Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Penanggulangan, Contoh, Akibat

pemasan-global-adalah
Pemanasan Global


Pengertian Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan global (global warming) ataupun kini lebih dikenal sebagai perubahan iklim global (climate change) ialah memanasnya iklim bumi dengan cara umum. Bertambahnya panas dari tahun ke tahun, membuat beberapa tempat di wilayah tertentu mengalami perubahan yg lumayan ekstrim.

faktasantuy.com - Meningkatnya suhu global diperkirakan bakal menyebabkan perubahan-perubahan yg lain seperti naiknya permukaan air laut, perubahan jumlah & pola presipitasi, & lainnya.

Baca:

Akibat-akibat pemanasan global yg lain yakni berpengaruh pada hasil pertanian, punahnya beberapa macam hewan, & hilangnya gletser.

Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, bakal tetapi terjadi sebab beberapa hal yg dikerjakan. Entah dari fenomena alam maupun dari tindakan manusia tersebut sendiri. Berikut hal yg jadi penyebab efek rumah kaca:

Efek Rumah Kaca & Bahan Bakar Fosil

apa arti efek rumah kaca? Efek rumah kaca merupakan proses naiknya suhu di permukaan bumi akibat perubahan atmosfer bumi. Sinar matahari yg seharusnya dipantulkan ke luar angkasa, tidak bisa dipantulkan dgn sempurna hingga sinar tersebut tetap berada di dlm atmosfer.

Gas Metana

Penyebab selanjutnya dari pemanasan global ini tidak lain ialah gas metana. Penyebab ini khususnya berasal dari peternakan. Hal ini disebabkan oleh industri minyak dan peternakan sapi yg lebih banyak menghasilkan gas metana.

Bahkan, sudah terbukti bahwasanya di Amerika Serikat, sebanyak 20 % gas metana yg ada produksinya ialah dari sendawa & kentut ternak.

Perubahan Iklim Global

Perubahan iklim global juga mempunyai potensi besar pada pemanasan. Bahkan di samping itu, akibat perubahan iklim global bisa di lihat & di amati dengan cara langsung pada lingkungan setempat. Katakan saja seperti ketika mencair nya glester, adanya es di sungai, & aliran air jadi lebih cepat.

Karbondioksida

Karbondioksida yg berlebih dgn cirinya yg terbukti panas juga jadi penyebab mutlak global warming. penyebab banyaknya karbondioksida ini pun benar-benar beragam & salah satunya ialah pembakaran fosil.

Hal ini di buktikan dgn keadaan Amerika sendiri di mana sekalipun hanya mempunyai 4 persen polusi dunia, tetapi di sana memproduksi 25% karbondioksida sebab pembakaran fosil tersebut.

Pemanasan Suhu

Dlm hal ini, global warming berkaitan erat dgn yg namanya pemanasan suhu. Akibat dari pemanasan suhu yg besar ini pun sebetulnya lumayan mengkhawatirkan.

Baca selanjutnya: Siklus Hidrologi (Siklus Air) adalah

Bahkan tercatat 600.000 kematian pada tahun 1990 an terjadi akibat bencana alam yg berkaitan erat dgn cuaca tersebut sendiri. Tidak hanya mengakibatkan kematian, suhu yg memanas ini pun bisa berakibat kurang baik bagi mereka yg mengidap beberapa penyakit tertentu.

Cara Menanggulangi Pemanasan Global

Hal ini tentu wajib dilakukan dengan secara menyeluruh di masyarakat. Berikut beberapa cara yg bisa dilakukan utk menanggulangi pemanasan global:
  1. Mengurangi pemakaian energi fosil.
  2. Mengurangi kendaraan yg menyebabkan polusi.
  3. Beralih memakai energi ramah lingkungan.
  4. Mengurangi penebangan pohon.
  5. Berinvestasi dlm produk ramah lingkungan.
  6. Hemat pemakaian listrik.
  7. dll.

Contoh Pemanasan Global


Penggantian musim yg tidak menentu

Penggantian musim yg amat sangat cepat jadi salah satu akibat pemanasan global yg paling tampak. Apalagi di daerah subtropis maupun pegunungan yg ditutupi oleh salju. Es & salju cepat mencair karena panas bumi tersebut

Banyak penyakit baru

Dari 30 tipe penyakit baru timbul dari tahun 1976 – 2008 yg menyebabkan mimpi kurang baik utk dunia kesehatan, sebab menyembuhkan 1 tipe penyakit seperti HIV & DBD saja sudah susah.

Logikanya, pemanasan global membuat naiknya suhu udara & membuat nyamuk lebih sering kawin satu sama lain & menghasilkan banyak telur. Hingga mempercepat pertumbuhan nyamuk.

Produksi pertanian menurun

Menurunnya produksi pertanian jadi salah satu akibat pemanasan global sebab perubahan musim yg tidak menentu & tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Perubahan pola hidup binatang

Hewan juga terkena pemanasan global, karena disebabkan mengeringnya sumber mata air, maka hewan di tempat tersebut juga lebih susah utk bersi kukuh bertahan hidup hingga memutuskan utk bermigrasi ke tempat tinggal yg lain demi kelangsungan hidupnya.

Bahkan sudah ada beberapa contoh bahwa tidak jarang hewan seperti monyet mencuri makanan di kampung-kampung penduduk.

Banyak tumbuhan mati

Seperti yg terjadi pada hewan, serelah suhu di muka bumi meningkat & membuat air terus mengering, maka dengan cara tidak langsung bakal membuat banyak pohon mati.

Proses Pemanasan Global

Pemanasan global diawali dari cahaya matahari yg menyinari bumi, panas yg dihasilkan cahaya matahari bakal diserap oleh bumi tetapi hanya sebagian saja sedangkan yg tidak di serap bakal di kembalikan lagi ke ruang antariksa (atmosfir).

Di atmosfir banyak gas penyebab efek rumah kaca seperti gas sulfur dioksida SO2, gas karbon dioksida (CO2), & metana, uap air & tetap banyak lagi menyebabkan panas matahari tidak bisa keluar dari permukaan bumi & terperangkap hingga panas matahari bakal memantul ke bumi lagi. Hal tersebut terjadi dengan cara terus – menerus setiap hari.

Panas matahari yg masuk ke bumi maka terus banyak gas metana menyebabkan bumi terus panas. inilah yg disebut dgn pemanasan global ataupun global warming.

Akibat Pemanasan Global

Akibat dari pemanasan global pasti saja sangat variatif & mempengaruhi sudut kehidupan. Berikut beberapa akibat yg bisa terjadi:
  1. Mencairnya puncak es. Hal ini menyebabkan permukaan laut di kutub utara meningkat utk yg pertama kali sesudah ratusan tahun terbaru. Bahkan hingga kapal bisa melalui kawasan yg awalnya tertutup es.
  2. Membahayakan ekosistem terumbu karang.
  3. Permukaan laut bakal meningkat dgn sendirinya hingga bisa membahayakan mereka yg tinggal di pesisir.

Diatas sudah dijelaskan tentang akibat, penyebab, proses, contoh, & cara menanggulangi terjadinya pemanasan global (global warming).

Baca selanjutnya: Pengertian Tektonisme, Pengertian Vulkanisme dan Pengertian Seisme

Posting Komentar untuk "Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Penanggulangan, Contoh, Akibat"