kelemahan Letak Geografis Indonesia, Penyebab dan Pengaruhnya

Letak Geografis Indonesia: Keuntungan, Kelemahan, Penyebab dan Pengaruhnya
Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia Secara Astronomis

faktasantuy.com - Sebutkan letak geografis indonesia? Sebagai warga negara Indonesia yang bagus sudah semestinya kita mengenal letak geografis Indonesia untuk meningkatkan kecintaan kita kepada negeri ini.

Indonesia tergolong Negara yang beruntung. Mengapa demikian? Sebab Negara kita terletak di wilayah yang strategis.

Baca: Pengertian Tektonisme, Pengertian Vulkanisme dan Pengertian Seisme

Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Australia & Asia, serta di antara Samudra Hindia & Samudra Pasifik. tuliskan letak geografis indonesia? inilah letak geografis Indonesia secara astronomis:
Indonesia terletak di 6 LU (Lintang Utara) – 11 LS (Lintang Selatan) & 95 BT (Bujur Timur) – 141 BT (Bujur Timur).

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis merupakan letak sebuah wilayah yang berdasarkan pada kondisi batuan yang telah ada di permukaan bumi di Indonesia. Bila dilihat dengan cara geologis, Indonesia terletak di antara 2 sirkum yaitu Sirkum Mediterania & juga Sirkum Pasifik.

Tidak hanya itu, indonesia juga berada dalam tiga lempeng mutlak dunia yaitu Lempeng Australia, Pasifik, & Eurasia.

Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang aktif, jadi tidak mengherankan bila tanah yang ada di indonesia ini menjadi benar-benar subur. Kondisi tanah yang subur ini dikarenakan sebab adanya erupsi dari gunung berapi yang tetap aktif jadi menyebabkan tanah menjadi subur & bisa ditanami dengan beberapa macam tipe tumbuhan.

Secara geologis juga, negara Indonesia juga berada di antara 2 dangkalan yang sangat besar yaitu dangkalan sunda & dangkalan sahul. Kehadiran dua dangkalan ini bakal menyebabkan laut dibagian timur & barat indonesia mempunyai laut yang dangkal sementara laut bagian tengahnya tetap dalam.

Letak Fisiografis

Letak fisiografis ialah rangkaian letak dari astronomis indonesia, letak geologis Indonesia, letak geografis Indonesia serta batasan kelautan indonesia. Dimana letak tersebut telah dikelilingi oleh tiga lautan yang sangat besar yang merupakan batasan dari kelautan.

Ketiga lautan besar tersebut ialah di bagian timur negara Indonesia berhadapan dengan Samudera Pasifik, di bagian utara negara Indonesia berhadapan dengan Laut Cina Selatan, & di bagian selatan Indonesia berhadapan dengan Samudera Hindia.

Dampak positif dan negatif letak geografis indonesia

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Beberapa keuntungan sebab letak geografis indonesia:
  1. Indonesia terletak di 2 Benua yaitu Benua Asia & Benua Australia. Jadi indonesia bisa menjalin hubungan yang bagus di negara-negara di benua tersebut.
  2. Banyaknya pulau di Indonesia membuat Indoensia kaya bakal budaya.
  3. Laut yang luas & garis pantai yang panjang memungkinkan kayaknya hasil laut di Indonesia contohnya ikan, karang, minyak bumi, & mineral lainnya.
  4. Indonesia terletak di kawasan Tropis, membuatnya kaya bakal hasil hutan sebab ada banyak sekali tipe tanaman & mudahnya tumbuhan hidup subur.
  5. Tanah subur di Indonesia menghasilkan banyak tipe pertanian.
  6. Indonesia menjadi paru-paru dunia sebab luasnya wilayah hutan di Indonesia.

Kelemahan Letak Geografis Indonesia

Berikutnya dampak negatif letak geografis indonesia:
  1. Kerusakan lingkungan fisik contohnya lahan kritis & pengikisan, pencemaran air & udara.
  2. Kerusakan lingkungan biotis contohnya ilegal logging, penurunan tumbuhan & fauna, kerusakan sistem pantai, danau, & sungai.
  3. Kerusakan SDA contohnya illegal fishing, illegal mining, & eksploitasi berlebihan.
  4. Bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai, & bencana teknologi.
  5. Kekekuranganannya pengembangan potensi seni & budaya lokal dari setiap etnik & pudarnya ciri kehidupan mulai dari bahasa, budaya istiadat, bangunan rumah, serta tata cara pergaulan.
  6. Pengangguran mencapai 10,55 juta (9,75%) & kemiskinan sebanyak 37,17 (16,58%) dari total warga Indonesia (BPS 2008).

