Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh laporan Perjalanan Wisata Untuk SMP & SMA Lengkap dan Benar

contoh-laporan-perjalanan-wisata
contoh laporan perjalanan study tour

faktasantuy.com - Contoh laporan perjalanan wisata atau contoh laporan kegiatan study tour - Kamu bimbang membuat laporan kunjungan wisata? Tenang saja! Kita sudah menyiapkan Contoh Laporan Perjalanan Wisata yg bisa kamu gunakan sebagai referensi. Laporan perjalanan wisata ditujukan sebagai bukti bahwa kamu sudah sangatlah melakukan sebuah kegiatan perjalanan wisata.

Di dlm laporan dijelaskan beberapa poin yg pada intinya bakal mengumumkan apa saja yg sudah kamu lakukan selagi kegiatan perjalanan wisata tersebut dengan cara lengkap dgn memeperhatikan urutan waktu & tempat yg sudah kamu kunjungi.

Dgn maksud, utk mengumumkan agenda yg sudah dilewati dari awal pemberangkatan sehingga dgn perjalanan saat pulang.

Utk membuat teks laporan perjalanan wisata, hal yg tentu kamu wajib mengunjungi sebuah tempat terlebih dahulu utk pembuatan laporan kunjungan wisata biasanya ditujukan oleh siswa-siswi sekolah yg sudah melakukan study tour sebagai tuntutan dari para guru.

Bagi kamu yg hendak membuat laporan perjalanan wisata inilah hal-hal yg wajib disertakan dlm pembuatan laporan:
  • Tempat yg didatangi pada saat melakukan perjalanan wisata.
  • Waktu pelaksanaan perjalanan wisata.
  • Deskripsi objek saat kunjungan dilaksanakan.
  • Kesimpulan hasil kegiatan selagi perjalanan wisata.

Selain hal-hal yg sudah disampaikan di atas, kamu juga wajib  menceritakan siapa saja yg terlibat dlm kegiatan perjalanan wisata, alasan kenapa tempat tersebut menjadi destinasi / tujuan dari study tour, & gimana cara mencapai lokasi yg dituju dgn lengkap.

Baca selanjutnya: 17 contoh teks laporan observasi

Apabila kamu berkunjung ke museum, ada pembahasan spesifik mengenai laporan kunjungan museum yg pernah bahas di blog ini. Nah inilah contoh laporan perjalanan singkat dan cara membuat laporan study tour yang wajib kamu pahami:

Sistematika Penulisan Laporan Kunjungan Wisata

Dlm penulisan laporan kunjungan wisata terdapat aturan baku yg wajib dipatuhi supaya laporan study tour yg dibangun sesuai dgn ketentuan yg sudah ada, mudah dibaca, mudah dipahami, & bisa dipertanggung jawabkan.

Nama Kegiatan sebagai Judul Laporan Kunjungan Wisata

Wajib utk menulis nama kegiatan perjalanan saat wisata yg dilakukan sebagai judul utk pembuatan laporannya.

Latar Belakang / Dasar Pemikiran

Berisi mengenai alasan dibuatnya perjalanan tersebut & juga alasan ditulisnya laporan perjalanan wisata tersebut.

Tujuan Perjalanan Wisata

Wajib membuat mengenai tujuan-tujuan yg bakal dicapai dari kegiatan study tour & juga dari penulisan laporan perjalanan wisata.

Waktu & Tempat Kegiatan

Membahas waktu & lokasi kegiatan dengan cara berurutan selagi perjalanan.

Peserta Kegiatan

Memuat mengenai jumlah peserta perjalanan yg terlibat saat perjalanan wisata.

Anggaran Perjalanan Wisata

Berisi mengenai rincian anggaran yg diperlukan ataupun anggaran yg sudah disepakati oleh panitia terhadap peserta.

Objek yg diamati

Memuat hal-hal ataupun tempat yg dijadikan objek pengawasan peserta yg lalu bakal dibangun dlm laporan perjalanan wisata dengan cara mendetail (photo & penjelasan).

