Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 14 Perbedaan Gymnospermae Dan Angiospermae, Persamaan Dan Contohnya

perbedaan-gymnospermae-angiospermae-beserta-contohnya

Perbedaan Gymnospermae & Angiospermae (tumbuhan berbiji terbuka & tumbuhan berbiji tertutup) dilihat dari pengertian namanya saja sudah ketahuan memiliki perbedaan diantara keduanya.

Angiospermae & Gymnospermae masuk dalam kategori tumbuhan berbiji (spermatophyta), gymnospermae memiliki empat jenis, sedangkan angiospermae terdiri dari tumbuhan dikotil & monokotil.

Baca juga:

Spermatophyta tergolong tanaman yang:
  1. Bagian badan bisa dibedakan menjadi akar, batang, & daun
  2. Bundel vaskular berkembang dengan bagus
  3. Menghasilkan biji

Perbedaan Struktur Antara Gymnospermae & Angiospermae

Akar

Tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) memiliki akar tunggang, untuk tumbuhan angiospaermae akarnya beragam, tumbuhan dikotil berakar tunggang sedangkan monokotil berakar serabut.

Batang

Tumbuhan gymnospermae seluruh batangnya yang mengandung kambium. Kambium merupakan jaringan tumbuhan yang terletak di antara floem & xilem. Apabila Kamu bertanya mengapa batang tumbuhan berkayu, maka sebab kambium ini.

Siklus Hidup Angiospermae

Tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) bagian batangnya ada yang berkambium & ada juga yang tidak. tumbuhan dikotil berkambium & tumbuhan monokotil tidak berkambium.

Biji

Tumbuhan gymnospermae memiliki biji yang tidak terlindungi dalam ovarium (bakal buah) jadi bisa tampak dari luar diantara daun-daun.

Tumbuhan angiospermae tertutupi oleh daun buah jadi tidak bisa dilihat dari luar.

Ovarium

Tumbuhan gymnospermae tidak memiliki ovarium. Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki ovarium berupa putik.

Bentuk Daun

Tumbuhan gymnospermae memiliki bentuk daun yang kaku & sempit, contoh tumbuhan gymnospermae yaitu Juniver & Melinjo yang biasa dipakai untuk bahan makanan ataupun minuman. Bentuk daun tulang yang tidak beragam & daun jarang bersifat majemuk.

Tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) memiliki bentuk daun yang pipih & lebar dengan tulang daun yang beragam, tumbuhan dikotil memiliki daun tumbuhan yang menyirip & menjadi. Lain hal dengan tumbuhan monokotil yang bentuk tulang daunnya sejajar & melengkung.

Pembuahan

Perbedaan proses fertilisasi tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) yaitu fertilisasi tunggal sebab hanya terjadi satu kali fertilisasi saja antara sperma & ovum. Fertilisasi tunggal hanya bakal ada satu sel sperma yang membuahi satu sel telur jadi terbentuklah zigot.

Sedangkan pada tumbuhan angiospermae yaitu fertilisasi ganda, sebab terdapat dua inti sperma yang ikut andil. Fertilisasi ganda berjalan 2 kali, yang pertama ialah spermatozoa satu membuahi ovum lalu menghasilkan zigot yang lalu berkembang menjadi biji, lalu yang kedua yaitu spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder & menghasilkan endospermae (3n) yang nanti bakal membentuk daging buah.

Alat Reproduksi

Tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) memiliki alat reproduksi berbentuk strobilus, strobilus merupakan kumpulan sporofil yang membentuk struktur kerucut di ujung tunas fertile (ujung cabang).

Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki alat reproduksi berbentuk bunga yang terdiri dari benang sari sebagai alat kelamin jangan & putik sebagai alat kelamin betina. Benang sari memproduksi serbuk sari yang apabila masuk ke dalam putik maka bakal terjadi fertilisasi (fertilisasi).

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae Ringkas

Perbedaan gymnospermae & angiospermae:

Gymnospermae:

  1. Pembuahan Tunggal
  2. Bentuk daun Kaku
  3. Biji ditutupi
  4. Dikotil: berkambium
  5. Akar Tunggang

Angiospermae:

  1. Alat reproduksi Strobilus Bunga Ganda
  2. Bentuk daun Bervariasi
  3. Biji ditutupi Oleh daun buah
  4. tidak berkambium
  5. Akar Monokotil: serabut

Persamaan Gymnospermae dan Angiospermae

  1. Terdapat bunga
  2. Terdapat perisikela
  3. Dibentuk ikatan pembuluh kolateral
  4. Bunga tersusun dari 2 daun sporofil, yaitu daun buah & benang sari
  5. Dibentuk embrio dari sel telur yang telah dibuahi yang terletak di ruang megaspora

Contoh gymnospermae dan angiospermae

Contoh Angiospermae:
  1. Semangka
  2. Anggur
  3. Kesemek
  4. Alpukat
  5. Apel
  6. Persik

Contoh Gymnospermae:
  1. Pinus & cemara
  2. Taxus baccata (Cemara inggris)
  3. Berbagai tipe cemara
  4. Pinus merkusii
  5. Abies balsamea & Ginkgo biloba
  6. Juniver & Melinjo

Nah itulah artikel pengertian dan contoh gymnospermae dan angiospermae. Kesimpulan yang bisa kita bisa dari ulasan faktakasantuy.com diatas bahwa perbedaan keduanya diantaranya gymnospermae seluruh batangnya memiliki kambium sedangkan angiospermae belum tentu, akar gymnospermae yang tunggang tidak sama dengan akar angiospemae yang terkadang berbentuk serabut. Serta persamaan antara angiospermae & gymnospermae tidak lupa kami berikan diatas.

Baca:

contoh soal gymnospermae dan angiospermae
1. jelaskan perbedaan antara tumbuhan gymnospermae dan angiospermae

Posting Komentar untuk "√ 14 Perbedaan Gymnospermae Dan Angiospermae, Persamaan Dan Contohnya"