Penyebab Letak Geografis Indonesia

  1. Indonesia mempunyai tiga iklim mutlak yaitu iklim muson (musim), iklim panas (tropis), & iklim laut.
  2. Letak Indonesia yang berada pada persilangan kemudian lintas dunia membuat Indonesia sangat ramai & menguntungkan bila ditinjau dari sisi ekonomi.
  3. Iklim muson ataupun musim terjadi sebab adanya pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin yang bertiup berasal dari timur laut & bersifat kering jadi memunculkan musim kemarau terjadi di bulan April sampai Oktober. Sementara itu, Angin bertiup yang berasal dari barat daya & bersifat basah jadi memunculkan terjadinya musim hujan terjadi di bulan Oktober sampai April.
  4. Iklim laut terjadi sebab dikarenakan oleh kondisi IndonesIa yang banyak dikelilingi oleh laut & samudera. Jadi adanya iklim ini di Indonesia menyebabkan lebih banyak mengalami musim penghujan.
  5. Sementara iklim panas ataupun tropis bakal menyebabkan udara rata-rata yang ada di Indonesia menjadi panas. Hal tersebut terjadi sebab Indonesia merupakan negara yang terletak di kurang lebih garis khatulistiwa.

Letak geografis indonesia & pengaruhnya

Selain mempunyai letak geografis di atas, dalam skala micro Indonesia dengan cara geografis berbatasan dengan negara-negara lainnya. Batas-batas geografis letak Indonesia dengan negara-negara lainnya ialah contohnya berikut:

Baca selanjutnya:
  1. Sebelah Utara, Negara Indonesia berbatasan dengan Negara Malaysia, Singapura, & Filipina
  2. Sebelah Selatan, Negara Indonesia berbatasan dengan Negara Australia
  3. Sebelah Barat, Negara Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
  4. Sebelah Timur, negara Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

  1. Indonesia yang terletak di antara dua samudera besar mempunyai akibat mendapat angin laut yang mengangkat banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia mempunyai iklim tropis. 
  2. Tidak hanya itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia mempunyai dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.
  3. Selain mempunyai iklim tropis, Indonesia mempunyai keragaman budaya dalam bidang seni, peradaban, bahasa & agama. Hal ini dikarenakan oleh letak Indonesia yang berada di cross position. 
  4. Tidak hanya itu, Indonesia mempunyai mitra dagang dengan negara-negara kurang lebih dikarenakan lokasi yang strategis & kegiatan perdagangan pun meningkat. 

Nah itulah pengaruh letak geografis indonesia.

Dampak Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis merupakan letak sebuah tempat berdasarkan garis lintang & garis bujur. Kemudian apa tersebut garis lintang & garis bujur?

Garis Lintang ialah garis khayal pada peta ataupun globe yang sejajar dengan khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Terdapat hutan hujan tropis yang luas
  2. Curah hujan tinggi
  3. Kelembaban udara yang tinggi
  4. Sinar matahari sepanjang tahun

Sedangkan garis bujur ialah garis khayal pada peta ataupun globe yang menghubungkan kutub utara & kutub selatan bumi. Garis bujur berakibat pada waktu setempat sebuah negara.

Garis bujur 0 berada di Greenwich. Indonesia berada di garis bujur 95 BT (Bujur Timur) – 141 BT (Bujur Timur). Letak ini menyebabkan Indonesia mempunyai tiga daerah waktu.

Belajar juga materi tentang pemanasan global yang membuat penyebab, akibat, proses, & solusi pemanasan global.

1. Waktu Indonesia Timur (WIT)

Indonesia bagian timur mempunyai selisih waktu +9 kepada GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Papua, Papua Barat, Kepulauan Maluku & pulau-pulau kecil kurang lebihnya.

2. Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah mempunyai selisih waktu +8 kepada GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Pulau Sulawesi, & pulau-pulau kecil kurang lebihnya.

3. Waktu Indonesia Barat (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian barat mempunyai selisih waktu +7 kepada GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Jawa, Sumatera, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, & pulau-pulau kecil di kurang lebihnya.

Nah itulah artikel letak geografis indonesia yang tentu ada manfaat dan kelemahannya.

Baca: Materi Tanah: Pengertian, Jenis Tanah, Fungsi Tanah

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kelemahan Letak Geografis Indonesia, Penyebab dan Pengaruhnya"