Rincian Perjalanan & Hasil Kegiatan

Berisi laporan dengan cara lengkap mengenai objek yg sudah diamati dari awal sehingga akhir perjalanan tersebut.

Penutup

Berisi kesimpulan & saran utk perjalanan wisata yg sudah dilewati.

Disini faktakasantuy.com bakal memberikan contoh laporan perjalanan wisata bahasa indonesia. Simak keterangannya dibawah ini:

Contoh Laporan Perjalanan Wisata Study Tour SMA

Study Tour SMA N 7 Bekasi ke Yogyakarta


Disusun Oleh:
  1. Ahmad
  2. Manarul
  3. Hakim

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Persoalan

Yogyakarta ataupun banyak orang sering menyebutnya dgn kata Jogja ialah salah satu provinsi di Indonesia & tergolong salah satu dari 7 Daerah Istimewa tidak hanya Aceh, Berau, Bulongan, Kalimantan Barat, Kutai, & Surakarta, yg sehingga sekarang hanya tersisa 2 kota saja yakni Yogyakarta & Aceh.

Dinamakan Daerah Istimewa sebab bentuk pemerintahan yg berada di daerah tersebut tidak sama dgn yg ada di pusat. Kita semua sudah mengenal bahwa di Yogyakarta sendiri tetap terdapat kerajaan yg sekarang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Tapi kerajaan tersebut tidak sama sehingga menjadikan Jogja keluar dari Indonesia, maka sebab hal tersebut dijadikanlah Jogja sebagai Daerah Istimewa.

Study tour merupakan kegiatan yg selalu dilaksanakan oleh SMA N 7 Bekasi, terutama utk siswa kelas XI. Kegiatan ini dengan cara khusus dimaksudkan utk membuka wawasan siswa mengenai pengetahuan di luar kelas. Yogyakarta menjadi tujuan sebab terdapat beberapa macam tempat yg bisa meningkatkan pengetahuan siswa; sejarah, budaya, tempat-tempat penting, dll.

Dlm kegiatan tersebut semua siswa diwajibkan membuat laporan perjalanan study tour yg membahas mengenai kegiatan-kegiatan sebagai pertanggung jawaban & sebagai media pembelajaran bagi para siswa peserta study tour.

B. Tujuan

Tujuan kegiatan study tour & laporan perjalanan ini ialah:
  • Meningkatkan wawasan siswa mengenai seputar Yogyakarta.
  • Sebagai sarana pengenalan siswa dgn adat lain yg beragam.
  • Memberikan peluang terhadap siswa utk belajar dengan cara langsung dgn sumber ajar.
  • Rekreasi sebelum diadakan UAS & naik ke kelas XII.
  • Memberikan pengalaman terhadap siswa peserta study tour.

C. Waktu & Tempat Kegiatan Study Tour

Kegiatan study tour ini dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Senin, 23 November 2017 – Rabu, 25 November 2017

Lokasi: Yogyakarta

D. Peserta Study Tour

Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa SMA N 7 Bekasi kelas XI beserta wali kelasnya.

E. Pembiayaan

Biaya dlm melakukan perjalanan wisata study tour ini sebesar Rp.400.000,- dgn rincian sebagai berikut:

Transportasi: Rp.200.000,-
Tiket masuk: Rp.100.000,-
Makan & Minum: 100.000,-
Sumber dana kegiatan ini sebagian berasal dari iuran para siswa & dipotong dari tabungan siswa sebanyak 25% dari total pembiayaan yg wajib dibayarkan.

ISI LAPORAN PERJALANAN WISATA STUDY TOUR

A. Laporan Perjalanan Study Tour

Kita, dari SMA N 7 Bekasi mengadakan study tour ke Yogyakarta pada tanggal 23 November 2017 selama 3 hari dua malam; beres di tanggal 25 November 2017.

Dari Bekasi ke Yogyakarta kita memakai Bus Pariwisata Sinar Jaya. Semua siswa duduk di kursi paling depan sementara guru & staff TU yg mengikuti kegiatan ini duduk di kursi belakang. Kita dijadwalkan pergi tanggal 23 November pukul 10:00 WIB. Tapi sebelum tersebut siswa peserta sudah tampak banyak berkumpul & bergembira.

Bus baru diberangkatkan pukul 10:30 WIB dikarenakan ada kendala dlm administrasi presensi siswa. Lama perjalanan yg kita tempuh dari Bekasi sehingga di lokasi penginapan ialah kurang lebih 10 jam. Menjadi kita tiba pukul 20:30 WIB.

Sesudah sehingga di lokasi penginapan, kita diizinkan utk melakukan kegiatan pribadi. Malam harinya kita diajak jalan-jalan ke daerah Malioboro, melihat pentas seni jalanan yg sudah biasa digelar setiap hari.

Di sana kita diwajibkan utk mewawancarai salah satu anak buah pementas seni & mengajukan pertanyaan mengenai beberapa hal yg jawabannya terlampir di akhir laporan ini. Pertanyaannya ialah:
  • Apa nama pentas yg tadi dilakukan?
  • Bagaimana sejarahnya?
  • Sudah berapa lama mementaskan seni tersebut?

Kita jalan sambil mengedukasi diri sendiri mengenai Malioboro. Guru membatasi kegiatan malam tersebut hingga pukul 23:00, maka sesudah waktu habis kita langsung kembali ke penginapan utk beristirahat dan besok paginya kita melakukan study tour ke Istana Kepresidenan Yogyakarta (Gedung Agung), Universitas Negeri Yogyakarta, & Candi Borobudur.

B. Objek yg Diamati

Objek-objek yg kita amati selagi perjalanan wisata study tour ini beraneka ragam, & inilah hasil dari analisis kelompok kita.

a. Gedung Agung

*photo*

Gedung Agung juga dikenal dgn nama Istana Yogyakarta. Menurut informasi, istana ini menempati lahan seluas 43.000 m lebih. Gedung mutlak rumit Istana Yogyakarta mulai dibangun pada bulan Mei 1824 yg diprakarsai oleh Residen Yogyakarta ke-18. Sekarang Gedung Agung dijadikan kediaman & kantor resmi Presiden saat berkunjung ke Yogyakarta.

b. Malioboro

*photo*

Malioboro ialah sebuah jalan lurus yg menurut narasumber kita membentang dari Tugu Yogyakarta sehingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta, jalan ini menggabungkan tiga jalan yakni Jalan Margo Mulyo, Margo Utomo, & Malioboro tersebut sendiri.

Di kawasan tiga jalan tersebut ada beberapa objek bersejarah yg tetap berdiri kokoh di antaranya, Stasiun Tugu, Tugu Yogyakarta, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, & Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

c. Universitas Negeri Yogyakarta

*photo*

(tuliskan mengenai UNY berdasarkan apa yg sudah kamu amati)

d. Candi Borobudur

*photo*

(tuliskan seputar Candi Borobudur berdasarkan apa yg sudah kamu amati)

PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan pengalaman yg sudah kita bisakan dari perjalanan wisata study tour ke Yogyakarta ini, bisa diambil kesimpulan bahwa Indonesia, terutama Yogyakarta, mempunyai tempat bersejarah yg eksotis.

B. Saran
Perjalanan wisata study tour ini sangat berguna utk siswa, sangat bagus apabila semakin dilaksanakan dari tahun ke tahun dgn tujuan yg tidak sama & ilmu pengetahuan supaya wawasan siswa meningkat.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

(sertakan lampiran bila tersedia, misalkan jawaban atas pertanyaan di atas, photo-photo saat kegiatan dilakukan, dll.)

Diatas ialah contoh laporan perjalanan wisata yang baik dan benar. Semoga bisa berguna saat kamu kebingungan bakal cara membuat contoh teks laporan perjalanan wisata.

Posting Komentar untuk "Contoh laporan Perjalanan Wisata Untuk SMP & SMA Lengkap dan Benar"